(photo source: unsplash.com)

YOGYAKARTA

Perkenalkan nama saya Muhammad Arya Saputra dari Bogor.

Singkat cerita 7 Febuari 2020 sebelum Covid-19 melanda warga dunia

Saya road trip keliling pulau Jawa bersama 9 teman saya, dimulai dari Stasiun Pasar Senen saya berangkat kota yang pertama kami kunjungi adalah Jogjakarta, kota yang selalu istimewa, murah dan dikangenin, 4 hari di Jogja kami mengunjungi:

• Gunung Merapi
  • Candi Prambanan & Brobudur
  • Explore Parang Teritis
  • Explore Gunung kidul
  • Kulon progo

Selama di Jogja saya dan teman-teman saya menyewa motor agar lebih hemat dan cepat dengan bermodalkan GPS untuk mengunjungi tempat-tempat wisata, unforgettable moment selama di Jogja adalah saya kena tilang polisi sebanyak dua kali. Selama 4 hari di Jogja tidak terasa dan kami pun melanjutkan perjalanan dari jogja ke malang,

MALANG

(photo source: dokumentasi pribadi)

Bromo salah satu bucketlist. Selama di Malang kami menghabiskan waktu selama tiga hari dua malam. Destinasi yang kami kunjungi diantaranya adalah:

• Gunung Bromo
  • Kampung Jodipan
  • Jatimpark
  • Tumpak Sewu

Destinasi pertama kami adalah gunung bromo kami menyewa motor di stasiun malang untuk ke bromo di karenakan tema jalan-jalan kami backpackeran, setelah dari bromo ,kami turun ke kampong Jodipan salah satu kampung warna-warni seperti di Busan. Setelah itu perjalanan kami lanjut ke jatimpark,mencoba berbagai wahanan yang ada di sana sampai larut malan dan kembali ke penginapan.

LUMAJANG

Keesokan harinya, kami bergeser sedikit ke kota Lumajang, destinasi yang akan kami kunjungi adalah Air Terjun Tumpak Sewu, perjalanan ditempuh sekitar 3 jam dari kota Malang, tetapi sangat worth it. Karena dengan pemandangannya Air Terjun Tumpak Sewu, one of the best waterfall ever I’ve seen!

Kece banget air terjunnya dan saya hanya melihat dari atas dan tidak turun ke bawah dikarenakan agak curam turunannya. Setelah puas bermain di Tumpak Sewu, kami melanjutkan perjalanan ke Air Terjun Kapas biru. Tidak jauh dari tumpak sewu, setelah seharian bermain di air terjun, kami pulang ke penginapan untuk istirahat dan melanjutkan perjalanan esok harinya

BANYUWANGI

(photo source: dokumentasi pribadi)

Day 8 kami melanjutkan perjalanan ke Banyuwangi dari Malang. Banyuwangi adalah salah satu kota di paling ujung di pulau Jawa yang berbatasan langsung dengan pulau Bali, selama di Banyuwangi kami menghabiskan waktu tiga hari dua malam dan mengunjungi destinasi wisata diantaranya:

• Kawah Ijen
  • Taman Nasional Baluran

Setibanya di Banyuwangi, kami langsung menyewa motor untuk melanjutkan perjalanan ke basecamp gunung Ijen dan kami pun istirahat sambil menunggu jam 02.00 pagi untuk menaiki gunung ijen. Setelah jam 02.00 pagi, kami mulai tracking ke gunung Ijen untuk melihat blue fire.

Setibanya di Kawah Ijen dan melihat sunrise sangat takjub melihat keindahan ciptaan tuhan, dan berfoto-foto hari sudah siang dan kami pun turun ke basecamp dan melanjutkan perjalanan ke Baluran, Savanna di tengah kota Banyuwangi as you guys know, dari pintu gerbang baluran, kalian harus menempuh perjalanan sejauh 15 Km untuk ke Savanna.

Jauh banget yah tetapi tidak sia-sia kok dengan pemandangan yang kita lihat berasa seperti di Afrika. Setelah hari mulai sore dan kami pun melanjutkan perjalanan ke penginapan dan istirahat, keesokan harinya, hari bebas kita cuma staycation di penginapan ngedit foto-foto & video-video sambil menunggu jam 22.00. Karena kami akan melanjutkan perjalanan ke Bandung dari Banyuwangi dan kereta kami berangkat jam 22.00, Banyuwangi-Jogja-Bandung.

BANDUNG

Di hari ke -13 kami sampai di Bandung dan keliling-keliling kota Bandung dan berburu kuliner. Sampai malam, kami pulang ke penginapan untuk istirahat,

Di hari ke-14 kami sayonara pulang menuju Jakarta dari Bandung dan dilanjutkan naik bis ke Bogor dari Jakarta dan perjalanan pun selesai benar-benar seru banget unforgettable moment.

DREAM DESTINATION

And next trip my dream destination saya pengen banget road trip ke Bali-Lombok-Labuan Bajo semoga tercapai dan ada uangnya amin.