Loading...

kota medan

Foto: Pixabay

Medan, salah satu kota besar di Indonesia yang menarik untuk dibahas. Kota Medan memiliki banyak destinasi wisata yang menarik dari tempat wisata budaya, sejarah, alam, hingga kuliner. Kota ini sangat layak dijadikan alternatif tujuan wisata untuk liburan nanti. Sebelum perjalanan ke Medan dimulai, jangan lupa siapkan daftar tempat yang mau kamu kunjungi. Daftar objek wisata di bawah ini bisa banget kamu jadikan rujukan. 

Ada Tempat Wisata Apa Aja di Kota Medan?

Selain Yogyakarta, Bandung, Bali, dan Malang, Kota Medan juga nggak kalah seru buat dieksplorasi. Lokasinya yang berada di Pulau Sumatera tentu akan membawa kamu menuju petualangan baru yang mengasyikan. Kebudayaan melayu yang kental serta kerukunan antar masyarakat bisa kamu temui saat berkunjung ke sana. Berikut tempat wisata keren di Medan yang seru buat dikunjungi. 

1. Istana Maimun

kota medan

Foto: Shutterstock

Istana Maimun sudah menjadi ikon wisata Kota Medan yang sangat terkenal. Lokasinya berada di pusat kota tepatnya di Kelurahan Sukaraja, Kecamatan Medan Maimun, Kota Medan. Istana maimun didirikan oleh Sultan Makmun Al Rasyid Perkasa Alamsyah, seorang pemimpin Kesultanan Deli. Istana ini disebut-sebut sebagai sisa peninggalan kejayaan Kesultanan Deli, lho. 

Arsitektur Istana Maimun sangat indah, memadukan gaya Melayu, Eropa, dan Islam secara bersamaan. Area istana memiliki halaman yang luas serta banyak ruangan yang diperuntukan untuk acara adat kerajaan. Konon untuk membangun istana semegah dan semewah ini dibutuhkan dana mencapai 1 juta golden Belanda! Banyak banget kan!

2. Rumah Tjong A Fie

Kota Medan memang memiliki banyak bangunan peninggalan sejarah salah satunya Rumah Tjong A Fie yang terletak di Jalan Ahmad Yani No. 105, Kota Medan. Pada 1806 hingga 1921 seorang perantau asal Provinsi Guangdong, Tiongkok, mendiami rumah ini. Ia bernama Tjong A Fie. Karena didirikan oleh orang asal Tiongkok wajar saja bangunannya sangat kental dengan arsitektur Tiongkok. 

Kini Rumah Tjong A Fie dijadikan tempat wisata yang boleh dikunjungi siapa saja. Di bagian dinding banyak foto-foto yang menampilkan Tjong A Fie. Banyak pula foto ia bersama keluarga maupun penguasa Belanda. Rumah Tjong A Fie menjadi tempat terbaik bagi kamu yang menyukai arsitektur tempo dulu yang tak lekang dimakan waktu. 

3. Rahmat International Wildlife Museum and Gallery

Kalau tempat wisata yang satu ini sih cukup unik ya, namanya Rahmat International Wildlife Museum and Gallery. Lokasinya berada di Jl. Letjend S. Parman No.309, Kota Medan. Tempat ini jadi lokasi favorit keluarga buat wisata edukasi di Medan. Rahmat International Wildlife Museum and Gallery memiliki ribuan koleksi binatang liar yang diawetkan. Binatang-binatang ini didapatkan dari perburuan, lho. 

Ada lebih dari 2.000 hewan dari yang ukurannya kecil hingga besar. Tempat ini juga termasuk galeri satwa liar pertama yang adai di Asia Tenggara. 

4. Taman Buaya Asam Kumbang

kota medan

Foto: Pixabay

Taman Buaya Asam Kumbang sudah berdiri dari tahun 1959. Tempat ini sangat unik karena pengunjung bisa menyaksikan langsung ribuan buaya di area seluas 2 hektar, dari buaya yang masih kecil hingga yang berusia 50 tahun. 

Lo Than Muk pendiri Taman Buaya Asam Kumbang awalnya mendirikan tempat ini hanya sebatas hobi aja, lho. Dia memang gemar memelihara buaya dan punya banyak koleksi buaya. Awalnya koleksi buayanya hanya 12 ekor saja, tapi kini sudah mencapai ribuan bahkan dinobatkan sebagai penangkaran buaya terbesar di Asia Tenggara. 

5. Medan Walk

Kota Medan memang terkenal dengan kulinernya yang menggugah selera, kalau kamu suka makan dan pengen mencicipi aneka makanan asal Medan artinya kamu wajib datang ke Medan Walk. Terletak di Jl. Balaikota Medan, tempat ini adalah lokasi terbaik untuk berburu kuliner di Medan. Tempat selalu ramai dikunjungi apalagi jika hari libur. Ada banyak hidangan yang bisa kamu coba dari makanan lokal hingga internasional!

Nggak lama lagi waktu libur panjang tiba. Berencana liburan ke tempat yang agak jauh bisa jadi pilihan, misalnya ke Kota Medan. Setelah melihat daftar tempat wisata di Medan yang ada di atas, pastinya kamu jadi semakin tertarik kan untuk mengunjungi Medan? Kalau begitu buruan bikin daftar tempat yang ingin didatangi, jangan lupa juga siapkan tiket pesawat, dan tempat menginapnya. Biar cari tempat menginap nggak repot kamu bisa pesan hotelnya di RedDoorz. Ada banyak RedDoorz hotel Medan yang bisa kamu pilih. Yuk, download aplikasi RedDoorz biar pesan hotel jadi lebih praktis, simple, dan liburan jadi #SiapLebihHemat. 

Press Enter To Begin Your Search
×