Loading...

 

Hingga saat ini, Counter Strike atau biasa disebut CS Go masih menjadi salah satu video game yang banyak dimainkan oleh anak kosan. Bahkan sejak versi pertamanya diluncurkan, para gamers menyambutnya hangat hingga muncullah berbagai kompetisi esport untuk memperebutkan penghargaan. Berikut sederet tips dan trik agar menjadi pemain pro di Counter Strike. 

cs go

Main Counter Strike Global bareng temen kosan lebih seru (source:unsplash.com)

Tips dan Trik Main CS Go Bak Profesional 

1. Menonton Pro Player Match

Para pemula yang baru saja main CS Go gratis, dianjurkan menonton pro player match terlebih dahulu. Bukan hanya sekedar menonton semata, namun kamu bisa mempelajari bagaimana para profesional dapat memenangkan pertandingan. Beruntungnya saat ini sudah banyak channel video yang menyediakan video para profesional bermain. 

Perlu ditekankan bahwa disini tugasmu hanyalah mempelajari dari seorang profesional, bukan menirukan strategi yang mereka gunakan. Sebab setiap pemain harus mengatur strategi yang berbeda, karena setiap keadaan di medan pertarungan bisa saja berbeda dibandingkan saat berlatih bersama dengan bot. 

2. Tidak Melemparkan Granat Sembarangan

Pernahkah kamu mencoba memanfaatkan granat  untuk membasmi musuh ? Sebenarnya melemparkan granat dikenal efisien mendapatkan kill dalam jumlah besar, namun hal ini tidak akan berlaku ketika granat meledak di bawah kaki musuh. Sebab damage maksimal yang dihasilkan hanya 57 saja, sehingga tidak akan membunuh satupun musuh. 

3. Mengenal Medan Tempur

Perlu kamu ketahui bahwa mode kompetitif video game populer satu ini tidak hanya terdiri dari satu map saja, namun jumlahnya bisa mencapai puluhan map. Setiap medan perang pun memiliki tingkat kesulitan tersendiri, sehingga kerjasama antar anggota tim saja tidak cukup untuk bisa menang. 

Sebelum melakukan match, pastikan bahwa seluruh anggota tim telah mengenal seluk beluk map yang dimainkan. Daripada mengambil langkah yang beresiko, tidak ada salahnya mengasah kemampuan dengan memulainya dari map sederhana dan strategis terlebih dahulu. Jika sudah mulai faham dan hafal arena perang, maka tingkatkan kemampuan lebih tinggi. 

Mengapa mengenal medan perang begitu penting dilakukan ? Pasalnya setiap lokasinya memiliki peran yang berbeda, dan kamu akan kesulitan jika harus berputar putar mencari tempat yang hendak dituju. Selain memakan waktu terlalu banyak, strategi perang satu ini tidak disarankan karena musuh akan mengambil kesempatan dari celah kesalahan yang dibuat. 

4. Mengenali Setiap Jenis Senjata

Tips main CS Go selanjutnya yaitu mengenali setiap jenis senjata yang akan digunakan. Hal ini tidak boleh disepelekan, karena developer sendiri menghadirkan sejumlah senjata yang bisa bekerja maksimal jika pengguna mengetahui cara menggunakannya di saat yang tepat. Sebab masih banyak gamer yang membeli senjata favorit tanpa mengetahui bagaimana menggunakannya. 

Asal membeli senjata favorit memang tidak dilarang, namun sebaiknya disesuaikan dengan situasi permainan agar memudahkan proses merebut piala kemenangan. Dengan memilih senjata yang tepat, maka keuntungan pun berada di tangan tim mu. Setidaknya ada beberapa strategi yang perlu dilakukan dalam membeli senjata. 

Strategi full eco misalnya, dimana tim terrorist tidak perlu membeli senjata apapun kecuali flashbang. Sedangkan bagi tim yang berada di tim counter terrorist sebaiknya tidak membeli apapun terlebih dahulu, terutama ketika masih berada di ronde pertama. Sebab di ronde pertama ini, semua anggota tim harus lebih hemat karena pistol adalah satu satunya senjata yang bisa digunakan. 

Apabila kalah dalam pertandingan di ronde pertama, maka pada round selanjutnya harus lebih berhemat agar bisa membeli persediaan senjata yang lebih mantap. Strategi jitu ini dinamakan sebagai eco round atau disebut save. Lalu bagaimana jika salah satu individu dalam kelompok memiliki uang cukup untuk membeli senjata yang dibutuhkan ?

Dalam kondisi tersebut, sebaiknya kamu tidak membeli persenjataan terlebih dahulu sebelum anggota tim lainnya mendapatkan persediaan uang yang cukup. Sebab jika seluruh anggota tim kekurangan uang, secara tidak langsung individu tersebut harus membeli persenjataan untuk teman satu tim yang membutuhkannya. 

Sebelum menerapkan tips dan trik main CS Go tersebut, pastikan teman yang memiliki cukup uang harus bisa membeli senjata maupun equipment sebelum dirinya memborong senjata. Sedangkan jika uang yang dimiliki tim pas pasan, maka semua anggota tim harus melakukan save agar pada ronde selanjutnya bisa membeli senjata serta perlengkapan pertarungan lainnya. 

