Loading...

Kamar tidur menjadi salah satu bagian di rumah yang cukup privat. Begitu juga untuk kamu yang ngekost, ruangan ini menjadi tempat yang harus membuat kamu nyaman. Selain melepas penat dengan menonton streaming film atau main game, mendekorasi kamar kost juga bisa lho. Kamu bisa menuangkan berbagai ide dengan mendekorasi kamar tidur. Sebagai inspirasi, berikut beberapa ide dekor kamar minimalis yang tidak mengeluarkan budget melimpah. Simak ulasannya.

dekorasi kamar minimalis

Desain kamar minimalis untuk kamar kosan (Source:unsplash.com)

Mengapa Harus Mendekorasi Kamar Kost?

Sebelum beranjak ke pembahasan terkait dengan ide dekorasi, maka kamu harus tahu mengapa kamu perlu untuk melakukan dekorasi pada kamar kamu. Karena kamar memang memiliki banyak fungsi yang membuatnya berbeda dengan ruangan lainnya. Apalagi jika kamu sebagai anak kost, bisa dikatakan wilayah teritorial kamu hanya kamar kost tersebut. Untuk itu kamu butuh untuk memberikan kenyamanan ekstra pada ruangan ini.

Kamar juga sebagai tempat untuk mengekspresikan diri kamu. Segala sesuatu yang tidak bisa kamu tunjukkan di luar bisa kamu tunjukkan di ruangan ini. Dengan melakukan dekor kamar minimalis sederhana, kamu bisa mengeluarkan semua ide di kepala kamu. Jika sudah melakukan dekorasi, kamu pasti juga akan memperhatikan kenyamanan dalam kamar kamu. Kamu perlu tahu jika tidur menjadi aktivitas yang begitu penting bagi tubuh manusia.
Jika kamu mampu untuk menciptakan tempat tidur yang nyaman, maka akan mudah bagi kamu mendapatkan kualitas istirahat yang baik. Ketika bangun kamu bisa mendapatkan dirimu berada di lingkungan yang bersih, santai dan bernuansa favorit kamu. Selain tubuh sehat dekor kamar juga akan membuat hari hari kamu semakin baik. Inilah mengapa mendekorasi kamar memiliki peranan penting di dalam hidup kamu.

Ketika aktivitas kuliah begitu padat, tugas tidak henti hentinya berdatangan. Kamar bisa menjadi tempat untuk merileksasi pikiran kamu. Ruangan ini juga menjadi tempat yang akan membantu kamu untuk tetap produktif. Tugas tugas yang kamu kerjakan akan semakin fokus jika kamu mendesainnya sesuai keinginan kamu. Dekorasi kamar minimalis bisa menjadi langkah yang tepat untuk kamu hadirkan kamar tidur yang sesuai dengan keinginan.
Dekorasi minimalis sendiri merupakan desain pada sebuah ruangan dengan menghilangkan yang tidak perlu. Apalagi hal ini diterapkan pada kamar tidur, maka kamar akan memiliki fungsi yang lebih tinggi. Kamu menyingkirkan barang barang yang tidak perlu dan menambahkan beberapa elemen agar terlihat menawan. Kamu juga perlu tahu bahwa mendekor kamar kosan kamu tidak harus mengeluarkan budget yang besar dan tinggi.

Langkah Mudah untuk Dekor Kamar Minimalis Keren

dekor kamar minimalis

Mendekorasi meja kerja bisa membuat ruangan terasa lebih rapi (source:pexels.com)

Untuk membuat tampilan kamar menjadi lebih berbeda, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat dekor kamar minimalis keren pada kosan kamu. Berikut beberapa hal yang bisa kamu manfaatkan

Dinding Kamar

Kamu bisa memanfaatkan dinding yang ada di kamar kamu. Dinding menjadi space kosong yang sangat cocok untuk ide ide dekor kamar minimalis kamu. Kamu bisa menggantung beberapa hiasan dinding yang akan membuat nuansa kamar menjadi lebih beragam.

Apabila di kamar kosan kamu memiliki tempat tidur yang besar, maka sudah pasti akan didominasi perabot tersebut. Belum lagi jika ada meja belajar atau meja kerja yang ukurannya juga besar. Sehingga yang bisa kamu lakukan adalah mendekorasi dan memanfaatkan dinding kamu. Untuk membuat dekor dinding kamar minimalis, kamu bisa meletakkan furniture atau storage yang ditempelkan di dinding.

Hal ini akan memberikan kesan kamar yang lebih cantik dan juga lebih luas. Terutama untuk para pemilik kamar yang terbilang sempit. Tempatkan furniture ini pada satu sisi yang kamu kehendaki agar terlihat lebih rapi.  Kabinet kabinet tempel atau memberi hiasan dinding yang sesuai konsep memang begitu diminati. Karena dalam dekorasi kamar kost minimalis, kamu bisa menjadikan dinding sebagai bintang utama dari kamar kosan yang kamu miliki.

