Loading...

 

Menjalani kehidupan sebagai mahasiswa baru tentu saja menjadi hal yang mengasyikkan. Hal ini dikarenakan banyak kegiatan seru yang bisa kamu lakukan selama masa kuliah, salah satunya adalah ngekost. Bagi kamu yang keterima di Universitas Indonesia, kost Depok menjadi salah satu daerah yang bisa kamu gunakan untuk tempat tinggal. Lalu, bagaimana cara adaptasi saat menjadi anak kosan baru? Untuk itu, kamu bisa menyimak tipsnya berikut ini.

mahasiswa baru

Packing barang ke kosan (source:freepik.com)

Tips Untuk Calon Maba yang Mulai Ngekost

1. Belajar Untuk Mandiri

Tips untuk mahasiswa baru yang pertama ngekost adalah kamu harus dituntut menjadi pribadi yang mandiri. Ketika dari kecil kamu selalu bergantung kepada orang tua, maka saat kamu mulai ngekos akan menjadi hal yang berbeda. Hal ini dikarenakan kamu harus mengurus segala sesuatunya sendiri. Mulai dari mencuci baju sendiri, membersihkan kamar hingga bangun pagi untuk berkuliah.

Dengan hidup di kosan, tentu saja menjadi bentuk adaptasi mahasiswa baru. Namun, kamu tak perlu khawatir. Bagi yang belum terbiasa di dalam melakukan aktifitas tersebut maka kamu bisa mulai mencuci baju dengan menggunakan jasa laundry kiloan. Selain itu, untuk perihal makanan, kamu juga bisa dengan mudah membelinya di warteg dekat dengan kosan dan tempat makan yang lain.

2. Mulai Berpikir Tentang Prioritas

Selain menjadi mandiri, ketika ngekos kamu juga akan diajak untuk mulai berpikir secara rasional dan memprioritaskan sesuatu. Hal ini dikarenakan kamu harus mulai bisa untuk mengatur segala sesuatu dengan sendiri. Dengan ngekost akan menjadi salah satu tempat untuk belajar dan berpikir serta untuk mengatur kehidupan. Sebab, kamu pastinya akan tinggal jauh dari orang tua.

Sehingga, bagi kamu yang memutuskan untuk kuliah di luar kota dan harus terpaksa ngekost mau tidak mau akan memikirkan bagaimana agar hidup bisa berjalan dengan normal. Salah satunya adalah berpikir tentang cara untuk mengatur keuangan yang serba terbatas. Akan tetapi, kamu memiliki keinginan yang banyak atau tanpa batas. Untuk itu, disini membuat skala prioritas menjadi tips untuk calon maba yang bisa kamu lakukan.

Dengan begitu, kamu bisa menentukan mana yang lebih penting dan mana yang memang dibutuhkan. Dalam proses ngekos, kamu juga akan belajar bagaimana caranya untuk menyisihkan uang tabungan. Secara tidak langsung, cara ini sebagai bentuk pembelajaran. Pasalnya, kamu akan mengerti bagaimana cara untuk menyimpan uang seperti yang dilakukan oleh kedua orang tua.

3. Mempersiapkan Mental

Menjadi seorang maba, tentu saja akan banyak kegiatan untuk mahasiswa baru yang kamu dapatkan. Untuk lebih memudahkan, kamu perlu mempersiapkan mental terlebih dahulu. Persiapan mental yang dimaksud disini adalah kamu akan mengalami bagaimana rasanya tinggal jauh dengan orang tua. Sehingga, tentu saja akan membutuhkan kesiapan yang matang.

Jika di rumah kamu selalu terbiasa dengan semua yang selalu ada. Tentunya, hal ini akan berbeda ketika kamu ngekos. Ditambah lagi dengan serangkaian kegiatan yang banyak akan membuat kamu lebih harus beradaptasi dengan baik. Untuk mampu beradaptasi dengan maksimal, tentu saja harus diperlukan persiapan mental yang kuat. Untuk belajar, kamu pun harus mulai membiasakan untuk melakukan segalanya sendiri selama masih berada di rumah.

4. Pilihlah Tempat Kos yang Sesuai Dengan Keinginan

Persiapan kost pertama kali, pastinya kamu akan memilih tempat kos yang sesuai dengan keinginan dan budget yang kamu miliki. Selain itu, kamu juga perlu untuk memilih tempat kos yang memiliki lingkungan kondusif. Untuk itu, kamu bisa memilih dan mencari tempat kos yang terbaik. kamu bisa meminta rekomendasi dari teman teman yang sebelumnya telah diterima di UI, agar kamu bisa mendapatkan kost Depok yang sesuai.

