Loading...

Foto: unsplash.com

Udah bukan rahasia lagi kalau Yogyakarta tak pernah sepi dipadati turis lokal maupun mancanegara. Sesering apapun seseorang berkunjung ke Yogyakarta, kota yang dikenal karena kelezatan gudegnya ini selalu memberi alasan untuk didatangi lagi. Jika kamu memiliki kesempatan untuk bertandang ke Yogyakarta, nggak ada salahnya untuk mengeksplor wisata malam di Jogja. Berikut ini RedDoorz telah merangkum beberapa tempat asyik buat mengisi kegiatanmu di Jogja pada malam hari!

1. Bukit Bintang

Foto: instagram.com/themanglung

Siapapun yang mendengar nama tempat ini tampaknya bisa langsung paham kalau Bukit Bintang sengaja dibuka untuk dinikmati pada malam hari. Apa sih sebenarnya Bukit Bintang itu? Sebelum ramai diburu wisatawan, Bukit Bintang dinamakan Bukit Hargo Dumilah. Bukit ini akan dengan mudah kamu temukan jika kamu sedang dalam perjalanan menuju Pantai Sadranan, Pantai Siung, dan pantai-pantai lainnya yang berada di sekitar Gunungkidul.

Dari ketinggian 150 dpl, Bukit Bintang menjanjikan pemandangan Yogyakarta yang bercahaya di tengah kegelapan malam. Sejauh mata memandang, terlihat gagahnya Gunung Merapi bersanding dengan Gunung Merbabu. Pesawat-pesawat yang baru lepas landas atau hendak mendarat pun tak mau ketinggalan meramaikan langit malam Yogyakarta. Seraya menyantap jagung bakar beserta aneka pilihan minuman dan camilan hangat, Bukit Bintang harus menjadi destinasi utama untuk mengisi wisata malam kamu di Jogja.

2. Pantai Sedahan

Foto: instagram.com/pantai_sedahan

Ngomongin soal pantai di wilayah Gunungkidul, salah satu pantai yang amat memesona adalah Pantai Sedahan. Pantai Sedahan begitu menarik di mata wisatawan Jogja maupun penduduk setempat karena pantainya yang beralaskan pasir putih dan dibentengi oleh dua tebing yang menjorok ke arah laut. Walau unik, Pantai Sedahan masih kalah pamor bila dibandingkan beberapa pantai lainnya di Jogja. Terbukti dari masih terjaganya kebersihan di area pantai dan air lautnya yang jernih.

Saking jernihnya, kamu tak perlu menyelam untuk melihat ikan-ikan dan penyu berenang ke sana ke mari. Cukup dari permukaan, kehidupan di bawah laut dapat tergambar jelas. Kebanyakan orang yang berhasil menemukan pantai ini tentu tak ingin cepat-cepat meninggalkan semua keistimewaan Pantai Sedahan. Maka tak jarang mereka memilih membangun tenda dan bermalam di sini. Selain berkemah, pantai ini juga acap kali dijadikan spot pemancingan. Pokoknya nggak nyesel deh menghampiri Pantai Sedahan!

3. Taman Pelangi

Foto: instagram.com/tamanpelangijogja

Monumen Jogja Kembali ternyata tak hanya menawarkan wisata sejarah semata. Di kompleks yang sama terdapat sebuah tempat wisata malam Jogja lainnya yang tak boleh dilewatkan. Namanya Taman Pelangi. Taman Pelangi merupakan tempat wisata yang bermandikan cahaya lampion-lampion raksasa. Bentuk lampion-lampionnya terus diperbaharui dari waktu ke waktu, sehingga pengunjung tak akan bosan meski sudah berulang kali berkunjung ke sini.

Pengelola Taman Pelangi bahkan tak segan menggunakan wajah para tokoh pejuang sebagai desain lampion mereka agar perpaduan unsur hiburan dan edukasinya tetap terasa. Menjadi salah satu spot selfie Instagramable paling favorit di Yogyakarta, kamu nggak cuma bisa berfoto di sini. Tersedia berbagai wahana, seperti rumah balon, perahu, ATV, safari train, dan sejumlah wahana lainnya yang cocok buat anak-anak. Biar wisata malam di Jogja kamu semakin berwarna, Taman Pelangi menyediakan wahana rumah hantu! Tertarik mencoba?

4. Angkringan KR

Foto: instagram.com/angkringanjabrik.id

Bicara tentang wisata malam di Jogja rasanya kurang lengkap kalau nggak membahas angkringan. Angkringan merupakan kios makanan kaki lima yang menjajakan beragam menu tradisional. Angkringan yang biasa ditemukan di Yogyakarta sendiri biasanya menjual nasi berukuran mini yang disebut nasi kucing beserta lauk-pauknya. Ada sate telur puyuh, sate kerang, sate sosis dan bakso, sate usus, dan masih banyak varian sate yang dihidangkan. Untuk menambah kenikmatan, jajanan angkringan biasa disantap sambil lesehan alias duduk di atas tikar.

Menemukan angkringan di Yogyakarta bukanlah hal sulit. Saat pergi ke luar di malam hari, hampir di sepanjang jalan terdapat angkringan. Salah satu angkringan yang paling populer di kalangan anak muda adalah Angkringan KR. Nama angkringan ini lebih familiar di telinga masyarakat, karena posisinya yang berada tepat di seberang kantor harian Gedung Kedaulatan Rakyat. Nongkrong di Angkringan KR saat malam hari dijamin bikin kamu merasa seperti orang Jogja beneran! Jangan lupa memesan kopi jos untuk melengkapi makan malam kamu di tengah momen kebersamaan dengan keluarga atau teman-teman ya.

Keempat tempat tadi adalah destinasi yang wajib kamu pilih saat mencari wisata malam di Jogja. Tempat mana yang bikin kamu pengen buru-buru menjelajahi Yogyakarta di malam hari?

Cropped fav logo@2x
Press Enter To Begin Your Search
×