Tempat Tidur

Tidak hanya pada dinding, kamu bisa melakukan permak pada kasur kamu. Apabila kamu memiliki ruangan yang cukup sempit, kamu bisa menggunakan tempat tidur yang multifungsi. Dimana di bawah kasur tersedia tempat penyimpanan yang akan membuat kamar kamu menjadi lebih rapi. Tempat tidur ini juga bisa memberikan berbeda dari seprai yang kamu gunakan hingga bantal yang tersedia di tempat tidur. Saat ini sudah ada banyak seprai maupun bantal yang akan membuat kamar kamu terlihat estetik. 

Meja Kerja

Setelah bagian tempat tidur, kamu juga bisa melakukan dekorasi pada meja kerja yang kamu miliki. Kamu bisa menatanya dengan begitu rapi, tambahkan beberapa hiasan untuk mendukung konsep yang kamu ambil untuk kamar kamu. Kamu juga bisa mengganti meja kerja menjadi meja yang bisa dilipat atau meja yang juga memiliki nakas. Nantinya akan memberikan efek lapang pada kamar kamu. Menambahkan beberapa tempat menyimpan barang, seperti laci kecil di atas meja juga hal yang tidak buruk. 

Cermin

Dekorasi kamar kost mungil juga bisa disiasati dengan memilih cermin yang cukup besar. Tambahan cermin akan membuat ilusi kamar menjadi lebih luas. Kamu bisa memilih cermin yang menempel pada dinding atau juga bisa memilih cermin yang bisa berdiri dan seukuran dengan tubuh kamu.

Kamar Mandi Dalam

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat tampilan kamar kosan kamu semakin nyaman. Jika kamu memiliki kamar mandi dalam, kamu juga bisa mendekorasi kamar mandi kamu. Kamar mandi umumnya tidak bisa mendapatkan banyak sentuhan, kamu hanya perlu menambah beberapa item. Seperti cermin hingga kabinet atau rak untuk menyimpan semua perlengkapan mandi kamu.

Semakin rapi kamar mandi kamu, maka tampilan Dekor kamar mandi kost yang minimalis bisa kamu dapatkan. Kamu bisa bebas menambahkan beberapa item yang sesuai dengan konsep yang kamu ambil. Menambahkan tanaman di kamar mandi juga bukanlah ide yang buruk. Dekor kamar minimalis sebenarnya tidaklah sulit, karena yang terpenting adalah menyingkirkan barang yang tidak perlu. Namun juga bukan berarti kamu tidak bisa menambahkan item.

Inspirasi untuk Dekor Kamar Kost Murah Tapi Tetap Estetik

dekorasi kamar minimalis

Menambahkan tanaman hias untuk dekorasi kamar minimalis (Source:unsplash.com)

Setelah mengetahui apa saja yang bisa kamu manfaatkan untuk menghadirkan dekorasi kamar yang minimalis, maka kini saatnya kamu mencari tahu cara mendesain kamar tidur dengan budget terjangkau. Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk membuat kamar kosan kamu menjadi tidak monoton. 

Cat Ulang Kamar Kost

Langkah pertama, kamu bisa melakukan pengecatan ulang untuk kamar yang memang memiliki cat tidak sesuai dengan keinginan kamu. Tapi bukan hanya karena tidak sesuai yah, tapi ini bisa dilakukan juga karena cat di kamar kosan sudah mengelupas atau sudah rusak. Dan pastinya sebelum melakukan pengecatan ulang pastikan kamu izin terlebih dahulu ke pemilik kostan.

Menentukan dekorasi cat kamar minimalis, kamu bisa menyesuaikan dengan cahaya yang masuk ke dalam kamar. Untuk kamar yang memiliki ukuran minimalis, kamu bisa mengganti warna cat dengan warna yang terang. Misalnya warna krem, off white hingga putih agar bisa memberikan kesan yang luas. Warna warna tersebut juga akan membuat kamu semangat dan mudah menghias bagian dindingnya.

Setelah warna dinding sesuai dengan keinginan, kini tinggal memanfaatkan beberapa hal agar tampilan kamar minimalis. 

Tanaman Hias

Kamu bisa memanfaatkan tanaman hias sebagai penghias kamar kamu. Saat ini sudah banyak hadir tanaman yang cocok untuk berada di dalam ruangan. Pot maupun tanamannya juga semakin beragam, sehingga tidak akan membuat tampilan kamar kamu tidak cantik. Untuk tanaman yang lebih kecil, kamu bisa meletakan pada rak dinding yang kamu miliki. 

