Loading...

Ada banyak peluang yang bisa dilakukan untuk mahasiswa melakukan usaha sampingan. Jadwal kuliah yang kadang tak padat bisa dimanfaatkan oleh mahasiswa untuk membuka usaha dan mendapatkan penghasilan. Pendapatan dari bisnis sampingan yang dilakukan mahasiswa ini bisa digunakan untuk membayar biaya kost atau bahkan uang kuliah. Apa saja ya usaha yang cocok untuk mahasiswa atau anak kost?

usaha sampingan

Jualan Online Salah Satu Usaha Sampingan Anak Kost (Source: Freepik.com)

Bisnis Sampingan Anak Kuliah Modal Kecil

Bisnis sampingan untuk mahasiswa sebaiknya tidak membutuhkan modal yang besar. Beruntungnya ada banyak peluang usaha yang hanya membutuhkan modal minim saja. Berikut ini beberapa bisnis sampingan anak kuliah modal kecil.

1. Jasa Les Privat

Jasa les privat bisa dilakukan bagi mahasiswa jurusan apa saja yang tertarik mengajar dan memiliki pengetahuan dalam hal pendidikan sesuai kurikulum di sekolah. Mahasiswa jurusan Pendidikan akan lebih cocok jika membuka jasa les private ini, sekaligus untuk menerapkan apa yang dipelajari. Membuka jasa les untuk anak sekolah bisa dibilang tidak membutuhkan modal uang karena berupa jasa.

Kegiatan les privat sendiri dapat dilakukan di rumah siswa sehingga tidak membutuhkan tempat khusus. Bagi mahasiswa yang ingin membuka jasa les privat maka perlu untuk mempersiapkan beberapa hal seperti alat komunikasi dan transportasi. Materi pelajaran sesuai kurikulum juga perlu dikuasai sebelum memberikan pengajaran. Promosi untuk usaha les privat bisa dilakukan secara online melalui media sosial, bisa juga melalui selebaran dan dari mulut ke mulut. 

2. Jasa Penerjemah

Di era global seperti saat ini jasa penerjemah masih dibutuhkan untuk menjembatani informasi dari berbagai negara. Bagi yang memiliki kemampuan dalam bahasa asing, maka jasa penerjemah bisa dijadikan sebagai usaha sampingan. Bahasa asing yang dibutuhkan saat ini bukan hanya Bahasa Inggris saja, ada bahasa asing lain juga yang banyak diperlukan penerjemahnya seperti Bahasa Korea, China, atau Jepang.

Jasa penerjemah bisa dilakukan untuk artikel atau buku, bisa juga untuk subtitle video. 
Membuka jasa penerjemah bisa dilakukan secara mandiri atau bekerja sama dengan beberapa orang yang juga mahir dalam bahasa asing. Ini bisa menjadi bisnis sampingan anak kuliah modal kecil karena hanya membutuhkan keahlian saja. Media untuk promosi juga bisa dilakukan dengan mudah secara online. 

3. Jasa Pembuatan Konten Artikel

Informasi saat ini bisa dicari melalui internet. Tak heran jika website-website terus bermunculan baik yang berisi informasi atau promosi untuk produk atau perusahaan. Pemilik website kadang tidak sempat untuk membuat konten dalam website itu sendiri sehingga dibutuhkan pihak lain untuk mengisinya. Mahasiswa bisa memanfaatkan ini dengan membuat jasa pembuatan konten artikel. Penulisan artikel sendiri bisa dilakukan oleh mahasiswa di berbagai jurusan. 

Jasa pembuatan konten artikel bisa dimulai dengan membuat akun media sosial dan website yang berisi contoh artikel serta rincian tarif yang diberikan. Penguasaan SEO juga cukup penting dalam artikel online, sehingga bisa mendatangkan trafik dengan lebih mudah. Jasa pembuatan konten ini bagi mahasiswa yang masih pemula bisa dilakukan secara mandiri dengan mempromosikan lewat media sosial. Namun jika ingin jasa yang lebih besar maka bisa bekerja sama dengan beberapa orang yang juga tertarik untuk pembuatan konten artikel.

4. Channel YouTube (YouTuber)

Usaha sampingan anak kuliah bisa juga dengan membuka channel YouTube. Saat ini ada banyak peluang untuk mendapatkan uang dengan menjadi youtuber. Video yang dibuat pun bisa bervariasi, bagi pemula bisa menggunakan modal yang minim. Saat ini video bermain game juga bisa dijadikan konten untuk channel Youtube. Video yang unik dan menarik akan mendatangkan banyak penonton dan pelanggan. Saat channel YouTube sudah layak dimonetisasi, maka bisa mendatangkan uang. Ini bisa dilakukan oleh orang umum ataupun yang masih berstatus mahasiswa. 

