Loading...

wisata kintamani

Ada banyak tempat menarik yang bisa kamu kunjungi saat liburan ke Bali, misalnya wisata Kintamani. Berada di kawasan dataran tinggi, Kintamani menyajikan keindahan berupa hamparan pemandangan indah mulai dari pegunungan, danau, pura hingga desa wisatanya yang masih asri. Kintamani adalah sebuah kecamatan yang berada di Kabupaten Bangli, Provinsi Bali.

Meski berada di Bali yang cenderung bertemperatur hangat, Kintamani justru memiliki hawa sejuk saat siang maupun malam hari. Terletak jauh dari wisata populer Bali, seperti daerah Kuta, wisata Kintamani menjadi tempat alternatif bagi pelancong-pelancong di Bali.

Untuk kamu yang ingin liburan ke Bali dengan suasana alam yang menenangkan, tempat wisata Kintamani menjadi pilhan yang tepat. Berikut beberapa rekomendasi obyek wisata di Kintamani dari RedDoorz yang bisa kamu kunjungi selama di sana.

Gunung Batur

Tempat-wisata-di-Kintamani Tempat wisata di Kintamani : Gunung Batur

Gunung Batur sendiri berlokasi di Desa Penelokan Utara Kecamatan Kintamani. Keindahan yang bisa kamu lihat dari tempat wisata di Kintamani ini adalah gunung berapi yang masih aktif. 

Tempat wisata di Kintamani sendiri menjadi salah satu gunung tertinggi kedua di Bali setelah Gunung Agung yang berada di Besakih. Obyek wisata di Kintamani satu ini memilki pesona berupa hamparan bebatuan hitam yang merupakan bekas letusannya. 

Selain itu, Gunung Batur juga menjadi salah satu tempat pendakian favorit di Bali bagi para pencinta alam. Tidak jarang karena keindahan alam tempat wisata Kintamani, Bali tersebut, banyak wisatawan yang menjadikannya sebagai lokasi foto prewedding. 

Pengunjung yang datang akan dikenakan harga tiket masuk sebesar Rp 15.000 per orang. Sedangkan, untuk kamu yang ke sini untuk mendaki harus mendaftar terlebih dahulu ke Pos Himpunan Prauwisaa Pendakian Gunung Batur.

Danau Batur

Tempat-wisata-di-Kintamani Tempat wisata di Kintamani : Danau Batur

Di sebelah Gunung Batur, kamu bisa melihat sebuah obyek wisata Kintamani lainnya yang tidak kalah cantik yaitu Danau Batur. Lokasi tempat wisata ini berada sekitar 66 km dari kota Denpasar. 

Berada di lereng Gunung, tempat wisata di Kintamani, Bangli ini memiliki kaldera aktif yang terbentuk dari letusan Gunung Batur pada zaman dahulu kala. 

Menariknya, air di obyek wisata Kintamani ini bisa berubah-ubah warna karena adanya senyawa belerang yang membuatnya terkadang terlihat kebiruan dan kemudian berubah menjadi kuning dan hijau. Untuk masuk ke dalam area wisata tersebut kamu akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp 15.000 per orang.

Desa Trunyan

Tempat-Wisata-di-Kintamani Tempat Wisata di Kintamani: Desa Trunyan

Kamu yang suka dengan obyek wisata berbau mistis bisa mengunjungi Desa Trunyan. Tempat wisata Kintamani, Bali ini merupakan sebuah tempat pemakaman tradisional masyarakat Bali yang dijaga kesakralannya hingga sekarang. 

Uniknya, bentuk dari pemakaman di Desa Trunyan ini tidak seperti pemakaman pada umumnya. Mayat di Desa Trunyan tidak dikubur, melainkan hanya ditempatkan di lokasi tertentu. Kondisi mayat –mayat tersebut hanya dibungkus dengan kain kafan untuk kemudian dibatasi dengan anyaman. 
Meski begitu, pemakaman tersebut tidak berbau sama sekali meski sudah beberapa hari bahkan hingga bertahun-tahun.

Untuk sampai ke Desa Trunyan, kamu bisa menjangkaunya dari menyewa perahu bersama rombongan dengan menempuh perjalanan selama kurang lebih sekitar 45 menit. Wisatawan pun bisa melihat pemandangan alam indah di kawasan Kintamani, Bangli, Bali, selama perjalanan.

Air Panas Toya

Tempat-wisata-di-Kintamani Tempat wisata di Kintamani : Pemandian Air Panas Toya

Kalau kamu sedang mencari tempat relaksasi setelah seharian menyusuri tempat wisata di Kintamani dan sekitarnya, kamu bisa berendam air panas di obyek wisata pemandian air panas Toya Bungkah. Para pengunjung dan penduduk setempat percaya kalau air di sini berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit, sekaligus untuk meremajakan serta menyegarkan tubuh. Air di obyek wisata Kintamani ini berasal dari Gunung Batur yang panasnya mencapai sekitar 50 derajat celcius.

