Loading...

Jogja yang terkenal sebagai kota pelajar membuat banyak orang merantau untuk mengemban pendidikan di sana. Bagi kamu mahasiswa kost Jogja, untuk menghilangkan penat sejenak dari rutinitas di kampus bisa berkunjung ke wisata alam di kota tersebut. Jogja memiliki banyak destinasi wisata yang menarik, termasuk juga wisata alam, dimana jogja juga memiliki deretan air terjun cantik yang bisa kamu dan teman teman jelajahi. Berikut daftarnya.

wisata air terjun di jogja

Air terjun Sri Gethuk di Jogja. (Foto: piqsels)

Wisata Air Terjun yang Ada di Jogja

1. Air Terjun Sri Gethuk

Air Terjun Sri Gethuk merupakan salah satu keindahan yang tidak boleh kamu lewatkan di kota pelajar. Objek wisata satu ini berada di Dusun Menggoran, Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunung Kidul. Kamu bisa mengunjunginya setelah menempuh perjalanan kurang lebih 1 hingga 1,5 jam perjalanan dari pusat kota.

Sri Gethuk sendiri sudah mulai dikenal oleh para wisatawan sejak tahun 2010 an, kini berbagai fasilitas pendukung pada destinasi ini semakin dipoles dengan baik. Bagi kamu yang ingin merasakan segarnya air dari Sri Gethuk, bahkan bisa menyewa alat pelampung yang sudah disediakan di sana. Kamu bisa merasakan derasnya air yang mengalir dari ketinggian sekitar 50 m.

2. Air Terjun Luweng Sampang 

Kabupaten Gunungkidul tidak ada berhentinya menyajikan potensi wisata alam yang memukau, salah satunya yaitu Air Terjun Luweng Sampang satu ini. Gunungkidul memang memiliki banyak pantai yang dihiasi oleh bebatuan cadas, dan di air terjun satu ini kamu juga akan menemukan banyak batu batuan cadas dengan warna putih yang kontras dengan warna biru air. Karena batuannya tersebut, Luweng Sampang jika dilihat sekilas sangat mirip dengan Grand Canyon yang ada negara Amerika Serikat. Batu batuan cadas ini mengalami erosi air, sehingga terkikis dan mulai membentuk garis garis yang unik. Berkunjung ke sini, bisa membuat kamu mendapatkan spot foto keren yang instagramable untuk diunggah.

3. Air Terjun Pantai Jogan

Kamu ingin menikmati air terjun sekaligus bermain di pantai ? Maka Pantai Jogan menjadi pilihan yang tepat. Pantai Jogan ini terdiri dari tebing tebing berukuran tinggi dengan bebatuan koral yang jumlah pasir pantainya sangat minimalis, sehingga pasir Pantai Jogan hanya bisa dilihat oleh pengunjung apabila laut sedang dalam keadaan surut.

Pantai Jogan bisa dibilang merupakan satu satunya wisata air terjun di Jogja yang aliran airnya tidak mengalir ke kolam. Sehingga kamu tidak boleh melewatkannya selama berada di kota gudeg tersebut. Pantai Jogan sendiri bisa kamu kunjungi setelah menempuh sekitar 2 jam perjalanan dari pusat kota. Semua lelah di perjalanan akan langsung terbayar setibanya di objek wisata.

4. Air Terjun Grojogan Sewu

Destinasi satu ini diberi nama Grojogan Sewu lantaran aliran airnya yang turun ke kolam dengan membentuk jalur jalur kecil, dimana jalur jalur tersebut memberi kesan seolah terdapat ribuan arus yang turun. Sehingga masyarakat sekitar Dusun Beteng, Girimulyo, Kulonprogo, mulai menyebutnya dengan Grojogan Sewu.

Objek wisata tersebut tidak pernah sepi, bahkan ketika musim hujan sekalipun. Sebab kondisi air yang dimiliki Grojogan Sewu tidak pernah terlihat kotor dan selalu jernih. Tidak heran jika banyak sekali pelancong dari berbagai penjuru yang datang untuk menikmatinya. Meski begitu, kamu harus berhati hati jika ingin berkunjung kemari saat curah hujan tinggi.

5. Air Terjun Kembang Soka

wisata air terjun

Air terjun yang berada di Dusun Banyunganti satu ini disebut sebut sebagai yang tercantik di Jogja. Pasalnya meski tidak memiliki aliran air yang tidak terlalu tinggi, namun pasokan air yang ada di sana sangat melimpah. Selain itu banyak tumbuh pohon kembang soka di sekelilingnya, sehingga membuat objek wisata tersebut terlihat jauh lebih mempesona.

