Loading...

Rekomendasi kost dekat UI untuk kamu

Ada begitu banyak pilihan tempat tinggal bagi kamu yang akan kuliah di Universitas Indonesia (UI). Akomodasi di sekitar kampus berlokasi di Depok, Jawa Barat ini beragam, mulai dari apartemen hingga kost. Namun, banyaknya kost dekat UI tak jarang membuat bingung untuk memilih.

Sebelum menentukan kost di dekat salah satu universitas di Jakarta yang ternama ini, ada sejumlah pertimbangan yang harus dipikirkan, mulai dari jarak tempuh, kampus, fasilitas, harga sewa, hingga lingkungan sekitarnya.

Pertimbangkan Lokasi Ini Ketika Cari Kost Dekat UI

UI memiliki 14 fakultas dan satu program vokasi dengan jenjang D3. Kamu bisa memilih kost dekat UI, khususnya yang lebih dekat dengan fakultasmu. Sebab, bisa saja rumah kost yang satu lebih dekat dengan fakultasmu daripada rumah kos lain, yang memiliki jarak minim dengan fakultas sebelah.

Berikut ini sejumlah lokasi di sekitar UI yang bisa kamu pertimbangkan untuk mencari kost lengkap, jika ingin mendapatkan yang dekat ke tempat kuliah.

1. Pocin alias Pondok Cina

Kamu akan familiar dengan nama Pondok Cina atau yang juga dikenal dengan sebutan Pocin. Pocin alias Pondok Cina juga menjadi nama salah satu stasiun kereta commuter line (KRL) di dekat universitas ini. Dari arah Jakarta, stasiun ini terletak setelah Stasiun Universitas Indonesia. Kamu bisa menemukan banyak kost di Pocin. 

Apabila kamu mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Keperawatan, atau Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, cari kost di Pocin bisa menjadi pilihan yang tepat karena jarak seluruh fakultas tersebut relatif dekat dengan Pocin.

2. Barel alias balik rel atau belakang rel

Sejumlah lokasi di sekitar UI memang lebih populer dengan versi singkatannya. Termasuk Barel, yang berarti kawasan di balik rel atau belakang rel Stasiun Universitas Indonesia. 

Banyak mahasiswa Fakultas Hukum, Fakultas Psikologi, Fakultas Ilmu Komputer, Fakultas Ilmu Bahasa, Fakultas Ilmu Administrasi serta Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik yang kost di Barel ini. Tak heran, karena keenam fakultas tersebut bisa ditempuh dengan berjalan kali dari Barel.

3. Kutek atau Kukusan Teknik

Ada satu lagi singkatan nama daerah yang harus kamu ketahui sebagai mahasiswa UI, yaitu Kutek atau Kukusan Teknik. Sebenarnya, daerah ini masuk dalam Kelurahan Kukusan, Depok. 

Lantaran dekat Fakultas Teknik UI, maka area ini terkenal dengan sebutan Kutek, kependekan dari Kukusan Teknik. Selain Fakultas Teknik, Fakultas Ekonomi dan Bisnis pun terletak tak jauh dari Kutek. Jadi jika kamu mahasiswa dari salah satu fakultas tersebut, bisa pilih kost di Kutek.

4. Kukel alias Kukusan Kelurahan

Masih dari daerah Kukusan, kamu akan menjumpai Kukusan Kelurahan, yang tenar dengan nama Kukel. Area ini terletak tak jauh dari Kutek. Mahasiswa program vokasi UI biasanya belomba-lomba cari kost murah dan nyaman di Kukel, yang dekat gedung perkuliahan. Selain itu, Fakultas Teknik juga masih terjangkau jaraknya dari Kukel.

5. Kober

Kober adalah area kost dengan posisi “terdepan” dari arah gerbang masuk kompleks UI. Posisinya sangat dekat dengan Stasiun Universitas Indonesia. Kost di daerah ini ideal untuk para mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya, Fakultas Ilmu Administrasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Psikologi, dan Fakultas Hukum. 

Pikirkan Tarif vs Fasilitasnya

Cek harga dan fasilitas yang didapat saat pilih kost

Kamu bisa menjumpai berbagai kost dekat UI dengan beragam fasilitas. Namun tentu saja ungkapan, "Ada harga ada rupa," kost dengan fasilitas yang lengkap, biaya sewanya akan lebih tinggi.

