Loading...

Source: www.unsplash.com

Siapa yang tidak mengenal Kota Yogyakarta? Sebuah kota yang menjadi incaran para wisatawan, baik wisatawan domestik maupun wisatawan asing. Kota Yogyakarta menjadi sebuah kota primadona yang menyimpan banyak sejarah, seni, dan tempat-tempat yang memukau mata. Kota ini juga memiliki tempat tersendiri di hati setiap orang. Bahkan banyak orang yang menganggap kota ini sebagai rumah karena selalu ingin kembali ke Yogayakarta, termasuk bagi saya. Sudah berkali-kali saya berkunjung ke Yogyakarta, namun tidak pernah ada rasa bosan dalam hati dan selalu ada keinginan untuk kembali. Masih banyak destinasi wisata di Yogyakarta yang menjadi wishlist saya. Siapa tahu kita memiliki wishlist destinasi wisata yang sama. Yuk kita jelajah satu persatu!

1. Tebing Breksi

Source : https://miro.medium.com

Apakah kalian tahu Brown Canyon di Semarang? Tebing Breksi ini kurang lebih mirip dengan Grand Canyon tersebut. Tebing yang berlokasi di Dusun Groyokan, Kelurahan Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta dulunya merupakan tempat aktivitas pertambangan. Tebing ini dibuka sejak pukul 5 pagi hingga pukul 8 sore. Banyak spot foto menarik yang akan membuat feeds Instagram terlihat sangat kece. Salah satu spot foto yang terkenal yaitu ukiran naga yang merupakan hasil karya seniman daerah setempat. Selain itu, kalian juga bisa menikmati sunset dan view kota Yogyakarta yang indah dari atas Tebing Breksi. Tidak hanya banyak spot foto yang menarik, kalian juga bisa mencoba aktivitas lain seperti bersepeda dan juga bermain panjat tebing.

2. Hutan Pinus Pengger

Source : https://www.paketwisatajogja.co.id

Jika kita berbicara mengenai hutan pinus, pasti yang terlintas di pikiran adalah sebuah tempat yang sejuk, masih asri, serta memiliki aroma khas yang menenangkan hati, bukan? Ya, benar sekali. Hutan Pinus Pengger pun sesuai dengan deskripsi di atas. Tempat ini berlokasi di Jl. Dlingo-Patuk, Pantirejo, Terong, Dlingo, Bantul, dengan jarak tempuh kurang lebih 24 km dari pusat Kota Yogyakarta.

Hutan pinus ini menjadi salah satu destinasi wisata favorit yang ramai dikunjungi oleh wisatawan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Tempat ini dibuka mulai pukul 6 pagi hingga 12 malam, sehingga kalian bisa berkunjung kapan saja, loh. Terlebih lagi jika pada malam hari, kalian bisa melihat pemandangan kota Yogyakarta yang penuh dengan lampu-lampu kota dari atas bukit ini. Selain terdapat banyak spot foto yang instagramable, disediakan juga area camping, flying fox, panjat tebing, dan juga penyewaan sepeda.

3. Bukit Panguk Kediwung

Source : https://nginapdijogja.com/wp-content/uploads/2019/08/Bukit-Panguk-Kediwung-1.jpg

Bagi para pecinta sunrise, pasti tempat ini sangat cocok untuk menjadi list destinasi wisata yang ingin dituju. Seakan berada di atas awan, kalian bisa menikmati keindahan hamparan bukit hijau yang masih diselimuti kabut. Untuk bisa sampai di bukit yang berlokasi di Dusun Kediwung, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta, dibutuhkan perjalanan sejauh 24 km dari pusat Yogyakarta. Banyak juga spot foto menarik yang bisa mempercantik feeds Instagram kalian. Tempat wisata ini dibuka 24 jam. Jadi, kalian juga bisa menikmati sunset dari atas bukit.

4. Situs Warungboto

Pernahkah kalian mengunjungi Taman Sari? Situs Warungboto hampir sama dengan Taman Sari. Jika kalian ingin mengunjungi Taman Sari namun ragu karena terlalu ramai dikunjungi wisatawan, kalian bisa coba untuk mengunjungi Situs Warungboto ini karena lebih sepi daripada Taman Sari.

Pesanggrahan Rejawinangun atau yang biasa orang kenal dengan Situs Warungboto dahulu merupakan tempat peristirahatan keluarga keraton, sehingga suasana di Situs Warungboto sangat tenang dan nyaman. Bahkan, putri Presiden Jokowi, Kahiyang Ayu pernah melakukan foto pre-wedding di sin, loh! Selain banyak spot foto yang estetik dan menarik, tempat ini juga mudah untuk dikujungi. Beralamat di Jalan Veteran No.77, Warungboto, Kecamatan Umbulharjo, Yogyakarta, hanya diperlukan waktu kurang lebih 15 menit dari pusat kota Yogyakarta untuk bisa sampai di Situs Warungboto ini.

5. Agrowisata Bhumi Merapi

Siapa yang tidak tahu destinasi wisata ini. Bertempat di Kaliurang, tepatnya di Jl. Kaliurang KM. 20, Sawangan, Hargobingangun, Pakem, Kabupaten Sleman, destinasi wisata ini mencari incaran para wisatawan yang ingin berlibur ke Yogyakarta. Tidak hanya bisa menikmati pemandangan yang indah saja, di sini juga terdapat banyak aktivitas menarik yang bisa dilakukan. Para wisatawan bisa melihat bagaimana proses pembuatan kopi luwak, camping, dan outbound. Bahkan bisa juga belajar bagaimana membudidayakanhewan seperti kambing dan kelinci. Tempat ini sangat cocok untuk menjadi tujuan wisata anak-anak dan keluarga.

6. Gunung Nglanggeran

Apakah kalian tahu bahwa Kota Yogyakarta juga memiliki gunung api purba yang sekarang sudah beralih fungsi menjadi tempat wisata? Ya, nama gunung purba tersebut adalah Gunung Nglanggeran. Bertempat di Desa Nglanggeran, Kapanewon Patuk, Gunungkidul, Yogyakarta, gunung ini dikabarkan sudah ada sejak 70 tahun yang lalu. Tempat ini juga sudah ramai dikunjungi oleh para pendaki. Untuk bisa sampai ke tempat ini, kalian harus menempuh perjalanan kurang lebih sejauh 25 km dari pusat Kota Yogyakarta. Setelah lelah mendaki, kalian bisa juga camping, menginap di homestay, dan juga menikmati berbagai macam kuliner yang ada di sana. Jika kalian berencana mendaki gunung ini, pastikan kondisi kalian sedang sehat ya!

 

Itulah wishlist destinasi wisata saya di Yogyakarta. Terlihat indah dan menarik, bukan? Tertarik untuk mengunjunginya juga? Tetapi ingat, jika ingin bepergian tetap jagalah kesehatan, terutama di masa pandemi seperti sekarang. Taati peraturan pemerintah daerah yang ingin kalian kunjungi, patuhi protokol kesehatan dengan selalu menggunakan masker, jaga jarak, dan jaga kebersihan badan!

 

Nama Penulis: Mega Asri Meilina

Instagram: www.instagram.com/megaamln/

Press Enter To Begin Your Search
×