Loading...

Tidak semua tempat kost di Semarang memiliki fasilitas dapur bersama. Jika kamu salah satu penghuni tempat kost tanpa dapur, mencari makanan murah dan enak tapi tidak membosankan, bisa bikin pusing. Kecuali kamu memang penghuni kost harian di Semarang, hal ini nggak masalah. 

Namun kalau sudah tinggal di kota ini dalam waktu bulanan bahkan tahunan, lidahmu sudah hapal dan bosan untuk melahap makanan serta jajanan yang itu-itu saja. Sekarang, waktunya kamu mencoba rekomendasi tempat makan murah buat anak kost di Semarang dari RedDoorz yang ga akan bikin bosan.

Ini Tempat Makan Murah untuk Anak Kost di Semarang

Kalau ada dapur bersama, kamu bisa masak di tempat kost setiap hari

Semarang memang terkenal dengan lumpia, tahu petis, bandeng presto, dan Soto Bangkong. Mungkin kamu sudah sering menyantap semuanya. Biar tidak bosan, yuk coba berbagai tempat makan ini yang ramah di kantong. Sembari mengisi perut, kamu juga bisa nongkrong bareng teman-teman di sini.

1. Waroeng Kaligarong

Warung makan ini berlokasi di Jl. D.I. Panjaitan no. 64, tak terlalu jauh dari Simpang Lima yang ada di pusat kota Semarang. Yang jadi menu favorit di sini adalah bebek goreng sambal mangga. Jika sedang ada uang lebih, tak ada salahnya mengajak teman untuk menyantap gurame sambel matah. 

Ada jamu juga di dalam menu minumannya, seperti beras kencur dan kunyit asem. Bahkan, warung ini menawarkan smoothies rasa kunyit asem. Nah, kalau biasanya kamu minum smoothies rasa buah-buahan seperti pisang, strawberry, maupun blueberry, ini waktunya untuk mencoba smoothies dengan rasa tradisional di sini.

Kamu bisa ke Waroeng Kaligarong di jam makan siang atau makan malam. Tempat makan ini buka jam 10.00-22.00. Harga makanan dan minumannya mulai dari Rp 10.000.

2. Nasi Gandul Pak Memet

Nasi gandul adalah menu nasi yang dihidangkan dengan campuran bumbu rawon, gule, serta pindang. Di dalamnya ada daging, jeroan sapi, dan telur pindang. Selain itu, kamu juga bisa memilih lauk seperti otak sapi, babat, kikil, paru, usus, limpa, lidah, maupun ati yang semuanya digoreng. 

Warung yang menjual masakan khas Pati, Jawa Tengah ini, sudah ada sejak tahun 1990. Tempat makan ini beralamat di Jl. Cipto No. 12 dan buka dari jam 16.30 sampai jam 21.30. Jangan datang terlalu malam. Soalnya, warung nasi gandul ini ramai pengunjung. Dengan membayar harga belasan ribu rupiah, seporsi nasi gandul siap mengenyangkan perutmu.

3. Warung Mangut Welut Bu Nasima

Warung ini pernah masuk tayangan Wisata Kuliner almarhum Pak Bondan Winarno yang terkenal dengan kalimat, “Mak nyus,”-nya. Kamu bisa menjumpai warung mangut welut alias belut ini di Jl. Menoreh Raya No. 10. 

Seperti namanya, yang menjadi andalan warung Bu Nasima ini adalah mangut belutnya. Hidangan ini banyak disukai penggemar makanan pedas. Kalau tidak suka pedas, jangan khawatir. Ada menu lain yang tak kalah lezatnya di warung makan ini. Harga makanannya pun sangat terjangkau, mulai dari Rp 10.000.

4. Nasi Ayam Bu Widodo

Tampilan nasi ayam di warung Bu Widodo ini sekilas mirip dengan nasi liwet. Namun, keduanya memiliki perbedaan pada jenis kuah. Nasi liwet menggunakan kuah areh dari santan. Sementara itu, nasi ayam disajikan dengan kuah kuning opor.

Bu Widodo mulai berjualan nasi ayam di kawasan Simpang Lima sejak tahun 1994. Di warung ini, kamu bisa memilih lauk untuk nasi ayam pesananmu dari panci-panci berukuran besar. Jangan lupa bawa losion anti nyamuk. Soalnya kamu akan makan lesehan beralaskan tikar di warung ini dan kadang ada saja nyamuk yang mampir. 

