Loading...

Siapa yang tidak ingin memiliki tubuh yang sehat dan tidak gampang sakit? Tentunya hampir semua orang bukan? Sekalipun saat ini kamu menjadi salah satu penghuni kost Jakarta atau kota lainnya, kamu juga harus tetap sehat. Memulai pola hidup sehat memang bukanlah hal yang mudah, butuh kemauan keras untuk memulainya. Nah berikut beberapa cara hidup sehat yang bisa kamu mulai dan sangat cocok untuk anak kos. Simak ulasannya.

cara hidup sehat

Olahraga salah satu gaya hidup sehat anak kost (source:freepik.com)

 

Cara Hidup Sehat Ala Anak Kost yang Penting Dilakukan

1. Kukuhkan Niat

Rasanya akan percuma jika kamu mencari banyak pengetahuan tata cara hidup sehat, jika pada kenyataannya kamu hanya ingin tahu saja. Tanpa ada niat dan upaya untuk melakukannya.Sehingga ada baiknya sebelum mencoba banyak cara, kamu lebih dahulu untuk memantapkan niat. Mari kita lihat, seberapa pentingnya kamu harus tetap sehat selama kamu kos. Apalagi jika kamu jauh dari rumah dan sedang sendirian di kosan.

Pada saat itu kamu sakit, pastinya akan mengganggu banyak aktivitas. Mulai dari aktivitas pekerjaan atau kuliah yang berantakan hingga harus merepotkan teman. Membuat khawatir orang tua di rumah dan banyak hal lain yang harus kamu perhatikan. Mungkin jika sakit berupa flu atau pilek tak akan membuat khawatir berlebihan. Berbeda kasusnya jika memasuki masa pandemi yang akhir akhir ini menyerbu berbagai negara.

Sakit flu saja sudah membuat orang parno dan berfikir yang tidak tidak. Sampai banyak yang mencari informasi seputar cara hidup sehat di masa pandemi. Selain masa pandemi, di waktu biasa saja banyak penyakit yang bisa kapan saja menyerang anak kosan. Mulai dari diare, insomnia, maag, tipes hingga DBD. Penyakit penyakit tersebut bisa mengakuisisi tubuh kamu jika kamu tidak menerapkan pola hidup yang sehat dan baik.

Dengan alasan tersebut, maka sudah saatnya niat untuk mengubah pola hidup penting kamu kukuhkan. Niatkan jika menjaga kesehatan tubuh merupakan kebutuhan semua makhluk hidup. Berbagai penyakit tersebut juga bisa menjadi alasan, sekalipun terlihat ringan jika diabaikan juga akan membahayakan. Niat yang baik, seharusnya tidak akan goyah serta dibarengi dengan aksi nyata. Melawan kemageran memang sulit, tapi bukan berarti tidak bisa.

2. Menerapkan Pola Makan yang Baik 

Setelah kamu memiliki niat yang kokoh di dalam diri kamu, maka kamu bisa mulai untuk hidup sehat dengan memperhatikan asupan makanan. Kebanyakan anak kos abai dengan makanan yang masuk. Cenderung lebih memilih yang paling mudah dan praktis ketika memilih makanan. Selain itu, jam makannya bisa sesempatnya alias tidak teratur. Padahal jika kamu ingin memulai cara hidup sehat, kamu harus memperhatikan pola makan yang baik.

Pola makan yang baik dan teratur akan membantu kamu untuk menjauhi penyakit yang menyentuh pencernaan kamu. Mengingat penyakit seperti maag, menjadi satu sakit yang paling banyak dimiliki oleh anak kosan. Kamu bisa memulai merubah pola makan dengan menyempatkan sarapan setiap hari. Bagi kamu yang memiliki jadwal yang padat dari pagi hingga matahari tenggelam, kamu tidak bisa melewatkan sarapan pagi yang sangat penting.

Bahkan penelitian menyatakan jika orang yang sarapan akan mampu untuk memenuhi kebutuhan gizi yang menyeluruh. Baik dalam hal asupan serat,vitamin A, B,C hingga kebutuhan kalsium di tubuh. Cara hidup sehat ala anak kost ini bisa kamu terapkan dengan mudah setiap harinya. Bangun lebih awal dan luangkan waktu untuk sarapan, sarapan tidak harus nasi kamu bisa meminum susu atau roti. Buah buahan juga bisa dijadikan menu sarapan yang sehat.

Banyak juga yang memilih makanan tanpa memandang gizi, vitamin atau kualitas yang bersih ketika makan. Alasannya tentu saja untuk bisa hidup sehat membutuhkan biaya yang besar sementara uang makan terbatas. Yang terpenting bagi kebanyakan anak kos adalah yang kenyang dan halal. Sehingga makanan instan pun kerap masuk dalam daftar menu makanan harian. Hal ini jika diabaikan akan memberikan dampak negatif untuk tubuh kamu.

