Loading...

Pengen liburan bareng teman kostan tapi nggak mau bikin dompet jebol? Tenang, kamu bisa liburan ke Dieng. Selain ramah di kantong, wisata Dieng  juga menawarkan pesona yang luar biasa. Udah gitu, bagi kamu anak kost yang tinggal di kost Jogja, Jakarta, Bandung pun tak terlalu jauh bila wisata ke  Dieng.

wisata dieng

Wisata bareng temen kost lebih seru (source:pexels.com)

Eits, sebelum membahas tentang wisata Dieng, mari kita bahas apa saja yang harus kamu persiapkan bila liburan ke Dieng.

Hal yang Harus Dipersiapkan Bila Memilih Liburan ke Dieng

Dieng merupakan kawasan tinggi dan dingin. Suhu udara di Dataran Tinggi Dieng cukup dingin, pada malam hari suhu ekstrem berkisar 8 – 10 derajat Celcius, sedangkan pada siang hari berkisar antara 17 - 23 derajat Celcius. Bahkan, pada masa pergantian musim atau sekitar bulan Juli–Agustus, suhu udara di Dieng bisa mencapai titik beku atau sekitar minus 4 derajat celcius.

Jadi alangkah baiknya kamu membawa perlengkapan seperti di bawah ini:

  • Bawa jaket
  • Ada baiknya bawa baju lengan panjang lebih banyak dibandingkan baju lengan pendek
  • Sarung tangan, kaos kaki, kupluk
  • Payung atau jas hujan ponco
  • Jika kamu ada rencana untuk trekking jangan lupa jaga kondisi tubuh dan gunakan sepatu yang nyaman.

Akses Menuju Dieng 

Bila kamu dari Jakarta, kamu bisa menuju Dieng dengan tiga moda transportasi, yakni pesawat terbang, bis umum dan kereta api. Cek detail masing-masing moda transportasinya berikut ini:

Pesawat Terbang

Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Jakarta ke Bandara Adi Sucipto, Yogyakarta. Selanjutnya, dari  bandara Adi Sucipto, Yogyakarta kamu bisa menggunakan transportasi umum ke terminal Jombor atau bisa juga ke terminal Giwangan, kemudian naik bis jurusan Wonosobo. Saat tiba di Wonosobo, kamu bisa naik mikro bus jurusan Wonosobo–Dieng– Batur dan turun di Dieng.

Melalui Jalur Bus Umum

Kamu bisa menggunakan bus jurusan Jakarta–Banjarnegara– Wonosobo. Beberapa terminal yang bisa kamu pilih:

  • Apabila kamu dari Terminal Bus Pulogadung bisa naik bus (Sinar Jaya, DMI, Malino Putra).
  • Untuk yang dari Terminal Bus Rawamangun bisa naik bus (Sinar Jaya, DMI, Malino Putra, Pahala Kencana)
  • Berbeda dengan kamu yang dari Terminal Bus Lebak Bulus bisa naik bus (Sinar Jaya, DMI, Malino Putra, Pahala Kencana)
  • Sementara untuk kamu yang dari Terminal Bus Kampung Rambutan bisa naik bus (Sinar Jaya, DMI, Malino Putra, Pahala Kencana)
  • Sedangkan bila kamu dari Terminal Bus Kalideres bisa naik bus (Sinar Jaya, DMI, Malino Putra, Pahala Kencana)

Selanjutnya adalah kamu bisa turun di terminal Banjarnegara atau di terminal Wonosobo:

  • Untuk kamu yang turun di Terminal Banjarnegara: selanjutkan kamu bisa menggunakan Micro Bus Jurusan Banjarnegara – Batur dan turun di Pasar Batur, kemudian naik lagi microbus jurusan Batur–Dieng–Wonosobo dan transit di Dieng.
  • Sementara kamu yang turun di Terminal Wonosobo: Setelah sampai di Wonosobo, kamu akan berhenti di terminal yang bernama Mendolo. Lalu  melanjutkan perjalanan kamu menggunakan mikro bus yang bisa kamu jumpai di depan Rumah Sakit Dieng. 