Oleh karena itu, mulailah merinci fasilitas kost yang kamu butuhkan, dan menyesuaikannya dengan budget. Miisalnya kamu tidak membawa kendaraan, kost sederhana tanpa area parkir, dapat menjadi kandidatnya. Namun jangan kelewat perhitungan soal pengeluaran untuk sewa kost. Misalnya, karena ingin sangat irit, akhirnya memilih kost tanpa fasilitas wifi, yang akhirnya menyulitkan ketika harus mengerjakan tugas kuliah.

Kamu mungkin akan menjumpai kost yang menawarkan fasilitas dapur bersama, sehingga bisa sering memasak. Biasanya, lagi-lagi kost dengan fasilitas plus seperti ini, akan membuatmu merogoh kantong lebih dalam. 

Apabila memang lebih sering makan di kampus atau beli makan, maka tidak perlu memaksakan menyewa kost dengan fasilitas tersebut. Dengan begini, bisa lebih hemat, ‘kan?

Kost di dekat UI Depok menawarkan harga mulai Rp 1.300.000 per bulan. Dengan harga ini, harusnya sudah mendapatkan kamar serta tempat tidur dan perlengkapannya, fasilitas kamar mandi dalam, AC, wifi gratis, dapur bersama, dan kulkas bersama.

Jika ingin lebih hemat, carilah teman sekampus yang juga sama-sama sedang cari kost. Biasanya, kamu hanya perlu membayar tambahan biaya sekitar Rp 200.000 per bulan jika ada teman yang ingin tinggal sekamar.

Minta Rekomendasi Senior atau Teman

Minta rekomendasi via media sosial bisa jadi salah satu opsi. Mungkin kamu bertanya-tanya tentang tips yang satu ini. Jangan salah, sekarang ada sejumlah akun di Twitter yang menjawab berbagai pertanyaan seputar dunia perkuliahan, termasuk info kost. Kamu bisa meminta rekomendasi di sana. 

Selain itu, coba hubungi senior yang sudah lebih dulu kost dekat UI. Siapa tahu mereka punya rekomendasi tempat kost lengkap dengan harga terjangkau. Terlebih, minta rekomendasi dari orang yang sudah dikenal, bisa membuatmu lebih tenang karena lebih terpercaya.

Tak ada salahnya juga bertanya pada teman-teman seangkatanmu di SMA, yang juga akan kuliah di UI Depok. Jika mereka sudah lebih dulu berhasil menemukan kost yang pas, kamu bisa mengikutinya. Strategi ini bisa menghemat waktu "menyisiri" kandidat kost untukmu.

Cari Kost Secara Online untuk Menghemat Waktu

Cari kost online

Berbagai situs maupun app pencarian kost menyediakan pilihan kamar kost yang nyaman, termasuk fasilitas dan lingkungan di sekitarnya. Cobalah luangkan waktu khusus untuk melakukan survey online ini.

Sebab semakin banyak survey online yang kamu lakukan, akan ada lebih banyak pilihan. Kamu tinggal menyesuaikan dengan budget per bulannya. Jangan lupa juga membaca review dari para penyewa sebelumnya. 

Jika memungkinkan, hubungi pemilik atau pengelola kost. Mintalah waktu untuk tur online lewat video call. Jadi, kamu bisa lebih yakin dan memiliki gambaran yang lebih jelas tentang kost yang sedang kamu survey.

Tak kalah penting, buat catatan mengenai kost yang sudah kamu survey secara online. Dengan begitu, kamu tidak akan mengunjungi link atau tautan kost yang sama kedua kalinya.

Jelajahi situs dan aplikasi pencarian kost

Untuk mempermudah pencarian, manfaatkan aplikasi RedDoorz untuk menemukan kost idaman di dekat UI atau manapun universitas yang kamu tuju. Manfaatkan semua fitur pencarian yang ada, mulai dari kolom lokasi, harga, hingga fasilitas yang ada disekitarnya. Ada beberapa kost yang menawarkan potongan harga, jika memesan dan bayar secara online. Promo ini tentu tidak boleh terlewatkan!

Cari Kost di RedDoorz

RedDoorz adalah penyedia jaringan penginapan online dengan tarif hemat. Properti yang ditawarkan bukan hanya apartemen dan hotel, tapi juga rumah kost. Seperti kamu yang lagi cari kost dekat UI. Bagi pengguna, RedDoorz memudahkan pemesanan kamar online dan pembayarannya, serta dukungan layanan pelanggan selama 24 jam. Tunggu apa lagi? Yuk cari kost yang kamu butuhkan lewat RedDoorz sekarang! 

Cropped fav logo@2x