Foto: Pixabay

Bicara soal pengalaman traveling paling berkesan, Aku langsung teringat saat bulan Oktober 2016. Kala itu aku dapat incentive dari kantor berupa traveling ke Jepang dan yang bikin aku merasa beruntung, ini benar-benar gratis dan kita diberi uang saku segala. Ini pertama kalinya aku berpergian ke luar negeri dan tentunya ini pengalaman pertamaku juga naik pesawat. Jujur saja aku sempat takut kalau naik pesawat, bahkan sampai aku bertanya ke rekan kerjaku naik peswat itu bagaimana? Serem nggak? Hahaha (“,). Kata temanku enak kok naik pesawat, kalau pas mau take off ada yang telinga berdengung, sediakan permen aja, konon katanya kalau mengunyah permen bisa meredam dengung ditelinga. Oke fix aku putuskan mau ikut. Aku mulai mempersiapakn dokumen yang diperlukan dari buat paspor sampai aku buka rekening tabungan segala untuk keperluan visa. Soal Visa semua diurus kantor, hanya kami diminta menyerahkan dokumen yang diperlukan.

Kami berangkat 14 Oktober 2016 berangkat tengah malam, jadi kami tidur di pesawat. Seingatku perjalanan kurang lebih 9 jam, sudah termasuk perbedaan waktu. Perbedaan waktu Jakarta dengan Tokyo 2 jam, waktu di Tokyo lebih cepat 2 jam. Sampai Bandara Osaka setelah beres urusan imigrasi kami diberi waktu ke toilet, setelah itu kami ke Universal Studio Japan sampai sore hari. Pernahkah kalian memperhatikan bola dunia di Universal Studio Japan? Kata tour guide kami pulau Sulawesi nggak ada, jadi kami memperhatikan bola dunia yang bergerak mutar itu dan ternyata benar pulau Sulawesi nggak ada. Awalnya kami diajak ke area Harry Poter yang katanya hanya ada di Universal Studio Japan, setelah itu kami diberi waktu bebas dan diminta kumpul di bola dunia jam 5 sore. Pulang dari Universal Studio Japan langsung ke hotel.

Hari kedua di Jepang kami diajak ke Kyoto dan Toyohashi, ngomong-ngomong aku sampai buka itinerary saat aku ke Jepang yang masih kusimpan rapi biar bisa kuceritakan ke kalian. Kembali lagi ke ceritaku, hari ini kami ke Kiyomizu Temple dan Fushimi Inari Shrine. Selain pemandu wisata dari Indonesia kami juga didampingi pemandu wisata Jepang. Kami dijelaskan biasanya orang Jepang berdoa dikuil dengan menggunakan dupa dan dupa diarahkan ke badan supaya roh jahat menjauh dari badan. Malam ini kami menginap di kota Toyohashi.

Foto: Dokumentasi Pribadi

Pagi ini kami diajak merasakan naik Shinkansen, kereta cepat di Jepang. Kami naik dari stasiun Toyohashi ke stasiun Hamamatsu (hanya 1 stasiun). Kembali kami naik bus ke Danau Kawaguchi dan makan di salah satu restoran didekat Danau Kawaguchi lalu melanjutkan perjalanan ke Gunung Fuji.  Waktu perjalanan ke Gunung Fuji, kami lewat jalan yang bermelodi, jadi waktu bus kami lewat seperti ada suara musik. Keren, satu kata yang terlintas dibenakku. Baru kali ini aku lewat jalan yang bermelodi. Saat kami sampai di tingkat lima Gunung Fuji sudah sore hari, sayang banget cuacana hujan jadi kami nggak bisa melihat Gunung Fuji, tertutup awan dan kabut. Malam ini kami menginap di hotel di kawasan Gunung Fuji. Tempat kami menginap disediakan onsen, teman-temanku ada yang mandi onsen, Saya nggak mencoba karena malu untuk mandi ramai-ramai. Di hotel juga disediakan Yukata kami diminta menggunakan Yukata saat mau makan malam jadi sebelum makan kami akan foto bersama menggunakan Yukata. Kamar di hotel ini mengingatkanku aku kamarnya nobita, soalnya kasurnya langsung di lantai dan nuansa kamar memang didesain khas Jepang.

Menggunakan Yukata (Foto: Dokumentasi Pribadi)

Hari ke empat kami ke Tokyo, langsung ke Disney Sea. Selain Disney Land di  Jepang juga ada Disney Sea, Disney Sea satu-satunya di dunia. Kalau Disney Land lebih ke permainan untuk anak-anak sementara Disney Sea lebih cocok untuk orang dewasa. Seharian ini kami menghabiskan waktu di sini. Malam hari menginap di pusat kota Tokyo, di daerah Shinjuku. Kota Tokyo sangat hidup malam hari, ramai banget di sini.

Pagi ini kami keliling kota Tokyo, kami diajak ke Tokyo Tower lalu ke Asakusa Kannon Temple. Hari ini agak santai nggak banyak tempat wisata yang kami tuju, lebih banyak waktu bebas.

Hari ini terakhir menikmati liburan, karena besok kami sudah kembali ke Jakarta. Kami diajak ke pulau Odaiba, disini ada icon terkenal patung Gundam raksasa dan ada patung Liberty juga bisa dilihat dari pulau ini. Seenggaknya berfoto dulu di tiruan patung Liberty semoga suatu saat nanti bisa berfoto di tempat aslinya. Berhubung acara bebas jadi Aku dan beberapa rekan kerjaku memutuskan makan di rumah makan khas Indonesia, sudah kangen kami dengan Indonesia. Dari Odaiba, kami diajak ke Shibuya di sini hanya sebentar berfoto dengan patung Hachiko, replika anjing yang setia yang ceritanya cukup terkenal di dunia. Perjalanan dilanjutkan ke Harajuku Street, kami diberi waktu cukup lama untuk berbelanja disini. Sore hari kami diajak ke Ginza, daerah ini katanya terkenal dengan barang-barang bermerek..

Icon patung Liberty di pulau Odaiba (Foto: Dokumentasi Pribadi)

Tak terasa sudah seminggu kami berlibur, pagi ini setelah sarapan kami langsung diantar ke Bandara Haneda. Liburan yang sungguh berkesan, aku beruntung bisa ikut ke Jepang. Terima kasih bosku.