Loading...

 

Setelah lulus kuliah atau memasuki semester akhir, pastinya kamu akan mulai untuk berpikir mencari kerja. Bagi kamu yang berdomisili di ibukota Sumatera Utara, tentu saja loker Medan menjadi salah satu rujukan yang akan kamu cari di halaman pencarian online saat melamar kerja. Namun sebelum itu, kamu bisa mengetahui terlebih dahulu beberapa tips mencari lowongan kerja di Medan, terutama secara online. Simak selengkapnya.

loker medan

Cari kerja di medan kini bisa lewat internet (source:freepik.com)

Tips Mencari Lowongan Kerja di Medan Secara Online

1. Buat CV yang Menarik

Hal pertama yang perlu kamu persiapkan sebelum mencari kerja adalah memiliki CV yang menarik dan tidak membosankan. Kamu bisa mendesain CV yang unik dan informatif tentang profil kamu. Umumnya, ketika kamu mencari kerja melalui loker online maka kamu tentu saja tak akan bisa untuk mempromosikan dirimu lewat kata kata saja. Untuk itu, buatlah Curriculum Vitae yang menarik, sehingga perusahaan ingin memanggil kamu.

Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat menulis CV. Pertama, kamu bisa mencantumkan nomor handphone yang bisa dihubungi dan juga alamat email dengan jelas. Setelah itu, tunjukkan kelebihan dan bakat serta pengalaman yang kamu miliki. Hal ini sangatlah penting, sehingga perusahaan menjadi tahu apa saja kelebihan yang kamu miliki dan tentunya akan menjadi pertimbangan bagi perusahaan untuk memilihmu.

2. Pilihlah Pekerjaan Sesuai Dengan Pendidikan Terakhir

Ketika menulis CV, pendidikan merupakan hal penting yang harus kamu cantumkan. Sehingga, akan memudahkan bagi perusahaan untuk menyeleksi agar bisa diterima di perusahaan tersebut. Meskipun kamu hanya lulus SMA karena masih belum wisuda, tak perlu khawatir. Sebab, kamu bisa mencari loker Medan tamatan SMA yang pastinya memiliki banyak sekali pekerjaan yang cocok buatmu.

Selain itu, dengan adanya pendidikan ini juga akan memudahkan kamu untuk mencari pekerjaan sesuai dengan pendidikan yang diinginkan oleh perusahaan. Pasalnya, ketika kamu mencari kerja di situs online biasanya akan terdapat filter pendidikan akhir. Sehingga, kamu bisa mencari kerja sesuai dengan latar belakang pendidikan yang kamu miliki. Rata rata banyak pekerjaan yang akan menentukan minimum pendidikan, sehingga penting bagi kamu untuk memilih yang tepat.

3. Pilihlah Pekerjaan Sesuai Bidangmu 

Banyak sekali info loker Medan maupun info freelance di Medan yang bertebaran di internet. Karena banyaknya informasi mengenai lowongan kerja, akan membuat kamu bisa memilih sesuai dengan bidang yang memang kamu kuasai. Kelebihannya, ketika kamu mencarinya secara online, maka kamu bisa mengetikkan kata kunci dengan lebih spesifik dan tentunya sesuai dengan bidang yang kamu sukai.

Sebut saja, ketika kamu mencari lowongan kerja part time di Medan, maka kamu bisa mengetikkan “loker part time barista Medan”. Nantinya akan banyak sekali situs yang mengarahkan kamu ke perusahaan atau kafe yang memang sedang mencari barista. Dengan mencari kerja sesuai bidang yang kamu kuasai, akan mampu untuk menghindari agar kamu tidak berhenti kerja setelah satu hingga dua bulan saja. Lantaran pekerjaan tersebut tak sesuai dengan bidang yang kamu sukai.

4. Mencari Situs yang Kredibel

Selain itu, di dalam mencari lowongan kerja Medan secara online, maka kamu perlu untuk mencari situs yang kredibel. Sehingga, hal tersebut akan meminimalisir kemungkinan kamu akan kena tipu. Pasalnya, di jaman sekarang banyak sekali terdapat penipuan iklan tentang pekerjaan. Dimana ujungnya, kamu hanya akan diperas dan diminta untuk membayar. Tentu saja, hal ini akan sangat merugikan.

