Loading...

kota pontianak

Foto: Unsplash

Kota Pontianak nggak cuma dilewati oleh garis khatulistiwa, tetapi juga punya destinasi wisata yang nggak kalah dari kota lainnya di Indonesia. Selain itu, kota Pontianak juga punya sungai-sungai besar yang mengalir, salah satunya yang terkenal yaitu Sungai Kapuas.

Kira-kira selain dilewati garis khatulistiwa dan punya sungai Kapuas, apalagi destinasi wisata kota Pontianak yang bisa dikunjungi ya? Yuk, simak daftarnya di bawah ini.

Ada Destinasi Wisata Apa Aja di Kota Pontianak?

Kota Pontianak merupakan ibukota dari Kalimantan Barat. Untuk kamu yang ingin liburan di kota ini, jangan sampai salah pilih tujuan saat berkunjung, ya. Apalagi kalau baru pertama kali, pastikan semuanya telah dipersiapkan dengan matang. Berikut tempat wisata kota Pontianak yang bisa kamu kunjungi.

Tugu Khatulistiwa

kota pontianak

Ilustrasi Foto: Unsplash

Luas kota Pontianak yaitu 118,3 km persegi dan punya sebutan sebagai Kota Khatulistiwa. Oleh karena itu, kota ini punya ikon yang disebut sebagai Tugu Khatulistiwa dan sering dikunjungi oleh wisatawan.

Tugu ini terletak 3 km dari kota Pontianak dan menjadi objek wisata andalan di sini. Nggak cuma bisa menikmati arsitekturnya aja, kamu juga bisa mempelajari banyak hal tentang garis khatulistiwa, lho!

Kalau kamu berkunjung saat tanggal 21 Maret – 23 Maret atau 21 – 23 September, kamu akan merasakan fenomena di mana matahari tepat berada di garis khatulistiwa, sehingga semua benda yang berada di atas garis ini nggak punya bayangan.

Lokasi Tugu Khatulistiwa ini berada di Jalan Khatulistiwa, Batu Layang, Siantan, Kota Pontianak, Kalimantan Barat. Tugu ini buka setiap hari mulai pukul 07.00 – 22.00 WIB dengan harga tiket gratis.

Pantai Pasir Panjang

kota pontianak

Ilustrasi Foto: Unsplash

Buat kamu yang ingin liburan ke pantai dan menikmati suasana ombak di kota Pontianak, Pantai Pasir Panjang bisa menjadi tujuan wisata kamu selanjutnya.

Dengan pasir putih yang bersih dan air laut yang jernih, pantai ini juga menjadi spot untuk surfing. Kamu juga bisa menikmati semilir angin dari pinggir pantai sambil meminum air kelapa, kalau kamu nggak ingin surfing.

Untuk destinasi yang satu ini berlokasi di Jalan Pasir Panjang No. 89, Sedau, Singkawang Selatan, sedikit lebih jauh dari kota Pontianak. Untuk tiket masuknya sendiri dikenakan Rp10 ribu per orangnya.

Aloe Vera Center

kota pontianak

Ilustrasi Foto: Unsplash

Wisata yang satu ini terletak di Jalan Budi Utomo No. 29, Siantan Hilir, Pontianak Utara, Kota Pontianak. Aloe Vera Center merupakan tempat budidaya tanaman aloe vera atau lidah buaya yang punya segudang manfaat.

Kamu nggak hanya bisa melihat tanaman ini aja, lho. Tetapi, kamu juga bisa melihat proses bagaimana lidah budaya diolah menjadi bahan makanan, seperti dodol, permen, hingga menjadi bahan kosmetik.

Destinasi ini hanya buka pada weekday mulai dari pukul 08.00 – 16.00 WIB dengan harga tiket masuk Rp5 ribu per orangnya.

Hutan Kota Arboretum Sylva Untan

kota pontianak

Ilustrasi Foto: Unsplash

Hutan Kota Untan mejadi tempat wisata karena punya banyak koleksi tanaman dan pepohonan yang membuat tempat ini menjadi rindang. Hutan ini juga digunakan tempat pelestarian mamalia, burung, hertafauna, dan juga serangga.

Tempat ini punya peran penting sebagai tempat keanekaragaman hayati, pengembangan hutan kota, pengembangan pendidikan, sarana rekreasi dan hiburan bagi wisatawan.

Untuk memasuki kawasan ini kamu nggak perlu mengeluarkan biaya alias gratis dan buka setiap hari selama 24 jam. Jangan lupa untuk mengunjunginya di Jalan Jenderal Ahmad Yani No. 114, Bansir Laut, Pontianak Tenggara, Kota Pontianak.

Bukit Penjamur Bengkayang

kota pontianak

Ilustrasi Foto: Unsplash

Hal menarik yang bisa kamu temukan di wisata ini yaitu pemandangan awannya yang bisa dilihat di puncak bukit. Bukit Penjamur Bengkayang terdiri dari hamparan bebatuan yang besar dan dikenal dengan nama bukit batu.

Ketika kamu berkunjung ke bukit ini, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan awan yang indah dan bisa kamu abadikan. Bahkan, Bukit Penjamur Bengkayang punya julukan Mahamerunya Kalimantan Barat karena keindahan yang dimiliki hampir sama dengan Gunung Mahameru di Jawa Timur.

Untuk berkunjung ke bukit ini, kamu harus menempuh perjalanan selama 4 jam dari kota Pontianak. Sedikit lama, namun semuanya akan terbayar setelah kamu sampai di sana.

Jembatan Kapuas

kota pontianak

Ilustrasi Foto: Unsplash

Jalan-jalan ke kota Pontianak sekarang akan kurang kalau kamu belum mengunjungi jembatan yang satu ini. Jembatan Kapuas merupakan jembatan yang melintas di atas Sungai Kapuas.

Destinasi yang satu ini menjadi spot favorit bagi fotografer untuk mengabadikan momen yang ada di jembatan ini. Nah, kalau kamu mau melihat keindahan kota Pontianak pada malam hari cocok banget. Ada banyak lampu yang bersinaran menghiasi kota Pontianak sehingga terlihat cantik dan hidup.

Jika berkunjung ke kota Pontianak jangan lupa untuk mempersiapkan penginapannya, ya. Kamu bisa memilih penginapan yang dekat dengan destinasi wisata di atas melalui aplikasi RedDoorz. Download aplikasi RedDoorz dan temukan banyak promo menariknya!

Press Enter To Begin Your Search
×