Loading...

pantai malang selatan

Ilustrasi foto: Pixabay

Jika membicarakan tentang Pantai terbaik di Indonesia, mungkin pikiranmu akan langsung tertuju ke Pulau Bali. Meskipun Bali masih menjadi primadona wisata pantai, tapi Indonesia masih punya banyak pantai lain yang nggak kalah keren lho, salah satunya pantai Malang Selatan. Ada banyak pantai yang bisa kamu kunjungi di kawasan Malang bagian selatan ini. 

5 Destinasi Pantai Malang Selatan yang Punya Panorama Indah

Saat pandemi Covid-19 seperti sekarang, liburan ke tempat terbuka merupakan pilihan terbaik. Sirkulasi udaranya yang baik akan meminimalisir penularan virus jadi kamu nggak perlu terlalu cemas buat liburan. So, kamu boleh banget masukin daftar pantai Malang Selatan ke itinerary buat liburan akhir tahun nanti. Pemerintah Kabupaten Malang juga sudah menerapkan protokol kesehatan di Jalur Lintas Selatan, Kabupaten Malang, sehingga seluruh destinasi pantai di selatan Malang sudah terbuka untuk para wisatawan yang kangen pantai. 

Ini dia lima pantai di selatan Malang yang punya panorama indah dan menarik untuk dikunjungi!

1. Pantai Teluk Asmara

Pantai Teluk Asmara Malang bisa dibilang cukup baru, namun pesonanya tak kalah dengan pantai yang lebih populer lainnya. Dari sini kamu bisa melihat pulau-pulau kecil yang mengelilingi pesisir pantai. Panorama pantai yang unik ini digadang-gadang mirip sama Raja Ampat, lho. 

Berlokasi di Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing, Kabupaten Malang, ada banyak aktivitas seru yang bisa kamu lakukan di Pantai Teluk Asmara. Biasanya para traveler nggak pernah melewatkan berenang di pantai dan main kano saat datang ke sini. Untuk fasilitasnya juga sudah cukup lengkap, ada toilet, mushola, dan tempat makan di sekitar pantai. Karena masih tergolong baru, Pantai Teluk Asmara belum ramai dikunjungi wisatawan. Kalau kamu mencari pantai yang masih sepi, pantai ini recommended banget

2. Pantai Watu Leter

Saat pertama kali datang ke Pantai Watu Leter, kamu pasti akan langsung terpesona dengan tebing batu karang yang sangat besar. Karang ini terletak di dekat pesisir sehingga menambah keindahan pantai. Ternyata, penamaan Pantai Watu Leter berasal dari bentuk tebing batu karang itu, lho. Dalam bahasa jawa, Watu berarti batu dan Leter berarti datar, jadi jika digabungkan Watu Leter berarti batu datar. 

Punya pesona yang indah, Pantai Watu Leter juga punya daya tarik lain bagi wisatawan. Pantai ini dipilih sebagai pusat pelestarian penyu dan ekowisata. Pantai Watu Leter dipilih karena lokasinya yang relatif masih sepi sehingga sangat pas untuk melepaskan penyu. Kalau kamu penasaran dengan penampakan penyu abu-abu kecil, buruan deh datang ke sini. Tapi penyunya jangan ditangkap ya RedTraveler, cukup dilihat dan difoto aja!

Pantai Watu Leter terletak di Dusun Rowotrate, Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. Dari Kota Malang kamu harus menempuh jarak sejauh 60 km atau kurang lebih 2 jam perjalanan. Meskipun agak jauh, tapi kamu akan puas dengan keindahan alam yang akan kamu rasakan selama perjalanan. 

3. Pantai Batu Bengkung

Kedua pantai sebelumnya punya karakteristik ombak yang tenang jadi relatif aman untuk berenang di pantainya, berbeda dengan Pantai Batu Bengkung. Pantai ini punya ombak yang cukup besar, mencapai dua hingga tiga meter! Jadi kalau kamu datang ke sini, kamu dilarang keras buat berenang karena akan sangat berbahaya. 

Keunikan Pantai Batu Bengkung terletak pada kolam alaminya. Saat pantai pasang, air laut akan menjorok semakin dalam ke pesisir. Nah, di pesisir ini terdapat cekungan sedalam 1,5 meter, sehingga ketika air pasang tiba, cekungan itu akan terisi. Namun ketika air laut mulai surut, air di kolam ini akan menghilang. Biasanya para traveler suka berfoto di kolam alami itu karena bentuknya yang sangat indah dan unik.

Pantai Batu Bengkung terletak di Jalan Jalur Lintas Selatan, Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang. Untuk sampai ke sini kamu membutuhkan waktu kurang lebih 2 jam dari Kota Malang

4. Pantai Balekambang

Mau tau apa pantai paling terkenal di Malang Selatan? Jawabanya adalah Pantai Balekambang! Pantai ini sudah sangat terkenal di kalangan wisatawan lokal bahkan mancanegara. Hal yang membuat pantai ini berbeda dengan pantai yang lainnya yaitu adanya pura di atas pulau karang dekat pantai. Bahkan banyak yang menyamakan Pantai Balekambang seperti Tanah Lot, Bali, lho. 

Keindahan pura di Pantai Balekambang membuat banyak traveler penasaran dengan pantai ini. Soal pantainya memang sudah nggak perlu diragukan lagi kecantikannya, tapi pemandangan pura di atas batu karang adalah hal lain. Meskipun punya pesona unik yang jarang dimiliki pantai lainnya, ternyata Pantai Balekambang menyimpan mitos yang menarik, lho. Katanya, bagi pasangan yang belum menikah, berkunjung ke pantai ini bisa menyebabkan hubungan mereka kandas. Kamu percaya nggak nih, RedTraveler? 

5. Pantai Sendang Biru 

Satu lagi pantai yang nggak kalah cantik di Malang Selatan yaitu Pantai Sendang Biru. Seperti namanya, pantai ini memang punya air laut yang sangat biru. Kejernihan air laut serta jajaran perahu nelayan yang bersandar di tepinya akan membuat pesona pantai ini semakin terpancar. 

Untuk merasakan keindahan Pantai Sendang Biru, kamu sepertinya harus mengeluarkan usaha lebih. Dari Kota Malang butuh waktu 2 hingga 3 jam untuk mencapai pantainya. Jalur yang harus kamu lewati juga cukup berkelok dan naik-turun sehingga kamu harus ekstra hati-hati. Meskipun agak sulit, tapi semuanya akan terbayarkan saat kamu sampai ke Pantai Sendang Biru dan melihat keindahannya. 

Sudah terbukti kan, kalau pantai Malang Selatan nggak kalah cantik dari pantai-pantai terkenal di Indonesia lainnya. Kalau kamu berencana ke pantai selatan di Malang, jangan lupa cari tempat menginap yang lokasinya dekat pantai yang ingin kamu tuju. Kamu bisa cari tempat menginapnya di RedDoorz. RedDoorz akan membantu kamu menemukan tempat menginap yang ideal. Download aplikasi RedDoorz dan rencanakan liburan kemudian!

Press Enter To Begin Your Search
×