Loading...

lembah

Foto: RedDoorz

Indonesia memiliki banyak destinasi wisata alam yang memanjakan mata. Dari ujung Timur hingga Barat kamu bisa menjumpai lembah-lembah indah dan elok. Pengen tau di mana lembah yang paling bagus di Indonesia? RedDoorz punya infonya, nih, buat kamu. Cek daftar tempatnya di bawah sini. 

Lembah Sianok

Lembah Sianok atau lebih populer disebut Ngarai Sianok terletak di Bukittinggi, Sumatera Barat. Lembah sangat terkenal karena pesonanya. Hijaunya pepohonan yang terbentang luas dan area perbukitan menjadi pandangan utama yang akan kamu temukan di sini. Namun jika kita lihat lebih jauh, di dasar lembah terdapat anak sungai yang mengalir di antara tebing. 

Ngarai Sianok memiliki kedalaman sekitar 100 m serta terbentang seluas 15 km. Areanya ngarai masih sangat asri sehingga keindahannya menjadi salah satu daya tarik kota Bukittinggi. Menikmati keindahan Lembah Sianok tidak hanya dengan memandangnya, kamu juga bisa mencoba atraksi arung jeram, kayak, maupun kano, untuk menyusuri sungai di ngarai ini.

Lembah Bada

Selain pemandangannya yang memanjakan mata, Lembah Bada punya pesona lain yang tidak akan ditemukan di lembah lainnya. Lembah Bada adalah saksi sejarah perkembangan zaman megalitik tertua di Indonesia. 

Lembah Bada terletak di Taman Nasional Lore Lindu, Poso, Sulawesi Tengah. Tempat ini merupakan lembah di Sulawesi yang sangat populer hingga mancanegara. Lembah bada berada di area perbukitan sehingga pemandangannya sangat bagus. 

Daya tarik utama lembah ini yaitu banyaknya batu-batu besar yang dipahat dan usianya diperkirakan mencapai seribu hingga 5 ribu tahun. Oleh karena ini Lembah Bada sempat diusulkan untuk dimasukkan ke dalam situs warisan dunia UNESCO. 

Lembah Ramma

Satu lagi lembah di Sulawesi yang menarik perhatian yaitu Lembah Ramma. Lokasinya berada di tana Toraja, Sulawesi Selatan. Lembah Ramma berada persis di bawah kaki Gunung Lompobattang. Selain mendaki Gunung Lompobattang banyak pendaki memiliki menyusuri Lembah Ramma. 

Treknya dianggap cocok bagi pendaki ringan selain itu pemandangannya juga tak kalah mempesona. Para pendaki akan dilatih untuk berjalan menanjak, menurun, melintasi bebatuan bahkan akar-akar pohon yang sangat besar.

Lembah Baliem

lembah

Foto: RedDoorz

Lembah Baliem adalah lembah di Papua yang paling terkenal. Lokasinya berada di area pegunungan Jayawijaya sehingga tak perlu diragukan lagi keindahannya. Lembah Baliem ada di distrik Maima, Jayawijaya dan membutuhkan perjalanan darat sekitar 2 jam dari Kota Wamena.

Perjalanan menuju Lembah Baliem bisa dibilang cukup sulit sebab kamu tetap harus berjalan kaki selama 20 menit setelah mendekati lokasi lembah. Di lembah ini terdapat telaga yang berwarna biru terang. Airnya sangat bersih karena jarang terjamah manusia. Keindahan Lembah Baliem bahkan disebut sebagai tanda cinta Tuhan untuk manusia. 

Lembah Anai

Kota Bukittinggi, Sumatera Barat memang jadi surganya lembah dengan panorama yang memukau. Lembah Anai salah satunya. Lembah ini dikenal dengan keindahan air terjunnya. Air terjun ini memiliki luas 221 ha dan aliran airnya sangat deras. 

Sepanjang jalan menuju Lembah Anai kamu akan disuguhkan pemandangan hutan yang sangat asri dan indah. Hutan ini juga menjadi habitat monyet yang sering berkeliaran dengan bebas. Karena berada di dataran tinggi tak heran suhu di sini cukup sejuk. 

Lembah Selo

Tak hanya Sumatera yang punya banyak lembah yang indah, di Pulau Jawa juga ada, kok. Lembah di Jawa yang terkenal dengan keindahannya yaitu Lembah Selo. Lembah ini berada di Dusun Watulawang, Desa Kedungboto, Lombangan, Kendal. Tempatnya masih sangat asri serta terdapat bebatuan besar dan bukit yang bisa didaki. 
Lokasinya yang tidak sulit untuk dijangkau membuat Lembah Selo jadi tempat yang populer dikalangan anak muda. 

Itu dia daftar lembah terindah di Indonesia. Kalau kamu tipe traveler yang suka menjelajah alam, daftar lembah di atas wajib banget dimasukkan ke dalam list tempat yang harus dikunjungi. Nah, kalau kamu merencanakan perjalanan yang berkesan jangan lupa untuk pilih RedDoorz sebagai akomodasinya. Download aplikasi RedDoorz untuk temukan hotel yang lokasinya dekat dari tujuan perjalanan kamu. 

Press Enter To Begin Your Search
×