Informasi tarif bus:

Tarif mikro bus menuju Dieng adalah sekitar Rp10 ribu sedangkan angkutan kecil dari Mendolo ke terminal bus Dieng sendiri seharga Rp3 ribu. Harga bus bervariasi :

  • Ekonomi AC sekitar Rp80 ribu – Rp100 ribu*
  • Eksekutif AC sekitar Rp80 ribu – Rp160 ribu*

*Harga bisa sewaktu-waktu berubah

Lama perjalanan : 10 – 12 Jam

Naik Kereta ke Stasiun Purwokerto 

wisata dieng
Naik kereta menuju Wisata Dieng (Source:Freepik.com)

Bila kamu ingin naik kereta bareng teman kostan dan kamu dari Jakarta, kamu bisa memilih jalur keberangkatan bisa dari Stasiun Gambir, Stasiun Senen, Stasiun Jakarta Kota, lalu turun di Stasiun Purwokerto. Apabila kamu ingin naik kereta yang murah dan cepat, kamu bisa memilih stasiun Senen dan menggunakan Kereta Ekonomi Progo, kereta Kutojaya, kereta Krakatau dan kereta ekonomi lainnya.

Biasanya, harga tiket kereta ekonomi Progo sekitar Rp70 ribu hingga Rp150 ribu. Sedangkan lama perjalanannya sekitar 4 -5 jam.

Saat sampai di Purwokerto, lanjutkan perjalanan dengan naik bus Purwokerto – Wonosobo dengan tarif Rp20 ribu yang akan ditempuh dalam waktu kurang lebih 2 jam.

Bila kamu ingin mencari penginapan sekitar tempat wisata Dieng Wonosobo, kamu bisa cari dengan menggunakan plaikasi RedDoorz. Harga penginapannya pun bervariasi kisaran Rp100-200 ribuan per malam.

Fasilitas sudah termasuk TV dengan siaran Internasional, linen bersih, layanan kamar, area parkir, dan resepsionis 24 Jam, dan yang paling penting adalah fasilitas air hangat, karena bagi kamu yang tak terbiasa cuaca dingin, dijamin bakalan kedinginan banget saat mandi.

Selain penginapan, RedDoorz juga kini menyediakan layanan sewa kost lho! Jadi buat kamu yang kost di Jakarta, Malang, Jogja, dan di berbagai kota di Indonesia kamu sudah bisa juga cari kost di RedDoorz Kost (KoolKost).

Kuliner Enak yang Wajib di Kawasan Wisata Dieng

Ada lagi yang tak boleh kamu lewatkan saat berkunjung ke kawasan wisata Dieng, yakni mencoba makanan khas dari Banjarnegara dan Wonosobo. Berikut ini rekomendasi kuliner enak yang wajib kamu coba saat berwisata ke Dieng:

Mi Ongklok

Berisi mie kuning yang direbus kemudian diracik dengan campuran kol dan daun kucai. Mie ini disajikan dengan siraman kuah kental yang berwarna kecoklatan. Kata ongklok diambil dari alat peniris yang terbuat dari anyaman bambu yang digunakan untuk meniriskan air kala selesai merebus mie, kol atau kucai.

Carica

Carica atau buah pepaya gunung biasanya dibuat oleh masyarakat Wonosobo menjadi manisan. Manisan Carica ini jadi salah satu oleh-oleh khas Wonosobo yang terkenal lho.

Kacang Dieng

Berbeda dengan kacang lainnya, kacang Dieng memiliki bentuk lebih besar dan biasa digoreng dengan taburan bumbu di atasnya. Rasa kacang ini gurih dan cocok dibawa pulang buat oleh-oleh keluarga di rumah atau buat ibu kost.

Sagon

Bila kamu sempat mampir ke pasar induk Wonosobo, kamu akan menemukan beraneka ragam penjual sagon. Makan sagon makin nikmat kala disajikan selagi hangat, bersama es teh manis.

Tempe Kemul

Sekilas penampakan tempe kemul serupa dengan tempe mendoan. Namun ada perbedaan yang mencolok dari tempe kemul ini dibandingkan tempe pada umumnya yaitu adanya tambahan potongan kucai dan kunyit sehingga warnanya menjadi kuning.

Opak Kucai

Makanan ringan sejenis kerupuk yang berbahan singkong. Ciri khas dari opak kucai khas Wonosobo ini adalah adanya campuran kucai dan bawang yang memberi aroma dan dominan rasa yang khas. 

Tempat Wisata Dieng yang Paling Populer

wisata dieng
Wisata alam salah satu alternatif untuk menghilangkan penat (source:pexels.com)

1. Bukit Sikunir 

Kala liburan ke Dieng, kamu tak boleh lewatkan untuk mengunjungi Bukit Sikunir dan melihat langsung golden sunrise. Perlu diketahui, bila kamu ingin melihat indahnya matahari terbit dari Bukit Sikunir maka kamu harus bersiap dari jam 4 dini hari. Siapkan pakaian hangat dan bawa air minum yang cukup ya, karena untuk sampai ke puncak Bukit Sikunir, kamu harus trekking mini terlebih dahulu.

