Loading...

Dunia Fantasi Efteling

(photo source: dokumentasi pribadi)

Bagi banyak orang, dunia fantasi mungkin hanya sebuah kekonyolan imajinasi yang tercipta dan diinginkan oleh anak-anak atau orang-orang yang ingin lari dari kenyataan keras nya hidup di dunia nyata. Namun bagi beberapa orang lainnya, dunia fantasi mungkin bisa menjadi sebuah media dan sarana untuk melepas penat dan memberikan ruang untuk sekedar menyegarkan pikiran dari padat nya kegiatan dalam hidup.

Saya menggambarkan dunia fantasi sebagai sebuah hiburan yang dapat memberikan efek relaksasi supaya bisa sejenak lari dari kenyataan dunia yang keras dan penuh tantangan. Saya mencoba mengunjungi salah satu tempat wisata paling terkenal di Belanda yang berlokasi di Kaatsheuvel, Belanda. Lebih tepatnya, Efteling terletak di daerah Belanda bagian selatan yang berdekatan dengan Belgia. Saya menempuh perjalanan 2 jam dari rumah di Egmond Binnen, Belanda Utara menuju Efteling menggunakan mobil. Hari itu lalu lintas lumayan padat karena awal musim panas dan cuaca sedang lumayan bagus. Sehingga tidak mengherankan jika banyak mobil-mobil bernomor kendaraan dari negara-negara tetangga juga banyak terparkir di halaman parkir Eteling yang luas.

Ini adalah pertama kali saya berkunjung ke Efteling semenjak 7 Bulan tinggal di Belanda. Saya berkunjung ke Efteling bersama pasangan dan keluarga nya. Pasti nya Kesan pertama yang saya rasakan saat melihat gerbang masuk utama untuk pemeriksaan tiket adalah kagum dan bersemangat. Pintu masuk nya memiliki atap dengan desain yang unik dan hampir mirip dengan rumah gadang di Padang. Namun saya pun punya imajinasi lain tentang atap yang ada di pintu masuk itu. Saya membayangkan atap itu mirip kepala tokoh Disney bernama Maleficent. Bahkan dari gerbang utama saja, saya sudah mulai berimajinasi dan membayangkan bentuk atap yang unik tersebut. Daya pikat Efteling memang sudah mulai menarik perhatian para pengunjung untuk berimajinasi dengan hanya melihat desain atap nya. Saya pun disambut oleh dua wanita berpakaian bak puteri raja yang dengan gemulai menyapa dan menyambut para pengunjung. 

Dunia Fantasi Efteling

(photo source: dokumentasi pribadi)

Setelah selesai menunjukkan tiket masuk yang telah saya pesan secara online, saya dan keluarga berjalan menuju atraksi pertama tertua yang ada di Efteling. Atraksi itu bernama Fata morgana. Fata morgana memiliki desain luar seperti berada di Asia (India) dan Timur Tengah. Pertama kali melihat fata morgana dari jauh hati saya langsung merasa bahagia. Atraksi ini terlihat sangat besar dan megah walaupun sudah lumayan lama dibangun. Fata morgana memberikan fasilitas perahu kayu untuk saya dan kelurga bisa menyusuri petualangan fantasi di dalamnya. Teknologi yang ditawarkan di dalam Fata morgana cukup baik. Meskipun ini merupakan salah satu atraksi tertua tapi saya tidak melihatnya ketinggalan jaman. Saya dapat melihat sebuah ekspektasi fantasi tentang kehidupan di Asia dan Timur Tengah yang sangat eksotis dan melegenda. 

