Loading...

Fresh Graduate yang lulus tiap tahunnya sangat melimpah, bahkan mereka yang masih menganggur pun cukup banyak. Untuk itu cara cerdas untuk mencari pekerjaan di era serba digital ini sangat perlu diperhatikan. Kamu harus mencari pekerjaan yang cocok dengan skill, sehingga dapat bekerja secara maksimal dan memuaskan. Sederet lowongan kerja terbaru bisa diperoleh dengan berbagai cara, termasuk untuk kerja magang. Akan tetapi kamu harus mengetahui tips untuk mencari loker lebih dulu.

lowongan kerja terbaru

Cari Kerja di era digital lebih mudah (source:freepik.com)

Tips Mencari Lowongan Pekerjaan di Era Digital

1. Membangun Resume

Salah satu poin penting yang dilihat oleh recruiter suatu perusahaan, yaitu resume kamu. Beberapa perusahaan besar telah memakai aplikasi ATS atau Applicant Tracking System untuk menyaring resume yang masuk. Dengan begitu, kamu harus membangun resume yang menarik agar lolos tahap seleksi pertama yang dilakukan oleh perangkat lunak ini. Yang tidak kalah penting untuk diperhatikan, yaitu ATS telah berkembang dan meningkat secara drastis.

Tips yang wajib diketahui pelamar agar lolos dari seleksi ATS, antara lain memakai kata kunci dengan tepat yang relevan dengan posisi yang dilamar atau industri terkait. Kedua, tulisan sesuai dengan tata bahasa untuk lowongan kerja terbaru di era digital. Bila kamu ingin tidak ada kesalahan dalam tulisan, bisa meminta dicek oleh orang lain. Ketiga, kirimkan resume ke perusahaan terkait dalam format file dokumen, yaitu doc atau docx agar mudah dibaca.

Pastikan kamu menuliskan segala informasi yang padat dan singkat, sehingga recruiter tidak bosan saat membacanya. Waktu rata rata yang dihabiskan untuk membaca resume para pelamar, yaitu enam menit. oleh sebab itu, informasi umum yang ditangkap oleh recruiter antara lain nama judul, perusahaan saat ini, jabatan dan perusahaan sebelumnya, tanggal awal dan akhir bekerja di perusahaan sebelumnya, dan pendidikan terakhir yang dienyam.

2. Datang Secara Langsung

Di zaman modern ini, telah banyak aplikasi yang memudahkan para fresh graduate untuk mencari info lowongan kerja terbaru. Hal ini memang tergolong praktis, tetapi tidak ada salahnya bila kamu mendatangi perusahaan secara langsung. Para pelamar bisa datang lebih dulu untuk mencari posisi yang diminati dan kebetulan sedang kosong. Biasanya, kamu bisa mendapat informasi terkini yang belum dipublikasikan kepada masyarakat luas.

Sering kali perusahaan seperti ini tidak memakai perangkat lunak ATS, agar dapat menyaring kandidat secara lebih mendalam. Dengan begitu, risiko kehilangan kandidat hebat juga dapat diminimalisasi. Yang tidak kalah penting, kamu juga bisa menambahkan rujukan untuk menambah nilai plus di dalam resume. Rujukan tersebut berkaitan dengan seseorang yang kamu kenal di dalam perusahaan agar peluang untuk diterima sebagai karyawan pun lebih besar. 

3. Mencatat seluruh Lamaran Pekerjaan

Bagi pelamar pekerjaan, sangat penting untuk menyebar berbagai lamaran ke perusahaan yang sesuai dengan kemampuan. Hal ini bertujuan agar kamu dapat peluang yang semakin besar untuk diterima bekerja.  Akan tetapi, lowongan kerja online terbaru seringkali dihapus sebelum adanya tahap wawancara kerja atau pengumuman lanjutan. Oleh sebab itu, kamu perlu untuk membuat penyimpanan yang terstruktur agar seluruh lamaran dapat diarsipkan.

Buatlah folder khusus untuk menyimpan seluruh lamaran yang telah disebar ke berbagai perusahaan. Selain itu, buatlah daftar perusahaan yang telah dilamar, deskripsi pekerjaan yang diminati, dan informasi penting lainnya. Kamu bisa membuatnya di suatu excel atau google sheet, sehingga bisa diakses dengan sangat mudah. Tak lupa untuk menambahkan nama perusahaan, perekrut, manajer yang menaungi divisi perekrutan, dan lain sebagainya.

4. Tindak Lanjut

Kesulitan untuk menghubungi atau mendapat informasi lanjutan seputar lamaran pekerjaan bukan suatu hal baru. Kendala satu ini dialami oleh sebagian besar pelamar, karena kamu sebagai anak kost tidak memiliki narahubung di perusahaan terkait. Oleh sebab itu, sangat penting untuk tahu informasi kontak manajer perekrutan atau mereka yang menangani divisi tersebut. Dengan begitu, kamu bisa menanyakannya secara langsung terkait informasi lanjutannya.

