Loading...

kost di solo

Biaya hidup di kota Solo terbilang murah. Sehingga, sangat aman bagi perantau hingga mahasiswa yang kost di Solo. Kota Surakarta yang lebih akrab dikenal dengan nama Solo ini adalah kota terbesar ketiga di pulau Jawa bagian Selatan. Meski begitu, biaya hidupnya sangat jauh berbeda ketimbang di Jakarta.

Sehingga tak heran jika mahasiswa atau pekerja yang merantau masih bisa menemukan harga kost di bawah Rp400 ribu. Jadi, sangat mungkin untuk menemukan kost murah di Solo yang nyaman untuk beristirahat.

Fakta Kota Solo

Kota Surakarta atau Solo jadi sangat populer ketika Joko Widodo menjabat sebagai wali kota hingga kini ia menjadi Presiden RI. Namun, dari dulu hingga sekarang, Solo sudah dikenal sebagai kota yang sangat budayanya sangat kaya dan masih dilestarikan.

Misalnya saja upacara Satu Suro, acara adat yang identik dengan pusaka seperti keris. Dalam upacara Satu Suro, Keraton Solo dan Puro Mangkunegaran biasanya melaksanakan kirab dengan membawa keliling pusaka yang punya daya magis.

Bahkan, ritual Kalahayu yang dilakukan saat menyambut gerhana matahari pun masih dilakukan di Solo. Ritual ini justru mengubah mitos tentang gerhana matahari yang menyeramkan menjadi sesuatu yang harus dirayakan dengan gembira.

Keuntungan Tinggal di Solo untuk Mahasiswa Perantau dan Wisatawan

Sama seperti Yogyakarta, kota Solo pun memiliki daya tarik yang tak kalah menarik. Mulai dari destinasi wisata alam, kuliner, hingga budaya. Hal yang penting lainnya adalah, biaya hidup di Solo sangat murah.

Sehingga, kota ini jadi destinasi ‘ramah di kantong’ bagi mahasiswa dan pekerja yang merantau, serta wisatawan. Bahkan nggak hanya itu saja, ini keuntungan tinggal di Solo yang bisa kamu rasakan.

1. Biaya Hidup Murah

Selain Yogyakarta, Cirebon dan Banyuwangi, kota Solo termasuk dalam daftar kota dengan biaya hidup termurah di Indonesia. Pasalnya, selain kamu masih bisa menemukan kost murah di Solo, harga makanan, transportasi hingga biaya kuliah di sini masih sangat terjangkau.

Jadi tak heran kalau kota Surakarta yang menawarkan biaya hidup murah ini ramah menjadi tempat tinggal para pelajar karena lingkungannya yang nyaman pula.

2. Toleransi yang Cukup Tinggi

Latar belakang penduduk Indonesia sangat beragam, mulai dari etnis hingga kepercayaan yang mereka miliki pun berbeda-beda. Meski berbeda agama yang dipeluk, penduduk Solo dikenal mempunyai toleransi yang cukup tinggi. 

Bahkan, pada hari besar keagamaan, warga Solo kompak mempercantik kota mereka dengan tema perayaan hari besar agama yang dianut penduduk Solo. Tak heran jika Indonesia punya semboyan Bhinneka Tunggal Ika!

3. Fasilitas Transportasi yang Memadai

Saat traveling atau mencari kost, Anda pasti mempertimbangkan apakah transportasi di Solo mudah didapat atau tidak. Tenang saja, sebab Solo adalah kota besar dengan fasilitas transportasi publik yang mudah ditemui. Plusnya lagi, transportasi publik di Solo beroperasi 24 jam!

4. Wisata Kuliner Ramah Kantong

Buat kamu yang hobi kulineran, atau nggak bisa masak di kost, untungnya makanan yang dijual di Solo sangat murah. Bahkan mahasiswa di Solo bisa makan kenyang dengan harga Rp 10 ribu hingga Rp20 ribu! Selain itu, di Solo banyak makanan tradisional yang wajib dicicipi. Yakni timlo, tengkleng, dan selat Solo.

5. Pilihan Oleh-Oleh yang Beragam

Mengingat kota Solo kental dengan sejarah dan budayanya, banyak banget pilihan oleh-oleh yang beragam. Setelah waktu liburan usai dan harus meninggalkan kost harian di Solo, Anda bisa menuju pusat oleh-oleh di Solo. Pilihannya pun sangat beragam, mulai dari batik Solo, barang antik dari pasar Triwindu, ampyang, hingga abon sapi.

Kriteria Tempat Kost Agar Lebih Mudah Memilih

Kriteria tempat kost sesuai keinginan

Jika kamu mencari kost tanpa punya kriteria, tentunya akan lebih sulit. Sebab, justru tanpa menentukan kriteria, kamu justru jadi bingung saat memilih. Sebab, saat survey pakai aplikasi cari kost online, kamu  bisa menemukan banyak pilihan tempat tinggal. Nah supaya memudahkanmu, ini kriteria tempat kost yang cocok dengan kebutuhanmu.

