Loading...

Foto: Pixabay

Siapa sih yang bakalan nolak liburan ke luar negeri ? Selain mendapat pengalaman baru, liburan ke negeri orang dapat menambah pengetahuan tentang culture dan kehidupan warga lokal disana.

Di era sekarang ini, rata – rata orang mau nya liburan ke Eropa atau negara di bagian barat seperti Amerika. Hmm tapi ada nggak sih dari kalian yang pengen ngerasain  mediterranean vacation ? Liburan ke negara di bagian Afrika yang pastinya dipenuhi oleh laut, tebing – tebing, dan ada gurun juga.

Well, itu impian aku dari dulu untuk bisa jalan – jalan ke salah satu negara di bagian mediterania. Nah salah satu negara yang pengen aku explore dan rekomendasiin ke kalian semua adalah Maroko.

Maroko adalah negara di bagian afrika utara, dikenal dengan julukan negeri matahari terbenam (maghribi) karena berada paling barat dari negara arab lainnya. Ngomongin soal julukan, negara ini merupakan sarangnya para agen ataupun intel dari berbagai negara lho , penasaran kan kok bisa ? tenang saja kalau kalian baca artikel ini sampai habis dijamin kalian bakal tau dan pastinya jadi pengen untuk kesana sekali dalam seumur hidup.

 Dan masih banyak lagi fakta unik dan  wisata yang dan keren di Maroko. Mau tau apa aja? Lets check it out!

1. Tangier

Tangier adalah kota di Maroko bagian utara, yang dibangun diatas bukit kapur sehinggadari atas terlihat seperti bukit yang dipenuhi rumah – rumah bernuansa putih. Pada abad 19-20, kota ini adalah tempat yang aman bagi para agen internasional dan lokasi dimana aktivitas penyelundupan dan mata –mata sering terjadi. Jadi tidak heran bukan, sudah banyak sekali film bergenreaction dan spy yang syuting di Maroko, seperti Bourne series, the old guard, Mission Impossible, Inception, The Mummy, bahkan drama korea yang dibintangi artis papan atas yaitu Vagabond dan film karya tanah air sepertiWarkop DKI Reborn memilih Maroko sebagai lokasi syuting mereka dan sukses besar.

Foto: Sailwiz

Serta pelabuhan terbesar di Mediterania, yaitu Tanger Med II ( pelabuhan Maroko) terletak di timur kota Tangier, yang menghubungkan Maroko ke 77 negara serta 186 pelabuhan Internasional. Untuk kalian yang berencana menginap disini, sudah banyak juga hotel berbintang 3 – 5yang ada di Tangier dengan harga yang cukup terjangkau, seperti El Muniria hotel dengan biaya IDR 435,000 / malam dan masih banyak hotel lainnya yang lebih murah.

2. Jemaa el – Fna

Foto: Twitter/FSMarrakech

Hayo pada bingung kan apa sih ini ? Jadi Jemaa el – Fna adalah alun – alun kota tua Medina di Marrakesh. Tempat ini wajib dikunjungi dan mainstream banget bagi para wisatawan. Semua ada di disini, seperti kios baju, souvenir, kuliner, hingga para seniman jalanan ikut meramaikan tempat ini. Tidak heran tempat ini selalu ramai,pada malam hari pun Jemaa el – Fna juga dihiasi lampu – lampu bahkan lebih indah dan keren dibanding pada siang hari.

3. Rue SoekarnoOasiria

Soekarno ? Bukannya itu nama presiden Indonesia ya?Yap benar sekali, Rue Soekarno atau Jalan Soekarno adalah salah satu nama jalan di Maroko teman – teman. Jalan ini merupakan bukti hubungan erat antara Indonesia dan Maroko, presiden pertama kita adalah salah satu pemimpin negara yang mengakui kemerdekaan Maroko dari Perancis.

Selain nama jalan, bentuk hubungan erat antara Indonesia dan Maroko adalah pembebasan visa. Jadi teman – teman semua tidak perlu visa dan jangka waktu yang diberikan adalah 3 bulan ! Cukup panjang bukan. Selain itu liburan di Maroko menjadi lebih mudah dan nyaman.

4. Oasiria

Foto: Marieclaire

Liburan ke Maroko belum lengkap kalau nggak ke tempat yang satu ini. Oasiria adalah waterpark yang ada di Marrakech, terdapat berbagai macam wahana permainan air yang menarik serta tempatnya yang fotogenik serasa berenang dan bersantai di tengah gurun.

Biaya masuk per orang sekitar 25 euro atau 400.000,00. Memang sedikit mahal tetapi dijamin Oasiria tidak akan mengecewakan kalian serta juga telah disediakan food court, jadi tidak perlu membawa makanan dan minuman dari luar.

Baiklah kalau tadi ngomongin daftar tempat wisata, sekarang ada beberapa tips and facts unik yang perlu kalian tahu ketika liburan ke Maroko, yaitu :

  • Bahasa yang digunakan disini antara lain adalah bahasa Arab dan Perancis. Masih minim sekali orang dewasa yang mampu berbahasa Inggris, tetapi tenang saja sudah mulai banyak anak – anak muda yang mempelajarinya dan menjadi turis lokal.
  • Pernah dibahas dalam sebuah drama, kalau rata – rata orang Asia tidak bisa meminum air Maroko sehingga harus membeli mineral water di supermarket yang tersedia.
  • Insya Allah” diucapkan saat menolak sesuatu atau berkata tidak, budaya ini dianggap lebih sopan di Maroko.
  • Disini jangan coba – coba untuk menolak ajakan makan daging karena akan dianggap tidak sopan.
  • Sudah jadi hal biasa disini apabila seorang pria mencium pipi sesama pria, jadi jangan sembarang mengira mereka gay.

Jadi gimana nih rekomendasi liburan ala mediterranian vacation ke Maroko ? Seru banget bukan, selain banyak tempat buat hang out yang keren dan unik, situs – situs bersejarah di Maroko juga sayang untuk dilewatkan,  seperti  istana Bahia dan  El badii salah satu contohnya, dan masih banyak lagi hal yang bisa di explore disana.

So, if you guys have a plan to go vacation in Morocco later, ayo mulai nabung dan cari informasi lebih banyak tentang negara yang satu ini. Aku tunggu petualangan  kalian disana ya, teman – teman!

 

Penulis: Syalaisha Nauraniah

Instagram: syalaishann_

Press Enter To Begin Your Search
×