Loading...

(photo source: unsplash.com)

Traveling sudah menjadi hal yang penting bagi semua orang di eramilenial. Bahkan hingga menyediakan tabungan khusus untuk memenuhi kebutuhan batiniah ini. Jikapun belum bisa bepergian jauh, mengunjungi tempat wisata lokal seperti menjadi hal yang wajib untuk dilakukan untuk menghilangkan kejenuhan selama sepekan. Semakin banyaknya destinasi wisata yang bermunculan, menarik minat orang orang untuk traveling, eksplorasi dan memajang foto apik di media sosial. Dari yang muda hingga yang sudah berkeluarga semua menyukai traveling. Seperti keluarga kecil saya yang menyukai kegiatan alam bebas seperti hiking, camping, dan mendaki gunung. Menikmati secangkir kopi dipagi hari sembari menikmati sunrise di ketinggian ataupun menikmati senja di alam terbuka sambil bermain bersama anak-anak  berkeliling mengeksplorasi yang ada disekitarnya. Berikut destinasi wisata alam  impian yang cocok jika hendak membawa anak turutserta dalam perjalanan, diantaranya adalah :

1. Bukit mongkrang

(photo source: pinterest)

Bagi pecinta hiking, gunung Mongkrang sangat cocok untuk dimasukan kedalam list destinasi wisata yang hendak dikunjungi. Letaknya di sebalah selatan Gunung Lawu, berada di Tlogo Dringo, Gondosuli, Kabupaten Karanganyar. Gunung ini memiliki ketinggian 2194 mdpl. Gunung ini memiliki vegetasi yang rendah. Jalur pendakiannya tergolong mudah dan landai sehingga sangat memungkinkan untuk pendaki pemula serta friendly untuk anak-anak sekalipun. Setelah tiba diatas pendaki akan disuguhi pemandangan yang cantik yaitu hamparan rumput dan bunga ilalang yang luas, lokasi ini termasuk lokasi yang instagramable dan sempat viral di media sosial. Selain itu kita bisa menghirup udara yang bersih dan bisa menikmati kegagahan Gunung Lawu tepat dibelakang kita.

2. Lembah Jemplang

(photo source: pinterest)

Siapa yang tidak tahu Gunung bromo. Hampir semua telinga pernah mendengar keindahannya bahkan menjejakan kakinya disana. Selain gunung bromoternyata ada tempat yang menjadi incaran para wisatawan untuk berfoto, yaitu bukit teletubies. Orang sekitar menyebutnya Lembah Jemplang. Masih dalam kawasan TNBTS (Taman Nasional Bromo Tengger Semeru). Tempat yang lapang dan berhadapan langsung dengan perbukitan. Pengunjung akan disuguhi panorama alam yang luar biasa. Padang rumput yang luas ditumbuhi ilalang yang berbunga putih, terlihat cantik terlihat dimata maupun di lensa kamera. Serta perbukitan yang terlihat jelas kontur lipatannya menjadi daya tarik tempat ini.

3. De Djawatan Benculuk

(photo source: pinterest)

Jawatan Benculuk adalah sebuah lokasi milik perhutani yang diginakan untuk menimbun kayu jati dari berbagai wilayah di Banyuwangi. Berada di banyuwangi selatan , di desa Benculuk, Cluring, Banyuwangi yang kini berubah nama menjadi De Djawatan. Dikawasan ini ditumbuhi banyak pohon trembesi yang berusia ratusan tahun, pohon trembesi yang rindang berfungsi sebagai atap alami agar terasa teduh sehingga menjadi hutan yang lebat mirip hutan hutan yang ada di film dongeng fantasi. Banyak yang menyebutnya mirip hutan Fangorn di film The Lord of The Rings. Hal inilah yang menjadikan de djawatan terkenal dan dikunjungi banyak orang.

4. Sabana Sadengan

Berada di kawasan Alas Purwo Banyuwangi, Jawa Timur. Alas Purwo adalah hutan tertua di jawa yang terkenal dengan kisah mistisnya.Meski banyak menyimpan cerita mistis, tak mengurangi kesan cantik sabana Sadengan yang dilengkpi gardu pandang tiga lantai. Jika beruntung, ketika berkunjung sore hari kita bisa melihat kawanan banteng jawa yang merumput mencari makan disekitar savanna. Meskiun demikina kita hanya diperbolehkan melihatnya dari jarak jauh, tidak boleh melebihi pagar kayu yang ada.

5. Sabana Bekol

Savana Bekol berada di Taman Nasional Baluran Jawa Timur danmendapat julukan Africa Van Java. Akan terasa africanya ketika dikunjungi di musim kemarau ketika tanaman dan rerumputan sedang mengering. Tanah yang lapang dengan rerumputan yang menghampar luas dan sesekali bisa melihat kawanan hewan liar. Cocok untuk menikmati sunset besama keluarga.

Menyenangkan jika bisa bepergian bersama keluarga mengunjungi destinasi wisata. Menyaksikan matahari terbit ataupun  menikmati matahari terbenam dialam terbuka bersama keluarga dan bisa mengenalkan anak-anak tentang alam dan ekosistem didalamnya. Selain itu bepergian bersama keluarga adalah salah satu cara menguatkan ikatan batin satu sama lain.  

Salam traveler!!

 

Penulis: Oktaviyana Mahardini

Instagram: @oktamahardini

Twitter: @oktamahardini

Facebook: oktaviyana mahardini

Press Enter To Begin Your Search
×