Hias Dinding dengan Selotip 

Alternatif selanjutnya, kamu bisa menggunakan selotip untuk menghadirkan keunikan pada kamar mandi. Selotip hadir dengan berbagai warna yang bisa kamu jadikan senjata untuk mendekorasi kamar menjadi lebih menakjubkan. Kamu bisa kreasikan hiasan menggunakan selotip sesuai dengan keinginan kamu, untuk mencari inspirasinya ada banyak tutorial yang beredar di youtube.

Lampu Tumblr

Selain selotip, kamu juga bisa menggunakan lampu hias atau yang juga dikenal sebagai lampu tumblr. Belakangan kehadiran lampu untuk dekorasi ini begitu hits. Dekorasi satu ini sangat cocok untuk kamu yang ingin membangun suasana yang sendu. Akan sangat pas jika kamu senang menonton film di kamar kamu. Untuk mendapatkan lampu warna warni ini, kamu tidak membutuhkan banyak budget. Dengan merogoh kocek mulai dari Rp. 30 ribuan, kamar kamu sudah akan berbeda. Kamu bisa meletakkan di dinding dengan foto foto kamu agar makin cantik

Hiasan dari Barang Bekas

Memiliki budget yang terbatas, kamu bisa dekor kamar minimalis dengan benda benda yang tidak terpakai. Kamu memang dituntut untuk selalu kreatif jika ingin menghadirkan ruangan kamar minimalis yang cantik. Stik es krim bisa dijadikan sebagai wadah yang lucu di kamar kamu. Dengan merangkainya menjadi bentuk kotak, kamu bisa menjadikan sebagai wadah peralatan tulis kamu atau bahkan disulap menjadi tempat sampah. 
Selain stik es krim, kamu juga bisa memanfaatkan kardus untuk dijadikan wadah. Kamu tinggal melapisinya dengan cat atau bahkan kertas bercorak. Dekor kamar kost murah ini, cukup efektif untuk menghadirkan suasana yang berbeda pada kamar. Pastikan jika kamu memang membutuhkan tempat penyimpanan tersebut. Sebab jika ada yang tidak terpakai, maka kamu akan gagal untuk hadirkan kamar yang minimalis.

Sticky Note

Mendekorasi bagian dinding memang tidak ada habisnya. Karena selain selotip warna warni, kamu juga bisa menggunakan sticky note untuk menghiasi kamar kamu. Sticky notes memiliki banyak warna yang bisa kamu susun hingga menjadi hiasan dinding yang ciamik. Sebagai mahasiswa, pastinya kamu memiliki bahan yang satu ini. Low Budget, namun akan tetap membuat kamar kost kamu terlihat lebih menawan.

Jika tidak ingin menggunakan sticky notes, kamu juga bisa memanfaatkan kain atau pashmina dengan motif unik. Bentangkan saja kain dengan corak menarik tersebut pada bagian dinding kamu. Kamu bisa menggabungkan dengan lampu hias agar hasilnya lebih menarik dan cantik. Dekorasi dinding kamar minimalis juga bisa diakali dengan menempelkan peta pada bagian dinding.

Tirai 

Sebagai langkah terakhir untuk dekor kamar minimalis, kamu juga bisa memasang tirai. Pastikan tirai tersebut sesuai dengan kondisi kamar kosan kamu. Atau jika kamu memang berada di daerah yang dingin, bagian bawah bisa kamu lapisi dengan karpet bulu yang lembut. Tidak perlu merogoh kocek yang mahal, kamu bisa memilih barang barang yang sedang diskon atau bahkan membuat sendiri dengan tangan kamu.

Dengan mendekorasi kamar sesuai dengan keinginan, maka kamu bisa mendapatkan kamar yang lebih nyaman. Sebagai anak kost, sebaiknya kamu tidak meletakkan desain yang permanen. Karena jika sewaktu waktu kamu pindah kost, akan sayang meninggalkan segala dekorasi tersebut. membuat tampilan kamar nyaman juga tidak harus merogoh kocek dalam, kamu bisa menggunakan barang barang low budget untuk hiasannya.

Bila kamu ingin mencari kost dengan desain kamar kosan yang minimalis kamu bisa pilih KoolKost dari RedDoorz, selain fasilitas yang diberikan cukup lengkap, desain kamarnya pun minimalis. Misal ada beberapa kosan yang lemari dan mejanya menggunakan custom jadi desain dari lemari dan meja kerjanya terlihat lebih minimalis. belum lagi ranjang kasur yang simple dan juga minimalist membuat kamu yang ingin mendekor ulang kamar tidak perlu banyak melakukan perubahan yang terlalu banyak.

Press Enter To Begin Your Search
×