Loading...

ubud bali

Foto: Unsplash

Kalau kamu lagi butuh suasana yang relaxing dan terbebas dari hingar-bingar ibu kota, Ubud Bali adalah pilihan yang wajib kamu masukin ke dalam wish-list liburan selanjutnya. Ubud Bali dikelilingi oleh hutan hujan dan terasering yang membuat kawasan ini menjadi populer di kalangan wisatawan lokal maupun mancanegara.

Nah, kira-kira kamu bisa melakukan aktivitas apa aja ya selama di sana? Yuk, kita lihat ulasannya di bawah ini.

Mengunjungi Tegalalang Rice Terrace Ubud Bali

ubud bali

Foto: Unsplash

Destinasi yang satu ini jadi pilihan favorit untuk wisatawan yang berkunjung ke Ubud. Pemandangan di tempat ini sangat unik dan memukau. Hamparan sawah hijau yang melimpah bisa menjadi tempat kamu untuk bersantai sejenak sambil menikmati semilir angin.

Kemiringan tanah sawah terasering di sini sekitar 40 derajat. Kamu juga bisa mencoba aktivitas Bali Swing atau semacam ayunan yang langsung berhadapan langsung dengan alam ketika diayunkan.

Tiket masuk ke wisata Ubud Bali ini dikenakan Rp15 ribu per orangnya dan belum termasuk biaya parkir. Tidak ada jam buka pada wisata ini dan area sawah buka 24 jam. Namun, kalau kamu ingin waktu terbaik untuk mengunjungi tempat ini yaitu pada pukul 09.00 – 17.00 WITA.

Monkey Forest Ubud

ubud bali

Foto: Unsplash

Tempat wisata yang satu ini juga nggak kalah terkenal dari yang sebelumnya. Monkey Forest Ubud merupakan tempat berkumpulnya para kera di hutan lindung yang masih asri.

Para kera di sini juga sudah jinak tapi bukan berarti mereka nggak pernah menggangu pengunjung yang datang, ya! Kawasan ini memiliki luas 27 hektar dan dikelilingi oleh pohon yang rindang. Kamu bisa jalan-jalan dan berfoto bersama dengan kera saat berada di Monkey Forest Ubud.

Untuk mengunjungi kawasan ini, kamu akan dikenakan biaya Rp80 ribu untuk dewasa dan Rp60 ribu untuk anak-anak. Wisata ini buka pada pukul 08.30 – 18.00 WITA setiap harinya

Ketika memasuki kawasan ini jangan lupa untuk selalu menaati aturan yang ada, seperti tidak memberikan makanan kepada kera.

Melakukan Yoga

ubud bali

Ilustrasi Foto: Unsplash

Kawasan Ubud Bali terkenal dengan pusatnya kesehatan di dunia. Maka dari itu, banyak tempat yoga yang berada di kawasan ini dan dikunjungi oleh wisatawan lokal dan mancanegara.

Ada beberapa tempat yoga di Bali yang bisa dikunjungi jika kamu sedang di Ubud Bali, salah satunya Yoga Barn. Yoga Barn tidak asing lagi di telinga para pecinta yoga. Tempat yoga ini biasanya dipakai untuk menyepi untuk para pecinta yoga.

Untuk datang ke sini, kamu nggak perlu booking tempat, langsung saja datang untuk bisa mengikuti kelasnya bersama dengan pengunjung lainnya.

Wisata ke Saraswati Temple Ubud Bali

ubud bali

Ilustrasi Foto: Unsplash

Temple atau pura ini punya sebutan lain yaitu Ubud Water Palace. Pura ini dibangun oleh salah satu raja pada zaman dulu kala. Saraswati Temple digunakan sebagai tempat suci agama Hindu di Bali dan juga merupakan tempat pemujaan kepada Dewi Saraswati atau Dewi Pengetahuan.

Uniknya, pura ini berbeda dari kebanyakan pura pada umumnya. Pura Saraswati memiliki daya tarik kolam teratai yang mengelilingi sekitaran area tersebut. Ada juga pohon kamboja tumbuh menghiasi tepi kolam dan sepanjang jembatan penghubung untuk menuju gerbang utama menuju pura.

