Loading...

Sumber: www.unsplash.com

Memasuki musim liburan, kawasan Puncak, Bogor tak pernah absen dipadati oleh kendaraan berplat 'B'. Hal ini mengindikasikan jumlah pengunjung Puncak, Bogor asal Jabodetabek yang meningkat saat libur panjang. Lokasinya yang terbilang tak jauh dari daerah mereka tinggal dan pilihan obyek wisata yang beragam membuat Puncak, Bogor selalu menjadi destinasi rekreasi favorit.

Bagaimana dengan obyek wisata kesukaan kamu? Apakah itu Taman Safari? Cimory Riverside? Atau Taman Wisata Matahari? Dikelola dengan sangat baik, sehingga memberikan kenyamanan maksimal bagi setiap pengunjung menjadikan obyek-obyek wisata tersebut layak masuk ke dalam daftar kunjungan setiap orang. Akan tetapi, kawasan Puncak, Bogor juga tak luput dari wisata alamnya yang memukau. Berada di dataran tinggi, Puncak, Bogor menyimpan aneka wisata air terjun (curug). Berikut ini adalah daftar destinasi curug di Puncak, Bogor!

1. Curug Naga

Sumber: www.unsplash.com

Lokasi: Citamiang, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor

Pilihan wisata curug yang pertama jatuh kepada Curug Naga. Curug satu ini cocok banget buat kamu yang menikmati wahana penguji adrenalin. Untuk mencapai curugnya aja kamu harus melakukan body rafting mengikuti arahan pemandu wisata. Dikarenakan tenaga pemandu wisata dan perlengkapan logistik yang terbatas, sebelum mengunjungi curug ini jangan lupa melakukan reservasi terlebih dahulu.

2. Curug Bidadari

Sumber: www.unsplash.com

Lokasi: Jalan Sentul Paradise Park, Bojong Koneng, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor

Berada di dalam area Sentul Paradise Park Bogor, Curug Bidadari menawarkan wisata air luar biasa. Dialiri lebih dari satu sumber mata air, curug ini mampu mengisi sejumlah kolam buatan pengelola Sentul Paradise Park. Kolam buatan itu terdiri dari wave pool yang diperuntukkan bagi orang dewasa, lazy pool, hingga waterboom yang ramah bagi anak-anak. Belum puas berenang di kolam? Rasakanlah sensasi mandi langsung di bawah pancuran air terjun! RedDoorz jamin kelelahan kamu praktis sirna setelah berkunjung ke Curug Bidadari.

3. Curug Cilember

Sumber: www.unsplash.com

Lokasi: Jalan Raya Puncak, Dusun Megamendung, Desa Cilember, Kecamatan Cisarua, Puncak Bogor, Jawa Barat

Sejauh mata memandang, kamu bakal terpikat oleh panorama alam yang ditawarkan Curug Cilember. Dihiasi berbagai jenis vegetasi hutan hujan tropis, contohnya pinus merkuri, keindahan Curug Cilember kian mengesankan. Wisata Curug Cilember tidak hanya menawarkan wahana eksplorasi air aja. Di sini juga tersedia area outbound dan jembatan gantung bernama Jembatan Cinta. Berbeda dari curug-curug sebelumnya, Curug Cilember terdiri dari 7 curug! Semakin kecil angkanya, konon semakin sulit medan yang harus kamu tempuh.

4. Curug Ciputri

Sumber: www.unsplash.com

Lokasi: Tapos 1, Kecamatan Tenjolaya, Kabupaten Bogor

Berkemah di hutan sih udah biasa, tapi berkemah di pinggir air terjun? Nah, ini adalah salah satu pengalaman yang bakal kamu peroleh sepulang dari Curug Ciputri. Nggak usah khawatir soal keselamatan diri selama berkemah di Curug Ciputri. Pengelola memastikan area perkemahan aman diinapi pengunjung. Fasilitasnya pun tergolong lengkap. Mulai dari area parkir, kamar mandi, sampai musholla. Untuk tiba di Curug Ciputri, pastikan tubuh dalam kondisi sehat ya. Sebab, perjalanan yang harus kamu lalui dari pintu masuk hingga curug dinilai cukup menantang.

Itu tadi beberapa curug pilihan RedDoorz di Puncak, Bogor. Membayangkannya aja udah berhasil menggetarkan jiwa petualang kamu, kan? Sayangnya, di era pandemi Covid-19 ini sebagian wisata curug mungkin masih ditutup. Maka dari itu, sebelum melakukan perjalanan, sebaiknya cari tahu dulu apakah wisata curug yang kamu incar udah dibuka untuk publik. Catat trik liburan lainnya yang udah RedDoorz rangkum di bawah ini!

Trik Liburan Saat Pandemi

1. Kunjungi Tempat Wisata yang Aman

Hindari tempat wisata yang berada di zona oranye, zona merah, apalagi zona hitam. Ketiga zona ini memiliki kasus Covid-19 lebih tinggi. Pergi ke zona-zona ini sama saja mengorbankan keselamatanmu, karena potensi penularannya otomatis lebih besar.

2. Mematuhi Peraturan Pemerintah

Pepatah “di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung” tampaknya amat relevan dengan kondisi pariwisata saat ini. Melihat setiap daerah memiliki risiko penularan Covid-19 yang berbeda-beda, kebijakan yang diterapkan pemerintah setempat pun disesuaikan dengan situasi yang dihadapi. Sebagian pemerintah daerah mewajibkan adanya Surat Keterangan Sehat sebelum menerima pengunjung dari luar daerah mereka, namun di sebagian daerah kebijakan tersebut tidak diaplikasikan. Jadi, sebelum bepergian, RedDoorz menyarankan agar kamu mempelajari dan tunduk terhadap peraturan tiap-tiap daerah.

3. Mengikuti Protokol Kesehatan

RedDoorz nggak akan bosan mengingatkan kamu untuk selalu menggunakan masker. Masker merupakan bentuk pertahan paling utama dalam melawan Covid-19. Langkah berikutnya adalah menjaga jarak minimal 1 meter, sering membersihkan tangan menggunakan hand-sanitizer atau mencuci tangan dengan sabun, serta tidak menyentuh area wajah. Langkah-langkah ini memang terlihat sepele, tapi dengan mengikuti protokol kesehatan, risiko kamu dan orang-orang tersayang terpapar Covid-19 akan semakin kecil.

Berlibur sih nggak ada salahnya, tapi berlibur ke Puncak, Bogor tanpa memperhatikan protokol kesehatan itu baru berbahaya. Stay safe!

Cropped fav logo@2x
Press Enter To Begin Your Search
×