Loading...

boyolali

Hidup di daerah bersuhu panas memang tidak salah, tapi tidak salah juga jika melakukan pendinginan otak ke tempat sejuk di atas ketinggian 1700 mdpl sambil berswa foto ria. Seperti di New Selo yaitu wisata Oemah Bamboo Merapi yang berada di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

Lokasi ini memang sangat tinggi. Kita harus menanjak bukit untuk mencapai tempat ini. Setelah sampai di lokasi, di sana ada tempat parkir untuk sepeda atau mobil. Namun, tidak hanya sampai di situ, kami berhenti berjalan. Kita harus naik sebentar dengan berjalan kaki untuk menuju lokasi Oemah Bamboo Merapi. Setelah berlelah-lelah berjalan menanjak, kita akan dibayar dengan pemandangan indah tak tertandingi yang dimiliki oleh New Selo Boyolali.

boyolali

Photo by: Iim Nur Inayah

Obyek wisata ini menyuguhkan pemandangan indah alami yang membuat pengunjung tidak kecewa karena sudah melakukan perjalanan yang menanjak dan berliku. Tempat ini sangat Instagrammable bagi anak muda zaman now. Ups mungkin bukan hanya untuk anak muda, tapi untuk semua usia. Tapi bagi yang berusia lanjut, sebaiknya berhati-hati ketika berjalan di atas bambu.

Oemah Bamboo Merapi dibangun oleh sukarelawan Barameru Merapi. Pembuatan Oemah Bamboo sendiri membutuhkan kira-kira 3.000 – 4.000 batang bambu yang didatangkan dari wilayah mekoro, Ampel. Setiap bambu sudah disuntik obat anti keropos, jadi tidak perlu khawatir kalau nanti ketika jalan di atas bambu langsung terperosok jatuh kebawah karena bambunya reyot. 

boyolali

Photo by : Iim Nur Inayah

Harga tiket masuk Oemah Bamboo Merapi di New Selo sangat terjangkau, yaitu Rp10 ribu.  Selain itu, waktu operasional dari tempat wisata ini adalah 24 jam. Waktu operasional seperti ini terjadi karena pengunjung datang setiap waktu. Pemandangan indah di sana tidak habis setelah matahari terbit atau matahari tenggelam. Kapanpun waktunya, tak akan mengecewakan pengunjung yang datang.

Selain itu, di dalam lokasi wisata ini juga ada penjual makanan. Jadi untuk para pengunjung jika yang merasa lapar setelah berjalan-jalan di atas bambu dan merasa kedinginan, di sana terdapat penjual minuman hangat dan makanan untuk mengisi perut yang lapar.

Setelah bosan mengelilingi wisata Oemah Bamboo Merapi, kita bisa langsung pergi ke Jembatan Gantung. Jembatan ini tidak kalah keren dari Oemah Bamboo. View indah kanan kiri jembatan membuat pengunjung betah berlama-lama untuk hunting foto di sana. Dijamin setelah upload foto di Instagram, fotonya akan banjir like.

Tidak perlu keluar biaya untuk menikmati indahnya jembatan gantung. Cukup Rp1.000 untuk biaya parkir kendaraan. Ketika datang langsung parkir di area parkir yang telah disediakan. Setelah itu menuju jembatan gantung yang jaraknya tidak jauh dari area parkir. Ada satu syarat lagi sebelum memasuki area jembatan, jangan lupa membawa kamera atau handphone untuk selfie dan berfoto bersama. Pemandangan indah di sana akan membuat kecewa pengunjung jika sampai para pengunjung tidak membawa kamera untuk mengabadikan momen keren ini.

Photo By : Iim Nur Inayah

Keindahan jembatan gantung ini tidak akan ditemukan di berbagai tempat di Indonesia. Suasana sejuk, gunung-gunung yang mengelilinginya, sawah-sawah hijau dan suasana pedesaan yang asri akan membantu pengunjung untuk sejenak melupakan segala masalah dan kekacauan. View indah ini hanya ada di New Selo. Apalagi jika datang setelah hujan. Suasana berkabut dan basah setelah hujan membuat view jembatan menjadi lebih menarik dan klasik untuk berfoto.

 

Penulis: Iim Nur Inayah

Instagram: iimnurinayah

Cropped fav logo@2x
Press Enter To Begin Your Search
×