Loading...

Melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi memang menjadi impian setiap orang. kamu dan calon-calon mahasiswa lain pasti berusaha semaksimal mungkin agar dapat diterima di kampus impian yang tersebar di berbagai kota di Indonesia. Salah satu kampus bergengsi di Indonesia, khususnya di Jakarta, yang menjadi impian banyak calon mahasiswa adalah Universitas Trisakti. Jika kamu berencana melanjutkan pendidikan ke sana, terutama bila kamu tinggal di luar kota, mencari kost dekat Trisakti adalah salah satu to do list yang wajib terpenuhi sebelum bersiap pindah untuk menjalankan perkuliahan.

Kostan akan menjadi rumah kedua bagi mahasiswa yang merantau. Saat diterima di kampus impian dan harus berjauhan dari rumah serta keluarga, mencari kostan yang nyaman sebagai rumah kedua sampai kelulusan tiba merupakan keharusan. Kalau dapat yang nyaman tapi murah, lebih bagus lagi!

Kalau masuk Universitas Trisakti, ada banyak pilihan rumah kost atau apartemen dekat Kampus Trisakti yang bisa kamu jadikan opsi. Saat tinggal di kostan atau apartemen dekat Trisakti, ada beberapa manfaat yang akan kamu dapatkan, seperti dapat belajar hidup mandiri, lebih dapat bersosialisasi dengan lingkungan sekitar, lebih dapat menghemat pengeluaran karena tidak memerlukan ongkos untuk ke kampus, dan dapat belajar mengatur keuangan sebaik mungkin.

Mengenal Kampus Trisakti

Anak kuliah asik kerjain tugas di kostan

Trisakti adalah salah satu kampus swasta bergengsi yang berada di Jalan Kyai Tapa No. 1, Grogol, Jakarta Barat, dan menjadi satu-satunya kampus yang didirikan oleh pemerintah Indonesia pada 29 November 1965. Awalnya, Kampus Trisakti bernama Universitas Respublika. Tetapi pada 1965, Universitas Respublika dihancurkan oleh massa karena disinyalir terlibat pergerakan PKI.

Sisa puing-puing dari Universitas Respublika itulah yang saat ini menjadi Kampus Trisakti. Nama Trisakti adalah pemberian dari Ir. Soekarno yang berasal dari pidato beliau. Sejak pertama berdiri, kampus ini hanya memiliki lima fakultas, yaitu Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Kedokteran, Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, dan Fakultas Teknik yang terdiri atas empat departemen (Arsitektur, Teknik Elektro, Teknik Mesin, dan Teknik Sipil).

Seiring dengan berjalannya waktu, Trisakti saat ini memiliki sembilan fakultas dengan 5 Program Diploma III, 23 Program Sarjana, dan Program Pascasarjana dengan 8 Program Magister dan 2 Program Doktor. Adapun kesembilan fakultas tersebut adalah Fakultas Arsitektur Lansekap dan Teknik Lingkungan, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Kedokteran, Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, Fakultas Teknologi Kebumian dan Energi, serta Fakultas Teknologi Industri.

Fasilitas Umum di Sekitar Kampus Trisakti

Letaknya yang strategis di pusat kota, menjadikan Kampus Trisakti dikelilingi oleh fasilitas-fasilitas umum sehingga memudahkan kamu dan mahasiswa-mahasiswa lainnya untuk memenuhi kebutuhan. Adapun fasilitas-fasilitas umum di sekitar kampus Trisakti adalah apotek, coffee shop, gerai ATM, halte Busway, hotel, kafe, klinik, minimarket, pusat perbelanjaan (Mal Central Park, Mall Citraland, Mall Taman Anggrek, dan Roxy Square), rumah ibadah (gereja dan masjid), rumah sakit (Rumah Sakit Jantung Harapan Kita, Rumah Sakit Kanker Dharmais, dan Rumah Sakit Royal Taruma), rumah makan, SPBU, dan Terminal Bus Grogol.

Selain fasilitas-fasilitas umum tersebut, ada juga apartemen dekat kampus Trisakti yang dapat dijadikan sebagai tempat tinggal selama kamu menjalankan studi hingga menyelesaikannya. Biasanya, fasilitas yang ditawarkan oleh apartemen lebih baik dan lebih lengkap dibandingkan dengan fasilitas yang ditawarkan oleh kost dekat Trisakti, namun tentu saja harganya lebih mahal.

Tempat-Tempat Nongkrong yang Asyik di Sekitar Kampus

Hangout bareng teman salah satu hal seru di luar jam kuliah

Salah satu kegiatan yang tidak boleh dilewatkan bersama teman-teman kampus adalah nongkrong. Masa kuliah kurang lengkap rasanya tanpa nongkrong-nongkrong bareng teman. Nongkrong bersama teman-teman dapat membuat kamu melepas penat setelah kuliah, saling bertukar cerita, bahkan tidak jarang juga sebagai ajang untuk mengerjakan tugas bersama.