Wisata alam di Jogja satu ini juga memiliki perpaduan warna yang super cantik, dari warna air yang putih dan biru tosca bercampur dengan bebatuan sekitar dengan warna kuning kemerahan. Menjadikan lokasi objek wisata tersebut dijuluki surga kecil yang begitu indah dan menakjubkan. Jika kamu berkunjung kesini, jangan lupa untuk mengambil potret sebanyak banyaknya.

6. Air Terjun Jurang Pulosari

Rekomendasi wisata air terjun selanjutnya yang harus kamu kunjungi di Jogja yaitu Jurang Pulosari. Objek wisata satu ini lebih dikenal dengan nama Curug Pulosari, dan berada di Dusun Jurug, Desa Sendangsari, Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul. Air dari Curug Pulosari ini bersumber dari aliran sungai alami, sehingga terasa sangat menyegarkan.

Meski hanya memiliki ketinggian kurang lebih 10 meter saja, di bawahnya terdapat kolam yang cukup untuk kamu dan teman teman bermain sepuasnya. Selain itu karena lokasi dari Curug Pulosari yang berada di tengah perbukitan, kamu bisa merasakan suasana asri nan damai di sana. Banyak juga pepohonan rindang nan eksotis yang tumbuh di sekitar objek wisata.

7. Air Terjun Perawan Sidoharjo

Perawan Sidoharjo menjadi destinasi wisata air terjun berikutnya yang bisa kamu kunjungi untuk menghilangkan penat. Tempat wisata satu ini bisa dibilang masih perawan, karena belum banyak terjamah oleh orang. Hal tersebut disebabkan karena letaknya yang cukup sulit untuk dijangkau, sehingga kamu akan membutuhkan usaha ekstra untuk bisa menikmatinya.

Meski begitu, objek wisata Perawan Sidoharjo mempunyai segudang pesona yang layak untuk kamu jelajahi. Terlebih bagi kamu yang memiliki jiwa petualang, wisata ini akan sangat direkomendasikan. Kamu tidak perlu khawatir akan tersesat, warga sekitar sangat ramah ramah sehingga jangan sungkan untuk bertanya perihal lokasi dari objek wisata Perawan Sidoharjo.

Baca Juga: Spot Tebing Breksi Bisa Jadi Tempat Foto bareng Teman Kosan

8. Air Terjun Gedangsari

Satu lagi wisata air terjun lainnya yang ada di Gunungkidul, yaitu objek wisata Gedangsari. Lebih tepatnya, destinasi ini berada di Desa Tegalrejo, Kecamatan Gedangsari, Gunungkidul, dan masih belum banyak terjamah oleh wisatawan karena lokasinya yang cukup tersembunyi. Sehingga sangat cocok bagi kamu yang memiliki jiwa petualang untuk menaklukannya.

Objek wisata Gedangsari sendiri disebut sebut mirip dengan objek wisata Tujuh Bidadari yang ada di Bandungan, Kabupaten Semarang. Dimana keduanya berupa aliran sungai bawah tebing dengan bentuk bertingkat, hanya saja jarak antar cekungan serta tingkatan pada Gedangsari lumayan berjauhan. Sehingga pada setiap cekungan air, bisa digunakan untuk mandi atau berenang.

9. Air Terjun Lepo

Destinasi wisata lainnya yang mirip dengan objek di luar negeri yaitu wisata air terjun murah Lepo. Tempat wisata ini memang seolah bagaikan Erawan Falls yang berada di negara Thailand, jadi kamu bisa perlu repot repot membayar mahal untuk ke luar negeri. Karena objek wisata Lepo mempunyai tiga tingkatan aliran air serta empat kolam yang sangat jernih.

Lepo sendiri sejatinya merupakan singkatan dari Ledok Pokoh, yang berasal dari nama dusun Pokoh dimana tempat objek wisata ini berada. Bagi kamu yang ingin berkunjung dan merasakan segarnya air dari objek wisata Lepo, maka bisa mengambil Jalan Imogiri Barat yang ke arah Mangunan dari arah pusat kota Jogja.

10. Air Terjun Randusari

Randusari mempunyai ketinggian kurang lebih 12 hingga 15 meter, dan mengalir ke arah kolam dengan kedalaman sekitar 1 hingga 3 meter. Jadi bagi kamu yang ingin bermain main air di sana perlu berhati hati jika tidak bisa berenang. Randusari sendiri berada di kawasan Rejosari, Jatimulyo, Dlingo, Bantul, dan berjarak kurang lebih 20 kilometer dari pusat Jogja.