Setelah puas menikmati dunia fantasi Fata morgana, saya dan keluarga melanjutkan petualangan menuju atraksi Baron Dive Coaster yang ekstrem dan menegangkan. Kebetulan saya tidak begitu menyukai atraksi ekstrem sejenis ini sehingga saya memutuskan untuk tidak mencoba atraksi ini. Beberapa anggota kelurga sangat bersemangat untuk mencoba atraksi ekstrem ini. Saya memperhatikan struktur bangunan Baron Dive Coaster yang kokoh dan sangat besar. Saya sangat menyukai desain dan model atraksi satu ini meskipun saya tidak punya nyali untuk mencobanya. Struktur bangunan dan rangkanya terlihat sangat kuat dan kokoh. Hal ini membuat saya terkagum-kagum saat melihatnya. Saya bisa melihat orang-orang sangat menikmati sensasi ekstrem yang diberikan oleh atraksi yang satu ini. Atraksi ini terbilang sangat popular di Efteling karena menawarkan sesasi petualangan yang sungguh menegangkan dan memacu adrenalin. 

Dunia Fantasi Efteling

(photo source: dokumentasi pribadi)

Saya dan keluarga melanjutkan perjalanan pengalaman kita di dunia fantasi menuju ke atraksi popular yang menjadi ikon Efteling. Atraksi ini bernama Symbolica. Bak negeri dongeng penuh fantasi yang menjadi benar-benar nyata di dunia, saya melihat betapa megah dan besarnya istana Symbolica berdiri kokoh di sana. Saya pun sangat kagum dan hanya bisa terbelalak lebar saat melihat Symbolica dari luar. Ketika saya dan kelurga masuk ke dalam Symbolica, terdapat fasilitas kereta berbentuk teko besar yang dapat membawa beberapa orang untuk berkeliling Symbolica.

Pengalaman yang saya dapatkan di dalam sana sungguh luar biasa. Teknologi yang digunakan sungguh sangat modern dan canggih. Saya benar-benar merasa berada di dunia fantasi yang sesungguhnya. Terdapat banyak gemerlap lampu-lampu indah, karakter-karakter fantasi yang lucu dan unik, raja dan ratu yang mewah, dan segala kemewahan perabotan istana yang mencengangkan. Teknologi yang dipakai dalam Symbolica jauh lebih canggih daripada di Fata morgana. Pengalaman saya menyusuri Symbolic benar-benar merupakan pengalaman yang epik. Saya bisa sangat merasakan mewah dan megah nya sebuah istana beserta isi dan penghuni nya yang diceritakan dalam dongeng-dongeng dan cerita-cerita fantasi.

Dunia Fantasi Efteling

(photo source: dokumentasi pribadi)

Sebenarnya masih ada banyak sekali atraksi lain di dalam Efteling yang sangat fantastis dan menyenangkan sekali untuk dicoba seperti Joris en de Draak, Droomvlucht, Fairytale Forest, De Vliegende Holland, Pirana, Python Steel Roller Coaster, Carnaval Festival, Stoomcarrousel, Kleuterhof, Vogel Rok, Villa Volta, Anton Pick Plein, Halve Maen, De Oude Tufferbaan, Volk van Laaf, Monorail, Monsieur Cannibale, Pagode, Kindervreugd, Kinderspoor, Godoletta, Avonturendoolhof, Efteling Museum, Polka Marina, Spookslot, Diorama, Game Gallery, Holle Bolle Gijs, dan Stoomrein.

Saya tidak dapat mencoba semua atraksi yang saya sebutkan tersebut dikarenakan waktu yang terbatas dan saya dan keluarga membutuhkan waktu yang cukup lama untuk perjalanan kembali ke rumah masing-masing. Sehingga hanya beberapa atraksi yang sangat menarik bagi kami saja yang pada akhirnya kami kunjungi dan coba. Petualangan di dunia fantasi Efteling sungguh sangat berkesan bagi saya. Ternyata berapa pun usia kita, tidak akan menghilangkan keinginan berfantasi dan menikmati dunia khayalan bak di negeri dongeng. Saya benar-benar menikmatinya hingga tak kuasa untuk kembali ke hingar bingar dunia nyata dengan segala masalahnya. 

 

Penulis: Ropa Wahyuni

Instagram: Ropaeiffel

Facebook: Ropa Eiffel

 

Press Enter To Begin Your Search
×