Loading...

Banyak orang yang rela merantau untuk menempuh ilmu perguruan tinggi yang sesuai dengan idaman. Bandung menjadi salah satu kota yang juga diserbu oleh mahasiswa dari berbagai kota di Indonesia. Kampus kampus ternama berderet rapi di kota kembang ini, dan juga menjamurnya kost di Bandung. Sebagai mahasiswa, kamu juga membutuhkan liburan agar tetap produktif selama kuliah. Nah, berikut beberapa tempat wisata di Bandung yang wajib dikunjungi oleh mahasiswa. Simak ulasannya.

tempat wisata di bandung

Bandung punya banyak destinasi wisata yang bisa dikunjungi (source:pexels.com)

Destinasi Wisata Kota Kembang Yang Wajib Disinggahi Mahasiswa Bandung

1. De’Ranch Bandung 

Jenuh dengan tugas tugas yang menumpuk, saatnya untuk berlibur ke tempat yang memiliki tema yang unik. De’Ranch , salah satu tempat wisata bandung Lembang ini mengusung konsep Cowboy. Kamu bisa merasakan kehidupan cowboy mulai dari kegiatan berkuda, interior, design bangunan dan juga suasananya. Berada di Lembang, tempat satu ini terbilang mudah dijangkau menggunakan kendaraan roda dua sekalipun.

2. Ranca Upas

Bagi kamu orang Bandung maupun mahasiswa perantauan tentunya tidak asing dengan lokasi wisata Bandung Ciwidey. Kamu bisa menemukan kawah putih yang memang lebih dahulu terkenal. Rupanya Ciwidey juga menawarkan pesona lain yang tidak kalah mempesona yang dikenal dengan nama Ranca Upas. Aktivitas yang paling populer di tempat ini adalah berinteraksi dengan rusa dan memberinya makanan karena memang Ranca Upas merupakan balai konservasi penangkaran rusa.

Alamnya yang masih terjaga akan menjadi tempat yang cocok untuk kamu melepaskan penat. Bahkan untuk kamu yang akan menghabiskan akhir pekan, bisa sekalian camping bersama dengan teman teman kamu. Udaranya yang sejuk akan sangat cocok untuk dijadikan tempat untuk menginap. Menariknya lagi, bagi mahasiswa yang akan mengunjungi tempat satu ini, tak harus merogoh kantong cukup dalam mengingat tiketnya yang murah.

3. Tebing Gunung Hawu

Apakah kamu ingin menikmati indahnya matahari terbit? Jika iya kamu bisa mengunjungi tempat wisata di Bandung satu ini. Tebing Gunung Hawu merupakan spot yang sedang hits belakangan ini. menghabiskan waktu bersama dengan teman teman saat liburan kuliah tentunya menjadi ide yang bagus. Selain bisa menghilangkan segala penat, kamu juga bisa sekalian quality time dengan teman teman kamu.

Setelah menikmati pesona matahari terbit, kamu bisa bersantai di atas hammock yang menggantung di antara dua tebing. Keindahan alam tebing ini juga tidak bisa dilewatkan begitu saja. Kamu bisa merasakan suasana yang nyaman dan asri untuk sejenak. Sebelum nantinya kamu melakukan berbagai kegiatan di kampus. Jangan lupakan untuk berburu spot spot foto cantik, di tebing satu ini terdapat spot di lubang besar di bawah tebing yang begitu favorit.

4. Chinatown Bandung

tempat wisata di bandung

Chinatown kental dengan ornamen khas tiongkok (source:freepik.com)

Seperti namanya, kamu bisa menikmati suasana layaknya di Tiongkok. Berbagai bangunan dan ornamen khas Tiongkok akan menyambut kamu ketika menginjakkan kaki di tempat ini. Berada di pusat kota, kamu yang sedang ingin menjadi hiburan tipis tipis bisa mengunjunginya. Ketika malam hari, kawasan Chinatown bandung begitu digandrungi oleh muda mudi kota Bandung. Karena selain dijadikan tempat berburu spot foto instagramable, kamu juga bisa kulineran.

Berbagai kedai berjajar untuk memuaskan perut kamu, jangan lupakan kedai yang menyediakan pernak pernik. Tidak hanya bisa dijadikan sebagai tempat bersantai dan juga belanja, kamu juga bisa mengunjungi museum yang ada di Chinatown ini. Berbagai koleksi artefak khas Tiongkok bisa kamu temukan di museum ini. Kamu juga bisa menyewa kostum untuk mengambil beberapa foto agar nuansa khas Chinatownnya semakin terasa.

