Loading...

Batik menjadi salah satu busana yang melambangkan kekhasan dari Indonesia. Tak mengherankan busana satu ini kerap kali dikenakan pada acara acara penting. Namun, saat ini kamu bisa mengenakan baju batik di berbagai suasana yang berbeda. Hal ini dikarenakan telah banyak jenis dan motif batik yang bisa kamu gunakan sesuai dengan acara dan kondisi. Untuk itu, kali ini akan diulas beberapa tips memilih motif yang cocok untuk batik kamu.

baju batik

Baju batik sering digunakan untuk acara formal (source:freepik.com)

Tips Memilih Motif Baju Batik yang Sesuai dengan Acara

1. Batik Sido Asih Untuk Pernikahan 

Batik jenis satu ini hadir dengan motif klasik dan premium. Dengan motif tersebut, maka jenis dari batik keraton ini banyak digandrungi oleh semua kalangan. Umumnya, di dalam budaya Jawa, batik satu ini kerap kali dipakai saat acara malam pernikahan. Terlebih lagi waktu malam pengantin. Model baju batik untuk pesta pernikahan ini memiliki filosofi tersendiri.

Dimana batik satu ini melambangkan bahwa kedua pasangan mempelai yang baru saja menikah dan menjalani bahtera rumah tangga, diharapkan menjadi lebih romantis. Selain itu, tumbuh pula cinta dan kasih sayang yang semakin dalam untuk kedepannya. Untuk kain batiknya sendiri, Batik Sido Asih merupakan salah satu batik yang memiliki kualitas premium. Hal ini dikarenakan pembuatannya yang cukup sulit.

2. Batik Betawi Untuk Acara Perhelatan

Setelah membahas kain batik yang biasanya dikenakan ketika pernikahan, maka saatnya beralih untuk membedah busana batik yang lain. Diantaranya adalah Batik Betawi yang khas kota Jakarta. Batik satu ini memiliki ciri khas yakni mempunyai warna yang sangat mencolok. Untuk kolektor batik nusantara pastinya akan senang untuk mengoleksi batik satu ini. Hal tersebut dikarenakan memiliki motif khas Jakarta, seperti Monas dan ondel-ondel.

Motif pada busana batik ini lebih menonjolkan warna yang cerah. Tak hanya itu saja, nilai budaya dari masyarakat khas Betawi juga akan tergambar di dalam batik satu ini. Biasanya kamu bisa menemukan batik satu ini di acara bergengsi yang diadakan oleh ibukota. Mulai dari acara perhelatan Abang dan None Jakarta, serta acara kenegaraan lain yang diselenggarakan oleh kota Jakarta.

Baca juga: Makanan Khas Betawi yang Jadi Favorit Anak Kost di Jakarta

3. Batik Lasem Untuk Acara Semi Formal

Motif baju batik selanjutnya yang bisa kamu pilih untuk menghadiri acara semi formal hingga formal adalah batik lasem. Batik satu ini merupakan motif yang terpengaruh dari budaya luar. Dimana tercipta dari adanya akulturasi budaya di Pulau Jawa. Sebut saja seperti di Jawa Tengah dan Jawa Timur serta budaya dari Tionghoa. Batik satu ini pun hadir dengan motif yang khas dan juga warna yang cerah.

Ketika mengenakan motif batik satu ini, maka kamu pun akan bisa mengenakan berbagai macam corak, seperti gambar batik kawung, batik parang dan juga lainnya. Kemudian, padu padan batik tersebut, digabungkan dengan motif Tionghoa yang memiliki warna cerah. Tentu saja baju batik modern ini bisa kamu gunakan di dalam berbagai suasana dan acara.

4. Motif Batik Full Color Untuk Ke Pesta

Untuk tips memilih busana batik selanjutnya, kamu bisa memilih batik yang memiliki motif full color. Batik satu ini sangat cocok untuk kamu gunakan ke pesta. Apabila kamu terlanjur ragu untuk mengenakan batik dan bingung bagaimana padu padannya, maka baju batik untuk pesta dengan tema full color bisa menjadi pilihan. Disini, kamu bisa memilih busana jenis long dress untuk baju batik wanita.

Namun, perlu diketahui apabila anda memilih busana long dress yang full color, pastikan warnanya telah cocok dengan kulitmu. Untuk itu, apabila kamu ingin tampil dengan menimbulkan kesan ceria, maka kamu pun bisa menabrakkan model dari baju batik yang memiliki warna terang. Selain itu, anda bisa mengakalinya agar tidak terjadi perbedaan warna yang terlalu signifikan dengan menambahkan aksesoris serta riasan yang pas.

