Loading...

Masih teringat sangat jelas dibenak saya, dan saya yakin dibenak keluarga pun kenangan ini masih tersimpan hangat. Perjalanan singkat namun penuh makna, tahun 2012. Sadar tidak mempunyai harta yang berlebih, namun cukup untuk sandang, papan dan pangan, kami sekeluarga memilih untuk tidak meratap dan tetap menjalani kehidupan. Semua berjalan dengan porsinya masing-masing. Ayah bekerja, Ibu mengurus rumah tangga, Kakak ditingkat SMA dan mempunyai online shop kecil-kecilan lalu saya pun masih ada di bangku SMP. Saat liburan tiba pun, kami lebih sering dirumah dan sadar tidak mendumel kepada Ayah untuk pergi berlibur seperti kawan-kawan lain, atau sudah terbiasa dengan keadaan seperti ini lebih tepatnya.

Tahun 2012 berbeda, Ayah mendapatkan bonus dari kantor sebesar 750 ribu rupiah. Secara materi, uang 750ribu tidak cukup untuk membawa kami liburan yang mewah. Namun ternyata, dalam diamnya, Ibu saya menyimpan brosur one day trip ke Bandung dengan harga 100rb/orang, dengan harapan suatu hari nanti kami dapat bertamasya bersama.

Mimpi kecil Ibu terwujud, kami sekeluarga didaftarkan untuk bertamasya one day trip ke kota Bandung. Ingat betul, kami hanya mengunjungi tempat makan tahu susu di Lembang, makan siang di pondokan ala sunda, berwisata di pasar apung Lembang, melihat wihara ala negeri Thailand dan tidak lupa membeli brownies kebanggan kota Bandung. Sangat sederhana jika dipikir, namun kebahagiaan pada saat itu sangat meluap-luap. Tidak lupa senyum yang selalu terlihat nyata pada wajah Ibu. Jika dipikir ulang, itu adalah liburan terjauh kami saat itu. Kota Bandung yang penuh cerita. Walaupun selama perjalanan, terpasang lagu Cina yang sangat menusuk telinga dan orang-orang yang berkaraoke. Sekarang, syukur, mobil sudah ada, setiap liburan tiba atau sekedar weekend gateway kami pergi ke Bandung. Entah, seperti ada cerita dan kenangan di Bandung, tidak pernah bosan dan seperti kampung halaman.

Ribuan doa terpanjatkan, keadaan pun membaik. Kakak bekerja dan Saya pun juga. Kerja siang malam, senin sampai minggu. Demi kebahagiaan kami bersama. Puji Syukur, tahun 2019, Tuhan membawa kami ke Negeri Gajah, Thailand. Negara pertama yang kami kunjungi bersama sekeluarga. Terlalu banyak menonton acara travelling luar negeri ke Thailand, membuat kami bertekad untuk pergi kesana. Kali ini kami berkesempatan liburan 5 hari penuh makna, mengunjungi kota yang kental akan budaya dan agamanya, street food dan fashion stalls. Tanpa tour and travel. Semua bermodal Google dan keberanian. Beberapa makanan iconic seperti Tom Yam Goong dan Mango Sticky Rice memang lebih lezat ditempat asalnya.

Mungkin ada beberapa orang yang seperti kami juga, yang sehabis liburan, menceritakan setiap pengalamannya tanpa henti. Seperti, setiap kejadian. Contoh saat makan keluarga, celetuk salah satu anggota keluarga “nih kalau makan asem-asem begini keinget bangkok ya” atau seminggu setelah pulang dari liburan, pasti ada celetuk “nih minggu kemarin kita lagi gasabar nunggu di bandara yaa” dan hal-hal seperti itu. Sering mendengar orangtua bercerita ke tetangga atau saudara lain tentang pengalaman liburannya, tanpa berpikir apakah orang itu tertarik mendengarnya. Namun satu kesimpulannya, mereka senang dan sangat excited. Setiap waktu disana sangat berarti dan menjadi memori. Ingat, tingkat kebahagiaan orang-orang itu berbeda.

Mimpi kami besar, namun tidak terlihat besar untuk beberapa orang. Mimpi besar selanjutnya adalah mengajak kedua orangtua untuk ke pergi ke Singapura dan Johor Bahru, karena sering melihat channel luar negeri menyantap Kopi O dan Kaya Toast untuk sarapan. Dan kata orang-orang, kalau mau lihat luar negeri yang sesungguhnya, pergi saja ke Negeri Singa, kami pun sangat tertarik dan sedang menabung. Mohon doakan kesehatan orangtua agar tetap sehat, semangat untuk saya agar dapat kerja lebih leras sebelum semuanya hanya penyesalan.

Salam,

Timotius Mulyadi

 

Nama Penulis: Timotius Mulyadi B

Instagram: www.instagram.com/timotism/

Twitter: www.twitter.com/timotism

Facebook: Timotius Mulyadi

Press Enter To Begin Your Search
×