Baca juga: Cara Menghitung Biaya Hidup di Bandung Untuk Anak Kost

5. La Costilla

Memutuskan menempuh pendidikan di Bandung, berarti kamu bisa menjelajah berbagai tempat wisatanya. Salah satu yang tidak boleh dilewatkan adalah La Costilla. Tempat satu ini mengusung nuansa yang begitu khas Meksiko. Kamu tidak perlu jauh jauh mengunjungi Amerika, karena di daerah Sukajadi kamu bisa menemukannya. La Costilla merupakan sebuah cafe yang juga sering dijadikan sebagai tempat wisata.

Kamu bisa menghabiskan waktu kumpul bersama dengan teman temanmu. Begitu kamu tiba, mata kamu akan disuguhkan dengan ruangan yang bercat merah muda. Ditambahkan dengan furniture bergaya Meksiko dan lengkap dengan taman kaktusnya. Kamu juga bisa mencicipi berbagai menu Spanish a Mexican yang menggugah. Menghabiskan akhir pekan atau sela waktu luang dengan mengunjungi cafe satu ini akan sangat cocok untuk para mahasiswa.

6. Wot Batu

Kamu para mahasiswa pecinta seni, harus mengunjungi tempat wisata di Bandung satu ini. Berada di daerah Cimenyan, Wot Batu merupakan galeri milik seorang seniman yang bernama Sunaryo. Seniman kawakan ini menggandeng ahli geologi maupun arsitektur untuk mewujudkan museum satu ini. layaknya namanya, kamu bisa menemukan berbagai karya seni Wot Batu yang menggunakan media batu. 

Untuk mempertahankan makna pada setiap batu, Sunaryo tidak mengubah bentuk asli dari batuan tersebut. Mengunjungi tempat ini, kamu tidak hanya berkenalan dengan berbagai karya seni yang ada. Namun juga bisa sekalian menambah pengetahuan tentang seni batu yang terbilang unik. Apalagi kamu hanya perlu membayar Rp. 30 ribu saja, sementara pengunjung umum Rp. 50 ribuan. Tiket masuk tersebut sudah sekalian dengan pemandu wisatanya.

7. The Lodge Maribaya

Untuk kamu yang merindukan berbagai aktivitas ekstrim, kamu bisa mengunjungi The Lodge Maribaya ini. Karena kamu bisa melakukan berbagai kegiatan menantang adrenalin yang begitu seru. Mengusung konsep pusat aktivitas yang berada di tengah alam, kamu bisa melakukan berbagai kegiatan lengkap dengan panorama yang memukau. Kamu bisa trekking, memanjat sky tree, berayun di Sky Swing, mencoba Sip Bike hingga flying fox.

Selain menghadirkan berbagai atraksi yang seru, kamu juga bisa mengambil berbagai foto yang menarik. Di tempat satu ini memang menyediakan berbagai spot foto instagramable. Kamu juga tidak perlu merogoh kocek yang dalam untuk liburan di tempat hits satu ini. Di akhir pekan kamu hanya perlu mengeluarkan harga tiket sekitar Rp. 25 ribu dan Rp. 20 ribuan di hari biasa. Lokasinya juga mudah untuk dijangkau sehingga kamu bisa mengunjunginya dengan mudah.

8. Dago Dream Park 

Mengunjungi tempat satu ini, sangat cocok jika kamu membawa keluarga yang mungkin sedang menjenguk kamu ke kota kembang ini. Dago Dream Park menjadi tempat liburan keluarga yang sedang hits di kota Bandung. Salah satu wisata alam Bandung ini memiliki berbagai wahana menarik bisa kamu temui di taman satu ini. seperti Choo Choo Train, panahan, kampung dayang sumbi dan lainnya. Wahana lainnya yang menjadi daya tarik utama adalah Aladdin Carpet.

9. Taman Asia Afrika Bandung

Ketika penat dengan kuliah dan ingin liburan, Bandung masih memiliki tempat wisata yang dinamakan dengan Taman Asia Afrika Bandung. Wisata satu ini terbilang baru, karena baru ada di tahun 2019. Memiliki konsep yang unik, taman ini sangat cocok untuk kamu kunjungi ketika senggang. Kamu bisa menemukan replika bangunan dari berbagai negara. Dan jangan lewatkan atraksi air mancur yang berwarna warni saat malam hari.

10. Little Seoul Bandung

tempat wisata di bandung

Cicipi kuliner khas korea di Little Seoul bandung (source:pexels.com)

Apakah kamu pecinta budaya, musik maupun drama Korea? Negara Ginseng satu ini memang begitu menggiurkan untuk dijelajahi. Kuliah di kota Bandung, kamu tak perlu jauh jauh untuk mengunjungi Korea Selatan. Karena kota yang memiliki udara sejuk ini, juga menghadirkan wisata berupa Little Seoul Bandung. Belakangan tempat ini menjadi tempat yang hits di media sosial khususnya Instagram.

