Loading...

taman sari jogja

Foto: Shutterstock

Taman Sari jadi salah satu destinasi wisata di Yogyakarta yang sedang naik daun belakangan ini. Tampilannya yang cukup usang justru menunjukkan sisi romantis dari kenangan masa lalu yang dimilikinya. Pesona Taman Sari Jogja berhasil merajai sosial media. Banyak wisatawan khususnya anak muda yang sengaja datang ke Yogyakarta untuk berkunjung ke Taman Sari. 

Pesona Taman Sari Jogja di Mata Traveler

1. Sudah berdiri selama ratusan tahun

Berdasarkan candra sengkala catur naga rasa tunggal (tanda istana baru) Taman Sari Yogyakarta telah berdiri sejak 1785 yang artinya sudah hampir 300 tahun. Dari arsitektur serta penampilan bangunan Taman Sari memang nggak perlu diragukan lagi soal usianya. Meskipun tergolong bangunan tua, Taman Sari masih berdiri kokoh loh namun Taman Sari sempat direnovasi akibat gempa Yogya tahun 2006. Berdasarkan informasi dari pihak Keraton Yogyakarta serta Balai Pelestarian Bagunan dan Cagar Budaya, kawasan Taman Sari dulu sebenarnya area danau dan parit yang cukup luas. 

2. Memiliki filosofi yang dalam

taman sari jogja

Foto: Shutterstock

Mulanya Taman Sari Jogja dibangun untuk keperluan pertahanan jika terjadi perang, namun Taman Sari juga memiliki filosofi yang melandasi pembangunannya. Taman Sari adalah proses pencarian kesenangan duniawi, simbolnya berupa kolam dan taman indah yang ada di dalamnya. Namun Taman Sari juga sekaligus simbol bagi ujian kehidupan manusia untuk menyeimbangkan kesenangan duniawi dan aturan ilahi. Makna ini ditandai dengan adanya sumur gemuling dan Mihrab yang biasanya digunakan sebagai tempat imam sholat. 

3. Karya seni dari Sultan Hamengkubuwono I

Sultan Hamengkubuwono I terkenal dengan selera seninya yang tinggi. Banyak yang menyebutkan bahwa kemegahan serta keindahan arsitektur Taman Sari Jogja tak lepas dari campur tangan Sri Sultan. Pada masa kepemimpinannya ia mendirikan Taman Sari, karya yang sangat monumental di masanya. Taman Sari juga difungsikan sebagai istana air yang sering digunakan permaisuri dan putri raja untuk mendi.  

4. Lokasinya yang masih satu kawasan dengan Keraton Yogyakarta

Lokasi wisata Taman Sari cukup strategis karena berada di pusat Kota Yogyakarta tepatnya di Kelurahan Patehan, Kecamatan Kraton. Taman Sari masih berada di kawasan besar Kraton Yogyakarta sehingga masih dekat dengan bangunan-bangunan milik keraton lainnya. 

5. Mitos yang menyelimuti Taman Sari Jogja

taman sari jogja

Foto: Shutterstock

Seperti bangunan tua pada umumnya. Taman Sari Yogyakarta juga punya mitos yang menyelimutinya, lho. Menurut mitos yang beredar di kalangan setempat, konon ada lorong di Taman Sari yang langsung menembus ke Pantai Selatan Yogyakarta. Ada dua lorong di sana yaitu urung-urung (lorong) timur dan urung-urung sumur gumilang. Katanya urung-urung sumur gumilang digunakan sebagai jalan Sultan Yogyakarta untuk bertemu Nyi Roro Kidul di Pantai Selatan. 

RedDoorz HygienePass, Pilihan Hotel dekat Taman Sari Jogja yang Aman untuk Menginap

Taman Sari Jogja memang tempat yang wajib kamu kunjungi saat datang ke Yogyakarta. Biar akses menuju Taman Sari serta destinasi wisata sekitar Keraton Yogyakarta semakin mudah, kamu bisa pilih hotel dekat Taman Sari. Meskipun ada banyak hotel di Jogja tapi kamu nggak boleh asal pilih hotel. Pilih hotel RedDoorz yang memiliki sertifikasi HygienePass agar masa menginap di Jogja terasa lebih aman dan nyaman. 

HygienePass adalah sertifikasi kebersihan hotel yang diselenggarakan oleh RedDoorz bekerjasama dengan Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI). Setiap RedDoorz hotel di Yogyakarta yang sudah memiliki sertifikasi HygienePass artinya bersih dan steril untuk menginap. Hotel disemprot berkala menggunakan desinfektan, selain itu pengelolaan hotel juga mematuhi protokol kesehatan untuk memastikan semua petugas hotel serta tamu yang menginap dalam keadaan sehat. 

Untuk memesan RedDoorz hotel dekat Taman Sari Jogja kamu bisa pesan melalui aplikasi RedDoorz. Download aplikasi RedDoorz di google play store atau apps store. Setelah aplikasinya terinstal kamu bisa atur filter pencarian hanya untuk hotel HygienePass. Kemudian kamu tinggal pilih hotel yang sesuai dengan kebutuhanmu. Gampang banget kan! Menginap #SiapLebihAman hanya RedDoorz pilihannya!

Press Enter To Begin Your Search
×