Untuk itu, kamu bisa untuk mencoba mencari situs yang terkenal dan terpercaya. Ada banyak iklan mengenai loker Medan yang bisa kamu dapatkan. Mulai dari halaman website perusahaan, media sosial perusahaan hingga beberapa situs loker yang memang telah banyak dikunjungi oleh pelamar kerja. Selain itu, kamu juga perlu menghindari dan berhati hati dalam mencari kerja di situs yang kurang terkenal, karena kebanyakan info yang diberikan palsu.

Dengan mencari info lowongan kerja Medan di website yang kredibel dan terpercaya, kamu bisa mendapatkan informasi yang lebih akurat. Selain itu, adanya kolom filter juga akan memudahkan kamu untuk mencari pekerjaan. Kelebihan lainnya adalah apabila kamu masih bingung atau terdapat keluhan di dalam cara melamar kerja, maka kamu bisa memanfaatkan kolom komentar yang tersedia. Atau dengan browsing bagaimana cara memasukkan lamaran kerja.

5. Menggunakan Aplikasi Lowongan Kerja

Di jaman yang serba digital ini, kamu bisa lebih mudah dalam mencari pekerjaan. Selain dengan menggunakan situs website, kamu juga bisa untuk menginstall aplikasi yang lowongan kerja yang ada di Google Play maupun App Store. Dengan adanya aplikasi tersebut, akan bisa memudahkan kamu di dalam mencari pekerjaan maupun loker Medan terbaru yang memang sedang kamu butuhkan.

Selain itu, kelebihan menggunakan aplikasi yang berisikan khusus lowongan kerja adalah kamu akan mendapatkan informasi tentang loker yang beragam. Seperti info freelance di Medan maupun lowongan kerja part time di Medan secara lengkap. Tak hanya itu saja, kamu juga bisa untuk memilih bidang pekerjaan yang sedang kamu inginkan melalui aplikasi satu ini.

6. Mencarinya Melalui Media Sosial

Bagi anak kost Medan, media sosial menjadi salah satu hal yang memang sangat dibutuhkan. Hal ini dikarenakan selain menggunakan website dan aplikasi, perusahaan juga banyak yang memakai media sosial sebagai tempat untuk membuka lowongan pekerjaan. Untuk itu, bagi kamu yang aktif bermain di sosial media, tak ada salahnya untuk mengikuti grup atau akun yang memang memberikan informasi tentang loker Medan.

Selain itu, melalui media sosial biasanya akan berisi tentang berbagai lowongan kerja di Medan terbaru. Sehingga, kamu tidak akan ketinggalan informasi mengenai loker terbaru dari bidang yang kamu sukai. Dengan melalui media sosial, kamu juga bisa sharing bersama temanmu di akun sosial media yang kamu miliki. Namun, kamu juga perlu untuk antisipasi pada gaji besar yang ditawarkan, terlebih lagi pekerjaannya yang sepele. Bisa saja hal tersebut adalah penipuan.

7. Melalui Grup WhatsApp

Melalui WhatsApp, kamu juga bisa untuk mencari pekerjaan yang kamu inginkan. Pasalnya, kamu pasti akan memiliki banyak sekali grup WhatsApp. Nah, dari situ kamu bisa mencari berbagai informasi mengenai lapangan pekerjaan dan lowongan bersama dengan teman teman satu grup. Selain itu, terkadang beberapa temanmu juga akan memiliki informasi tentang loker yang ada di Medan. 

8. Mengirim Surat Lamaran Melalui Situs Secara Langsung atau Email

Keunggulan mencari pekerjaan melalui online, maka kamu akan lebih mudah untuk mengirimkan lamaran. Hal ini dikarenakan kamu tak perlu mengeluarkan uang untuk mencetak CV dan juga portofolio. Kamu hanya perlu untuk membuat CV dan menyusun portofolio dengan rapi. Sehingga, kamu tinggal mengirimnya saja, bisa secara langsung ke email perusahaan maupun melalui situs loker yang tersedia.

Baca juga: 7 Tempat Wisata Paling Indah di Medan

Beberapa Situs Loker yang Bisa Kamu Jadikan Rujukan

loker medan

rekomendasi situs portal kerja di Indonesia (source:freepik.com)

1. Kompas Karier

Bagi kamu yang sering berselancar di media digital, maka kamu bisa mencari pekerjaan melalui Kompas Karier. Kompas sendiri merupakan salah satu surat kabar yang disebut sebut sebagai media cetak yang cukup besar di Indonesia. media tersebut juga mendirikan Kompas Karier, dimana kamu bisa mencari pekerjaan dengan mudah pada situs tersebut.

