Loading...

 

samosir

(Foto: Unsplash.com)

Siapa sih yang belum tahu pulau Samosir? Pasti kalian pernah dengar. Pulau Samosir ini terletak di tengah danau toba di provinsi Sumatera Utara. Danau toba merupakan danau terbesar di Indonesia dan terbesar nomor 4 di dunia. Danau ini punya 7 kabupaten di pulau yang terletak di pegunungan bukit barisan dengan luas 1145 km. Luas banget yaa?

Pulau ini terkenal dengan alam yang bagus dan wisata yang keren keren lho. Wajib banget nih jadi daftar destinasi wisata kalian yang hobi dan senang traveling. Dari aku sendiri sih, pulau ini merupakan salah satu tempat yang aku ingin kunjungi . Nah , ini nih tempat bagus yang ingin aku kunjungi dan rekomendasi banget buat kalian kunjungi juga;

1. Danau Sidohoni 

Bumantaranews.com

Danau ini terkenal dengan danau di atas danau. Banyak padang rumput luas di sekitar jalanan di sana. Air danau ini sering berubah warnanya dan oleh warga setempat perubahan ini di hubungkan dengan kejadian kejadian yang ada di indonesia. Sebagian besar penduduk sekitar memanfaatkan air dari danau ini untuk mandi, mencuci, dan lain lain. Tempatnya terlihat enak dan nyaman banget, apalagi kalau kita berada di sana langsung. Suasana yang tenang cocok buat menenangkan pikiran dan bikin pikiran fresh lagi.

2. Menara Pandang Tele

Ini merupakan salah satu tempat terbaik untuk menikmati keindahan sekitar danau toba. Dari menara ini, kita bisa melihat keindahan danau toba dari atas. Dari sini juga terlihat gunung Pusuk Buhit. Sebagian masyarakat di sini mempercayai gunung Pusuk Buhit adalah asal muasal orang batak yang tinggal di Samosir .

3. Air Terjun Nai Sogop

Samosirnews.com

Air Terjun Nai Sogop berada di Sianjur Mula-mula, Samosir, Sumatera Utara dan berada 15 km lebih dari pusat kota Kabupaten Samosir. Air terjun ini letaknya tidak terlalu jauh dari menara, hanya membutuhkan waktu sekitar 10 menit dari menara tele. Naisogop ini keberadaannya tepat di desa yang diyakini penduduk samosir sebagai desa pertama dan tempat raja batak di turunkan. Jadi , ketika menuju kesana akan banyak pemandangan rumah adat, kuburan batu, dan hal hal lain dengan khas batak. Kata pengunjung yang sudah ke sana, untuk menuju ke tempatnya kita harus kuat jalan karena harus jalan menanjak sekitar 15 menit.

Ketika kita sampai di sana kita akan merasa nyaman banget karena suasana air terjun yang sejuk dan menenangkan. Jadi nggak usah khawatir ya, capeknya bakal kebayar kok sama suasana air terjun ini.

4. Air Terjun Binangalom

Parawisatasumut.net

Kawasan ini tidak jauh dari kota Parapat atau Ballige. Air terjun ini berasal dari mata air dan langsung mengalir ke danau, jadi sudah pasti air ini jernih dan bersih. Kata penduduk sekitar, Binangalom mempunyai arti dari suku kata bahasa Batak Toba, yaitu Binanga dan Lom Lum . Binanga artinya sungai dan Lom Lum artinya penyejuk hati. Selain tempatnya yang sejuk dan tenang, kita bisa mandi di danau toba sambil menikmati air terjun .

5. Pantai Pasir Putih Tandarabun 

Pantai ini berjarak 13 km dari panguruan ibukota kabupaten Samosir. Pantai ini kedalamannya dangkal, jadi aman bagi wisata keluarga dan wahana bermain air untuk anak anak. Pemandangannya juga bagus dijadikan spot foto . Bahkan di sekitar pantai tersedia hiasan yang dijadikan spot foto. Setiap tahunnya, pantai ini rutin menjadi lokasi acara pariwisata yaitu pesta Naposo Bulung. Pesta ini di sebut juga pesta muda mudi. Pesta ini merupakan ritual budaya Batak sebagai ajang untuk mempertemukan wanita dan pria yang lajang atau belum menikah, sehingga mereka diharapkan mendapat jodoh.

Nah, itu dia beberapa tempat yang ingin aku kunjungi. Oh iya , jangan lupa untuk tetap menjaga kelestarian lingkungan ketika tiba di sana. Hindari untuk buang sampah sembarangan, merusak pohon atau tanaman, dan lain lain . Karena kita harus menjaga potensi alam indonesia dan mengembangkan pariwisata agar tempat wisata di Indonesia bisa lebih indah lagi. Sekian dari aku, sampai jumpa.

Penulis: Fatin Rafa Nabilah

Instagram: @fatinrafaa

Press Enter To Begin Your Search
×