Loading...

Ketika di bangku sekolah dulu, kamu pasti pernah mendengar soal Indonesia yang disebut sebagai negara maritim. Sebuah negara dapat dikatakan sebagai negara maritim apabila memiliki luas wilayah laut yang lebih besar daripada luas daratan. Luas lautan Indonesia sendiri mencapai 3.273.810 km2 , sementara luas daratannya sebesar 1.919.440 km2. Kebayang nggak dampak apa yang dirasakan Indonesia dengan wilayah laut sebesar ini?

Yup, potensi wisata lautnya yang menjadi daya tarik tersendiri di mata negara-negara lain. Bahkan mereka menyebut seluruh kekayaan biota laut terletak di Indonesia. Selain wisata bawah air, jajaran pantai di Indonesia juga mampu menghipnotis setiap orang yang mengunjunginya. Salah satu pulau terbaik yang memenuhi semua kriteria di atas adalah pulau Bali.

Nuansa eksotisnya dapat ditemukan hampir di setiap sudut Pulau Bali, mulai dari Pantai Kuta, Pantai Sanur, Pantai Nusa Dua, hingga kawasan Ubud. Berbeda dari obyek wisata yang disebutkan sebelumnya, kawasan Ubud mengungkap pesona lain dari Pulau Bali. Berikut ini adalah 5 kegiatan yang wajib dilakukan saat kamu berwisata di Ubud, Bali!

1. Menikmati Sungai Ayung

Jika kamu biasa menghabiskan waktu di Bali dengan melakukan aktivitas air, seperti bermain jetski, banana boat, melakukan diving atau snorkeling, mungkin udah saatnya kamu mencoba arung jeram di Sungai Ayung. Sungai Ayung ini nggak cuma menawarkan petualangan arung jeram yang seru. Sungai Ayung juga memiliki pemandangan menakjubkan yang bisa kamu nikmati dari sky swing di Zen Hideaway. Seperti namanya, ayunan ini dimainkan dari ketinggian, tepatnya di antara pohon jati yang udah berdiri menjulang selama 150 tahun!

2. Mengeksplor Kesenian Khas Bali

Selain karena keindahan alamnya, Bali juga terkenal karena kesenian tradisionalnya yang kaya dan masih lestari. Nah, Ubud merupakan tempat yang cocok jika kamu penasaran sama kekayaan budaya asli Bali, terutama tari tradisional. Didaulat sebagi pusat seni Bali, kamu dapat menemukan banyak pertunjukan tari tradisional di sepanjang kawasan Ubud. Dua tempat yang paling populer dengan pertunjukan tari Legong atau tari Kecak Api adalah Pura Dalem dan Puri Agung Saren. Sebelum itu, sisihkan waktu untuk pergi berbelanja di Pasar Ubud dan temukan beragam jenis kerajinan tangan.

3. Bersantai di Wanna Jungle Pool & Bar

Mengadopsi konsep beach bar, Wanna Jungle Pool & Bar justru berada di Lembah Sungai Oos dan dikelilingi oleh pepohonan rimbun. Panorama serba hijau ini bisa kamu saksikan dari kolam renang tingkat tiga. Supaya waktu relaksasi kamu makin asik, coba deh datangi Wanna Jungle Pool & Bar di hari Sabtu. Sambil menikmati musik dari penampilan live DJ, Wanna Jungle Pool & Bar dijamin bakal membantu kamu mengisi energi yang hilang setelah berbulan-bulan berkutat dengan rutinitas.

4. Jalan Kaki Melintasi Persawahan

Kalau kamu berasal dari kota-kota besar, udara segar dan pemandangan asri barangkali menjadi alasan mengapa kamu memilih kabur ke Bali. Biar perjalanan ke Bali kamu nggak sia-sia, kamu wajib menyisihkan waktu untuk menangkan diri dengan berjalan-jalan melewati terasering atau sawah bertingkat yang tersebar di semua penjuru Ubud, salah satunya adalah Tegallalang. Jika jalur terasering dirasa terlalu jauh, kamu bisa beralih ke Campuhan Ridge Walk. Meski memiliki jalur lebih pendek, tapi bukan berarti kamu akan kehilangan pemandangan gubuk-gubuk, area persawahan, dan pohon-pohon rindang. Jangan lupa menyapa penduduk setempat di sela-sela aktivitas mereka.

5. Makan Malam Romantis

Selain dijadikan destinasi berlibur bersama keluarga atau teman-teman, Bali juga merupakan tujuan berbulan madu favorit bagi pasangan-pasangan yang baru menikah. Pemadangan alam di Ubud pas banget dijadikan spot untuk menghabiskan waktu romantis berdua. Swept Away at The Samaya Ubud merupakan salah satu restoran di tepi Sungai Ayung yang menyediakan paket candle light dinner. Hangat ditemani lilin-lilin dan ditenangkan oleh suara percikan air dari Sungai Ayung, makan malam romantis di Swept Away at The Samaya Ubud harus masuk ke dalam daftar itinerary-mu di Bali dengan pasangan.

Nggak cuma bermain air di pantai, ternyata Bali menawarkan banyak pilihan wisata lainnya, khususya di kawasan Ubud. Jadi, aktivitas mana yang kamu incar di rencana perjalanan ke Ubud, Bali berikutnya?

Press Enter To Begin Your Search
×