Buat anak kost di Jakarta Barat, ada banyak tempat hangout yang bisa jadi destinasi seru bareng teman. kamu dan teman-teman yang kuliah di Trisakti dapat nongkrong di coffee shop, seperti 9 Cups Coffee dan Guten Morgen Coffee Lab; kafe dengan jajanan Jepang, seperti Amausaan Uji Matcha, Burgushi, dan Dogkyo; serta kafe dengan jajanan Indonesia, seperti Pondok Hari-Hari, Pondol-Pondok Es Cendol, dan Warunk UpNormal. Selain itu, kamu dan teman-teman juga dapat nongkrong di tempat-tempat makan atau warung-warung kopi terdekat yang nyaman dan ramah di kantong.   

Macam-Macam Kost Dekat Trisakti 

Bagi kamu dan mahasiswa-mahasiswa Trisakti yang harus tinggal jauh dari orangtua, kostan yang aman dan nyaman menjadi rumah kedua selama menjalani masa studi. Di dekat Kampus Trisakti terdapat berbagai kostan yang dapat kamu pilih dengan harga kost yang berbeda-beda. Kamu bisa sewa kost dekat Trisakti secara bulanan, sewa kost tiga bulanan, sewa kost enam bulanan, bahkan sewa kost tahunan.

Ada juga kostan yang khusus untuk putra, khusus untuk putri, bahkan campur antara putra dan putri. Dibandingkan dengan kostan khusus putra atau khusus putri dekat Trisakti, banyak yang menganggap bahwa kostan putra putri Trisakti jauh lebih bebas. Padahal, hal tersebut tidaklah benar karena kostan campur juga memiliki aturan-aturan ketat yang harus dipatuhi oleh seluruh penghuni untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.   

3 Poin Yang Mempengaruhi Harga Sewa Kost

Sudah bukan menjadi rahasia bahwa biaya hidup di Jakarta sangatlah tinggi, begitu juga dengan harga sewa kost. Bagi kamu dan orang-orang rantau yang harus tinggal di Jakarta, pasti mencari dan memilih tinggal di kostan yang murah. 

Untuk mencari kost murah di Jakarta, baik yang bulanan, tiga bulanan, enam bulanan, maupun tahunan, memang menjadi tantangan tersendiri. Ada kost bulanan Jakarta murah, tetapi fasilitasnya tidak memadai, bahkan lokasinya sulit dijangkau. Ada kost bulanan Jakarta yang cukup menguras kantong, tetapi fasilitasnya memadai dan lokasinya mudah dijangkau.

Mencari kostan di Jakarta memang tidaklah mudah, terutama dari segi harga sewanya. Antara kostan yang satu dengan kostan yang lain memiliki harga sewa yang berbeda-beda. Adapun hal-hal yang mempengaruhi harga sewa kost adalah sebagai berikut.

1. Fasilitas yang Ditawarkan

Setiap kost pasti memiliki fasilitas penunjang untuk memenuhi kebutuhan calon penghuninya. Fasilitas standar yang biasa ditawarkan adalah kasur dan lemari serta meja belajar untuk mahasiswa. Jika fasilitas yang ditawarkan tergolong lengkap, seperti AC, internet, kamar mandi di dalam kamar, layanan cuci dan setrika, pemanas air, dan TV berlangganan, harga sewa yang harus kamu bayarkan akan semakin mahal. 

2. Lokasi

Lokasi kost yang mudah dijangkau, strategis, di tepi jalan, dan dekat dengan kampus memiliki harga sewa yang mahal. Hal ini tentu saja berbanding terbalik dengan harga sewa kost yang berada di dalam gang dan jauh dari kampus.

3. Masa Sewa Kost

Biasanya, pemilik kost akan menyewakan kostan secara perbulan, pertiga bulan, per enam bulan, bahkan bertahun. Semakin lama masa sewa yang kamu pilih, harga sewa yang harus dibayarkan akan semakin murah.   

Mencari Kost Dekat Trisakti Murah dan Nyaman?

KoolKost Female Syariah near Universitas Trisakti

Seperti yang sudah disebutkan bahwa mencari kost murah di Jakarta tidaklah semudah yang dibayangkan, termasuk mencari kost dekat Trisakti yang murah dan nyaman. Jika kamu adalah mahasiswa Trisakti yang sedang mencari kost murah dan nyaman, cobalah cara-cara berikut. 

Melakukan Survei

Hal pertama yang dapat kamu lakukan dalam mencari kost dekat Trisakti murah adalah melakukan survei ke beberapa kostan dengan membandingkan harga, fasilitas, dan lokasi. Beberapa kost yang sudah kamu survei dapat dijadikan pertimbangan sehingga lebih mudah untuk memilih kostan yang sesuai dengan keinginan.