Disini, kamu bisa menemukan berbagai lowongan kerja yang terbaru dan juga beberapa tips tentang karier. Tak hanya itu saja, kamu juga bisa melihat lowongan kerja yang paling banyak dilihat dan yang banyak dilamar oleh pencari kerja. Terlebih lagi, uniknya semua informasi yang ada di situs ini tersedia gratis. Sehingga, kamu bisa menikmati semua fitur yang tersedia di Kompas Karier.

2. Karir.com 

Kamu juga bisa mencari loker Medan melalui situs Karir.com. Website pencari kerja yang berbasis di Jakarta Selatan ini menyediakan fasilitas berupa pencarian kerja. Disini, kamu bisa memilih pekerjaan tersebut berdasarkan nama perusahaan, posisi yang kamu inginkan dan juga kata kunci. Tak hanya itu saja, di dalam situs ini kamu juga akan bisa mendapatkan informasi pekerjaan berdasarkan industri yang kau pilih.

Sebut saja seperti retail, media, hingga financial dan juga lain sebagainya. Lebihnya lagi, situs loker ini juga dibedakan berdasarkan kota. Sehingga akan memudahkan anak kost Medan untuk mencari kerja. Hanya dengan mengetikkan bidang atau industri dan kota yang kamu inginkan, maka situs tersebut akan menyediakan pencarian. Kamu pun hanya tinggal memilih yang sesuai dengan kualifikasi kamu.

3. Jobs.id

Siapa diantara kamu yang tidak mengenal Jobs.id. Situs pencarian kerja ini lumayan populer di kalangan mahasiswa yang baru saja lulus. Hal ini dikarenakan ketika kamu mengetikkan di Google tentang kata kunci dari pekerjaan yang kamu inginkan, maka halaman Jobs.id akan muncul pada halaman pertama. Keunggulan menggunakan situs ini adalah memiliki tampilan yang cukup sederhana.

Kamu juga bisa memilih jenis pekerjaan sesuai dengan bidang dan pendidikan terakhir yang kamu miliki. Lokasi lapangan pekerjaannya pun beragam, salah satunya adalah di Medan. Di situs ini, kamu bisa menggunakan kotak pencarian yang tersedia. Ketika kamu memakai fitur tersebut, nantinya secara default akan muncul daftar lowongan pekerjaan yang bisa dipilih.

4. Jobstreet.co.id

Untuk situs lowongan pekerjaan satu ini merupakan bagian dari Jobstreet.com, yang mana juga ada di negara lain di Asia. Sebut saja seperti Singapura, Vietnam dan Filipina yang juga memiliki situs satu ini. Untuk mitra perusahaannya sendiri pun beragam, mulai dari Afrika Selatan hingga Australia. Tentu saja tidak mengherankan jika banyak perusahaan besar dan berkualitas yang bisa kamu temukan di situs satu ini.

Pada Jobstreet.id, kamu bisa menggunakan bahasa Inggris maupun bahasa Indonesia ketika mencari pekerjaan. Selain itu, fitur pencarian kerja yang ada disini juga beragam. Sehingga, kamu bisa menentukannya berdasarkan tingkat jabatan, bidang yang kamu kuasai, hingga lokasi tempat dimana kamu melamar kerja. Bahkan kamu juga bisa memilih pekerjaan berdasarkan gaji yang kamu inginkan.

Mencari kerja setelah lulus kuliah merupakan sebuah keharusan. Hal ini dikarenakan kebanyakan orang mencari gelar untuk bisa mendapatkan pekerjaan. Namun, tak jarang banyak mahasiswa juga yang mulai mencari loker ketika skripsian. Sehingga, mereka bisa bekerja secara freelance maupun part time sambil merampungkan skripsi. Dengan cara yang mudah untuk mencari kerja secara online di Medan, tentu saja akan semakin gampang untuk menemukan pekerjaan. 

Itu dia tips cara cari loker di Medan, lalu gimana cara cari kosan di medan? caranya mudah kamu tinggal buka aplikasi RedDoorz lalu pilih KoolKost, setelah itu masukkan kota medan sebagai kata kuncinya dan pilih durasi yang kamu inginkan, setelah tekan tombol search kamu akan diberikan list informasi KoolKost di kota Medan lengkap dengan harga sewa sesuai dengan waktu yang sudah kamu tentukan, bisa harian, mingguan atau bulanan. Selain itu juga ada informasi fasilitas yang diberikan sehingga kamu bisa compare dan memilih kosan mana yang cocok dengan budget dan fasilitas yang sesuai dengan keinginanmu.

Cropped fav logo@2x
Press Enter To Begin Your Search
×