Loading...

resep tongseng

(Photo source: Instagram.com/tongseng_pak_dar)

Selain sate kambing, Tongseng merupakan salah satu olahan kambing yang digemari masyarakat Indonesia. Gurihnya daging kambing dipadukan kuah santan yang tercampur aneka rempah menambah kekayaan rasa dari semangkung tongseng. Hidangan ini sangat nikmat disajikan dengan sepiring nasi hangat. Saking enaknya banyak orang yang berburu resep tongseng terbaik. 

Tongseng bukan sekedar hidangan pemuas rasa lapar.  Makanan ini memiliki sejarah panjang sampai akhirnya bisa menjadi bagian dari khasanah kuliner nusantara. Pada abad ke-18 sampai 19 banyak kapal dagang asing yang singgah di Indonesia. Mereka berasal dari Arab dan India. Tujuan utama mereka memang untuk berdagang, namun bersamaan dengan itu terjadi pertukaran budaya antara bangsa asing dan Indonesia. 

Tongseng lahir saat itu. Arab dan India berpengaruh besar memperkenalkan hidangan berbahan dasar kambing dan domba. Seiring berjalannya waktu, sebagian dari mereka tidak hanya datang ke Indonesia sesekali saja namun mereka akhirnya menetap. Mayoritas dari mereka tinggal di Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur. Kemudian mereka beternak kambing dan menjadikan wilayah tersebut sebagai penghasil kambing dengan kualitas terbaik di Indonesia. 

Masyarakat setempat akhirnya jadi terbiasa mengolah hidangan berbahan kambing. Mereka memanfaatkan daging kambing untuk dijadikan sate sedangkan jeroan dan tulang dijadikan gulai. Kebetulan saat itu muncul pabrik penghasil gula, dari gula pasir, gula merah, dan pabrik kecap. Masyarakat Jawa yang tinggal di bagian selatan kemudian menciptakan menu baru yang terdiri dari daging kambing, santan, kecap, tomat, kubis, dan aneka rempah. Hidangan itu disebut tongseng. 

Tongseng diyakini berasal dari Boyolali, Jawa Tengah dan kemudian menyebar ke seantero Indonesia. Bahkan di Kecamatan Klego, Boyolali terdapat patung sate tongseng yang menjadi kebanggan masyarakat setempat. 

Resep Tongseng Khas Nusantara

Bahan utama tongseng adalah daging kambing namun seiring perkembangannya banyak modifikasi resep tongseng termasuk yang tidak menggunakan daging kambing. Banyak orang yang tidak bisa mengonsumsi olahan daging kambing, oleh karena itu mereka menggantinya dengan daging sapi atau ayam. Jika kamu penasaran bagaimana resep asli tongseng khas Indonesia, berikut daftar bahan dan cara memasak tongseng yang bisa kamu ikuti

Bahan-Bahan

400 gr daging kambing
2 lembar daun salam
1000 ml air
800 ml santan cair
2 cm lengkuas yang sudah dimemarkan
1 batang serai diambil putihnya dan dimemarkan
150 gr kol, dipotong kotak
2 batang daun bawang, dipotong cacah sepanjang 2 cm
1 buah tomat merah, dipotong-potong
3 siung bawang merah diiris tipis-tipis
4 buah cabe rawit merah, dipotong cacah sepanjang 2 cm
2 1/2 sdm kecap manis
4 sdm minyak untuk menumis


Bumbu (dihaluskan)

3 siung bawang putih
4 butir bawang merah
4 butir lada
3 buah kemiri, disangrai
3 cm kunyit, dibakar
2 cm jahe
1 sdt ketumbar
1 1/2 sdt garam.


Cara Memasak Tongseng:

  • Di dalam panci, rebus daging kambing dan daun salam dalam air mendidih, tunggu sampai daging matang. 
  • Angkat dan buang airnya, potong-potong dagingnya menjadi potongan kecil-kecil.
  • Di panci yang lain, rebus santan, bumbu halus, daun salam, lengkuas dan serai sambil diaduk, tunggu hingga mendidih dan sisihkan.
  • Panaskan minyak di dalam wajan. Tumis bawang merah, cabe rawit merah dan daging kambing sampai harum. Tambahkan kol ke dalam tumisan, tumis kol hingga layu.
  • Masukkan Bango Kecap Manis, aduk rata.
  • Tuang kuah santan, tunggu hingga mendidih. Setelah kuah santan mendidih, tambahkan daun bawang dan potongan tomat, masak hingga matang, sajikan hangat.

Sumber: Bango

Seperti makanan khas Indonesia pada umumnya, memasak tongseng mungkin agak ribet. Namun kesulitan itu akan terbayarkan ketika kamu menikmati kelezatannya. Ada beragam resep tongseng dari setiap wilayah di Indonesia. Sambil liburan kamu bisa wisata kuliner, mencicipi cita rasa otentik tongseng dari daerah yang kamu kunjungi. Jika kamu berencana wisata kuliner ke berbagai penjuru Indonesia buat memburu cita rasa Tongseng nusantara, jangan lupa menginapnya di RedDoorz

Press Enter To Begin Your Search
×