Mencari Informasi Melalui Internet

Selain melakukan survei, kamu juga dapat mencari informasi tentang berbagai kostan melalui internet. Bahkan saat ini, sudah banyak aplikasi tentang kostan yang dapat kamu unduh di smartphone. Dengan begitu, kamu dapat menghemat tenaga dan waktu saat mencari kostan yang sesuai.

Jarak dengan Kampus

Kost yang dekat dengan kampus memang identik dengan harga sewa yang mahal. Meskipun demikian, kamu dapat menyiasatinya dengan mencari kost yang tidak terlalu dekat, juga tidak terlalu jauh dari kampus.

Baca juga: Tips Memilih Kost Dekat BINUS

Kemudahan Akses

Lokasi kost yang mudah dijangkau, strategis, dan di tepi jalan memang memiliki harga sewa yang mahal. Meskipun demikian, bukan berarti kamu harus mencari kostan yang jauh dari mana-mana, berada di ujung jalan, harus berjalan kaki cukup jauh karena tidak dilalui oleh angkutan umum, atau harus melalui jalan-jalan yang cukup membahayakan, terutama pada malam hari. Tidak masalah jika kostan kamu berada di dalam gang, asalkan memiliki kemudahan akses.

Fasilitas yang Ditawarkan

Semakin lengkap fasilitas yang ditawarkan, harga sewa kost dekat Trisakti akan semakin mahal. Karena itu, kamu harus pandai-pandai memilah fasilitas-fasilitas yang ditawarkan. Jika dirasa fasilitas yang ditawarkan tidak terlalu, bahkan tidak sama sekali, dibutuhkan, kamu sebaiknya mencari kostan lain dengan fasilitas standar yang nyaman dan harga sewa yang lebih murah.

Dekat dengan Warung Nasi

Tinggal di kostan yang dekat dengan warung nasi atau tempat makan lain yang murah memang menjadi dambaan setiap mahasiswa karena dapat menghemat pengeluaran. Selain biaya sewa kostan yang murah, kamu juga dapat menikmati masakan dengan harga yang bersahabat.

Lingkungan Sekitar

Selain harga sewa yang murah, kamu juga harus mempertimbangkan kenyamanan saat mencari kostan. Kenyamanan di sini berhubungan dengan lingkungan yang bersih dan aman. Lingkungan kostan yang bersih tentu akan berpengaruh pada kesehatan kamu dan keamanan tentu akan berpengaruh pada kenyamanan kamu selama tinggal di kostan tersebut.

Sikap Pemilik Kost

Hal yang satu ini sering, bahkan tidak dipedulikan, oleh kamu dan mahasiswa-mahasiswa lainnya. Padahal, sikap pemilik kost sangat berpengaruh pada kenyamanan kamu selama tinggal di kostan tersebut.

Jika pemilik kost cuek, galak, tidak peduli, atau tidak bersahabat, kamu pasti tidak nyaman tinggal di kostan tersebut. Tetapi jika pemilik kost baik, peduli, dan bersahabat, kamu pasti merasa sangat nyaman dan kerasan tinggal di sana. Bahkan, kamu akan merasa sangat berat untuk meninggalkan kost tersebut meskipun sudah menyelesaikan studi di kampus Trisakti.

Pemilik Kost Mengizinkan Masak Sendiri

Memasak sendiri memang dapat menghemat pengeluaran dibandingkan dengan membeli makan di luar. Karena itu, pilihlah kostan yang pemiliknya mengizinkan kamu untuk masak sendiri. Selain lebih hemat, kamu juga dapat menikmati masakan bersama teman-teman kostan lainnya. 

Cari Kost Dekat Trisakti Pakai Aplikasi RedDoorz

 

RedDoorz adalah jaringan manajemen dan penyedia akomodasi online dengan tarif hemat. Selain hotel dan apartemen, kini RedDoorz juga menawarkan banyak pilihan kost di berbagai kota di seluruh Indonesia. Bagi kamu yang butuh cari kost, langsung aja download aplikasi RedDoorz versi terbaru, atau klik link berikut dari ponsel kamu: cari kost dengan RedDoorz.

RedDoorz akan memudahkan pencarian maupun pemesanan kost online sampai dengan pembayarannya. Selain itu, tersedia juga dukungan layanan pelanggan selama 24 jam. Cari kost lewat RedDoorz akan memberi banyak keuntungan karena banyak penawaran menarik.

Mencari kost dekat Trisakti yang murah dan nyaman memang tidaklah mudah dan menjadi tantangan tersendiri untuk Anda. Meskipun demikian, kamu tidak perlu khawatir dan dapat mencoba cara-cara di atas saat mencari kost dekat Trisakti murah. Selamat mencari kost murah di Jakarta!

Yuk Download Aplikasi RedDoorz di Google Play dan juga Apps store sekarang!

Press Enter To Begin Your Search
×