Harga Tiket Masuk: Rp10 ribu
Tips: Gunakan pakaian hangat dan sepatu yang nyaman, karena udara yang cukup dingin dan jalannya sedikit terjal, berbatu dan menanjak.

2. Kawah Sikidang

Kawah vulkanik yang terkenal di kawasan wisata Dieng ini memang jadi salah satu tempat eksotis di Dieng. Ada baiknya gunakan masker kalau ke sini, karena berada di sini ada bau belerang yang cukup menyengat di hidung.

Harga Tiket Masuk: Rp7.500
Tips: Ada baiknya kenakan masker dan jangan berlama-lama saat berada di sini.

3. Telaga Warna Dieng

Warna-warni telaga yang kerap berubah menjadi pesona tersendiri di tempat wisata Dieng. Perubahan warna di telaga ini terjadi karena karena telaga ini mengandung sulfur yang cukup tinggi yang  jika terkena cahaya matahari akan menimbulkan perubahan warna.

Tentunya tak hanya pesona telaga warna yang kerap berubah warna saja, tapi wisata Dieng ini juga menghadirkan pemandangan hijau nan indah di sekitar telaga.

Harga tiket masuk :
Senin – Jumat : Rp6.500
Sabtu – Minggu : Rp8.500

4. Bukit Batu Pandang

Jangan lupa juga mampir ke Bukit Batu Pandang yang menghadirkan pemandangan menawan.

Lokasi Batu Pandang Ratapan Angin berada Desa Dieng Wetan, Kecamatan Kejajar, Wonosobo. Jaraknya dari pusat Kota Wonosobo adalah sekitar 27 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 1 (satu)  jam.

Harga Tiket Masuk : Rp10 ribu.

5. Candi Arjuna 

Setelah berjalan ke sana ke mari melihat pemandangan alam nan indah. Saatnya kamu berwisata sejarah sejenak dengan menapak tilas penyebaran agama pertama di Indonesia. Di kawasan Candi Arjuna ini juga ada candi lainnya seperti Candi Semar, Candi Srikandi, Candi Puntadewa, dan Candi Sembadra.

Harga Tiket Masuk: Rp7.500

6. Dieng Plateau Theater 

Bila kamu penasaran dengan sejarah Dieng, kamu bisa mampir ke Dieng Plateau Theater. Di sini kamu akan diajak buat nonton film dokumenter seputar peristiwa alam Dieng.

Harga Tiket ke Dieng Plateau Theater : Rp4 ribu.

7. Gardu Pandang Tieng

Kala datang ke sini, kamu akan seolah berada di atas awan dengan pemandangan Gunung Sindoro, gunung Kembang bersama hamparan lahan pertanian hijau milik masyarakat.

8. Telaga Menjer

Hadirnya ketenangan yang ditemani dengan kesejukan bersama keindahan alam jadi
alasan banyak orang untuk berkunjung ke sini.

Harga Tiket Masuk : Rp3 ribu.

9. Desa Sembungan 

Inilah desa tertinggi di wisata Dieng. Desa Sembungan memiliki ketinggian 2.306 mdpl, jadi siap-siap pakai pakaian hangat ya!

10. Telaga Merdada 

Bila telaga Menjer dan telaga warna Dieng kurang memuaskan hasrat berwisata kamu. Mungkin kamu bisa mampir ke salah  satu telaga terluas di Dieng. Telaga Merdada ini berada di Desa Karangtengah, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara.

Tiket Masuk: Rp5 ribu.

11. Gunung Prau

Bagi kamu anak kost yang suka gunung, ini adalah wisata Dieng yang wajib kamu kunjungi. Puncak Gunung Prau merupakan titik tertinggi di dataran tinggi Dieng, yakni terletak pada 2565 mdpl. Jadi, saat berkunjung ke sini kamu harus siapkan kondisi fisik kamu.

Ada enam jalur pendakian Gunung Prau untuk pendakian umum, yakni:

  • Jalur Pendakian Gunung Prau via Patak Banteng
  • Jalur Pendakian Gunung Prau via Kalilembu
  • Jalur Pendakian Gunung Prau via Dieng Wetan
  • Jalur Pendakian Gunung Prau via Dieng Kulon (Dwarawati)
  • Jalur Pendakian Gunung Prau via Campurejo
  • Jalur Pendakian Gunung Prau via Wates

Itu dia informasi tentang destinasi wisata Dieng yang bisa kamu kunjungi bersama teman-teman di kostan. Untuk kamu yang kost di Jogja mungkin jauh lebih dekat dibandingkan dengan anak kost dari Jakarta.

Sudah siap menghirup udara segar di kawasan objek wisata Dieng?

Cropped fav logo@2x
Press Enter To Begin Your Search
×