Loading...

hotel-dekat-malioboro

Foto: RedDoorz

Semua orang yang pernah datang ke Yogyakarta pasti nggak asing lagi sama jalan ini. Malioboro, sebuah jalan yang paling terkenal seantero Jogja. Jalan Malioboro terbentang sepanjang 2,5 km dari Tugu Yogyakarta sampai ke Kantor Pos Yogyakarta. Di sepanjang jalan kamu bisa menemukan aneka makanan khas Jogja dengan harga terjangkau. Kamu juga bisa berburu oleh-oleh seperti kaos, batik, sandal, blankon, bakpia, dan masih banyak yang lainnya. Wajar aja, banyak traveler yang memilih menginap di hotel dekat Malioboro supaya gampang buat jalan-jalan. 

Ada dua versi tentang asal-usul nama Malioboro. Versi pertama, nama ini diambil dari bahasa Sansekerta yang artinya karangan bunga. Dinamakan demikian karena dulu saat Keraton Yogyakarta menggelar acara, Jalan Malioboro pasti dipenuhi karangan bunga. Sedangkan versi kedua menyebutkan kalau Jalan Malioboro diambil dari nama seorang bangsawan Inggris yang tinggal di Yogya pada tahun 1881-1916 bernama Marlborough. Kamu percaya versi yang mana nih, RedTraveler?

Sebelum jadi destinasi wisata terkenal di Jogja, dulu Malioboro termasuk jalan yang sepi, lho. Sepanjang jalan hanya ada jajaran pohon asem. Nggak ada toko-toko kaya sekarang. Orang-orang cuma lewat jalan ini ketika mau ke Keraton Yogyakarta, Benteng Vredeburg, atau ke Pasar Beringharjo. Pokoknya suasananya kontras banget sama Malioboro yang kita kenal saat ini! Saat berkunjung ke Malioboro, ada beberapa tempat menarik yang bisa kamu singgahi. 

1. Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta adalah pusat pemerintahan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Dipimpin oleh Sri Sultan Hamengkubuwono, Yogyakarta menjelma menjadi kota yang kental dengan kebudayaan Jawa. Meskipun keraton adalah kediaman sultan beserta keluarganya, namun kamu bisa lho berkunjung ke sini. Keraton Yogyakarta jadi tempat wisata paling diburu para traveler karena menghadirkan suasana kerajaan kuno yang jarang ditemui. Keraton dibuka untuk umum setiap hari, dari jam 08.30 sampai 11.00. 

2. Benteng Vredeburg

Meskipun namanya benteng, tapi Benteng Vredeburg sebenarnya museum. Benteng Vredeburg punya banyak koleksi benda-benda peninggalan pada masa perjuangan kemerdekaan. Di sini kamu juga mesa menonton film perjuangan dan diorama yang menggambarkan situasi Indonesia saat berjuang merebut kemerdekaan dari penjajah. Untuk berkunjung ke sini, kamu nggak perlu merogoh kocek dalam. Hanya membeli tiket seharga Rp2 ribu maka kamu bisa bernostalgia dengan sejarah Indonesia. Tapi perlu dicatat, Benteng Vredeburg tutup setiap hari Senin.  Benteng Vredeburg buka dari Selasa sampai Jumat pukul 08.00 - 16.00 dan Sabtu - Minggu pukul 08.00 - 17.00. 

3. Pekan Budaya Tionghoa Yogyakarta

Di dekat Malioboro ada sebuah daerah bernama Ketandan. Kawasan Ketandan dihuni mayoritas etnis Tionghoa Yogyakarta. Setiap perayaan Hari Raya Imlek, kawasan pecinan ini membuat festival Pekan Budaya Tionghoa Yogyakarta. Festival berlangsung di sepanjang Jalan Malioboro dan sekitarnya. Selama festival ini berlangsung kamu bisa melihat karnaval barongsai, pameran budaya, panggung hiburan, serta mencicipi berbagai kuliner khas Tionghoa. 

Daftar RedDoorz Hotel dekat Malioboro 

Daya tarik Malioboro membuat tempat ini wajib dikunjungi saat ke Yogyakarta. Makanya, menginap di hotel dekat Malioboro jadi solusi buat kamu yang pengen jalan-jalan ke Malioboro tanpa ribet. RedDoorz punya daftar hotel dekat Malioboro yang bisa kamu pilih buat menginap saat liburan ke Jogja, nih! 

1. RedDoorz near Plaza Ambarukmo

Lokasi: Jalan Ori II, no.7 Papringan Yogyakarta, 55281 Yogyakarta, Indonesia

hotel dekat malioboro

Foto: RedDoorz

2. RedDoorz Plus @ Demangan Gejayan

Lokasi: Jl. Cendrawasih No. 7, Yogyakarta, Affandi Street, Yogyakarta, Indonesia

hotel dekat malioboro

Foto: RedDoorz

3. RedDoorz @ Omah Kayu Homestay

Lokasi: Jl RingRoad Selatan No 92 Bantul , Jl Ringroad Selatan, Yogyakarta, Indonesia

hotel dekat Malioboro

Foto: RedDoorz

4. RedDoorz Plus @ Rumah Kandjani

Lokasi: Jalan Pandean I, Jalan Affandi Yogyakarta, 55283 Yogyakarta, Indonesia

hotel di malioboro

Foto: RedDoorz

5. RedDoorz near Rumah Sakit Wirosaban

Lokasi: Jl. Meranti Baru (Randubelang) No. 111, Bangunharjo, Sewon Gondokusuman, Yogyakarta, Indonesia

 hotel di malioboro

Foto: RedDoorz

6. RedDoorz near AMIKOM Yogyakarta 2

Lokasi: Jalan Sepakbola No 46, Gropoh, Depok,, Sleman, D.I Yogyakarta Gondokusuman, Yogyakarta, Indonesia

hotel dekat malioboro

Foto: RedDoorz

7. RedDoorz Plus near Lempuyangan Station 4

Lokasi: Jl. Teratai No. 19 Baciro, Kec. Gondokusuman, Umbulharjo, Yogyakarta, Indonesia

 hotel dekat malioboro

Foto: RedDoorz

RedDoorz punya banyak pilihan hotel yang menarik, jadi kamu nggak perlu bingung saat cari hotel dekat Malioboro. Kamu juga tenang aja soal kebersihan, karena RedDoorz sudah punya sertifikasi HygienePass yang menjamin hotel tempat kamu menginap aman dan higienis. Pilih hotel RedDoorz yang sudah tersertifikasi HygienePass dan booking hotelnya sekarang juga!

Cropped fav logo@2x
Press Enter To Begin Your Search
×