Tak hanya itu saja, bagi kamu yang memiliki jenis kulit sawo matang maka kamu bisa menghindari untuk penggunaan warna busana batik yang senada dengan tone kulit kamu. Sebut saja seperti warna coklat tua ataupun coklat muda. Hal ini dikarenakan warna warna tersebut akan membuat penampilan menjadi tidak sempurna, sebab kulit akan tampak lebih gelap.

5. Jangan Serba Tanggung Ketika Memilih Batik Untuk ke Acara Spesial 

baju batik

Pakai batik untuk ke acara spesial (source:unsplash.com)

Bagi anak kost solo, tentunya memilih batik untuk dikenakan di acara spesial menjadi salah satu hal yang membingungkan. Pasalnya, mereka ingin tetap tampil kekinian, namun di lain sisi juga tetap ingin mengenakan baju batik. Untuk itu, salah satu hal yang perlu kamu garis bawahi ketika memilih busana batik adalah jangan serba tanggung. Pasalnya, apabila kamu memang ingin menonjolkan sisi yang glamour, kamu pun bisa mengakalinya.

Sebut saja seperti hiasan yang terbuat dari manik manik, bunga bunga yang berwarna keemasan atau rantai yang sangat terlihat glamour apabila kamu mengenakannya ke pesta. Tak hanya pada aksesoris saja, pemilihan warna pun tentunya menjadi hal yang penting. Hal ini dikarenakan ketika kamu ingin tampil dengan elegan nan misterius, pilihlah warna yang gelap, seperti baju model batik modern dengan warna hitam atau abu abu.

Untuk melengkapi penampilan kamu, maka tambahkan pula riasan yang bold contohnya seperti menggunakan lipstik yang berwarna merah. Atau untuk kamu yang berkerudung, maka kamu bisa mengkombinasikannya dengan jilbab yang memiliki warna satin dan berkilau. Tentu saja padu padan batik tersebut, akan membuat anda terlihat sangat elegan.

Akan tetapi, bagi kamu yang tidak ingin terlalu bermain warna, maka kamu pun bisa melakukan eksperimen mengenai baju batik untuk pesta. Diantaranya adalah dengan mengkombinasikan warna pastel, yang bisa kamu gunakan untuk bawahan. Kemudian, pastikan bawahan tersebut memiliki warna yang berkilau. Setelah itu, kamu bisa mengkombinasikan kain batik yang memiliki warna dasar merah dan dilengkapi dengan motif bunga.

Selain itu, kamu juga bisa mencari alternatif lain apabila masih bingung ingin mengenakan busana batik model apa yang cocok untuk ke pesta. Kamu hanya perlu untuk mencari blazer batik yang memiliki warna terang. Kemudian, kombinasikan blazer tersebut dengan menggunakan tas yang sedang hits, kalung dan juga bisa ditambah jam tangan untuk mendukung penampilan kamu.

6. Pilihlah Corak Formal Untuk ke Kantor

Tak hanya dikenakan dalam pernikahan maupun menghadiri pesta saja, baju batik kini telah mendapatkan banyak tempat di masyarakat. Sehingga, ketika kamu pergi ngantor pun bisa menggunakan busana satu ini. Pastinya, kamu pun memiliki banyak koleksi batik yang ada di lemari. Untuk itu, kamu bisa menggunakan beberapa yang cocok untuk dipakai di kantor.

Agar tidak salah kostum, kamu bisa memilih baju batik untuk kerja yang memiliki corak maupun desain yang telah didominasi oleh garis yang memiliki bentuk geometris. Dengan adanya unsur garis tersebut di dalam busana batik yang kamu miliki, tentunya akan menimbulkan kesan formal. Sehingga akan sangat cocok apabila kamu memakainya ke kantor.

Tidak berhenti pada corak saja, kamu juga perlu untuk memperhatikan warna yang pas, ketika ingin mengenakan batik ke kantor. Pasalnya, tidak semua warna pada busana batik akan cocok dikenakan untuk ke kantor. Kamu pun bisa mengakalinya dengan beberapa hal. Apabila corak dan motif dari busana batik yang kamu miliki telah ramai dan banyak, maka kamu bisa memilih warna yang netral.

Pasalnya, warna satu ini akan selalu cocok di dalam setiap kondisi dan suasana yang formal. Apabila anda khawatir, ketika di kantor ternyata nantinya mendatangi acara yang resmi, maka pilihan warna hitam, krem dan coklat menjadi warna aman yang bisa untuk kamu coba. Ketika kamu ingin menimbulkan kesan yang elegan sekaligus formal, maka kamu bisa memilih busana batik yang memiliki warna dan motif sederhana.

Untuk pria, maka kamu bisa memilih kemeja batik yang dapat kamu kenakan di kantor. Sedangkan untuk wanita, lebih baik menggunakan blazer ataupun blus agar lebih aman. Akan tetapi, untuk wanita sendiri sebenarnya memiliki banyak pilihan model busana batik untuk pergi ke kantor. Sebut saja, seperti memakai rok batik dengan model span yang akan menimbulkan kesan formal.