Untuk bisa memulai cara hidup sehat sederhana, kamu bisa mulai untuk memasak sendiri. Dengan begitu kamu bisa bebas memilih bahan bahan yang berkualitas. Kamu yang tidak bisa berhenti mengkonsumsi mie instan, bisa menggantinya dengan bihun jagung. Memasak sendiri makananmu juga bisa membuat proses memasaknya lebih bersih. Menariknya, memasak sendiri juga bisa menghemat pengeluaran untuk tidak jajan di luar.

3. Rajin Olahraga

Makan makanan yang bergizi juga tidak akan menjamin kamu bisa hidup sehat. Untuk itu, kamu harus mulai mengimbanginya dengan rajin berolahraga. Kebiasaan anak kost lebih memilih untuk tidur atau rebahan, dibandingkan untuk melakukan olahraga. Olahraga akan membuat sirkulasi darah lancar dan juga akan menghindarkan fisik kamu dari berbagai penyakit yang bisa menyerang kapan saja.

Tips hidup sehat ala anak kost satu ini sebenarnya tidak berat dilakukan, asalkan kamu memiliki niat. Olahraga teratur seharusnya 1 hingga 3 kali dalam satu minggu. Olahraga tidak harus olahraga yang berat, kamu bisa olahraga ringan yang sudah cukup untuk memelihara kondisi fisik kamu. Bahkan kamu tidak perlu mengeluarkan budget untuk olahraga secara teratur. Cukup dengan lari pagi atau jalan jalan saja sudah bisa menjadi olahraga harian.

4. Istirahat Cukup

cara hidup sehat

Istirahat yang cukup agar lebih sehat (source:freepik.com)

Tidak cukup sampai di situ, kamu juga bisa mempraktekkan cara hidup sehat ala anak kosan yang tidak kalah penting. Apakah kamu termasuk dalam deretan manusia yang sering begadang? Jika iya maka kamu masih belum memiliki pola hidup yang sehat. Sebab dalam satu hari, manusia harus istirahat 7 hingga 8 jam setiap harinya. Mungkin banyak yang berpikiran jika jam tidur malam hari yang kurang, bisa digantikan dengan tidur siang hari.

Tetapi pola tidur yang terbalik ini nyatanya tidak membuat tubuh kamu menjadi lebih sehat. Karena kinerja tubuh di siang hari dan malam hari tidak akan mengikuti pola hidup kamu. Saat malam hari banyak organ yang masih bekerja, sehingga kamu butuh untuk istirahat. Memang saat ini belum banyak efek yang bisa kamu rasakan. Paling tidak, kamu akan kesulitan untuk konsentrasi serta menjadi lebih mudah untuk stres.

Begadang dalam jangka panjang tentunya akan menimbulkan berbagai masalah kesehatan yang serius. Untuk itu,kamu harus memenuhi kebutuhan istirahat malam harimu dengan cukup. Tubuh yang tidak fit karena kurang tidur, menjadi rentan untuk terkena berbagai virus atau penyakit. Bahkan anjuran ini juga masuk dalam cara hidup di masa pandemi yang harus kamu penuhi. Mulailah untuk menata kembali pola tidurmu agar insomnia tak menghantui terus terusan.

5. Menjaga Kebersihan

Sehat dan bersih tentunya menjadi satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. Untuk itu jika kamu ingin hidup sehat, harus melakukan cara hidup sehat dan bersih satu ini. Menjaga kebersihan tidak hanya membersihkan kosan saja. Meskipun membuat kosan menjadi bersih dan rapi sangat penting dilakukan. Tetapi menjaga tubuh tetap bersih juga harus kamu lakukan, dengan begitu kamu bisa meminimalisir adanya kuman atau virus yang menyerang.

Menjaga kebersihan badan yang paling sederhana adalah dengan rajin mandi dan cuci tangan. Umumnya mandi setiap harinya adalah 2 kali sehari, tergantung dari kebiasaan dan juga aktivitasmu di luar. Alangkah baiknya jika kamu mandi setelah seharian menghabiskan banyak waktu di luar kosan. Begitu juga dengan kebiasaan mencuci tangan yang juga harus kamu terapkan. Baik saat masa pandemi atau tidak masa pandemi harusnya kebiasaan ini sudah bukan hal baru.

Mencuci tangan dilakukan setiap kali selesai menyentuh barang barang yang berpotensi menyebarkan kuman. Sebelum dan sesudah makan hingga setelah urusan kamar mandi juga harus mencuci tangan. Mencuci tangan dengan teratur, akan membuat kamu bisa terhindar dari berbagai penyakit maupun virus seperti flu. Jika memang tidak memungkinkan untuk mencuci tangan, kamu bisa membawa hand sanitizer sebagai pengganti.

6. Mengelola Stres dengan Baik

Sebagai anak kosan, bukan berarti kamu tidak akan rentan mengalami stres. Justru  kamu bisa saja  dalam jajaran manusia yang rentan stres. Aktivitas kuliah atau pekerjaan yang menggunung bisa menjadi pemicu stres. Belum lagi masalah hidup yang akan membuat kamu juga bisa kepikiran. Dan jika kamu tidak menjaga pikiran dengan baik, maka kamu bisa jatuh sakit. Karena percaya atau tidak banyak pikiran dan merasa tertekan membuat segalanya tak berjalan baik.

