Loading...

 

(photo source : dokumentasi pribadi)

Pasti Kita pernah mendengerkan julukan negara yang satu ini, “Negeri Tirai Bambu”. Iya, bener pasti yang kita dengan penuh percaya diri mengatakan bahwa julukan tersebut ditujukan untuk negara Tiongkok atau Republik Rakyat Tiongkok. Kita akan terbayang akan beberapa destinasi wajib yang ada di Tiongkok.

Hi, Nama saya Andry Wahyu Saputra biasaya saya dipanggil Andry, saya adalah alumni Diploma 3(D3) dari salah satu Institute di kota Wuxi, sebuah kota di Provinsi Jiangshu. Oke, kali ini saya akan menceritakan sedikit pengalaman saya yang pernah menjadi Mahasiswa asal Indonesia di Tiongkok. 

Pasti banyak yang belum tau letak kota Wuxi berada?. Kota Wuxi adalah kota Industri yang keberadaannya tidak terlalu jauh ke kota Shanghai. Ya, beginilah jawaban saya kepada keluarga ataupun teman-teman saya di Indonesia saat mereka menanyakan letak kota dimana saya menuntut ilmu dulu. Saya selalu mencantumkan kota Shanghai karena kota tersebut sudah sangat terkenal di seluruh dunia dan tidak jauh dari kota Shanghai, meskipun beda provinsi.

Mendengar kata Shanghai pasti kita akan teringat dengan salah satu destinasi wisata wajib wisatawan ke kota tersebut yaitu Menara Oriental Pearl atau Oriental Pearl Radio TV Tower. Merupakan Menara penyiaran dengan ketinggian 468 meter. Menara ini pernah memegang rekor sebagai bangunan tertinggi di Shanghai selama 16 tahun dan arsitekturnya terinspirasi dari Mutiara Dinasti Tang.

Shanghai merupakan destinasi tujuan saya dulu ketika mendapatkan kesempatan berkuliah di Tiongkok. 

Bahkan setelah saya di Tiongkok pun, banyak dari senior ataupun kenalan saya di Shanghai berkata kalau belum sah tinggal di Tiongkok jika belum mengunjungi kota Shanghai atau kota Beijing. 

Tentu kota Wuxi memiliki destinasi wisata yang menarik dan terkenal juga, seperti Lingshan Grand Buddha, Nanchang Temple, Huishan Old Town, Wuxi Museum, Lihihu Lake & Changguangxi National Wetland Park.

Seperti kata pepatah “Sambil Menyelam, Minum Air”. Selain kota Shanghai, pada tahun 2018 saya menyempatkan diri untuk ke Ibukota Negara Tiongkok yakni Beijing saat mengikuti kegiatan Pemuda di Tiongkok. Sebelum kegiatan pemuda tersebut dimulai, saya dan teman-teman pergi ke Temple of Heaven atau Kuil Surga sehari sebelum kegiatanya dimulai. Temple of Heaven yang merupakan destinasi pertama saya kunjungi. Kuil Surga ini termasuk destinasi yang harus dikunjungi dan telah terkenal di Tiongkok. 

Namun ketika berada di Beijing saya tidak sempat mengunjugi destinasi wajib di Ibukota Beijing yaitu Great Wall atau Tembok Besar Tiongkok yang pernah menjadi salah satu dari 7 Keajaiban Dunia karena tidak cukupnya waktu karena tujuan utama saat itu ialah mengikuti kegiatan kepemudaan dan letak Tembok Besar Tiongkok yang lumayan jauh dari pusat kota Beijing.

(photo source :  Instagram/@andrywsaputra )

Setelah mengunjungi beberapa kota di sana. Pada bulan Mei 2019 saya juga sempat mengikuti kegiatan simposium dari Organisasi Pemuda di Tiongkok dan juga tahun tersebut menjadi tahun terakhir saya di Tiongkok. Seperti waktu di Beijing, saya dan teman-teman Pemuda lainnya menghadiri acara tersebut, kali ini di Kota Tianjin. 

Kota Tianjin adalah kota tetangga dari Ibukota Negera yakni Beijing dan merupakan satu dari 4 kota munisipalitas Republik Rakyat Tiongkok. Kota Tianjin tidak kalah indahnya. Saat itu saya sudah sempat menanyakan ke teman-teman ataupun kenalan saya di Tianjin tentang wisata wajib di Tianjin. Mereka semua merekomendasikan saya untuk pergi ke Tianjin Eye atau Kincir Angin Raksasa di kota Tianjin.

Tianjin Eye adalah Kincir Angin yang dibangun di atas  Sungai Hai Tianjin dan memiliki tenaga listrik 48 kabin untuk penumpang yang menaiki. Tianjin Eye menjulang setinggi 120 meter.

(photo source :  Instagram/@andrywsaputra)

Saya sangat bersyukur memiliki kesempatan kuliah di Tiongkok dan mendapatkan rejeki lebih untuk menyempatkan diri berwisata ke beberapa ikonik kota-kota di Tiongkok. Saya harap destinasi yang pernah saya kunjungi di atas bisa masuk ke daftar wisata yang akan teman-teman kunjungi ketika berada di Tiongkok.

Penulis : Andry Wahyu Saputra

Instagram : andrywsaputra

Press Enter To Begin Your Search
×