Kamu baru bisa makan di sini malam hari jam 20.00. Warung Bu Widodo ini buka sampai jam 04.00 subuh. Harga makanannya bervariasi, mulai dari Rp 10.000 sampai kisaran Rp 20.000.

5. Nasi Goreng Babat Pak Hengky

Nasi goreng babat memang menjadi salah satu makanan khas kota Semarang. Namun nasi goreng babat yang sudah ada sejak tahun 1988 ini rasanya istimewa. Dimasak dengan minyak yang melimpah, rasanya sangat gurih dan aromanya pun wangi. 

Kamu bisa menikmati nasi goreng babat Pak Hengky di pusat jajanan Puri Anjasmoro Blok K, Tawangsari. Harganya sekitar Rp 20.000-30.000. Nasi goreng babat ini dimasak dengan menggunakan kayu bakar, bukan kompor gas. Jika ingin tambahan lauk, ada paru goreng yang tersedia di tempat makan ini.

6. Mie Kopyok Pak Dhuwur

Kamu bisa menemukan warung Pak Dhuwur yang menjual mie kopyok ini di Jl. Tanjung, tepatnya di seberang kantor PLN. Mungkin makanan ini tidak sepopuler makanan khas Semarang lainnya. Namun jangan salah, pengunjungnya tak pernah sepi.

Hidangan ini disajikan dengan irisan lontong, mie, tahu pong, toge, bawang putiih goreng yang dihaluskan, seledri, bawang goreng, kerupuk gendar atau opak, kecap, dan kuah. Kamu bisa makan mie kopyok Pak Dhuwur untuk makan sarapan maupun makan siang. Warungnya buka dari jam 08.00 sampai 16.00. Harga seporsi mie kopyok sangat murah, hanya Rp 10.000.

Biasanya, warga Semarang pun bisa membelinya dari pedagang keliling. Mie kopyok ini juga disebut sebagai mie teng-teng, karena si penjual keliling ini memukul piring sebagai penanda kehadirannya.

7. Tahu Gimbal Pak Edi

Warung tahu gimbal Pak Edi beralamat di Jl. Menteri Supeno. Di warung yang buka dari sore hingga malam hari ini, kamu bisa menikmati tahu gimbal yang dibuat dari tahu goreng, irisan ketupat, gimbal (bakwan) udang, irisan kental, serta bumbu kacang yang dicampur petis. Rasanya sangat lezat.

Harganya masih dalam kisaran belasan ribu untuk setiap porsi. Jika ingin menambah lauk, ada telur mata sapi yang bisa jadi pilihan. Kamu pun dapat memesan es teler dan es campur di sini. 

Kalau Pilih Masak Sendiri, Kamu Bisa Belanja di Sini!

Nah, kamu sudah melihat beberapa rekomendasi tempat makan murah dan enak untuk mengisi perutmu selama kost di Semarang. Kalau tempat kost yang kamu miliki tidak menyediakan fasilitas dapur bersama, mau tak mau kamu harus jajan setiap hari.

Namun kalau kamu tinggal di kost lengkap dengan dapur, tak ada salahnya berbelanja bahan makanan dan memasak sendiri. Tentu saja, masa pandemi saat ini bisa membuat nyali ciut untuk sekadar berbelanja di pasar maupun supermarket.

Banyak pilihan tempat jajan murah di Semarang untuk anak kost

Kamu dapat menyiasatinya dengan berbelanja sayur, buah, telur, daging, dan bumbu dapur lewat aplikasi belanja di pasar tradisional yang tersedia di Semarang. Dengan begini, kamu bisa membeli bahan-bahan murah tanpa harus keluar kost.

Bahkan dengan aplikasi belanja bernama Tumbas ini, pesananmu akan sampai dalam waktu 2 jam setelah melakukan pemesanan. Kamu juga bisa melakukan pemesanan mulai subuh, yaitu dari jam 03.00 pagi. Pemesanan hingga jam 15.00 akan dikirim pada hari yang sama. Pesanan yang masuk setelah jam 15.00 akan dikirim keesokan harinya.

