Loading...

jalan braga

Foto: Shutterstock

Jalan Braga merupakan area populer di Kota Bandung. Selain jadi tempat kumpulnya muda-mudi Bandung, ternyata Jalan Braga punya sejarah yang menarik, lho. Jalan ini sudah ada sejak masa kolonial Belanda. Dulunya Jalan Braga juga sering disebut Paris Van Java. Jalan ini sendiri menghubungkan ke gedung Konferensi Asia Afrika sehingga termasuk jalan protokol di Bandung. 

Dilihat dari namanya, kata Braga diambil dari bahasa sunda Ngabraga yang artinya bergaya. Bukan tanpa alasan, kawasan ini memang dikenal sebagai pusat pertokoan yang menjual serba-serbi fashion. Nggak heran kan Belanda sampai menjulukinya Paris Van Java, kota Parisnya Jawa. 

jalan braga

Foto: Shutterstock

Tahun 1882 pada masa kolonial Belanda tempat ini dipercantik oleh pemerintah kolonial. Mereka menambahkan lampu minyak di sepanjang Jalan Braga sehingga jalan ini terlihat sangat cantik. Keindahannya membuat Braga menjadi sangat populer terutama di kalangan orang-orang asing dari Eropa, Belanda, Cina, dan tentunya juga bagi orang Indonesia sendiri. 

Seiring kepopuleran Jalan Braga Belanda ingin membuat Braga dan Bandung menjadi kota metropolis. Maka di Braga mulai muncul toko-toko barang mewah. Selain itu hadir pula tempat hiburan serta kesenian yang dibuat mengikuti selera orang Eropa tujuannya agar orang Eropa yang datang ke sana bisa merasakan suasana seperti di Eropa. 

Apa kabar Jalan Braga saat ini? 

jalan braga

Foto: Shutterstock

Setelah lepas dari penjajahan Belanda, Jalan Braga menjelma menjadi ikon Kota Bandung. Perhatian pemerintah Belanda untuk merawat Braga membuat kawasan ini jadi sangat ikonik. Sebuah kawasan bernuansa Eropa di Bandung. Pemerintah Bandung juga turut membuat Braga semakin populer dengan membangun Braga City Walk. Sepanjang 700 m Jalan Braga dijadikan sebagai spot foto yang keren.

Salah satu hal yang tidak berubah dari Braga adalah fungsinya sebagai pusat mode di Indonesia khususnya di Bandung. Di sepanjang Jalan Braga kamu bisa menjumpai rumah mode terbaik di dalam negeri yang tentunya berkualitas tinggi. Wajar saja, meskipun puluhan tahun sudah berlalu Jalan Braga tetap jadi pesona Bandung yang memikat para wisatawan dari manapun. 

Untuk menikmati suasana Jalan Braga secara langsung kamu bisa datang ke Bandung dan menginap di hotel dekat Jalan Braga. Nah, kamu bisa cari hotelnnya di ReDdoorz. Ada banyak pilihan RedDoorz hotel dekat Jalan Braga. Yuk download aplikasi RedDoorz dan rencanakan liburan seru di Kota Bandung. 

Press Enter To Begin Your Search
×