Untuk itu, kamu bisa mengambil waktu untuk liburan jika dirasa memang terlalu penat. Selain itu, ada baiknya jika kamu tidak menunda nunda pekerjaan atau tugas kamu. Menyelesaikan masalah secepatnya akan membuat beban di kepala juga berkurang. Berbeda jika semua tugas kamu numpuk, semakin pening dan tidak bisa berkonsentrasi. Akibatnya tubuh menjadi ikut tidak fit dan bahkan kamu bisa jatuh sakit.

Selain itu, kamu juga harus selalu berfikir positif dalam menyikapi berbagai hal. Begitu juga ketika pandemi saat ini yang membuat kita suka berpikir berlebihan. Jika pikiran atau mental tidak dikelola dengan baik virus memang akan cepat mendekat. Berbagai hal buruk lainnya juga bisa terjadi dalam diri kamu. Untuk itu cara hidup sehat yang bisa diterapkan anak kos ini harus kamu perhatikan.

7. Konsumsi Air Putih, Jangan Lupa!

cara hidup sehat

Banyak mengkonsumsi air putih minimal 2 liter perhari (source:Unsplash.com)

Setelah kamu menerapkan cara hidup sehat alami yang telah disebutkan, kamu juga harus ingat jika tubuh harus memenuhi cairan harian. Untuk itu pastikan setiap hari, kamu mengkonsumsi air putih seperti yang dianjurkan. Konsumsi air putih yang dianjurkan sekitar 8 gelas setiap harinya. 8 gelas yang dimaksud ini tidak termasuk dengan kopi atau minuman manis lainnya yang juga biasanya mampir ke tenggorokan kamu.

Tidak sulit untuk mengkonsumsi air putih dengan rajin, kamu bisa menerapkan tips minum air putih yang sudah banyak beredar. Konsumsi air putih yang cukup, tak hanya akan membuat tubuh menjadi sehat. Tetapi juga akan memberikan banyak manfaat baik bagi tubuh kamu. Termasuk untuk kamu yang ingin memiliki kulit yang sehat. Karena memang ada banyak komponen yang harus dehidrasi dalam tubuh manusia setiap harinya.

Dengan beberapa tips tersebut, kini kamu tidak perlu lagi menanyakan bagaimana cara hidup sehat yang cocok untuk anak kos. Mau kamu anak kosan ataupun bukan, memiliki pola hidup yang sehat menjadi pilihan masing masing pribadi. Ada baiknya untuk segera memulai gaya hidup sehat sebelum terlambat. Perlahan namun pasti nantinya kamu akan terbiasa dan menjadi kebiasaan yang tak bisa dihilangkan.

Rekomendasi Kosan Putri di Jakarta

Kost Ibu Nensi Tebet

Kalau kamu sedang cari kosan putri di daerah Tebet atau sekitarnya, kamu bisa pilih Kost Ibu Nensi Tebet yang lokasinya berada di Jalan Tebet Dalam 2A No.29 Rt.10/Rw.01. Tebet Barat, Jakarta Selatan. Dengan fasilitas kosan seperti kamar yang sudah dilengkapi tempat tidur, lemari pakaian, ruangan ber-AC dan free Wifi.

Cek detail Kost Ibu Nensi Tebet

Kost Kokas

Kosan putri ini terletak di Komplek Mandiri Blok D No.26, tepatnya berada di seberang Kokas. Dengan fasilitas lengkap seperti kasur, lemari pakaian, meja kerja ruangan ber-AC, kamar mandi dalam, dapur bersama, televisi, dan wifi gratis.

Cek detail Kost Kokas

Hanum Kost

Kosan putri ini letaknya hanya 500 meter dari Kemang Village, tepatnya di jalan Kemang IV No.3A, bangka, Jakarta Selatan. Dengan fasilitas lengkap seperti kasur, lemari pakaian, meja kerja, kamar mandi dalam, ruangan ber-AC, televisi, dan wifi gratis.

Cek detail Hanum Kost

Kini untuk mencari kosan Putri di Jakarta sangatlah mudah, kamu bisa gunakan Aplikasi RedDoorz, dan temukan list kosan Putri di Jakarta hanya dengan menggunakan smartphone kamu. caranya buka aplikasi RedDoorz, pada bagian atas kamu bisa pilih Kost Houses dan  masukkan kata Jakarta pada kolom pencarian, lalu tekan search maka kamu akan mendapatkan list kosan di Jakarta, lalu agar kosan yang keluar hanya kosan Putri maka kamu bisa gunakan Filter by gender dan pilih female only, setelah itu kamu baru akan mendapatkan list kosan putri di Jakarta. Yuk gunakan Aplikasi RedDoorz sekarang, untuk bisa menemukan kosan yang kamu inginkan.

 

Cropped fav logo@2x
Press Enter To Begin Your Search
×