Menariknya, selagi berendam di pemandian air panas Toya Bungkah para pengunjung bisa langsung melihat pemandangan Gunung Batur dan Danau Batur yang juga pilihan tempat wisata di Kintamani dan sekitarnya tepat di samping pemandian ini.

Ada 4 jenis kolam yang tersedia bagi para pengunjung di sini mulai dari kolam renang Toya Bungkah kolam floating sunburn batur natural hot spring, kolam pemandaian air panas Toya Bungkah untuk anak, hingga kolam natural therapy hot spring water toya bungkah. Para wisatawan yang datang akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 30.000 untuk anak-anak dan Rp 60.000 untuk dewasa, hanya khusus bagi warga yang memilki KTP Bali. Sedangkan, untuk warga dari luar bagi akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp 100.000 per orang dan Rp 150.000 per orang untuk Warga Negara Asing.

Desa Penelokan

Tempat-wisata-di-Kintamani Tempat wisata di Kintamani: Desa Penelokan

Di sini kamu bisa berlibur ke sebuah Desa Wisata bernama Desa Penelokan. Tempat wisata di Kintamani, Bali ini memiliki lokasi yang sangat strategis sehingga para pengunjung yang datang bisa melihat keindahan pemandangan alam sebagai bagian dari wisata Kintamani secara keseluruhan.

Memiliki kontur dataran tinggi, di Desa Penelokan kamu bisa melihat pemandangan kaldera Gunung Batur dan Danau Batur yang bersampingan satu sama lain. Karena itu pula udara di sini terasa sangat sejuk bahkan cenderung dingin. Desa Penelokan juga menjadi pintu masuk dari wisata ke Kintamani karena berlokasi di jalur antar kota.

Untuk kamu yang menuju ke sini dari kota Denpasar bisa menempuh perjalanan sekitar 1,5 jam hingga 2 jam dengan menggunakan mobil.

Pura Ulun Danu Batur

Tempat-Wisata-di-Kintamani Tempat Wisata di Kintamani : Pura Ulun Danu Batur

Pura Ulun Danu Batur mungkin menjadi salah satu obyek wisata Kintamani yang paling ikonik. Daya tarik dari Pura Ulun Danu Batur sendiri terletak pada keindahan arsitekturnya. Di kawasan Kintamani, Bangli, Bali pura ini termasuk salah satu pura yang dihormati. Pada bagian dalam kamu bisa melihat sebanyak 9 pura lengkap dengan 285 kuil dan pavilion yang menjadi tempat persembahan untuk para dewa-dewi. Harga tiket masuk ke Pura Ulun Danu Batur sendiri dibandrol dengan harga Rp10 ribu untuk dewasa dan Rp7.500 untuk anak-anak.

Desa Pinggan

wisata kintamani

Masih di kawasan Gunung Batur atau lebih tepatnya di lereng Gunung Batur, Desa Pinggan ini menawarkan spot yang indah untuk menyaksikan matahari terbit di Kintamani, Bangli, Bali. Mencapai spot ini memang agaknya terdengar melelahkan karena berada di dataran tinggi, namun untuk mencapai Desa Pinggan kamu bisa menggunakan kendaraan bermotor.

Agar tak ketinggalan momen sunrise, paling tidak kamu sudah sampai di tempat wisata Kintamani ini pukul 05.00. Dibandingkan dengan obyek wisata Kintamani lainnya maupun Bali secara umum, Desa Pinggan ini masih kalah populer. Maka tempat wisata ini dapat menjadi kesempatan kamu untuk menjauh dari turis-turis yang tersebar di Bali. 

Gunung Abang Kintamani

wisata kintamani

Setelah Gunung Batur, kawasan wisata Kintamani belum kehabisan pesona keindahan gunungnya. Gunung Abang bisa menjadi tujuan kamu selanjutnya yang ingin melakukan pendakian di Kintamani, namun sudah pernah mencapai puncak Gunung Batur sebelumnya. Di sini, kamu tidak hanya akan terhipnotis oleh pemandangannya. Keramah tamahan penduduk setempat akan memberi kehangatan berbeda di ketinggian 2.252 mdpl. 

RedDoorz memiliki beberapa tips nih buat kamu yang memutuskan untuk pergi ke Gunung Abang Kintamani. Sebagai obyek wisata Kintamani yang langsung menyatu dengan alam, kamu perlu mencari tahu terlebih dahulu bagaimana cuaca di sana agar tidak mengganggu rencana liburanmu. Jangan lupa untuk selalu membawa obat-obatan, bekal, air minum, dan tentunya kamera atau barang-barang elektronik yang dapat menyimpan memori perjalananmu di sana!

Itulah beberapa informasi mengenai tempat wisata di Kintamani yang menarik untuk kamu kunjungi. Kalau kamu sendiri apa pernah berkunjung ke Kintamani? Untuk kamu yang akan berlibur di Filipina, Singapura, Vietnam atau Indonesia seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Banjarmasin, Balikpapan, Pekanbaru, Cirebon, Lampung, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya. RedDoorz hadir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Cropped fav logo@2x
Press Enter To Begin Your Search
×