Loading...

sejarah pulau komodo

Ilustrasi: pexels.com

Kalau kamu berencana berkunjung ke Nusa Tenggara Timur setelah pandemi mereda, Pulau Komodo merupakan salah satu destinasi wisata yang sayang untuk kamu lewatkan. Berlokasi di sebelah timur Pulau Sumbawa, Pulau Komodo menyajikan kekayaan alam yang indah, nggak heran kalau sampai disebut sebagai salah satu surganya wisata Indonesia. Keindahan Pulau Komodo ini tentunya tidak terlepas dari sejarah pulau komodo yang panjang. Sebelumnya, kamu udah tau belum tentang sejarah pulau komodo?

5 Hal tentang Sejarah Pulau Komodo hingga Dikenal Dunia

Setiap tempat memiliki sejarah masing-masing yang menceritakan bagaimana awal mula tempat itu terbentuk. Sama seperti Pulau Komodo, dibalik keindahannya, tersimpan beberapa fakta sejarah yang mungkin sebelumnya kamu nggak tau. Menjadi salah satu keajaiban dunia dan berdampingan dengan tempat-tempat lainnya di penjuru dunia, sejarah pulau komodo menjadi hal yang wajib kamu ketahui sebelum berkunjung ke tempat ini.

1. Cerita Rakyat mengenai Komodo

sejarah pulau komodo

Ilustrasi: pexels.com

Indonesia tidak terlepas dari yang namanya legenda dan cerita rakyat. Komodo sendiri memiliki cerita legenda yang dipercaya oleh masyarakat sekitar. Diceritakan pada jaman dulu, hiduplah seorang putri raja bernama Putri Naga yang menikah dengan seorang pemuda bernama Moja. Mereka pun menikah dan dikaruniai sepasang anak kembar berjenis kelamin laki-laki. Namun, salah satu anak laki-laki mereka berbentuk seperti kadal dan diberi nama Orah.

2. Awal Ditemukannya Hewan Komodo

sejarah pulau komodo

Ilustrasi: unsplash.com

Komodo pertama kali ditemukan oleh warga negara Belanda bernama Letnan Steyn van Hensbroek pada tahun 1910. Pada saat itu, ia sedang melakukan penyelidikan ‘hewan seperti naga’ yang ia dengar dari laporan pasukan Belanda. Setelah berhasil menemukan komodo, ia pun mendokumentasikan dan mengirim sampel kulit ke Museum Zoologi Bogor. Dokumentasi tentang keberadaan kadal raksasa tersebut pun meluas hingga ke pelosok dunia. 

3. Asal Usul Nama Komodo

sejarah pulau komodo

Foto: instagram.com/@tamanasionalkomodo

Varanaus Komodoensis atau nama lain dari komodo dicetuskan oleh Direktur Museum Zoologi Bogor, Peter Ouwens. Ia mendapatkan informasi keberadaan hewan komodo melalui Letnan Steyn van Hensbroek yang pada saat itu mengirimkan sampel kulit ke Museum Zoologi Bogor. Peter Ouwens pun menulis sebuah karya ilmiah mengenai komodo yang berjudul On a Large Varanus Species from an Island of Komodo dan disimpan di The New York Botanical Garden.

4. Pembentukan Taman Nasional Komodo

sejarah pulau komodo

Ilustrasi: unsplash.com

Sebagai satu-satunya hewan endemik yang hanya bisa ditemukan di Indonesia, dibentuklah Taman Nasional Komodo untuk melindungi komodo dan habitatnya pada tahun 1980 di bawah kelola Kementrian Kehutanan Republik Indonesia. Saat proses pembentukan Taman Nasional Komodo, terdapat sekitar 25 spesies hewan darat dan burung yang juga dilindungi. Selain itu, kamu akan disuguhkan oleh 254 spesies tumbuhan yang berasal dari Asia dan Australia, 58 jenis binatang dan 128 jenis burung di Taman Nasional Komodo.

5. Dinobatkan sebagai Satu dari 7 Keajaiban Dunia

sejarah pulau komodo

Ilustrasi: unsplash.com

Pada tahun 1991, Komodo dinobatkan sebagai salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO. Tidak lama setelah itu, Komodo ditetapkan oleh Presiden Republik Indonesia sebagai Simbol Satwa Nasional melalui Keppres No. 4 Tahun 1992. Kemudian pada November 2011, Taman Nasional Komodo dinobatkan menjadi salah satu dari 7 Keajaiban Dunia, berdampingan dengan Hutan Amazon, Halong Bay, Air Terjun Iguazu, Pulau Jeju, Sungai Bawah Tanah Puerto Princesa, dan Table Mountain. Bangga banget ya, RedTraveler!

Setelah membaca kelima point diatas, kamu makin bangga nggak nih dengan kekayaan alam yang kita punya? Sebagai orang Indonesia, sudah seharusnya kamu menambah wawasan mengenai alam dan budaya yang kita punya agar nggak ketinggalan berita terbaru. Kalau kamu berencana mengunjungi Pulau ini setelah pandemi mereda, jangan lupa pesan tempat penginapannya di RedDoorz ya, RedTraveler! Cari penginapan terdekat yang terjangkau, strategis, dan juga aman. Nggak perlu khawatir akan kebersihannya, karena RedDoorz punya sertifikasi #HygienePASS yang nggak bikin kamu cemas. 

 

Press Enter To Begin Your Search
×