Menjadi YouTuber yang bisa mendapatkan penghasilan memang bukan hal yang mudah, namun bisa dilakukan dengan terus belajar dan berusaha. Video yang unik dan menarik banyak orang bisa menjadi kunci agar bisa menjadi YouTuber yang sukses. Mahasiswa juga bisa memanfaatkan hobi yang disukai untuk konten video.

5. Jasa Desain Grafis

Ide bisnis anak kost bisa dilakukan dengan membuka jasa desain grafis. Ini tentu berlaku bagi mahasiswa yang memiliki keahlian dalam hal desain. Mahasiswa jurusan desain atau yang bukan namun memiliki kemampuan bisa membuka jasa desain ini. Jasa desain grafis biasanya dibutuhkan untuk pembuatan logo, gambar, brosur, undangan, dan lainnya.

Modal yang dibutuhkan untuk membuka jasa desain grafis bisa dimulai dengan komputer/laptop dan printer. Bagi pemula, ini bisa menggunakan laptop yang sudah dimiliki. Mahasiswa biasanya sudah memiliki laptop sehingga tidak kesulitan untuk memulai usaha yang satu ini dengan peralatan yang sudah dimiliki.

6. Toko Online

Toko online saat ini sangat mudah dibuka dengan bermunculannya platform marketplace. Mahasiswa bisa memanfaatkan peluang ini untuk membuka toko online dan menjual produk yang diinginkan. Produk yang dijual di toko online bisa berupa produk reseller atau produk sendiri. Ada baiknya menguasai dan menyukai terlebih dahulu produk yang akan dijual sehingga dalam prosesnya akan lebih mudah. 

Membuka toko online bagi mahasiswa bisa dilakukan dengan modal yang kecil karena tidak membutuhkan tempat khusus untuk menjalankannya. Namun perlu strategi promosi seperti mengunggah di media sosial atau mengadakan giveaway sehingga toko online tersebut bisa dikenal banyak orang. Bisnis online untuk anak kuliah ini dapat berkembang menjadi usaha utama jika dikerjakan dengan sungguh-sungguh. 

7. Jasa Reparasi Komputer Atau Ponsel

Mahasiswa pria biasanya ada yang memiliki kemampuan dalam hal reparasi barang-barang elektronik, komputer, maupun ponsel. Ini bisa dimanfaatkan untuk peluang usaha anak kost yang cukup menguntungkan. Jasa reparasi tidak membutuhkan tempat yang luas dan mungkin bisa dilakukan di tempat kost atau tempat pemilik barang elektronik tersebut.

Promosi untuk jasa reparasi komputer bisa dilakukan dengan membuka akun sosial media dan mempromosikannya pada mahasiswa lainnya. Barang elektronik seperti laptop dan ponsel sendiri banyak dimiliki oleh mahasiswa sehingga tingkat kebutuhan reparasinya akan cukup tinggi.

Daftar Usaha Sampingan Buat Mahasiswa 

usaha sampingan

Coffee Shop jadi Usaha sampingan anak kuliahan yang sedang hits (Source: Pexels.com)

Selain usaha dalam bentuk jasa yang bahkan tanpa modal uang, mahasiswa juga bisa membuka usaha dengan modal uang walaupun tidak perlu terlalu besar. Usaha ini bisa menggunakan modal yang dipinjam dari keluarga atau modal patungan dari beberapa orang. Mahasiswa juga saat ini bisa mendapatkan modal dari program yang dilaksanakan di kampus, atau mengajukan rencana bisnis pada investor. Berikut ini beberapa daftar usaha sampingan buat mahasiswa.

1. Warung Kopi

Warung kopi kecil-kecilan bisa menjadi usaha yang menguntungkan apalagi jika lokasinya strategis, misalnya berada di dekat kampus. Warung kopi sendiri bisa hanya buka pada malam hari sehingga cocok untuk mahasiswa yang memiliki waktu kosong di malam hari. Mahasiswa bisa memanfaatkan koneksinya untuk membuat warung tersebut menjadi ramai. Saat teman-teman mahasiswa lainnya ada acara pertemuan, warung ini bisa dijadikan tempat untuk berkumpul. 

Membuka warung kopi memang membutuhkan modal dan itu bisa diminimalkan dengan memanfaatkan tempat seperti halaman rumah sendiri. Selain itu bisa juga hanya menggunakan gerobak sorong yang bisa dijalankan, sehingga tidak membutuhkan tempat khusus. Fasilitas yang disediakan sebaiknya disesuaikan dengan target konsumen, apakah untuk sesama mahasiswa atau untuk orang yang lebih tua.

