Loading...

chinatown singapore

Ada begitu banyak alasan kenapa kamu harus mengunjungi Singapore setidaknya sekali seumur hidup. Meski ukuran negaranya yang tak lebih luas dari DKI Jakarta, tepatnya 721.5 km², namun Singapore mampu mengelola dan tumbuh menjadi satu-satunya negara maju di Asia Tenggara. Selain terkenal karena kemampuan dan tingkat intelegensi sumber daya manusianya, Singapore juga menarik di mata dunia karena menaungi banyak sekali destinasi wisata menarik, seperti Marina Bay Sands, Sentosa Island, Universal Studios Singapore, Chinatown, dan lain sebagainya. 

Tetapi di era new normal seperti saat ini, tentunya wisatawan tidak bisa leluasa masuk ke Singapore. Sejak bulan Juni lalu, pemerintah Singapura kembali membuka gerbang perbatasannya untuk travelers internasional. Stay Home Notice (SHN) tidak lagi wajib dilakukan oleh travellers dari beberapa negara. 

Negara-negara tersebut di antaranya adalah Australia, Brunei Darussalam, Hong Kong, Jepang, Makau, China, Selandia Baru, Republik Korea, Taiwan, dan Vietnam. Itu artinya, jika kamu yang berasal dari Indonesia datang ke Singapore, kamu harus tetap melaksanakan SHN di tempat yang telah disediakan pemerintah Singapura, bukan di kediaman masing-masing. 

Tetapi kabarnya, Singapore akan memasangkan sebuah alat bagi traveler yang melakukan karantina mandiri selama 14 hari yang dapat memastikan jika mereka benar-benar menaati peraturan karantina mandiri. Tes Covid-19 pun masih terus digelar dan harus diikuti setiap traveler terlepas dari negara mana mereka berasal. Apabila hasilnya positif, barulah mereka dipindahkan ke lokasi SHN milik Singapura.. 

Melihat kesigapan Singapura dalam menghadapi pandemi, tak heran jika banyak yang kagum dengan pemerintahannya. Sudah menjadi rahasia umum jika Singapura adalah negara yang amat disiplin. Kedisiplinan orang-orang Singapura pun berimbas pada lingkungan negaranya yang bersih, sejuk, dan asri. Intinya, kamu sudah membuat keputusan yang tepat jika memilih Singapura sebagai tujuan liburan begitu pandemi berakhir.
Obyek wisata apa yang tidak boleh saya lewatkan saat di Singapore?

Jawaban RedDoorz adalah Chinatown, Singapore! RedDoorz memiliki 5 alasan yang bakal menjelaskan mengapa Chinatown, Singapore adalah obyek wisata terbaik. Simak penjelasannya berikut ini!

Penuh dengan Nilai Histori

chinatown singapore

Pernahkah kamu penasaran bagaimana kehidupan komunitas peranakan di Singapore terbentuk? NUS Baba House di Chinatown, Singapore ini bisa memberikan jawabannya. Komunitas peranakan di Singapore pertama kali terbentuk pada abad ke-15 ketika imigran pertama asal Cina tinggal di Kepulauan Melayu dan memilih berdagang untuk hidup. 

Kehidupan mereka saat itu dapat digambarkan melalui NUS Baba House yang dahulu dihuni oleh keluarga Wee. Selain NUS Baba House, kamu juga bisa mempelajari kebudayaan China di Chinatown Heritage Center. 

Ikon Kekayaan Budaya di Singapore

chinatown singapore

Orang-orang yang baru pertama kali mendengar nama Chinatown, Singapore mungkin akan mengira bahwa tempat ini akan membedah budaya Cina semata. Padahal, Chinatown, Singapore merupakan satu-satunya Chinatown di dunia yang menyatukan kuil Buddha dengan kuil Hindu dalam satu jalan yang sama. 

Tak jauh dari lokasi kedua kuil ini, kamu akan menemukan masjid Jamae. Masjid ini sengaja dibangun untuk memudahkan populasi muslim di Chinatown dalam beribadah.

Streetfood di Chinatown = Terbaik!

chinatown singapore

Liburan ke luar negeri nggak akan lengkap tanpa mencicipi kuliner khasnya. Nah, petualangan kuliner kamu bisa dimulai dari sini. Terlepas dari preferensi kuliner kamu, makanan kekinian atau makanan tradisional, kamu tetap bisa mencoba kedua jenisnya di Chinatown, Singapore. 

Untuk menikmati hidangan tradisional, kamu bisa mendatangi Chinatown Food Street. Sambil menikmati udara segar di area yang terletak di ruangan terbuka ini, hamparan jajanan khas Singapore di Chinatown Food Street dijamin bakal memuaskan rasa laparmu. 

Jangan lupa juga untuk mampir ke Meta di Keong Saik Road yang menawarkan sajian bercita rasa Asia, khususnya Jepang, dengan Prancis. Hmm, bikin penasaran ya?

Home to Various Bars

chinatown singapore

Tidak salah memang jika Chinatown dianggap sebagai area dengan sejuta budaya dan tradisi, namun Chinatown di Singapore juga diramaikan oleh deretan bar. Salah satu bar yang bisa menjadi pilihan terbaik untuk menemani malammu bersama teman-teman adalah Native di Telok Ayer. Kamu bisa memesan minuman-minuman yang terbuat dari bahan-bahan eksotis dan hasil produksi lokal. Wah, unik banget ya!

Surga Belanja

chinatown singapore

Jika Chinatown bisa dimanifestasikan dalam satu objek, itu adalah Chinatown Street Market. Jalanan yang sibuk ini dipenuhi oleh pedagang-pedagang yang menjajakan berbagai macam barang, mulai dari syal sutra hingga barang-barang hasil produksi Cina, semua bisa kamu temukan dalam satu kali tengok. Usahakan kamu datang ke area ini di malam hari ya. Sebab, suasana Chinatown Street Market terasa lebih ‘hidup’ pada malam hari.

Itu dia 5 alasan kenapa kunjungan kamu ke Singapore nanti harus diisi dengan pengalaman menjelajahi Chinatown Singapore. Seru banget kan? Area di Chinatown, Singapore mana yang paling bikin kamu nggak sabar untuk pergi ke Singapore? Yuk, cari dan pesan penginapan terjangkau di Singapura pakai RedDoorz.
 

Cropped fav logo@2x
Press Enter To Begin Your Search
×