Loading...

staycation

Foto: Pexels

Beberapa waktu belakangan ini, istilah staycation makin sering terdengar di telinga kita. Tapi apa, sih, artinya? Apa perbedaan staycation dan vacation? Istilah ini terdiri dari dua kata bahasa Inggris, yaitu stay yang artinya tinggal, dan cation yang diambil dari kata vacation yang artinya berlibur. 

Menurut Oxford Learner’s Dictionary, staycation artinya liburan yang dihabiskan di rumah atau di lokasi yang tak jauh dari rumah. Tapi, pengertian staycation bagi beberapa orang seringkali adalah liburan yang diisi dengan aktivitas menginap di tempat tertentu. Sedangkan kata vacation dalam Oxford Learner’s Dictionary berarti liburan yang dilakukan jauh dari rumah. 

Banyak orang memilih staycation sebagai opsi berlibur, bahkan sebelum adanya pandemi Covid-19, sebagai cara seru yang bisa dilakukan bahkan ketika kamu sedang mencoba untuk berhemat tapi tetap butuh liburan

Manfaat Staycation

Apa, sih, manfaat staycation? Manfaat pertama adalah untuk membuat pikiran lebih tenang. Setiap hari pasti ada saja yang memenuhi pikiran kita, entah itu urusan pekerjaan, tugas sekolah atau perkuliahan, ataupun urusan keluarga. Nah, untuk menenangkan pikiran, pilihan liburan yang satu ini bisa jadi opsi tepat untuk kamu. Kamu bisa menghabiskan waktu setidaknya satu malam menginap di hotel nyaman dan tenangkan pikiranmu di sana. 

Manfaat yang kedua adalah mempererat hubungan dengan orang terkasih, misalnya pasangan, sahabat, ataupun anggota keluarga dengan melakukan staycation keluarga. Tuntutan kerja kita sehari-hari seringkali menyebabkan waktu yang lebih terbatas untuk dihabiskan bersama orang-orang tersayang. Cara liburan yang satu ini bisa kamu coba untuk meningkatkan keintiman dengan orang terkasih, menambah keseruan dengan teman-teman, ataupun menambah kedekatan dengan para anggota keluarga. 

Manfaat ketiga dan yang diinginkan banyak orang adalah bisa tetap liburan dengan budget minimalis! Liburan dengan cara ini bisa kamu lakukan meski budget yang kamu punya tak banyak. Kamu hanya perlu meluangkan waktu sebentar, dan memilih tempat yang sesuai dengan budget yang kamu miliki. Berikut beberapa rekomendasi staycation yang tidak akan membuat kantong jebol!

Rekomendasi Staycation

Di masa pandemi seperti sekarang ini, kamu bisa tetap liburan dengan aman dan mengajak keluarga ataupun teman-teman untuk staycation di Jakarta, staycation di Puncak, di Yogyakarta atau di kota mana pun kamu tinggal. Berikut beberapa rekomendasi tempat menginap seru dari RedDoorz di beberapa kota di Indonesia yang bisa kamu nikmati bersama orang-orang terdekat. 

Staycation di Jakarta dan Sekitarnya

staycation

Foto: RedDoorz

Dengan desain dan warna yang colorful, Sans Hotel Fiducia Kaji menawarkan tempat menginap yang menyenangkan untuk kamu yang menyukai hiburan! Dengan harga mulai dari Rp165 ribu sampai dengan Rp300 ribuan, kamu bisa menikmati berbagai fasilitas dari hotel ini. 

Kamu bisa menginap di kamar yang bebas asap rokok dengan front desk yang siap sedia selama 24 jam. Selain itu, hotel ini juga menyediakan akses Wifi, LED-TV, air mineral, alat mandi, common area, playground, kopi yang tersedia gratis, dan tentu saja tempat parkir.

Selain itu, hotel ini juga dekat dengan beberapa tempat menarik yang bisa dikunjungi, seperti Taman Ismail Marzuki, Museum Nasional Indonesia, Istana Merdeka, Sarinah Mall, Pusat Grosir Pasar Tanah Abang, dan ITC Roxy Mas. 

Urbanview Hotel Slipi Inn Palmerah

staycation

Foto: RedDoorz

Untuk kamu yang tinggal di daerah Jakarta Barat atau Selatan, ada rekomendasi tempat menginap menyenangkan di daerah Palmerah–Urbanview Hotel Slipi Inn. Tanpa sepenuhnya meninggalkan kehidupan perkotaan, kamu bisa meringankan beban pikiranmu karena hotel ini memiliki desain yang simple dengan perpaduan urban life dan suasana alam yang akan membuatmu nyaman.

Dengan rentang harga antara Rp260 ribuan hingga Rp299 ribu, fasilitas yang disediakan hotel ini juga cukup lengkap, seperti WiFi, LED-TV, air mineral, perlengkapan mandi, kamar bebas asap rokok, dan front desk yang siap 24 jam. 