Perhatikan tips berikut ini untuk memesan sayur secara online di Semarang:

1. Cari tahu tentang daya tahan sayur

Sebelum membeli sayuran, cari tahu tentang ketahanannya. Sebab, ada sayuran tertentu yang lebih cepat layu maupun busuk dibanding sayuran lainnya. Apabila kulkas di kost masih cukup untuk menampung belanjaanmu, tak masalah kamu membeli sayur dengan jumlah banyak sekaligus. 

Namun yang tak kalah penting, pelajari cara penyimpanannya, meski di dalam kulkas sekalipun. Akan lebih baik jika kamu memasak sayuran tersebut di hari yang sama waktu membelinya.

2. Minta kurir untuk menitipkan pesananmu

Di masa pandemi Covid-19 ini, ada baiknya kamu selalu menerapkan physical distancing. Termasuk dalam hal berbelanja sayur online. Mintalah pada kurir untuk menggantungkan sayur pesananmu di pintu pagar kost. Jika kamu tinggal di tempat kost yang memiliki layanan resepsionis maupun petugas keamanan, tak ada salahnya meminta kurir menitipkannya pada mereka.

3. Bersihkan kemasan sebelum membukanya

Setelah menerima pesanan, bersihkan kemasannya menggunakan cairan disinfektan sebelum membukanya. Setelah membukanya, buang kemasan ke tempat sampah. Cuci sayuran dengan air mengalir sampai bersih sebelum kamu memasak maupun menyimpannya di dalam kulkas. 

Berubah Pikiran dan Mau Cari Kost Baru?

Setelah membaca artikel ini, mungkin kamu jadi ingin pindah dan cari kost lengkap dengan dapur agar bisa memasak sendiri setiap hari. Kamu bisa menggunakan aplikasi cari kost online untuk menemukan kost murah di Semarang, dengan fasilitas dapur bersama.

Dengan aplikasi tersebut, kamu akan melihat banyak rekomendasi, mulai dari harga kost di Semarang, lengkap dengan foto kamar serta informasi mengenai fasilitasnya. Kalau masih ingin mencoba-coba dan belum yakin, cobalah untuk mencari kost harian.

Aplikasi cari kost online ini memungkinkanmu melakukan survey secara online tanpa harus mengunjungi lokasinya secara langsung terlebih dahulu. Jangan lupa untuk melihat review dan rating dari para penghuni sebelumnya. Terutama tentang fasilitas dapur bersama yang ditawarkan. 

Kalau sudah menemukan lokasi kost dekat UNDIP misalnya, dengan fasilitas dapur bersama, kamu bisa melakukan pemesanan kamar secara online melalui aplikasi tersebut. Bahkan, pembayarannya pun dapat dilakukan secara online. Untuk mendapatkan kost baru yang cocok buatmu, tidak perlu pamitan terlebih dahulu dengan pemilik maupun pengelola di hunian kost yang sekarang kamu huni. Jangan buru-buru pindah.

Anggap saja kamu staycation, tapi di kost harian, bukan hotel maupun apartemen. Sembari masih menjadi penghuni di kost saat ini, kamu bisa “berlibur” di kost lain untuk sekadar mencoba fasilitas di sana, termasuk dapur bersama yang akan kamu gunakan untuk masak sehari-hari.

Kalau pada akhirnya belum ada pilihan kost yang cocok, tak ada salahnya untuk tetap tinggal di hunian kost saat ini. Jangan lupa untuk sering-sering melihat rekomendasi tempat dan harga kost di kota Semarang lewat aplikasi cari kost online. Siapa tahu kamu beruntung, bisa menikmati harga promo saat sedang cari kost yang jadi incaranmu.

Di masa pandemi, kamu bisa belanja sayur lewat aplikasi online di Semarang

Pakai RedDoorz untuk Cari Kost

RedDoorz adalah jaringan manajemen dan penyedia akomodasi online dengan tarif hemat. Selain hotel dan apartemen, kini RedDoorz juga menawarkan banyak opsi kost di berbagai kota di seluruh Indonesia. Bagi kamu yang butuh cari kost, langsung aja download aplikasi RedDoorz versi terbaru, atau klik link berikut dari ponsel kamu: cari kost dengan RedDoorz.

RedDoorz akan memudahkan pencarian maupun pemesanan kost online sampai dengan pembayarannya. Selain itu, tersedia juga dukungan layanan pelanggan selama 24 jam. Cari kost lewat RedDoorz akan memberi banyak keuntungan karena banyak penawaran menarik. Yuk coba!

Press Enter To Begin Your Search
×