Loading...

kebun raya cibodas

Foto: Shutterstock

Kebun Raya Cibodas jadi alternatif tempat wisata keluarga yang lokasinya nggak jauh dari Ibu Kota Jakarta. Alamat Kebun Raya Cibodas tepatnya berada di Jalan Kebun Raya Cibodas, Cimacan, Cianjur, Jawa Barat. 

Selain tempatnya yang relatif dekat dan mudah dijangkau menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum, tiket masuknya juga sangat terjangkau, lho. Tiket masuk Kebun Raya Cibodas kurang lebih Rp16 ribu saja. Selebihnya kamu hanya perlu membayar parkir sesuai jenis kendaraan yang kamu bawa. 

Nggak heran bukan mengapa wisata Kebun Raya Cibodas selalu diminati banyak wisatawan. Perjalanan ke Kebun Raya Cibodas bersama keluarga bisa sangat menyenangkan karena ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan. Liburan singkat ke sini juga bisa jadi penghilang penat setelah pandemi nanti berakhir. 

Macam-Macam Aktivitas yang Bisa Dilakukan Bersama Keluarga di Kebun Raya Cibodas

Area Kebun Raya Cibodas Bogor, Puncak, sangat luas. Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan di sini. Contohnya seperti berikut ini. 

1. Belajar mengenal macam-macam aneka tumbuha

Kebun Raya Cibodas sebenarnya sudah ada cukup lama dan didirikan oleh seorang botani Belanda bernama Elias Teijsman pada tahun 11 April 1852. Mulanya kawasan ini diperuntukkan untuk menanam pohon kina namun karena curah hujannya terlalu tinggi pohon kina nggak bisa hidup di sini. 

Akhirnya kawasan ini diubah menjadi tempat untuk menanam tumbuhan yang bisa hidup di dataran tinggi yang basah seperti tumbuhan paku-pakuan dan runjung. Namun kini wisata Kebun Raya Cibodas menawarkan pesona tumbuhan yang jauh lebih beragam. Setidaknya ada 1.206 jenis tanaman yang ada di sini. Ada 350 jenis kaktus dan 360 jenis anggrek yang bentuknya sangat unik. 

2. Melihat bunga sakura yang sangat langka di Indonesia

Udah tau kan kalau di Kebun Raya Cibodas ada ribuan jenis tanaman, tapi ada satu jenis tanaman menjadi daya tarik utama yaitu pohon sakura. Pohon sakura merupakan jenis tanaman berbunga yang biasa tumbuh di Jepang. Kok bisa pohon sakura tumbuh di Indonesia? 

Rupanya hal itu dikarenakan lokasi Taman Sakura Kebun Raya Cibodas yang berada di ketinggian 1.400 mdpl. Hal ini membuat suhu udara di Kebun Raya Cibodas cocok untuk tumbuhnya pohon sakura. Bunga Sakura Kebun Raya Cibodas biasanya mekar dua kali dalam setahun yaitu pada bulan Januari-Februari dan Juli-Agustus. 

3. Piknik di alam terbuka

Buat orang kota yang jarang menikmati suasana alam terbuka, pergi ke tempat yang banyak pepohonan serta alamnya masih asri pastinya jadi aktivitas sederhana yang sangat menyenangkan. Nggak perlu naik gunung ataupun menembus hutan buat menikmati alam terbuka, kamu bisa cobain piknik di Kebun Raya Cibodas. 

Kebun Raya Cibodas sudah sangat dikenal sebagai surganya buat piknik. Piknik bersama keluarga di sini sangat menyenangkan karena areanya yang sangat luas dan udaranya yang sejuk jadi sangat nyaman apalagi bagi yang membawa anak-anak. 

4. Jogging santai 

Nah, bagi sobat sehat rupanya Kebun Raya Cibodas bukan cuma sekedar tepat wisata, lho tapi juga jadi spot olahraga. Jogging santai di Kebun Raya Cibodas sangat dimungkinkan karena areanya yang luas serta pedestriannya yang dikelola dengan baik. Terlebih udaranya yang sejuk membuat jogging di sini nggak perlu takut terbakar matahari. 

5. Bermain air di Curug Cibeureum

Siapa sangka ternyata di kawasan Kebun Raya Cibodas ada air terjun, lho. Curug ini bernama Curug Cibeureum. Untuk menjangkau area curug kamu harus melewati jalanan berbatu sehingga perjalanamu akan lebih menantang. Namun kamu juga mesti ekstra hati-hati karena perjalanan ke area curug banyak ditumbuhi lumut jadi agak licin. 

Itu dia rekomendasi dari RedDoorz tentang aktivitas yang bisa dilakukan di Kebun Raya Cibodas. Boleh banget dijadiin tujuan perjalanan setelah PPKM usai. Biar lebih dekat kamu juga bisa pesan hotel dekat Kebun Raya Cibodas, carinya di RedDoorz aja biar lebih gampang. Download RedDoorz dan rencanakan perjalanan terbaikmu.

Press Enter To Begin Your Search
×