Kost Rindang

Kamu bisa menemukan kost lengkap di Solo dengan berbagai fasilitas yang ditawarkan. Tetapi, tak semua kostan punya taman yang rindang. Jika kamu tipe orang yang suka tempat tinggal yang tak terlalu panas tanpa fasilitas AC, kamu bisa memilih kost rindang sebagai kriteria.

Kost dengan Ventilasi Udara dan Pencahayaan Maksimal

Ventilasi udara yang maksimal sangat penting untuk kualitas udara yang baik di dalam kamar. Jadi, pilihlah kost dengan ventilasi udara yang baik. Selain itu, supaya saat mengerjakan tugas lebih fokus, pilihlah kost dengan pencahayaan maksimal. Tak hanya dari lampu yang terang, namun juga pencahayaan alami. 

Kost Instagramable 

Cari kost Instagramable kini sangat mudah. Tentunya, kamu bisa menemukan kost Instagramable di aplikasi cari kost online. Bahkan, kamu bisa menemukan kost Instagenic di Koolkost RedDoorz. Selain bisa foto cantik, kost Instagramable biasanya sudah lengkap dengan fasilitas seperti meja dan kursi kerja.

Kost Syariah

Buat kamu yang sangat mementingkan privasi dan menjaga dari hal yang tak diinginkan, kamu bisa memilih kost syariah. Biasanya, kost syariah punya peraturan yang ketat dan membatasi kegiatan yang melanggar keyakinan, khususnya bagi umat Islam.

Kost Khusus Putri

Daripada kamu merasa risi tinggal di tempat kost campur, kamu bisa memilih kost khusus putri. Kriteria ini sangat cocok buat kamu yang ingin menjaga privasi. Apalagi kini banyak kost putri yang menawarkan berbagai tipe. Ada yang standard dan eksklusif. 

Kost Khusus Pria

Mencari kost pria di Solo sangat mudah dengan aplikasi cari kost online di RedDoorz. Di RedDoorz, kamu bisa menemukan harga kost pria yang terjangkau dengan fasilitas yang cukup memenuhi kebutuhanmu. 

Kost Campur

Buat kamu yang hanya mementingkan kost sesuai dengan anggaran, bisa pilih kost campur sebagai kriteria. Kost campur atau bebas biasanya dihuni pria dan wanita, bahkan beberapa pemilik kost tidak hanya menerima mahasiswa sebagai penghuni. Tetapi juga karyawan.

Tips Hemat Mahasiswa yang Kuliah di Solo

Tips hemat jadi mahasiswa di Solo

Solo memang menjadi salah satu kota favorit untuk para calon mahasiswa. Selain memiliki banyak perguruan tinggi berkualitas, alasan Solo dianggap sebagai kota ramah pelajar karena biaya hidup yang murah dan masyarakatnya penuh toleransi.

Mahasiswa perantau di Solo pun tak perlu pusing memikirkan tempat tinggal. Kota yang memiliki nama resmi Surakarta ini menawarkan berbagai macam jenis kost yang tentu saja murah! Selain biaya tempat tinggal yang terjangkau, biaya kehidupan sehari-hari seperti makanan pun murah meriah.

Sebelum memilih kampus, coba praktekkan tips hemat untuk mahasiswa Solo di bawah ini.

1. Nabung

Tips hemat mahasiswa yang kuliah di Solo tentu saja adalah menabung. Dengan menyisihkan uang saku yang diberikan orang tua, kamu jadi tidak boros. Uang hasil tabungan bisa digunakan untuk biaya keperluan tugas kampus. Atau traktir teman-teman saat kamu ulang tahun. Selain itu, uang tabungan tersebut juga bisa kamu gunakan untuk keperluan yang tak diduga. Jadi kalau ada hal mendesak, kamu bisa pakai uang tabungan dan jadi lebih hemat.

2. Cuci Baju Sendiri

Mencuci baju sendiri akan jadi kegiatan rutin bagi mahasiswa perantau. Meski di Solo banyak jasa cuci baju, kamu tidak perlu mencuci baju di laundry. Cuci baju sendiri tentu akan jauh lebih menghemat uang saku kamu. Kamu cukup membeli detergen dan pewangi untuk 1 bulan, yang harganya jauh lebih murah ketimbang laundry pakaian.

3. Cari Kost Murah

Walaupun kamu punya budget yang cukup besar untuk menyewa kamar kost, kamu bisa mendapatkan untung dengan berhemat cari kost murah. Di Solo kamu tidak perlu khawatir karena harga sewa kost di sana relatif lebih murah ketimbang di kota-kota lain.

Kamu bisa mendapatkan kamar kost cukup luas, plus kamar mandi di dalam dengan harga terjangkau. Ya kalo mau lebih hemat lagi, bisa cari kost kamar mandi di luar. Mudahnya, bisa cek dan booking kost lengkap di kota ini pakai aplikasi RedDoorz.