Selain memilih corak dan warna yang pas, kamu pun jangan melupakan unsur nyaman ketika mengenakan batik. Pasalnya, ketika berada di kantor akan banyak aktivitas yang kamu lakukan. Oleh sebab itu, pilihlah busana batik yang sesuai dengan pekerjaan dan mobilitas selama kamu berada di kantor. Usahakan untuk mengenakan batik yang senyaman mungkin.

7. Padu Padankan Busana Batik yang Pas untuk Kerja

baju batik

Batik tulis cocok untuk seragam kerja (source:unsplash.com)

Ketika berada di kantor, maka kamu juga bisa memilih motif batik yang berwarna polos. Karena baju batik ini kamu gunakan ke kantor, maka usahakan untuk tidak memakai banyak aksesoris. Sehingga untuk pria, kamu bisa menggunakan jam tangan seperti biasanya pergi ke kantor. Sedangkan untuk yang wanita, apabila ingin menambahkan aksesoris, maka gunakanlah kalung yang sederhana di leher.

Banyak sekali motif batik yang bisa anda kenakan, namun untuk ke kantor sebaiknya kamu memilih batik yang modern dan tidak terlalu kaku. Pasalnya memang banyak motif batik nusantara yang tidak cocok digunakan untuk pergi ke kantor. Sehingga kamu perlu untuk memilih yang pas dan sesuai dengan warna yang kamu inginkan. Intinya kamu bisa menggunakan jenis batik yang simpel dan tidak terlalu banyak motif.

Hal ini dikarenakan ketika kamu pergi ke kantor, maka kamu tidak perlu memilih batik yang ribet seperti akan menghadiri acara pernikahan. Selain itu, bagi wanita, riasan yang kamu gunakan pun sebaiknya tidak terlalu terang, namun tetap terlihat. Sebaiknya, ketika ke kantor mengenakan batik, kamu bisa memakai riasan yakni natural look, sehingga akan mendukung penampilanmu selama di kantor hingga sore hari.

Itulah beberapa tips dari padu padan busana batik yang bisa kamu kenakan di berbagai acara. Jika ingin pergi ke pesta, maka kamu bisa memilih busana batik yang glamor dan elegan yang didukung dengan riasan yang sempurna. Sedangkan bagi kamu yang ingin mengenakan busana batik ke kantor, maka usahakan untuk memilih kesan yang simpel namun tetap formal. Dengan pemilihan busana batik yang tepat tentunya akan menunjang penampilan kamu nantinya.

Rekomendasi Kosan di Solo 

Kost Griya Kirana

Kosan ini terletak di jalan Blewah Raya 1, Gang. XVIII, Karangasem, Laweyan, Surakarta. Fasilitas yang diberikan seperti tempat tidur yang nyaman, kamar mandi dalam, wifi gratis, ada dapur bersama juga dan parkiran yang cukup luas.

Cek detail Kost Griya Kirana

Melati Fajar Indah (Balcony)

Kosan dengan suasana rumah ini terletak di jalan Melati 5 No.525 Klemboran, Baturan, Karanganyar Regency, Jawa Tengah. fasilitas yang diberikan lengkap dengan tempat tidur yang nyaman, televisi, ruangan ber-AC.

Cek detail Kost Melati Fajar Indah (Balcony)

Kost Kwarasan Permai

Salah satu kosan yang nyaman dan fasilitasnya ok ini ada di Perumahan Kwarasan Permai Sektor 9 Kavling D1-D2-D3 Solo Baru. Sukoharjo 57552. Fasilitasnya lengkap seperti kasur yang nyaman, meja dan kursi untuk kerja, lemari pakaian yang cukup besar, kamar mandi dalam, Ruangan ber-AC dan juga Wifi Gratis.

Cek Detail Kost Kwarasan Permai

Kamu masih bingung cari kosan di solo? nggak perlu khawatir sekarang kamu bisa cari kosan langsung dari smartphone kamu, caranya mudah buka Aplikasi RedDoorz lalu pilih Kost Houses. 

Lalu masukkan kata kunci nama kota atau nama universitas yang kamu inginkan. Misalnya masukan kata Solo Sebagai kata kuncinya, lalu jangan lupa pilih durasi sewa kosannya, dan tekan search, maka kamu akan diberikan informasi list kosan di kota Solo lengkap dengan harga sewa yang fleksibel, bisa harian, mingguan, atau bulanan. Selain itu juga lengkap dengan informasi fasilitas yang diberikan pada masing-masing kosan, jadi kamu bisa bandingkan dan pilih yang sesuai dengan budget dan fasilitas yang kamu inginkan.

Selamat mencoba.

Cropped fav logo@2x
Press Enter To Begin Your Search
×