Banyak wisatawan yang terpesona oleh ukiran dan bangunan yang sangat kental dengan budaya Bali. Hal ini nggak boleh dilewatkan dan wajib banget diabadikan oleh kamera jika berkunjung ke sini.

Saraswati Temple buka setiap hari mulai pukul 07.00 – 17.00 WITA dan tidak dikenakan biaya masuk alias gratis. Namun, kalau kamu mau menikmati pertunjukkan tari Bali akan dikenakan biaya Rp80 ribu per orangnya.

Mendaki di Bukit Campuhan

ubud bali

Foto: Unsplash

Bukit Campuhan berada di Jalan Bangkiang Sidem, Ubud, Bali. Area ini masih berada di kawasan yang sama dengan Pura Lebah dan salah satu villa Ubud Bali.

Trek Bukit Campuhan masih terbilang mudah, karena jalurnya jelas dan lebar treknya 1,5 meter. Untuk mencapai puncak, kamu memerlukan waktu 15-20 menit dengan jarak sekitar 2 kilometer.

Ketika sampai di puncak, kamu akan melihat pemandangan Ubud yang hijau dan luas. Buat para sunset-hunter, nggak perlu lagi ke pantai Ubud Bali, karena di sini juga nggak kalah cantik dengan pantai. Satu lagi, biaya masuk untuk mengunjungi wisata ini gratis!

Jalan-jalan ke Museum Ubud Bali

Ada banyak museum yang bisa kamu kunjungi ketika berada di Ubud. Salah satunya, kamu bisa mengunjungi Museum Kesenian Agung Rai atau Museum ARMA. Museum ini berisikan karya seni berupa lukisan, pahatan, tarian, musik, dan berbagai kesenian lainnya. Selain itu, museum ini juga menjadi tempat untuk masyarakat lokal mempelajari berbagai keterampilan artistik.

Koleksinya juga bervariasi dari tradisional sampai kontemporer, salah satunya lukisan Kamasan klasik di kulit pohon, karya agung seniman Batuan dari 1930 an dan 1940 an.

Museum ini memiliki jam buka dari pukul 09.00 – 18.00 WITA setiap hari. Untuk tiket masuk, akan dikenakan biaya sebesar Rp100 ribu per orangnya dan sudah termasuk minuman teh dan kopi yang bisa kamu nikmati di salah satu cafe yang berada di museum ini.

Nonton Pertunjukkan Tari Kecak

ubud bali

Foto: Unsplash

Salah satu khas tarian khas dari Bali adalah Tari Kecak. Salah satu tempat yang bisa kamu kunjungi untuk menonton tarian ini berada di Pura Dalem di Jalan Raya Ubud.

Tarian Kecak menceritakan kisah Ramayana yang dimainkan oleh laki-laki sebanyak 50 – 100 orang. Pertunjukkan ini dimulai sekitar pukul 7 malam dengan biaya Rp75 ribu per orangnya dan juga banyak dikunjungi oleh wisatawan setiap harinya.

Belanja di Ubud Art Market

ubud bali

Foto: Unsplash

Sudah puas jalan-jalan di Ubud Bali, jangan lupa untuk belanja oleh-oleh di Pasar Seni Ubud atau Ubud Art Market. Sama seperti dengan namanya, pasar ini menjual berbagai macam hasil kesenian khas dari Bali.

Barang-barang yang dijual di sini berupa kaos dengan gambar khas barong Bali, perhiasan dengan desain khas Bali, kain pantai, aneka makanan, lukisan, dan masih banyak lagi.

Lokasi Ubud Art Market berada di Jalan Raya Ubud No. 35. Pasar ini mulai buka pukul 04.00 – 18.00 WITA setiap harinya. Kalau kesini jangan lupa untuk membawa uang cash ya, karena para penjual di sini tidak menerima pembayaran elektronik.

Sudah tau kan aktivitas terbaik apa saja yang bisa kamu lakukan di Ubud Bali. Kalau liburan ke sini jangan lupa untuk mempersiapkan penginapannya, ya! Kamu bisa mengandalkan RedDoorz dan pilih lokasi penginapan di sekitaran Ubud Bali.

Download dan Install aplikasi RedDoorz di smartphone kamu sekarang juga!

Press Enter To Begin Your Search
×