Loading...

(Photo source: Unsplash.com/Kym Ellis)

Mulai suka ngebolang pas usia 24 tahun kerja di salah satu perusahaan swasta yang punya 9 karyawan saat itu, semuanya bolang, dan mereka dulunya merupakan Mapala (Mahasiswa Pecinta Alam). Hanya aku yang belum kenal kata bolang. Tanpa tedeng aling-aling, akupun minta diajak nanjak gunung sama kolega kantor, ya, debut ngebolangku nanjak gunung Salak, Jawa Barat. Lalu, aku jadi ketagihan tiap bulannya untuk eksplor gunung maupun pantai yang ada di Pulau Jawa, Bali hingga Sumatra. Singkat cerita, aku punya impian lain untuk bisa ngebolang sendiri ke luar negeri, yaitu Denmark. Karena ada salah satu bestie aku yang sudah menjadi warga negara Denmark apalagi bertemu jodohnya pria asli sana. Hampir tiap minggu ia unggah dokumentasi traveling-nya, dan aku sangat tertarik oleh keindahan alamnya di sana, dan mungkin juga bisa berjumpa jodohku yang belum juga datang. Aku yakin tiap orang punya impian masing-masing- kita bisa mewujudkannya selama ada budget, waktu dan sehat atau bahkan dapat giveaway karena hoki. 

Inilah alasan aku ingin ngebolang ke negara Denmark. Melihat salah satu foto dari unggahan bestie-ku di Thyboron, sebuah desa nelayan di Jutland, Denmark, yang terkenal karena menjadi lokasi banyak kapal karam, layaknya kecantikan tersembunyi yang terpelihara dengan baik. Air biru kehijauan, bunker tua dari perang, pasir lembut hampir putih, ombak indah di bawah langit musim panas yang biru, udara hangat segar yang bersih.

Di area sana juga terdapat Harboøre Tange- laut berpasir sepanjang sekitar 10 km antara Limfjord dan Laut Utara, yang membentang dari Harboøre ke Thyborøn di Lemvig Municipality. Rumput laut terus menerus terdegradasi oleh badai Laut Utara dan migrasi pasir, dan sejak tahun 1870-an, mulai membangun kait di sepanjang pantai untuk mengamankannya. Negara bagian ini memiliki area seluas 2.400 ha di Harboøre dan Agger Tanger, yang dilindungi pada tahun 1984 dan dilindungi sebagai kawasan perlindungan burung sesuai dengan Konvensi Ramsar dari EC.

Pada Zaman Viking, memungkinkan untuk berlayar dari Limfjord ke Laut Utara, dari Nissum Bredning, tetapi sekitar tahun 1100 bagian itu diampelas. Selama gelombang badai tahun 1825, laut menerobos lagi dan membentuk Kanal Agger, yang sedikit lebih jauh ke utara daripada Kanal Thyborøn saat ini. Kanal Thyborøn muncul selama gelombang badai pada tahun 1862.

scandinavia

(Photo Source: Instagram @niathenia)

Di Kopenhagen sendiri merupakan tempat di mana sejarah yang kaya bertemu dengan budaya modern. Menawarkan istana dan gereja bersejarah, dan taman yang luas, kanal, dan santapan lezat yang terkenal di dunia yang identik dengan tepi laut Nyhavn, terdapat bangunan berwarna-warni dan kapal-kapal tinggi. 

scandinavia

(Photo Source: lovelivetravel)

Ada satu spot lagi yang mungkin bisa menjadi tempat piknik terindah di seluruh Denmark, Issehoved, Samsø. Seperti terisolasi namun bisa bikin betah. Dengan pemandangan Jylland, Sjælland, dan Tunø. Samsø dikenal sebagai pulau dengan misi berkelanjutan yang kuat dan alam memegang janjinya. 

scandinavia

(Photo Source: Instagram @niathenia)

Kopenhagen juga identik dengan adanya kastil, melihat kapal Viking asli, berkomunikasi dengan alam, bermain di pantai, atau menyeberangi jembatan ke Malmö, Swedia. Seperti Hven yang terletak di utara Kopenhagen, di Øresund Sound antara Denmark dan Swedia. Pernah menjadi bagian dari kerajaan Denmark, Astronom Kerajaan Tycho Brahe diangkat menjadi Penguasa pulau oleh Raja Frederik II pada abad ke-16. Di sinilah Brahe membangun dua observatorium, salah satunya di bawah tanah. Banyak kapal Spar Shipping, Jeppe, yang bisa mengantarkan wisatawan berangkat dari Pelabuhan Kopenhagen, dekat Nyhavn. Perjalanan bisa memakan waktu 90 menit menuju pelabuhan Bäckviken, nah, di sana terdapat bukit yang bisa kita jelajahi dengan sepeda kuning yang tersedia untuk disewakan.

Canggihnya lagi, di Denmark bisa sekalian bertandang ke negara lainnya naik kereta yang ada di Eropa. Jadi, sekali merengkuh dayung, dua tiga pulau terlampaui.

Penulis: Biska Ananda Risty Kanilla

Instagram: bizkabikun

Facebook: bizkabikun

Cropped fav logo@2x
Press Enter To Begin Your Search
×