Loading...

Ternak lele masih menjadi peluang bisnis yang menggiurkan, bahkan bagi anak kost. Hal ini dikarenakan ketika kamu ingin ternak lele, kamu tidak membutuhkan modal yang besar. Selain itu, ikan lele juga masih menjadi ikan yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat. Jadi hasil ternakmu akan mudah bertemu pembelinya. Bagi kamu yang tertarik, simak dulu penjelasan berikut terkait ternak lele sederhana bagi pemula.

ternak lele untuk anak kost

Ternak lele sangat mudah dilakukan, cocok untuk anak kost.

Bagaimana Proses Budidaya Lele di Rumah atau di Kost? 

1. Membuat Kolam Ikan 

Bagi kamu yang merupakan pengusaha ternak lele pemula, maka hal pertama yang perlu kamu ketahui untuk memulai bisnis satu ini adalah dengan membuat kolam ikan. Selain itu, seorang peternak lele haruslah bisa untuk menjaga agar suhu air yang berada di dalam kolam tetap berada di kisaran suhu yakni antara 20 derajat hingga 28 derajat.

Nah, untuk membuat kolam lele sendiri kamu bisa membuat budidaya lele di rumah dengan beberapa cara. Mulai dari ternak lele di ember, ternak lele di drum ataupun ternak lele kolam terpal. Kamu bisa memilih tempat yang sesuai dengan kondisi lahan yang kamu miliki. Apabila kamu memiliki area halaman belakang rumah yang cukup luas, maka kolam terpal adalah pilihan yang tepat. Bahkan kamu pun bisa membangun kolam beton ataupun kolam tembok dengan volume yakni sesuai dengan luas lahan yang kamu miliki. Sebab, ikan lele ini termasuk salah satu jenis ikan yang mampu bertahan hidup dengan kondisi yang padat. Sehingga hal tersebut akan lebih memudahkan kamu untuk memeliharanya meskipun dengan lahan yang sempit.

Untuk membuat kolam ikan, sebaiknya kamu bisa membuat kolam yang memiliki ketinggian yakni sekitar 1,5 meter. Dengan begitu, ikan lele nantinya tidak akan mudah terlepas meskipun berloncatan dari dalam kolam. Sebab, ketika kamu membuat kolam yang terlalu rendah, maka akan memberikan peluang bagi ikan lele untuk meloncat keluar.

Selain itu, kamu juga perlu untuk mendapatkan suhu air yang pas dalam budidaya ikan lele ini. Cara termudah yang bisa kamu lakukan adalah dengan memastikan bahwa air kolam terkena sinar matahari yang cukup. Kamu juga perlu memastikan bahwa air kolam tidak terlalu dangkal. Tak hanya itu saja, dalam membuat kolam lele maka kamu juga perlu untuk memastikan bahwa kondisi dari air cukup keruh dan berlumut. Sehingga, apabila perlu kamu juga bisa untuk menambahkan tanaman eceng gondok ataupun talas. Hal tersebut bertujuan agar racun yang masuk dapat lebih mudah untuk terserap dan ikan lele akan memiliki tempat yang teduh.

2. Memilih Bibit Ikan Lele yang Unggul 

Hal kedua yang perlu kamu perhatikan dalam melakukan ternak ikan lele di rumah, maka kamu harus pintar untuk memilih bibit ikan lele yang unggul. Untuk itu, kamu perlu untuk memastikan bahwa ciri fisik dari ikan lele dalam kondisi yang baik. Biasanya bibit lele yang baik akan memiliki warna tubuh yang hitam dan agak kemerahan.

Selain itu, kamu juga perlu untuk memilih ikan lele yang mempunyai warna yag mulus. Hindari untuk memilih bibit dengan kulit yang lecet. Bibit lele yang memiliki kulit lecet biasanya berisiko lebih cepat mati. Kemudian, kamu juga bisa harus memilih lele yang memiliki gerakan lincah. Lele yang memiliki gerakan yang aktif akan lebih mudah untuk dibudidayakan, apabila gerakan lele cenderung pelan, maka hindari untuk memilihnya. Bisa jadi ikan tersebut kurang sehat. Tak hanya itu saja, gerakan lele yang lambat menandakan bahwa daya tahan tubuhnya cukup lemah.

Untuk bibit dari ikan lele pejantan, maka biasanya akan memiliki ciri ciri yakni berwarna lebih hitam, kepalanya cenderung pipih dan juga memiliki perut yang ramping. Sedangkan untuk betina maka biasanya perutnya akan memiliki bentuk yang lebih besar jika dibandingkan dengan ukuran tubuh.

