Loading...

hutan pinus jogja

Hutan Pinus menjadi destinasi wisata yang menarik minat banyak wisatawan. Suasananya yang sejuk dan cocok dijadikan spot foto membuat hutan pinus ramai dikunjungi. Hutan Pinus Jogja merupakan salah satu hutan yang terkenal di Indonesia. Banyak orang-orang datang ke sini untuk sekedar jalan-jalan santai atau pun berkemah. 

Akhir-akhir ini, hutan pinus Yogyakarta digandrungi para pengguna sosial media. Banyak orang dari luar kota yang jauh-jauh datang ke Jogja hanya untuk menikmati hutan pinus. Mereka tertarik mengunjungi hutan pinus karena terpesona oleh kecantikannya. Mereka ingin merasakan suasana hutan yang sulit ditemukan di tempat lain apalagi yang tinggal di kota dan jauh dari hutan. 

Bukan hanya sekedar indah dipandang, hutan pinus juga punya manfaat bagi tubuh. Ternyata aroma dari pohon pinus dapat mengurangi stress. Jadi jangan heran kalau kamu tiba-tiba merasa lebih tenang kalau berada di sana. Selain itu di Era New Normal seperti sekarang, tempat terbuka jadi pilihan liburan yang paling aman dibandingkan destinasi wisata yang lainnya. 

Untuk mengenal hutan pinus Jogja lebih jauh, berikut tiga hutan pinus di Jogja yang bisa kamu jadikan tujuan liburan di Era New Normal.

Ragam Wisata Hutan Pinus di Jogja

1. Hutan Pinus Mangunan Dlingo

hutan pinus jogja

Hutan Pinus Mangunan Dlingo merupakan salah satu hutan pinus yang paling terkenal di Jogja. Pesona hutan pinus yang nggak biasa membuatnya sering dijadikan lokasi foto. Bukan hanya foto sendiri atau bareng teman-teman, tapi juga foto pre-wedding. Saking indahnya bahkan ada yang menyamakannya Hutan Pinus Mangunan Dlingo seperti lokasi syuting drama Korea. 

Meskipun namanya hutan tapi kamu nggak perlu khawatir tentang kenyamanan di sini. Nggak perlu bingung mau makan, tidur, atau buang air kecil dimana sebab pengelola Hutan Pinus Mangunan Dlingo sudah menyiapkan semuanya. Ada beberapa fasilitas yang bisa kamu nikmati seperti area makan, gazebo, mushola, toilet, dan tempat berkemah. 

Hutan Pinus Mangunan Dlingo terletak di Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul. Buka setiap hari selama 24 jam. Untuk dapat masuk ke lokasi ini kamu tidak perlu membayar tiket masuk. Kamu hanya perlu membayar biaya parkir sebasar Rp.10.000 untuk mobil dan Rp3.000 untuk motor. 

2. Hutan Pinus Pengger Bantul

hutan pinus jogja

Tidak jauh beda dengan suasana hutan pinus lainnya, Hutan Pinus Pengger Bantul punya suasana yang sejuk serta aroma pohon pinus yang menenangkan. Hutan pinus ini adalah tempat yang sempurna untuk berjalan santai sambil menikmati pohon-pohon pinus di sepanjang perjalanan. Namun kamu harus tetap waspada, karena lokasinya berada di dataran tinggi terkadang area hutan ditutupi kabut sehingga agak mengganggu jarak pandang. 

Hutan Pinus Pengger punya medan yang berbukit sehingga untuk sampai ke area hutan ini kamu mesti berjalan mendaki anak tangga yang terbuat dari tanah. Kamu harus ekstra hati-hati agar tidak tergelincir saat melaluinya. Namun semua rintangan itu akan terbayarkan dengan keseruan yang bisa kamu dapatkan di sini. Ada berbagai wahana permainan yang bisa kamu coba seperti jelajah alam, sepeda hutan, panjat tebing, hammock, flying fox, dan masih banyak yang lainnya. 

Hutan Pinus Pengger Bantul terletak di wilayah paling utara Kecamatan Dlingo. Dari Kota Yogyakarta kamu membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam dengan menempuh jarak sekitar 24 jam. Untuk menikmati keindahan Hutan Pinus Pengger kamu nggak perlu merogoh kocek dalam, tiket masuknya hanya Rp2.500 per orang. 

3. Hutan Pinus Asri 

hutan pinus jogja

Hutan pinus ini nggak kalah indah dari dua hutan pinus sebelumnya. Selain bisa menikmati suasana hutan pinus yang menyejukkan, kamu juga bisa melihat keindahan Kota Yogyakarta dari ketinggian. Karena keindahannya banyak wisatawan datang ke Hutan Pinus Asri. Bukan cuma wisatawan lokal aja, tapi juga wisatawan mancanegara.  Hutan Pinus Asri terletak di Jl. Hutan Pinus Nganjir, Bantu, Yogyakarta. Dari pusat Kota Yogyakarta kamu hanya butuh waktu 1 jam untuk bisa mencapai tempat ini. 

Ketiga hutan pinus di atas pasti membuat kamu nggak sabar pengen buru-buru ke sana. Jika kamu berencana liburan ke Yogyakarta dan memilih hutan pinus Jogja sebagai destinasi wisata yang ingin kamu tuju, kamu harus pilih akomodasi yang lokasinya strategis. Hotel RedDoorz adalah jawaban dari segala kebutuhan menginap yang nyaman dan aman. Pilih hotel RedDoorz yang dekat dengan tujuan wisatamu lalu booking hotelnya sekarang. 

 

Press Enter To Begin Your Search
×