Sebelum memastikan untuk memilih kost tersebut, maka kamu bisa melakukan survey terlebih dahulu. Datangilah kos yang kamu inginkan, kemudian lihatlah bagaimana kondisi lingkungannya. Bila perlu, kamu juga harus masuk ke dalam kos untuk melihat lihat bagaimana kondisi dari kamar kosnya. Jangan lupa untuk mengecek fasilitas lain yang tersedia di tempat kos, seperti kamar mandi, tempat parkir dan juga dapur.

Tak hanya fasilitas di dalam kos saja, melainkan kamu juga bisa melihat jarak tempuh kos dengan kampus. Apabila kamu tidak memiliki kendaraan, maka pilihlah tempat kos yang tidak jauh dari kampus. Hal ini bertujuan untuk memudahkan mobilisasi kamu nantinya. Selain itu, kamu juga bisa melihat lingkungan sekitar yang ada di tempat kos. Pilihlah tempat tinggal yang dekat dengan fasilitas umum.

Sebut saja seperti minimarket ataupun tempat jual makanan. Sehingga, apabila kamu tidak sempat untuk memasak maka kamu bisa dengan mudah dan cepat untuk membelinya. Hal ini tentu saja sangat penting, pasalnya meskipun kamu anak kos, kamu pun tetap harus makan secara teratur. Dengan memilih lokasi yang strategis tentu saja akan lebih memudahkan kamu nantinya.

Untuk lebih mudahnya sebenernya kamu bisa lebih praktis cari kosan di aplikasi RedDoorz, kamu bisa temukan KoolKost di sekitaran kota Depok. Caranya, kamu buka aplikasi RedDoorz lalu pilih KoolKost, lalu masukkan kota Depok pada fitur pencarian dan pilih durasi lama kamu ngekos, bisa harian, mingguan, bahkan bulanan, setelah itu klik search dan kamu akan mendapatkan informasi KoolKost yang ada di depok lengkap dengan harga sewa dan fasilitas yang diberikan. jadi kamu bisa compare langsung dan pilih kosan yang sesuai dengan budget dan fasilitas yang kami inginkan.

5. Kenalan Dengan Penghuni Kos

mahasiswa baru

Ngobrol dengan teman kosan baru biar lebih akrab (source:freepik.com)

Menjadi mahasiswa baru, tentu saja akan otomatis membuatmu memiliki lingkungan pertemanan yang baru. Selain berkenalan dengan teman kampus, bagi kamu yang ngekos tentu saja haruslah berkenalan dengan warga kos yang lama. Hal ini dikarenakan sebagai penghuni baru, maka kamu pun perlu akrab dengan orang orang yang berada di lingkungan barumu tersebut.

Hal lain yang mendasari mengapa kamu perlu berkenalan dengan warga kosan adalah mereka merupakan orang yang akan menjadi keluarga kita selama merantau. Oleh sebab itu, kamu perlu membiasakan untuk beradaptasi dengan lingkungan yang baru, termasuk penghuni kos. Pemilik kos merupakan orang pertama yang akan kamu kenal. Selanjutnya, kamu bisa berkenalan dengan penghuni yang lainnya.

6. Mengenal Karakter Setiap Teman Kost

Selanjutnya, ketika masa penerimaan mahasiswa baru pastinya kamu akan lebih sering menghabiskan waktu di kos dan tidak bisa pulang kampung. Hal ini dikarenakan banyak kegiatan yang akan kamu lakukan selama berada di kampus. Dengan begitu, otomatis setiap hari kamu akan bertemu dengan anak kos. Untuk itu, penting mengenali setiap karakter dari warga kos ini. 

Pertama, kamu harus mengetahui bagaimana gaya bicaranya. Pastinya setiap orang akan memiliki gaya bicaranya sendiri sendiri. Dengan mengenali gaya bicaranya akan membuat kamu lebih nyaman di dalam berbicara. Sehingga tidak akan membawa perasaan seperti overthinking ketika ada teman kos yang memiliki gaya bicara keras dan lantang.

Selanjutnya, kamu juga perlu tahu apakah teman kosmu mudah marah atau tersinggung. Dengan mengetahuinya, maka kamu akan bisa menghindari sesuatu yang akan menimbulkan konflik. Hal yang perlu kamu tahu, janganlah membuat konflik sehingga membuat mereka marah atau tersinggung. Sebab, ketika kamu memiliki konflik dengan teman kos maka hal tersebut akan membuat kamu tidak nyaman saat berada di kosan.