Setibanya di parkiran objek wisata, kamu harus melalui jalan setapak selama kurang lebih 15 menit terlebih dahulu untuk sampai ke tujuan. Bahkan kamu akan melewati beberapa rumah warga serta saluran irigasi dan sawah yang begitu hijau di kiri kanan, sehingga membuat perjalanan semakin seru dan terasa menyatu dengan alam. 

11. Air Terjun Kedung Pedut

Kedung Pedut terletak di daerah Kulon Progo, tepatnya di Desa Jatimulyo. Objek wisata ini sempat viral beberapa waktu belakangan, karena banyak kawula muda setempat yang melakukan swafoto ria dan mengunggahnya di Instagram. Karena keindahannya, sekejap Kedung Pedut pun memenuhi lini masa Instagram selama beberapa saat.

Kedung Pedut memang menawarkan pesona yang begitu indah dan mengagumkan, yang tidak dapat kamu rasakan setiap hari di tengah kota kota besar. Dijamin ketika melihat keindahannya airnya, kamu akan langsung ingin menceburkan diri ke dalamnya. Pasalnya air dari Kedung Pedut sangat jernih, dengan dua warna yang kontras yaitu putih dan hijau tosca.

12. Air Terjun Kedung Kandang

Tempat wisata satu ini memang sudah lama terkenal dan fenomenal, sehingga setiap harinya bisa dibilang tidak pernah sepi dan selalu padat oleh pengunjung. Selain karena tampilannya yang sangat cantik dan rupawan, Kedung Kandang merupakan tempat yang tepat untuk melihat pesona Gunung Api Purba Nglanggeran.

Objek wisata Kedung Kandang tersebut terletak di daerah Patuk, Gunungkidul. Sehingga untuk mencapai lokasi kamu bisa melewati jalur Gunung Nglanggeran atau Embung Nglanggeran. Di samping itu, tiket wisata air terjun satu ini sangat murah meriah dan ramah di kantong untuk fasilitasnya yang cukup memadai. Sehingga sangat cocok untuk liburan dengan budget pas pasan.

13. Air Terjun Setawing

Rekomendasi berikutnya ada objek wisata Setawing yang terletak di kawasan Dusun Jonggrangan, wilayah Kabupaten Kulon Progo. Air terjun satu ini mempunyai ketinggian kurang lebih 45 meter, dan menawarkan pemandangan eksotis yang sangat sayang sekali untuk kamu lewatkan. Untuk menuju lokasi, kamu bisa mengikuti rute yang sama dengan Grojogan Sewu.

Jadi sebelum ke Grojogan Sewu, akan akan terlebih dahulu melewati jalur Curug Setawing ini. Sehingga kamu bisa menikmati dua objek wisata sekaligus dalam sekali jalan. Curug Setawing tersebut berada di daerah perbukitan yang cukup tinggi, sehingga suasana di objek wisata terasa sangat asri dan alami penuh dengan pepohonan rindang di sekelilingnya.

14. Air Terjun Parangtritis 

Siapa yang tidak kenal objek wisata Parangtritis yang begitu fenomenal. Ternyata di sisi paling timur Pantai Parangtritis, terdapat sebuah curug yang sebenarnya sudah masuk ke dalam lokasi Pantai Parangendog. Curug tersebut mengalir dari ketinggian kurang lebih 15 meter, dengan kapasitas sedang. Cocok untuk bermain main air santai untuk mengusir penat.

Jogja tidak hanya terkenal sebagai kota pelajar, memang populer sebagai kota pariwisata. Sehingga tidak heran jika di sini banyak ditemukan objek wisata alam yang memukau dan menakjubkan. Bagi kamu yang sedang berada di kota gudeg, akan sangat disayangkan bila tidak pernah berkunjung ke tempat tempat tersebut. Selain murah, keseruannya tidak bisa terlupakan. 

Untuk kamu yang akan kuliah di Jogja dan mencari kost di Jogja, jangan khawatir. Selain Jogja punya banyak destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi, juga punya banyak pilihan kost-kostan dengan fasilitas yang beragam. Bila ingin cari kost dengan fasilitas ok tetapi harga terjangkau, kamu bisa pilih KoolKost dari RedDoorz. Jadi, kamu bisa sewa kost langsung dari smartphone kamu, tinggal buka Aplikasi RedDoorz lalu cari kost berdasarkan lokasi.

Press Enter To Begin Your Search
×