Loading...

pulau jawa

Foto: Shutterstock

Ngomongin destinasi wisata di Indonesia rasanya nggak akan pernah ada habisnya. Ada banyak tempat keren yang wajib banget kamu kunjungi setidaknya sekali seumur hidup. Nggak perlu jauh-jauh, ternyata di Pulau Jawa ada banyak destinasi wisata yang sangat menakjubkan. 

Daftar Tempat Wisata Terpopuler di Pulau Jawa, Boleh Banget Dijadiin Travel Wishlist

Semua orang pasti punya daftar tujuan wisata impian. Ada yang pengen ke tempat-tempat dalam negeri ada pula yang pengen ke luar negeri. Buat kamu yang lagi cari referensi tempat wisata terpopuler dan terbaik di Pulau Jawa, kamu coba cek ulasan di bawah ini, ya RedTraveler!

1. Menapaki dataran tertinggi di Taman Nasional Bromo Tengger

Pulau Jawa

Foto: Shutterstock

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru merupakan area gunung vulkanik terbesar di Jawa Timur. Luas wilayahnya sendiri mencapai 800 meter persegi. Di area seluas ini terdapat lautan pasir seluas 10 km dan menjadi satu-satunya kawasan konservasi di Indonesia yang memiliki gurun pasir. 

 Pesona utama taman nasional ini yaitu gunung tertinggi di Pulau Jawa, Gunung Semeru dengan puncak Mahameru. Gunung Semeru memiliki ketinggian 3.676 mdpl dan tergolong gunung api yang masih aktif. Gunung ini juga menjadi tempat favorit para pendaki. 

2. Melihat sisa Kerajaan Demak

Demak sudah dikenal sebagai kerajaan islam tertua di Pulau Jawa. Sejarahnya dimulai pada abad ke 15 tepat setelah Kerajaan Majapahit runtuh. Demak sendiri kini menjadi sebuah kabupaten di Jawa Tengah. Kini sisa-sisa peninggalan kerajaan islam di Pulau Jawa ini masih bisa kamu jumpai, lho. 

Masjid Agung Demak merupakan bangunan termasyhur yang masih berdiri kokoh hingga saat ini. Lokasinya berada di Desa Kauman, Demak Kota, Jawa Tengah. Masjid ini sudah berdiri sejak tahun 1479 dan menjadi saksi utama perjalanan kerajaan islam di Pulau Jawa tertua. 

3. Menelusuri jejak nenek moyang di Trinil

Dibandingkan dua tempat sebelumnya, Trinil memang kalah populer namun tempat ini sangat bersejarah dan menyumbang banyak pengetahuan tentang kehidupan prasejarah. Trinil merupakan kawasan penemuan fosil purbakala dari zaman pliosen. Semua penemuan di Trinil kini tersimpan rapi di Museum Trinil. 

Museum Trinil dibangun tepat di bantaran Sungai Bengawan Solo dan di sini pula lah ditemukan fosil-fosil purbakala. Hal ini menjadi gambaran bahwa nenek moyang kita dulu tinggal di dekat sungai dan membangun peradaban di sana. Bagi pecinta sejarah dan arkeologi kamu wajib banget ke sini!

4. Belajar mencintai alam di Taman Nasional Ujung Kulon

Taman Nasional Ujung Kulon berada di kawasan ujung Barat Pulau Jawa. Tempat ini sangat dilindungi dan terjaga kelestariannya. Ada beberapa destinasi wisata menarik di sini seperti menjelajah pulau, goa, hingga mendaki bukit. Keindahan alamnya memang nggak perlu diragukan lagi, namun ada satu hal yang menjadi incaran para wisatawan saat ke sini yaitu badak bercula satu. 

Badak bercula satu atau Rhinoceros sondaicus sondaicus merupakan spesies badak yang hanya bisa ditemukan di Pulau Jawa dan Sumatera. Kini populasinya sangat sedikit dan terancam punah. 

5. Wisata candi di Yogyakarta dan Sekitarnya

Pulau Jawa

Foto: Shutterstock

Candi Borobudur dan Candi Prambanan pasti sudah nggak asing lagi buat kamu. Kedua candi ini sangat megah dan menjadi tujuan populer di Yogyakarta, namun tahukah kamu kalau di Yogyakarta dan sekitarnya masih terdapat banyak candi selain dua candi tersebut!

Semua candi yang ada di sana merupakan sisa-sisa peninggalan kerajaan hindu dan buddha yang pernah berkuasa di Pulau Jawa. Ada banyak candi yang bisa kamu jumpai seperti Candi Ratu Boko, Candi Ijo, Candi Plaosan, Candi Kalasan, Candi Sari, dll. 

Daftar tempat wisata populer di Pulau Jawa berikut bisa kamu jadikan travel wishlist setelah pandemi berakhir. Selain tujuan wisata jangan lupa cari juga tempat menginapnya, untuk urusan yang satu ini kamu bisa serahkan ke RedDoorz. Download aplikasi RedDoorz dan temukan hotel sesuai tempat tujuanmu!

Press Enter To Begin Your Search
×