7. Bersikap Ramah 

Sebagai mahasiswa baru, otomatis kamu akan menjadi orang yang baru. Untuk itu, sangat penting bagi kamu untuk memiliki sikap yang ramah. Untuk itu, usahakan untuk tersenyum dan menyapa ketika bertemu pemilik kos maupun teman kos. Hal ini dikarenakan selama merantau mereka adalah sosok yang paling dekat. Sehingga, ketika kamu memiliki sifat yang acuh, maka mereka pun juga tidak akan peduli.

Hal ini menyebabkan kamu akan rugi nantinya. Karena, kamu tidak bisa meminta tolong apabila membutuhkan pertolongan dan mengalami masalah. Biasakan untuk senyum, salam dan sapa. Dengan melakukan tiga hal tersebut, akan membuat kedua belah pihak menjadi lebih nyaman, baik dirimu sendiri maupun teman kos. Terutama yang memiliki kamar berdekatan denganmu.

8. Tanyakan Tentang Peraturan dan Kebiasaan yang Ada di Kost

Tips untuk ngekost selanjutnya adalah kamu bisa bertanya seputar peraturan dan kebiasaan yang ada di kos. Jika kamu sudah mengenal dan cukup dekat dengan penghuni kos lama, maka kamu bisa bertanya tentang peraturan yang ada di kos dan apa saja kebiasaan yang selama ini dijalani di kos. Umumnya, anak anak kos mempunyai peraturan tersendiri. Terutama tentang kamar mandi, jadwal piket, iuran membeli gas dan lain sebagainya.

Untuk itu, sebagai anak kos baru, kamu pun perlu untuk mengikuti semua kebiasaan dan juga peraturan yang ada di dalam kos tersebut. Selama hal tersebut memiliki nilai yang positif, tentunya tidak apa apa untuk dilakukan. Hal ini juga akan membuat kamu menjadi lebih dekat dengan anak kos lama. Apabila kamu sudah dekat, maka kamu juga bisa untuk bertanya seputar hal kampus, seperti tes wawancara mahasiswa baru untuk persiapan.

9. Jagalah dan Rawat Fasilitas Bersama

mahasiswa baru

Tetap jaga kebersihan kosan agar bebas dari penyakit (source:freepik.com)

Poin satu ini juga merupakan hal yang penting. Umumnya, ketika kamu berada di kos maka akan terdapat peralatan ataupun fasilitas yang dipakai secara bersama. Sebut saja seperti kamar mandi, peralatan untuk memasak, peralatan untuk mencuci dan lain sebagainya. Untuk itu, apabila kamu tidak ingin menimbulkan konflik dengan penghuni kos yang lama, kamu pun bisa ikut menjaga agar lingkungan maupun fasilitas di kos tetap baik.

Misalnya, ketika kamu selesai memasak maka kamu juga perlu untuk segera mencuci dan membersihkannya. Membiarkan cucian menumpuk tentu saja akan menimbulkan bau yang tidak sedap. Dengan begitu, akan mengganggu kenyamanan dari penghuni lain. Selain itu, ketika kamu mencucinya tepat waktu setelah digunakan akan membuat teman lainnya bisa segera memakainya ketika butuh.

10. Membantu Warga Kost

Ketika menjadi mahasiswa baru, kamu juga akan menjadi penghuni baru di kos. Untuk itu, kamu juga perlu untuk hidup bermasyarakat di lingkungan yang baru. Salah satu hal mudah untuk beradaptasi adalah dengan membantu penghuni kos lain ketika membutuhkan bantuan. Kamu bisa membantunya sesuai dengan kemampuan yang kamu miliki.

Sehingga, jangan berpura pura bisa apabila memang kamu tidak bisa. Hal ini dikarenakan nantinya akan menyusahkan dirimu sendiri. Jika kamu memang tidak bisa membantu, maka kamu  pun bisa mengatakannya dengan bahasa dan tutur kata yang baik. Dengan begitu, teman tersebut menjadi tidak tersinggung dan dapat mengerti alasan mengapa kamu tidak bisa untuk membantunya.

Beberapa tips adaptasi di lingkungan kos yang baru tentunya bisa mulai kamu praktekkan. Intinya, kamu harus bisa bersikap baik dan ramah kepada setiap penghuni kos. Dengan begitu, kamu akan bisa untuk menjalin hubungan yang baik dengan semua penghuni yang ada di kost. Hal ini dikarenakan mereka adalah keluarga pertama yang kamu miliki selama berada di perantauan.

Cropped fav logo@2x
Press Enter To Begin Your Search
×