Kamu tidak hanya bisa menikmati nuansa korea yang kental, kamu juga bisa mencicipi kuliner khas Korea yang menggugah selera. Karena selain menjadi tempat wisata yang sedang hits, Little Seoul juga satu kawasan dengan Chingu Cafe. Agar semakin terasa konsep Koreanya, kamu bisa menyewa Hanbok untuk berpose pose. Apabila kamu pandai menemukan sudut yang cocok pasti akan menghasilkan foto yang begitu instagenic. 

11. Centrum Million Balls Bandung

Centrum Million Balls Bandung menjadi tempat wisata di Bandung yang kekinian dan harus kamu kunjungi. Di sini kamu bisa mengambil berbagai foto yang instagramable yang jumlahnya ada 12 spot. Layaknya namanya, kamu akan disuguhkan banyak balon berbagai ukuran untuk menghiasi setiap spotnya. Setiap spot juga memiliki konsep yang berbeda sehingga kamu bisa puas berburu foto. Lokasinya yang strategis juga akan memudahkan kamu mengunjungi. kalau kamu butuh stok foto buat socmed, kamu bisa kunjungi salah satu tempat wisata di bandung yang instagramable ini.

12. Tebing Keraton

Puas mengoleksi berbagai foto yang menawan, kamu bisa melanjutkan liburan kamu dengan mengunjungi Tebing Keraton. Memang tempat wisata satu ini bukanlah tempat wisata yang baru, namun namanya begitu kondang. Untuk itu selama kamu masih menempuh pendidikan di kota Bandung, jangan sampai melewatkan keindahan dari Tebing Keraton ini. Kamu akan disuguhkan panorama dari atas ketinggian yang pastinya memanjakan indera penglihatan kamu.

Bukan hanya itu, banyak pengunjung yang rela datang di pagi hari untuk melihat lukisan Tuhan berupa matahari terbit. Tebing Keraton berada di daerah Dago yang memang terkenal dengan kemegahan alamnya seperti arti namanya. Untuk bisa menikmati keindahan tebing keraton, kamu tidak perlu mengeluarkan budget yang banyak. Sebab harga tiketnya hanya sekitar Rp. 11 ribu yang pastinya akan sangat cocok dengan kantong mahasiswa.

13. Curug Malela Bandung

Di Bandung juga terdapat wisata yang murah meriah tetapi memiliki keindahan yang mengagumkan. Hanya dengan mengeluarkan budget mulai Rp. 5 ribu saja, kamu sudah bisa menikmati indahnya air terjun dengan ketinggian 60 sampai 70 meteran. Ketinggiannya memang berbeda karena memiliki lima jalur yang begitu megah. Ketika kamu datang di pagi hari, jika beruntung kamu akan melihat pelangi yang berada di badan curug.

Beberapa orang menyebutnya sebagai curug pelangi karena hal tersebut. Alamnya yang masih asri, akan membuat kamu betah berlama lama di curug ini. Bermain air maupun mengambil foto yang instagramable bisa kamu lakukan. Airnya yang jernih akan membuat kamu tidak menyesal mengunjunginya. Air terjun ini sangat cocok untuk kamu yang suka berpetualang, karena dari pusat kota Bandung waktu tempuhnya sekitar 3 hingga 4 zaman.

Menetap di suatu kota dengan waktu yang cukup lama memang tidak lengkap rasanya jika tidak sekalian mencicipi pesonanya. Sebagai mahasiswa, ketika penat kamu bisa menjelajah berbagai tempat wisata yang ada di kota Bandung. Mulai dari wisata alam hingga wisata kekinian bisa kamu temui di tempat ini. Daripada kamu tidak punya kegiatan di kosan, ada baiknya menjelajah keindahan kota Bandung. Apalagi untuk banyak tempat wisata yang tiket masuknya begitu terjangkau.

Untuk kamu yang akan kuliah di Bandung tidak perlu khawatir karena kosan di Bandung mudah didapat. Apalagi ditambah dengan hadirnya KoolKost dari RedDoorz, kini kamu bisa sewa kosan langsung lewat smartphone kamu lho!

Misalnya kamu kuliah di UNPAD, pastinya kamu akan cari kost dekat unpad bukan? nah biar lebih mudah dan praktis kamu bisa buka Aplikasi RedDoorz dan mencari kosan dengan fitur pencarian berdasarkan nama kota atau nama kampus, dalam hal ini Universitas Padjadjaran, jadi kamu masukkan saja nama kampusnya “Universitas Padjadjaran” setelah itu klik search dan kamu akan mendapatkan info lost kost sekitar kampus Unpad lengkap dengan harga dan fasilitasnya, jadi kamu bisa pilih sesuai dengan budget dan keinginan kamu. Mudah bukan?

Press Enter To Begin Your Search
×