Selain itu, ketika kamu ternak lele, pilihlah lele betina yang memiliki gerakan yang lebih lambat dibanding pria dan mempunyai kepala cembung. Untuk kelamin dari ikan lele jenis betina akan lebih bulat jika dibandingkan dengan yang jantan karena terlihat lebih runcing. Oleh karena itu, pastikan kamu memilih bibit yang unggul dan terbaik.

Baca Juga: 9 Bisnis Online Yang Bisa Dilakukan Dari Kosan

3. Memulai Proses Pembudidayaan Ikan Lele

Setelah itu, proses pembudidayaan lele selanjutnya dilanjutkan dengan memindahkan benih atau bibit tersebut ke tempat yang khusus. Untuk itu, kamu bisa memindahkan bibit bibit lele yang siap kawin, yang mana hal tersebut dapat dengan mudah untuk terlihat. Pada lele betina, maka kelaminnya akan terlihat berwarna kuning. Sedangkan untuk jantan akan berwarna merah.

Ketika sel telur pada lele telah selesai mengalami masa pembuahan, maka nantinya benih lele akan mengalami penetasan. Kemudian, kamu pun diwajibkan untuk segera memindahkannya ke tempat yang khusus. Dengan begitu, nantinya lele tersebut akan bisa berkembang dan tumbuh dengan baik.

Apabila benih lele telah tumbuh, maka langkah selanjutnya di dalam ternak lele di rumah adalah dengan memindahkannya ke kolam utama. Akan tetapi, kamu jangan langsung mengambilnya dengan menggunakan jaring. Hal tersebut dikarenakan untuk meminimalisir benih agar tidak menjadi stres.

Untuk itu, kamu bisa mengambilnya dengan menggunakan ember. Isilah ember tersebut dengan menggunakan air kolam pada pagi atau malam hari. Kemudian, barulah kamu bisa memindahkan lele anakan tersebut pada kolam utama. Kamu pun bisa membiarkannya agar berada di ember tersebut.

Cara ini dilakukan sebagai langkah adaptasi dengan air kolam. Untuk itu, kamu bisa mengurangi debit kolamnya yakni sekitar 10 -20 cm saja. Nantinya, setelah satu hari penuh, maka kamu bisa memindahkan semua benih ikan lele yang ada di ember ke dalam kolam lele.

4. Langkah Pemeliharaan Lele 

Ketika kamu telah melakukan proses pembibitan lele, maka cara ternak lele sederhana selanjutnya adalah memberinya pakan. Dalam hal ini, kamu juga tidak boleh sembarangan. Hal tersebut dikarenakan kamu perlu untuk menyesuaikannya dengan berat dari tubuh ikan lele. Untuk idealnya, kamu bisa memberikan pakan lele yakni 3-6 persen dari berat tubuhnya.

Untuk jadwalnya sendiri, maka kamu bisa memberikan pakan yakni sebanyak 4 kali dalam satu hari. Namun, apabila lele tersebut masih terlihat cukup lahap ketika diberikan makan yang keempat kali, maka kamu juga bisa memberikan makan untuk kelima kalinya. Kamu juga bisa memberikan lele makanan yang mengandung banyak bahan hewani. Sebab, ikan lele sendiri termasuk salah satu jenis ikan karnivora.

Selain itu, kamu  juga harus memberikan makan lele secara teratur. Hal ini bertujuan agar ikan lele dapat tumbuh dengan maksimal ke depannya. Akan tetapi, apabila mendekati masa panen, maka kamu bisa mulai untuk mengurangi porsi dari pemberian makannya.

Tak hanya memberikan makan saja yang harus dilakukan ketika ternak lele. Melainkan, kamu juga harus memperhatikan bagaimana kondisi dari kolam tersebut. Pastikan bahwa kondisi kolam tetap bersih. Untuk itu, penting bagi kamu untuk membersihkannya secara teratur. Pasalnya, endapan dari kotoran ikan lele dan sisa makanan yang tidak termakan akan membuat kolam memiliki bau yang tidak sedap. Untuk itu, kamu berkewajiban untuk mengganti airnya secara rutin. Sehingga, dengan kolam yang bersih tersebut tidak akan menghambat pertumbuhan dari ikan lele.