4. Jalan Kaki ke Kampus

Saat ini kost yang berjarak sangat dekat dengan kampus pasti mematok harga yang lebih mahal. Lalu gimana caranya biar hemat tapi tinggal dekat kampus? Tips hemat dari RedDoorz, carilah kost murah yang jaraknya lebih dari 1 km, tapi jangan lebih dari 3 km ya.

Alhasil kamu tidak terlalu jauh ke kampus meski berjalan kaki. Jarak kurang dari 3 km masih wajar untuk jalan kaki dari kost ke kampus. Tapi jangan khawatir, karena di Solo masih banyak pepohonan yang rimbun, dan banyak rumah-rumah warga di sekitar kampus yang dijadikan kost. Jadi, kamu tak perlu jalan jauh dan kepanasan.

5. Masak Nasi Sendiri

Ketika tabungan kamu sudah cukup banyak, belilah penanak nasi elektrik. Pilih dengan beban watt yang kecil agar tidak boros tagihan listrik. Jika beli nasi di warung atau restoran untuk 1 kali makan, harganya bisa Rp 3 ribu hingga Rp 5 ribu. Namun dengan beli beras dan masak nasi, 1 liter beras dengan harga Rp 10 ribu bisa untuk makan 2 hari. Kamu bisa lebih hemat uang kamu karena kamu cukup beli lauk untuk makan. Bahkan penanak nasi dan pemanas air yang kamu beli bisa juga untuk memasak mie instan. 

Treasure: TH1AYMZAAULAO

6. Beli Air Minum Isi Ulang

Agar kamu tidak banyak jajan di luar, belilah air minum kemasan galon yang isi ulang. Rata-rata harga air minum isi ulang mulai dari Rp 4 ribu hingga Rp8 ribu. Jika kamu ingin beli yang bermerek, harga sekitar Rp 15 ribu hingga Rp 20 ribu, sepertinya tidak membuat kamu terlalu boros. Namun kalau membandingkan harga, tentunya membeli air isi ulang adalah pilihan tepat untuk berhemat.

Nah, tips hemat lainnya, setiap ke kampus atau mau jalan-jalan, bawa minum dari kost kamu. Dengan bekal air minum di botol, kamu jadi bisa hemat uang lho. Ketika haus di kampus atau di jalan, kamu tidak perlu lagi jajan minuman.

7. Kerja Magang dan Kurangi Nongkrong

Jika menolak nongkrong bersama teman-teman, maka kamu bisa dianggap sombong dan tidak solidaritas. Namun jika nongkrong, kamu bisa menghabiskan banyak uang. Cara pintar menolak ajakan nongkrong dari teman adalah kamu mencari kegiatan lain. Salah satunya adalah kerja magang atau freelance.

Selain mengurangi waktu untuk nongkrong, kerja magang juga bisa menambah uang saku kamu. Tips hemat ini sangat cocok untuk mahasiswa yang kuliah di Solo. Sebagai salah satu destinasi wisata, kota ini banyak memiliki tempat hiburan dan kuliner, yang menawarkan pekerja magang. Hasilnya dengan memiliki pekerjaan magang, selain kamu lebih hemat karena mengurangi nongkrong, kamu jadi punya uang tambahan.

Tipe Kost yang Dimiliki RedDoorz

Sebenarnya, jika kamu ingin mencari kost lengkap di Solo, kamu bisa survey dan booking lewat aplikasi RedDoorz. Dengan menggunakan aplikasi RedDoorz, kamu bisa menemukan banyak kost di Solo dengan berbagai tipe. Misalnya saja memilih properti RedDoorz di Solo sebagai tempat tinggal kost. Dengan booking properti RedDoorz selama satu bulan atau harian, kamu dapat fasilitas yang sangat memenuhi kebutuhan. Mulai dari dapat sarapan, hingga tempat parkir.

Selain itu, properti milik RedDoorz di Solo, dekat dengan pusat perbelanjaan, rumah ibadah, hingga universitas. Sehingga sangat cocok jadi tempat tinggalmu agar istirahat pun berkualitas. Atau, kamu bisa pilih Koolkost di aplikasi RedDoorz. Di aplikasi, banyak banget pilihan harga kost di Solo. Mulai dari harga paling murah hingga mahal pun tersedia. Di Koolkost, kamu bisa dapat tempat kost murah, mulai dari Rp390 ribu hingga Rp750 ribu. Sedangkan kost standard hingga eksklusif, berkisar Rp1 juta sampai Rp2,2 juta. 

Bagaimana, sudah siap kost di Solo dan belajar mandiri serta berhemat? Supaya lebih mudah memilih, jangan lupa tentukan kriteria kost yang diinginkan, ya. Tentu saja kamu bisa mendapatkan harga dan promo menarik jika memesan langsung di aplikasi RedDoorz. Yuk survey kost sekarang! 

Press Enter To Begin Your Search
×