Loading...

gunung bromo

Foto: Shutterstock

Tinggal di kota besar pasti terasa jauh dengan alam, padahal berinteraksi dengan alam bisa meredakan stres dan jadi lebih mencintai lingkungan. Makanya, kalau ada waktu luang ada baiknya mengajak keluarga untuk liburan ke alam bebas seperti ke Gunung Bromo. Area Taman Nasional Gunung Bromo merupakan destinasi wisata alam yang sering dikunjungi keluarga karena menyimpan banyak daya tarik. 

Destinasi Wisata di Kawasan Taman Nasional Gunung Bromo buat Liburan Keluarga

Gunung Bromo terletak di Jawa Timur, melintasi empat kabupaten sekaligus yakni Probolinggo, Pasuruan, Lumajang, dan Malang. Area Taman Nasional Gunung Bromo ternyata memiliki banyak destinasi wisata yang nggak kalah menarik. Tempat-tempat ini sangat mudah dijangkau sehingga cocok banget jadi destinasi wisata keluarga. Berikut ini destinasi wisata di sekitar Gunung Bromo yang bisa kamu kunjungi. 

Bukit Teletubbies

Savana Bromo atau lebih dikenal dengan sebutan Bukit Teletubbies merupakan bukit padang rumput yang mirip dengan bukit di serial anak-anak berjudul Teletubbies. Tempat ini biasanya dijadikan lokasi wisata keluarga untuk naik kuda, berfoto, camping, maupun outbound. Bukit Teletubbies lebih mudah dijangkau melalui pintu masuk wisata Gunung Bromo dari kota Malang, Pasuruan, Probolinggo, dan Lumajang. 

Lautan Pasir Bromo

Gunung bromo

Foto: Shutterstock

Untuk mencapai kawah Gunung Bromo, setiap pengunjung harus melewati tempat yang satu ini. Dataran pasir luas ini bernama Lautan Pasir Bromo. Padang pasir ini dinobatkan sebagai satu-satunya padang pasir yang ada di taman nasional yang ada di Indonesia. Luasnya sendiri mencapai 5,920 hektar yang membentang luas mengelilingi Gunung Bromo. 

Selain hamparan pasir, di area ini juga terdapat pura bernama Pura Poten. Pura ini biasa dugunakan masyarakat Suku Tengger untuk melakukan upacara keagamaan. Untuk melalui Lautan Pasir Bromo pengunjung biasanya memilih berjalan kaki. Namun selain berjalan kaki, kamu juga bisa menyewa kuda maupun mobil jeep untuk melewati padang pasir ini. 

Kawah Bromo

Kawah Gunung Bromo dianggap sebagai tempat terbaik untuk melihat matahari terbit serta melihat panorama di sekitar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Dari sini kamu bisa melihat Bukit Teletubbies, Lautan Padang Pasir, hamparan alang-alang, dll. 

Untuk sampai ke kawah Gunung Bromo kamu harus melakukan pendakian. Selain berjalan sendiri, bisa juga dengan menggunakan kuda ataupun naik mobil jeep. Setelah itu kamu harus menaiki anak tangga yang jaraknya sekitar 500 m untuk sampai ke area Kawah Bromo. Meskipun agak jauh dan melelahkan, tapi keindahannya sebanding dengan apa yang akan kamu dapatkan.

Air Terjun Madakaripura 

Gunung bromo

Foto: Shutterstock

Air Terjun Madakaripura merupakan air terjun yang cukup keramat bagi masyarakat Jawa, terutama yang tinggal di sekitar Gunung Semeru. Berdasarkan legenda, Mahapatih Gajah Mada menghabiskan sisa hidupnya di air terjun ini. Dia di sini untuk bertapa dan merenungkan perbuatannya selama ini.  Cerita ini diperkuat dengan adanya arca Gajah Mada di dekat Air Terjun Madakaripura. 

Untuk keindahannya sendiri air terjun yang satu ini nggak perlu diragukan lagi. Airnya sangat jernih dan alamnya masih terjaga asri. Air terjun ini bahkan disebut air terjun abadi karena nggak pernah kering. 

Bukit Mentigen

Ini alternatif tempat melihat keindahan matahari terbit di area Gunung Bromo, lokasinya di Bukit Mentigen. Tempatnya sendiri nggak jauh dari pintu masuk Taman Nasional Bromo Tengger Semeru di Cemoro Lawang. Dari depan pintu masuk jaraknya hanya sekitar 1 km. Kamu bisa menikmati keindahan matahari terbit yang tertutup hamparan awan di kaldera Gunung Bromo dari sini. 

Itu dia tempat-tempat yang bisa kamu datangi bersama keluarga saat berkunjung ke Gunung Bromo. Biar dekat dengan tempat wisata tujuan, kamu bisa cari penginapan yang lokasinya dekat dengan Taman Nasional Gunung Bromo. Nah, coba cari hotelnya di RedDoorz. Ada banyak hotel RedDoorz di sekitar Gunung Bromo. Biar Nggak penasaran download aja aplikasi RedDoorz dan booking hotelnya segera. 

Press Enter To Begin Your Search
×