Baca juga: Usaha Sampingan Untuk Anak Kost

Apa Saja Keuntungan Dari Ternak Lele?

anak kost ternak lele

Keuntungan bisnis ternak lele, cocok buat anak kost! (Foto: freepik)

Jika dibandingkan dengan ikan lain, maka bagi kamu yang ingin melakukan budidaya ikan satu ini di rumah atau di kosan akan memiliki keuntungan tersendiri. Pertama, dikarenakan ikan lele merupakan salah satu ikan yang mudah untuk beradaptasi. Oleh sebab itu, keuntungan satu ini membuat kamu bisa membudidayakan ikan lele di mana saja dan di kota manapun.

Hal ini dikarenakan ikan lele menjadi salah satu jenis ikan yang sangat mudah untuk melakukan adaptasi dengan segala jenis kondisi lingkungan yang ada di sekitarnya. Karena alasan tersebut, banyak sekali pebisnis yang menggeluti usaha ternak lele di rumah, tak terkecuali anak kost.

Selain itu, bagi kamu yang melakukan budidaya ikan lele juga tidak akan kebingungan di dalam membuat kolam ikan. Sebab, kondisi air dari lele ini pun mudah untuk diatur. Kamu hanya perlu memastikan bahwa kondisi kolam tetap bersih dari endapan kotoran maupun sisa makanan dari lele.

Tak hanya itu saja, keuntungan kedua yang bisa kamu dapatkan dengan usaha satu ini adalah bibit lele merupakan salah satu bibit yang mudah untuk dicari. Kamu pun nantinya akan lebih mudah untuk mencari bibit lele yang berkualitas. Sebab, ikan ini sangat mudah untuk kamu jumpai di pasaran.

Ditambah lagi, harganya yang sangat terjangkau menjadi salah satu keuntungan tersendiri yang bisa kamu dapatkan ketika memulai usaha ternak lele di rumah. Bahkan kamu pun bisa menjual ikan satu ini dengan cukup tinggi ketika masa panen tiba. Hal ini tentu saja akan menjadi salah satu keuntungan tersendiri yang bisa kamu dapatkan ketika berbisnis ikan lele.

Keuntungan lainnya yang bisa kamu dapatkan ketika berbisnis ternak lele adalah ikan satu ini memiliki daya tahan tubuh yang kuat. Keunggulan satu ini tentu saja tak akan bisa sembarangan untuk kamu temukan di ikan lain. Ikan lele adalah salah satu jenis ikan yang memiliki daya tahan tubuh kuat.

Sehingga, ia pun tidak akan mudah untuk terkena penyakit. Oleh karena itu, resiko gagal panen ketika budidaya ikan lele sangatlah kecil. Untuk itu, kamu perlu memilih bibit yang unggul ketika akan memulai usaha satu ini. Sehingga, nantinya ketika panen akan tetap mendapatkan hasil yang maksimal.

Keuntungan lain yang bisa kamu dapatkan ketika menggeluti usaha satu ini adalah ikan lele memiliki target pasar yang tinggi. Ikan lele masih menjadi salah satu jenis makanan yang sering dicari oleh warung lalapan. Sehingga, peminat masyarakat akan lele masih tinggi. Ditambah lagi rasanya yang enak akan membuat siapa saja pasti menyukai ikan satu ini.

Itulah beberapa peluang dan keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan menggeluti bisnis ikan lele. Modal yang dibutuhkan untuk melakukan budidaya ikan lele pun dapat dikatakan cukup terjangkau. Sehingga, siapa saja bisa mulai untuk menggeluti bisnis satu ini. oleh karena itu, tak ada salahnya bagi kamu anak kost untuk mulai berbisnis ternak ikan lele.

Untuk kalangan anak muda jaman sekarang banyak sekali peluang bisnis yang bisa mereka ambil, dan ternak lele ini adalah salah satunya dengan kemudahan dan minim resiko memang cocok untuk karakter anak muda jaman sekarang yang ingin sesuatu yang lebih mudah dan efisien, seperti ketika mencari kost mencari kost. Sekarang, kamu bisa langsung menggunakan smartphone, jadi tanpa harus keliling mencari kosan dekat dengan kampus kamu sudah bisa mencari rekomendasi kosan hanya modal smartphone kamu. Caranya mudah tinggal buka Aplikasi RedDoorz dan pilih Kost Houses, lalu pada search KoolKost masukkan nama tempat / daerah / nama kampus tempat kamu kuliah. Setelah itu tekan search dan kamu akan mendapatkan list kosan terdekat dengan daerah yang kamu inginkan, lengkap dengan info harga sewa dan fasilitas yang diberikan. Mudah bukan? yuk cari KoolKost terdekat dengan kampus kamu sekarang!

Cropped fav logo@2x
Press Enter To Begin Your Search
×