Waktu terbaik yang harus diperhatikan untuk menghubungi perekrut, yaitu satu minggu setelah batas akhir lamaran pekerjaan diserahkan. Waktu tersebut sangat efektif karena sebagian besar perusahaan telah selesai menyeleksi resume yang masuk. Dengan begitu, harusnya mereka telah memiliki daftar nama calon kandidat yang lolos ke tahap lanjutan. Kamu bisa menghubungi via pesan teks untuk menanyakan informasi tersebut agar lebih sopan.

Kesalahan yang Harus Dihindari saat Mengirim Lamaran Pekerjaan

lowongan kerja terbaru

Gagal melamar kerja masih banyak peluang di Era digital saat ini (source:freepik.com)

1. Menggunakan Alamat Email Tidak Profesional

Di masa silam, beberapa orang memang gemar memakai nama samaran untuk penamaan sosial media. Tak hanya itu, bahkan alamat surat elektronik juga memakai nama yang terkesan kekanak kanakan. Akan tetapi, lowongan kerja terbaru hari ini menuntutmu untuk memakai alamat surat elektronik dengan nama yang profesional. Gunakan nama jelas yang pantas dibawa oleh HRD suatu perusahaan agar surat lamaranmu pun dilirik oleh mereka. 

Hindari pula memakai alamat email yang sama untuk seluruh media sosial, agar notifikasi yang masuk tidak tercampur aduk. Kamu pun masih bisa memakai nama alamat surat elektronik yang lucu dan kekinian, untuk kebutuhan yang lain. Akan tetapi, pastikan telah menyiapkan satu alamat email khusus untuk berkomunikasi dengan recruiter perusahaan. Hal kecil ini juga dapat menunjukkan profesionalitas kamu saat bekerja di suatu perusahaan.

2. Subjek Email yang Tidak Jelas

Beberapa kasus yang membuat lamaranmu tidak dilirik, karena email yang masuk dianggap sebagai spam. Hal ini bermula dari penulisan subjek email untuk lowongan kerja freelance terbaru yang tidak jelas dan tidak mewakili isi. Oleh sebab itu, kamu harus teliti sebelum mengirim lamaran pekerjaan agar peluang lolos ke tahap selanjutnya pun semakin besar. Tak hanya dianggap spam, subjek yang tidak jelas juga menunjukkan kesan tidak bersungguh sungguh saat melamar.

Kamu harus membaca lowongan pekerjaan secara teliti, karena beberapa perusahaan telah memberikan arahan khusus. Arahan khusus ini bisa mencakup subjek yang harus ditulis dan berkas yang harus dilampirkan. Dengan begitu, kamu dapat menuliskan sesuai ketentuan agar email yang masuk dilirik oleh recruiter. Akan tetapi, saat tidak ada arahan khusus maka kamu bisa menuliskan nama lengkap dan posisi yang dilamar di subjek surat elektronik.

3. Melewatkan Body Email 

Yang tak boleh ditinggalkan atau dilewatkan saat mengirim lamaran pekerjaan, yaitu body email. Kamu bisa menuliskan pesan pengantar sebelum melampirkan CV dan surat lamaran pekerjaan. Tak hanya pesan, pelamar juga dapat menuliskan motivasi hingga ingin bekerja dan diterima di perusahaan terkait. Tips ini patut dijajal untuk loker terbaru di Jakarta agar peluangmu untuk diterima semakin besar dan mendapat pekerjaan yang sesuai.

Dalam menuliskan badan email, kamu harus memperhatikan panjang tulisan dan informasi yang dimuat di dalamnya. Pastikan tidak menuliskan ulang yang sudah tercantum di dalam CV atau cover letter. Para pelamar tidak perlu bertele tele dan menuliskan informasi yang tidak penting. Kamu dapat secara lugas dan tegas mengutarakan maksud serta tujuan surat elektronik tersebut, sehingga tidak membuang waktu para recruiter secara percuma. 

4. Melupakan Bagian Lampiran

Banyak orang yang terlalu bersemangat saat akan mengirimkan lamaran pekerjaan ke suatu perusahaan. Oleh sebab itu, sering kali melupakan bagian lampiran yang harus disertakan di suatu email. Kamu perlu melampirkan dokumen dokumen tertentu, seperti CV, surat lamaran pekerjaan untuk lowongan kerja terbaru di medan, ijazah, transkrip nilai, dan lain lain. Hal ini perlu diperhatikan secara teliti agar tidak ada yang terlewatkan.

