Loading...

taman nasional baluran

Foto: Shuttrestock

Taman Nasional Baluran merupakan sebuah tempat konservasi yang berada di wilayah Timur Pulau Jawa, Letak Taman Nasional Baluran persis berada di perbatasan antara Banyuwangi dan Situbondo. Tempat ini punya julukan Sunrise of Jawa ada juga yang menyebutnya Little Africa in Java karena pesonanya yang unik. 

Biar nggak makin penasaran langsung cek aja ada destinasi wisata apa aja si Taman Nasional Baluran. 

Berwisata ke Taman Nasional Baluran, Pilihan Destinasi Wisata yang Nggak Biasa 

Taman Nasional Baluran memiliki berbagai destinasi wisata alam maupun wisata sejarah yang menarik untuk dikunjungi. Biaya masuk Taman Nasional baluran juga terjangkau hanya sekitar Rp15 ribu rupiah aja! Dengan harga segini, kira-kira destinasi wisata apa aja ya yang bisa kita nikmati? 

Goa Jepang

Goa Jepang merupakan salah satu situs peninggalan masa penjajahan Jepang yang berada di Taman Nasional Baluran. Tempatnya tidak terlalu besar luasnya saja hanya 12 meter persegi. Dulunya tempat ini dijadikan sebagai benteng pertahanan bagi tentara Jepang. Selain itu Goa Jepang juga tempat menyimpan amunisi untuk kebutuhan para tentara. 

Lokasi Goa Jepang persis berada di pintu masuk Taman Nasional Baluran dari wilayah Batangan. 

Padang Savana Bekol

taman nasional baluran

Foto: Shutterstock

Ini nih asal muasal Taman Nasional Baluran Situbondo dijuluki Little Africa in Java! Savana Bekol Taman Nasional Baluran merupakan padang rumput seluas 10 ribu hektar, mencakup sepertiga dari kawasan taman nasional. Padang Savana Bekol semakin cantik karena terdapat pemandangan gunung yang menjulang tinggi di sini. 

Pada musim hujan Padang Savana Bekol akan lebih hijau karena rumput lebih banyak tumbuh. Kamu juga bisa melihat beberapa hewan-hewan yang sedang makan rumput di sini. Sedangkan kalau kamu datang saat musim kemarau, tempat ini akan sangat gersang dan kering sehingga nampak seperti Africa pada musim panas. 

Hutan Musim

Ngomongin Taman Nasional Baluran Banyuwangi rasanya belum lengkap kalau nggak menyebut hutan musim. Seperti namanya hutan ini adalah sebuah hutan yang sangat dipengaruhi musim. Saat musim hujan pohon-pohon akan tampah hijau menyegarkan namun di musim kemarau pohon-pohon akan menggugurkan daunnya sehingga yang tersisa hanya batang kayunya. 

Hutan musim sangat menarik karena menggambarkan pemandangan yang kontras di setiap musim. Makannya kamu harus cobain datang ke Taman Nasional Baluran saat musim hujan dan musim kemarau, biar nggak penasaran!

Hutan Evergreen

Berbeda dari hutan musim yang kondisinya sangat dipengaruhi musim Hutan Evergreen justru akan selalu hijau sepanjang masa. Dibandingkan hutan musim, area Hutan Evergreen memang lebih subur karena mendapat pasokan air yang cukup dari aliran sungai yang berada di sekitarnya. Tempat ini juga bisa dibilang sebagai tempat tersejuk yang ada di Taman Nasional Baluran Situbondo. 

Pantai Bama

taman nasional baluran

Foto: Shuttrstock

Pantai Taman Nasional Baluran yang sangat terkenal bernama Pantai Bama. Bagi pecinta suasana yang sepi dan tenang pasti kamu akan menyukai pantai ini. Pantai Bama Taman Nasional Baluran merupakan pantai yang sangat cocok dijadikan tempat beristirahat setelah berpetualang. Pantai ini punya pasir yang putih, ombaknya juga tidak terlalu kencang sehingga bisa bermain air di sekitarnya. 

Meskipun demikian kamu harus berhati-hati dengan kera ekor panjang. Kera-kera ini suka muncul tiba-tiba dan mengambil makanan yang dibawa para pengunjung. 

Menarik banget bukan destinasi wisata yang bisa kita temukan di Taman Nasional Baluran. Bila kamu punya rencana ke sana jangan lupa cari tempat menginap yang lokasinya dekat. Untuk urusan yang satu ini kamu bisa percayakan RedDoorz. Ada banyak pilihan tempat menginap di seluruh Indonesia. Download aplikasi RedDoorz dan temukan banyak penawaran menarik dari kami!

Press Enter To Begin Your Search
×