2. Warung Jus

Minuman sehat seperti jus saat ini masih banyak peminatnya. Mahasiswa bisa memanfaatkannya dengan membuka warung jus kecil-kecilan. Ide usaha anak kost ini bisa dilakukan di tempat yang tidak begitu luas dengan peralatan yang tidak mahal seperti blender dan gelas minum. Warung jus sendiri bisa dijalankan dengan rekan sesama mahasiswa atau menggunakan pekerja lainnya. 

3. Waralaba Gerobak

Saat ini ada banyak bisnis waralaba yang membutuhkan modal di bawah 10 juta. Peluang ini bisa dimanfaatkan mahasiswa untuk membuat usaha sampingan. Waralaba sudah memiliki standar produk dan pelayanan sendiri sehingga tidak perlu repot-repot untuk memikirkan desain produknya. Namun perlu jeli juga untuk mencari jenis waralaba yang memang cocok untuk target pasar yang tersedia. 

Ada banyak jenis waralaba yang bisa dipilih, mulai dari makanan ringan dan minuman. Jenisnya bisa disesuaikan dengan apa yang disukai sekaligus yang cocok dengan pasar tempat waralaba tersebut akan dijalankan. Ide bisnis anak kost yang satu ini membutuhkan modal awal yang bisa didapat dari patungan atau meminjam dari keluarga.

4. Menjual Pakaian

Fashion bisa jadi hal yang cukup penting bagi mahasiswa yang setiap hari berganti pakaian untuk pergi ke kampus. Peluang ini bisa dimanfaatkan dengan membuka toko untuk berjualan pakaian. Toko yang didirikan sebenarnya bisa online maupun offline disesuaikan dengan modal yang dimiliki. 

Jenis pakaiannya sendiri bisa dipilih mana yang sesuai dengan target pasar yang dituju. Ada berbagai jenis pakaian yang bisa dijadikan produk jualan, mulai dari pakaian impor, baju muslim, jersey, dan lain-lain. Selain baju baru, pakaian bekas yang masih bagus dan layak pakai saat ini juga banyak diminati oleh masyarakat. 

5. Menjual Aksesori Ponsel

Ponsel atau smartphone merupakan benda yang sekarang sangat umum dimiliki oleh mahasiswa. Jika menjual ponsel membutuhkan modal yang mungkin terlalu mahal, maka aksesori ponsel bisa jadi pilihan untuk modal yang lebih sedikit. 
Ada beragam aksesori ponsel yang bisa dijual seperti earphone, memory card, casing hp, charger, kabel data, dan lain-lain. Mendapatkan aksesori ponsel perlu bekerja sama dengan distributor atau toko yang menyediakan aksesori tersebut. 

Menjual aksesori ponsel bisa dilakukan dengan membuka toko offline dan online. Tempat yang dibutuhkan tidak terlalu besar dan bisa ditempatkan etalase untuk memajang produk yang dijual. Kios aksesori ponsel biasanya juga menyediakan jasa pengisian pulsa dan token pln. Ini juga bisa dijadikan ide usaha sampingan mahasiswa yang cukup mudah untuk dilakukan. 

Ide bisnis anak sekolah atau mahasiswa sangat beragam dan seharusnya bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan uang tambahan. Pengeluaran sebagai mahasiswa sendiri saat ini cukup tinggi sehingga perlu disiasati agar tidak terlalu merepotkan orang tua. 
Membuka usaha bagi pemula seperti mahasiswa memang perlu kesabaran dan kegigihan. Jika gagal saat melakukannya, maka perlu untuk melakukan evaluasi dan tidak menyerah untuk bangkit lagi dengan usaha yang lebih baik lagi. 

Masalah modal ada baiknya memang tidak perlu terlalu besar lebih dulu. Karena status mahasiswa yang biasanya masih belum memiliki pendapatan tetap sendiri. Produk yang berkualitas, harga yang bersahabat, dan promosi yang tepat sasaran bisa jadi kunci agar usaha sampingan anak kuliahan bisa sukses menghasilkan pundi-pundi uang. 

Biar lebih nyaman istirahat atau tidur di kosan setelah lelah kuliah dan menjalankan usaha sampingan, kamu perlu pilih kost yang nyaman seperti KoolKost dari RedDoorz yang punya fasilitas ok tapi harga bersahabat. Fasilitasnya seperti tempat tidur yang nyaman, lemari pakaian, meja dan kursi, kamar dengan AC, kamar mandi dalam, televisi dan sebagainya.

Press Enter To Begin Your Search
×