Loading...

pulau samosir

Foto: Shutterstock

Bukan rahasia lagi, kalau Indonesia punya banyak destinasi wisata yang memanjakan mata. Salah satunya yaitu Pulau Samosir yang berada di tengah Danau Toba. Rasanya akan kurang lengkap kalau kamu ke Danau Toba tapi nggak singgah ke wisata Pulau Samosir.

Pulau Samosir dan Danau Toba terbentuk dari ledakan gunung berapi pada jutaan tahun yang lalu. Nah, akibat dari ledakkan tersebut, terbentuklah sebuah danau yang saat ini dikenal dengan nama Danau Toba.

Danau tersebut punya sebuah pulau yaitu Pulau Samosir. Luas Pulau Samosir sendiri yaitu 630 km persegi. Pulau Samosir Danau Toba punya keindahan alam yang dengan kebudayaan batak yang banyak menarik para wisatawan lokal hingga mancanegara.

Ada banyak destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi di sana, lho. Penasaran ada apa aja? Yuk, simak ulasannya di bawah ini.

5 Destinasi Wisata yang bisa Kamu Kunjungi di Pulau Samosir

Kalau kamu akan dan ingin pergi liburan ke Pulau Samosir, di bawah ini adalah beberapa tempat yang recommended untuk mengisi agenda kamu selama di sana. Check this out!

Desa Wisata Tomok

pulau samosir

Foto: Shutterstock

Desa ini berada di Jalan Makam Sidabutar, tepatnya berada di pintu masuk dari Pelabuhan Parapat. Kalau kamu tertarik dengan wisata lokal yang menyajikan budaya tradisional khas Batak, desa ini cocok banget untuk dikunjungi.

Kamu bisa melihat langsung rumah adat Batak, pemakaman para raja terdahulu, hingga patung terkenal yaitu Patung Sigale-gale. Kalau beruntung, kamu juga bisa disambut oleh warga lokal dengan tarian tradisional mereka, yaitu Tari Tor-Tor.

Bukit Holbung

pulau samosir

Foto: Shutterstock

Kalau yang satu ini sih, terkenal banget sama pemandangannya yang memanjakan mata. Kamu bisa lihat pemandangan Danau Toba yang luas dari atas bukit ini, lho! Letaknya berada di Dolokraja, Harian, Pulau Samosir, Sumatra Utara.

Bukit Holbung juga spot yang cocok untuk melihat sunset. Nah, untuk bisa sampai ke atas bukitnya, kamu harus mendaki dahulu sekitar 20-30 menit.

Tapi tenang aja, selama perjalanan kamu pasti nggak akan bosan. Banyak bunga-bunga cantik di sekeliling kamu yang bisa kamu lihat sampai kamu tiba di puncak sana.

Air Terjun Efrata

pulau samosir

Foto: Shutterstock

Nggak jauh dari lokasi Bukit Holbung, ada air terjun yang terkenal dengan keindahan alamnya. Lokasinya berada di Sosor Dolok, Harian, Pulau Samosir, Sumatra Utara. Tingginya sendiri mencapai 20 m dan sering dikunjungi oleh wisatawan untuk dinikmati keindahannya.

Untuk mencapai ke sana, kamu hanya perlu jalan kaki 100 m aja dari parkiran. Sepanjang perjalanan, kamu juga akan melihat hamparan sawah yang luas dan hijau. Jadi, kamu bisa mengabadikan perjalanan kamu dengan berfoto-foto.

Desa Wisata Tuktuk Siadong

pulau samosir

Foto: Shutterstock

Desa yang satu ini sering banget dibilang sebagai kampung turis karena desa ini nggak pernah sepi pengunjung dari luar negeri. Pesona utama dari Desa Tuktuk yaitu pemandangan alamnya yang masih asri. Desa ini berada di Simanindo, Pulau Samosir, Sumatra Utara.

Selain itu, desa ini juga punya air terjun yang mengalir deras bernama Air Terjun Simangande. Kamu juga bisa melihat para warga lokal menenun kain ulos, kain tradisional khas Batak, sampai bermain wahana air speed boat di desa ini.

Desa Tuktuk juga diberikan predikat sebagai tempat wisata terbaik untuk keluarga, lho!

Bukit Sibea-bea

Buat kamu yang mau berwisata religi di Pulau Samosir, kamu bisa mengunjungi Bukit Sibea-bea. Lokasinya berada di Turpuk Sihotang, Haria, Pulau Samosir, Sumatra Utara.

Di atas bukit ini terdapat patung Yesus Kristus seperti patung yang berada di Rio de Janeiro. Jadi, kamu nggak perlu jauh-jauh pergi ke Brazil, cukup ke Bukit Sibea-bea aja.

Selain itu, kamu juga bisa menikmati keindahan Danau Toba dari atas bukit ini, lho. Apalagi kalau sambil melihat indahnya sunset, makin lengkap banget deh!

Udah dapet wisata di Pulau Samosir tapi bingung mau menginap di mana? Tenang aja, untuk urusan menginap, RedDoorz solusinya. Ada banyak pilihan tempat menginap di Pulau Samosir yang recommended untuk dipilih. Tinggal download aplikasi RedDoorz dan temukan hotel yang kamu mau dengan mudah tanpa ribet.

Press Enter To Begin Your Search
×