Oleh sebab itu, para pelamar perlu membuat beberapa poin penting yang harus dilampirkan dalam surat elektronik untuk melamar pekerjaan. Beberapa perusahaan memberikan suatu daftar khusus yang harus dilampirkan, maka kamu harus mengirimnya secara rinci. Dengan begitu, dapat menunjukkan keseriusan serta menjadi salah satu ciri orang yang teliti. Kamu juga bisa mengecek ulang sebelum mengirimkannya hingga tidak ada berkas yang terlewat.

Cari Melalui Situs Lowongan Kerja Terbaik

lowongan kerja terbaru

Cari lowongan kerja lewat situs lowongan kerja terbaik (source:freepik.com)

1. Jobstreet

Melamar pekerjaan di zaman yang modern saat ini telah dibantu dengan adanya beberapa aplikasi pencari kerja. Salah satunya Jobstreet yang dikembangkan oleh Malaysia yang menaungi berbagai lowongan pekerjaan dari berbagai negara. Situs lowongan kerja satu ini bisa kamu pakai untuk mencari kerja di Malaysia, Filipina, Vietnam, Singapura, dan tentu saja Indonesia. Lebih dari 80 perusahaan telah bergabung dan sekitar 11 juta pencari kerja.

Sistem kerja situs ini sangat mudah, yaitu para pelamar kerja cukup mendaftar di Jobstreet dan membuat profil diri yang menarik. Hal tersebut sangat berguna agar perusahaan yang dituju tertarik dengan kandidat terkait. Setelah itu, recruiter perusahaan akan menghubungi kamu melalui nomor telepon atau email yang telah tercantum. Situs ini pun memiliki fitur untuk melihat proses lamaran pekerjaan yang anda ajukan ke suatu perusahaan.

2. LinkedIn

Tentu sudah tidak asing dengan situs pencari kerja terbesar di dunia ini. berbagai fitur baru telah ditambahkan, sehingga banyak orang yang puas dengan menggunakan LinkedIn. Melalui situs ini, kamu bisa menunjukkan berbagai keahlian kepada para recruiter untuk melamar lowongan kerja terbaru. Tak hanya itu, bahkan juga bisa membangun kepercayaan dengan perusahaan.

Profil pelamar tak hanya bisa diisi oleh pemilik akun, tetapi juga bisa diisi oleh kolega atau orang lain yang mengenalnya. Isi profil bisa berkaitan dengan keahlian atau nilai tambah lainnya, sehingga meningkatkan potensimu untuk mendapat pekerjaan. Menariknya, situs ini juga memberikanmu keleluasaan untuk mengatur mode terbuka untuk lowongan pekerjaan baru, sehingga dapat menarik perusahaan yang membutuhkan karyawan baru. 

3. Karir

Rekomendasi terakhir, kamu dapat memanfaatkan situs satu ini untuk mencari lowongan pekerjaan yang sesuai dengan resume. Tak hanya itu, laman berwarna dominan biru ini juga memberikan rekomendasi pekerjaan di sekitar kota domisili. Situs lowongan kerja Indonesia ini juga memiliki berbagai jenis pekerjaan yang terdiri atas 18 sektor. Oleh sebab itu, dapat dipastikan kamu akan memiliki berbagai pilihan pekerjaan yang sesuai dengan keahlian.

Salah satu pencapaian yang diinginkan oleh masyarakat terdidik, yaitu mendapat pekerjaan yang sesuai dengan keahliannya. Kamu bisa mendapat rekomendasi pekerjaan melalui berbagai cara, salah satunya media sosial. Dengan banyaknya pilihan dan kandidat, maka kamu harus memperhatikan beberapa tips yang membuatmu lebih berpotensi untuk diterima bekerja. Selain itu, hindari beberapa kesalahan yang membuat para pelamar gagal di tahap administrasi. 

Cari Kosan Murah Pake Aplikasi Lebih Mudah

Saat kamu dapat kerja dan butuh tempat kosan dekat kantor, kamu bisa lho sewa kosan dengan waktu sewa yang fleksibel dan juga harga yang terjangkau. Caranya mudah kamu bisa gunakan Aplikasi RedDoorz dan temukan kosan di sekitar kantor kamu. Pertama buka Aplikasi RedDoorz, lalu pilih Kost Houses, menggunakan fitur Search KoolKost disitu kamu bisa masukkan nama daerah tempat kamu kerja lalu tekan search, maka kamu akan mudah mendapatkan list kosan di sekitaran kantor kamu lengkap dengan harga sewa dan juga fasilitas yang diberikan. Selain itu untuk periode sewa juga bisa bulanan, misal kamu mau test dulu ngekos selama 3 bulan, selama masa probation, atau bisa hanya sebulan setelah itu cari kosan lain dengan menggunakan Aplikasi RedDoorz kembali. Yuk cek kosan yang sesuai dengan budget dan keinginan kamu sekarang!

Cropped fav logo@2x
Press Enter To Begin Your Search
×