Tempat ini juga cukup strategis dan tak terlalu jauh dengan tempat-tempat populer yang sering dikunjungi untuk mengisi waktu luang, seperti Gelora Bung Karno (GBK), Moja Museum, Plaza Senayan, Senayan City, Senayan Golf Course. 

RedDoorz Plus @ Megamendung Puncak 2

staycation

Foto: RedDoorz

Nikmati staycation di Puncak bersama keluarga ataupun rekan-rekan kerja untuk menikmati liburan di RedDoorz Plus Megamendung Puncak 2! Dengan harga Rp415 ribu sampai Rp437 ribu, kalian akan mendapatkan kamar yang luas dilengkapi dengan kamar mandi dengan air hangat.

Selain itu, ada pula kids playground, WiFi, LED-TV, air mineral, perlengkapan mandi, tempat parkir, dan juga front desk yang siap selama 24 jam. Jika menginap di tempat ini, kamu juga bisa pergi ke Brasco Factory Outlet, Cimory Riverside, The Ranch dan Taman Wisata Matahari. 

Staycation di Yogyakarta dan Sekitarnya

RedDoorz Near UMY Yogyakarta 3

staycation

Foto: RedDoorz

Kamu bisa datang ke tempat ini untuk merasakan sensasi staycation unik di Yogyakarta dengan bangunan yang unik dan sangat asri. Ini adalah tempat yang cocok untukmu yang ingin menenangkan pikiran dan rehat sejenak dari kesibukan kerja atau urusan lain setiap harinya. 

Dengan harga berkisar antara Rp530 ribu hingga Rp558 ribu, selain mendapatkan fasilitas dari penginapan, seperti meja, pemanas air, tempat parkir, room service, dan front desk yang siap selama 24 jam, kamu juga akan mendapatkan pemandangan yang memanjakan mata. 

Di sekitar sini, kamu juga bisa mendatangi tempat-tempat menarik, seperti Museum Nasional Jogja, Cokrodiningratan Tourist Village, Gudeg Yu Djum Wijilan, dan juga Raminten Kitchen. 

Griya Borobudur Cottage 2 Magelang (Desa Wisata Wanurejo)

staycation

Foto: RedDoorz

Terletak di Desa Wisata Wanurejo, dekat dengan Candi Borobudur yang menjadi daya tarik wisatawan lokal dan mancanegara, tempat ini menyuguhkan pemandangan dan suasana alam yang teduh dan dekat dengan kebudayaan dan tradisi lokal, seperti kerajinan tangan dari bambu, batik, keroncong, dsb.

Dengan harga yang terjangkau, berkisar di angka Rp280 ribuan, kamu akan mendapatkan fasilitas yang mumpuni dan nyaman, seperti WiFi, LED-TV, front desk yang siap selama 24 jam, air mineral, alat mandi, dan tempat parkir.

Tempat ini juga dekat dengan berbagai tempat, seperti Svagarbumi Borobudur, Candi Pawon, Pasar Borobudur, Candi Borobudur, dan Borobudur Cactus Cafe. Selain ini, tempat ini juga mudah dijangkau dengan transportasi publik. 

Staycation di Bandung dan Sekitarnya

Samakta Guest House RedPartner

staycation

Foto: RedDoorz

Ada beberapa tempat menginap menyenangkan yang tersedia untuk warga Bandung dan sekitarnya, salah satunya Samakta Guest House RedPartner. Berlokasi di Lembang, tempat ini menyuguhkan pemandangan dan suasana nyaman yang menyenangkan. 

Dengan harga mulai dari Rp400 ribuan, kamu akan mendapatkan fasilitas guest house seperti WiFi, water heater, front desk 24 jam, air mineral, alat mandi, dan tempat parkir. Lokasinya pun strategis, kamu bisa pergi ke Alun-Alun Lembang, Floating Market, Liwat Asep Stroberi, Rainbow Garden, dan Miniatur Railway Park. 

Hotel Hebat

staycation

Foto: RedDoorz

Tempat menarik lain yang bisa dijangkau oleh warga Bandung adalah Hotel Hebat yang berlokasi di Jalan Wachid Hasyim 399, Bandung, Jalan Kopo Bandung 40223, Bandung. Dengan rentang harga antara Rp495 ribu sampai dengan Rp558 ribu, kamu akan mendapatkan fasilitas yang lengkap dan nyaman dari hotel. Selain itu, tempat ini juga dekat dengan berbagai lokasi menarik, seperti Alun-Alun Kota Bandung, Museum Sri Baduga, Bandung Lautan Api Monumen, Chinatown Bandung dsb.

Jadi, mana tempat favoritmu? Ayo, tandai waktu liburanmu dan segera cari tempat favorit di kotamu untuk staycation keluarga, partner, ataupun teman-teman!

Press Enter To Begin Your Search
×