Perlu ditekankan untuk tidak terburu buru membeli rifle maupun jenis senjata lainnya ketika berhasil mendapatkan kill menggunakan pistol round. Sebagai gantinya, belilah pistol bernama Desert Eagle terlebih dahulu agar tidak kehabisan uang di tengah pertempuran. Jika pada ronde selanjutnya berhasil memenangkan pertempuran, maka membeli rifle sudah bisa dilakukan. 

5. Saling Berkomunikasi dengan Seluruh Anggota Tim

Sebenarnya cara main bareng CS Go offline sebenarnya tidak jauh berbeda dengan bermain secara online, karena dalam permainan multiplayer ini komunikasi antar anggota tim sangat penting dilakukan untuk bisa memenangkan pertempuran. Lewat komunikasi ini, setiap anggota tim dapat mengetahui keberadaan musuh tanpa ada yang terlewatkan. 

Apabila antar anggota tim saling bekerjasama dan tidak melupakan komunikasi, maka menemukan spot terbaik untuk berjaga jaga bisa dilakukan dengan mudah. Ketika merasa keberadaan anggota tim diketahui, kamu bisa menyarankan tempat terbaik untuk bertukar tempat sekaligus mendiskusikan spot yang ingin dijadikan sebagai tempat bertahan. 

6. Setting Pengaturan

Saat pertama kali memainkan CS Go, kemungkinan membutuhkan sedikit penyesuaian agar dapat bermain dengan nyaman. Oleh sebab itu, jangan pernah ragu untuk menemukan sensitivity mouse yang tengah digunakan karena hal ini berhubungan erat dengan tingkat reflek ketika keadaan mendesak. Apabila tingkat sensitivity terlalu rendah maka pergerakan aim terasa lambat. 

Hal ini juga berlaku ketika sensitivity terlalu cepat, karena kamu akan merasa pusing akibat pergerakan aim yang susah diarahkan ke sasaran. Jangan pernah ragu mengubah pengaturan default jika memang tidak nyaman dengan konfigurasi awal, daripada kamu kesulitan saat permainan tengah berlangsung. Perubahan pengaturannya bisa dilakukan di menu setting dan atur sesuai kebutuhan. 

7. Tidak Terlalu Sering Reload

Apakah kamu terbiasa melakukan reload setiap kali melakukan kill ? Tanpa disadari, langkah pencegahan kehabisan peluru ini justru menjadi bumerang untuk memenangkan pertempuran. Sebab lebih dari satu senjata di Counter Strike membutuhkan waktu reload hingga 4 detik lamanya. Sayangnya dalam hitungan detik pula, musuh bisa saja meluncurkan senjatanya ke karaktermu. 

Selain memakan waktu cukup banyak, suara yang dihasilkan saat proses reload ditakutkan didengar oleh musuh. Dengan kata lain, reload bisa saja menjadi bom bunuh diri karena kamu sudah memberikan informasi dimana keberadaan karaktermu berada. Oleh sebab itu, pertimbangkan resiko serta keuntungan ketika melakukannya. 

Dari penjelasan tersebut, sebenarnya pemain diberikan kesempatan untuk memilih dua keadaan yang mau tidak mau akan terjadi. Pilihan pertama yaitu memiliki senjata full ammo namun posisi karakter diketahui musuh, atau pilihan yang kedua yaitu tidak memiliki full ammo namun musuh tidak menyadari posisi karaktermu ? 

Meski kehabisan ammo di tengah pertempuran adalah hal fatal, namun jangan pernah meremehkan sisa 4 hingga 6 peluru saja. Sebab dengan sisa 6 peluru pada rifle, kamu sudah bisa membunuh satu musuh dengan health penuh meski tidak menghasilkan headshot. Sedangkan musuh yang memiliki health di bawah 100%, sudah pasti bisa ditaklukkan dengan cepat. 

Baca Juga: Rekomendasi Game yang Menghasilkan Uang Cocok untuk Anak Kosan

8. Asah Kemampuan dengan Melawan Bot 

cs go

Belajar main CS Go dengan musuh Bot (source:unsplash.com)

Sebenarnya tidak terlalu sulit untuk menguasai video game seperti Counter Strike global offensive, asalkan sebagai pemain kamu harus rajin berlatih di ruang eksperimen setiap harinya untuk mengasah kemampuan agar lebih mahir saat menghadapi medan pertempuran yang sesungguhnya. 

Memahami kondisi tersebut, developer CS Go pun menyediakan ruangan khusus melalui weapon course dan offline bot. Jangan pernah memandang sebelah mata terhadap bot, sebab kehadirannya sangat membantu para pemula yang ingin mengasah kemampuannya karena tempo permainan dapat diatur sesuai keinginan. 

Dengan kata lain, para pemain dapat belajar step by step yang awalnya hanya mampu di level pemula kini sudah bisa bermain bak profesional. Lewat pelatihan ini pula, kamu diberikan kesempatan untuk menghafal sekaligus mempelajari map. Sebaiknya manfaatkan waktu eksperimen ini untuk mencari tempat bersembunyi ataupun tempat melawan musuh. 

9. Nikmati Permainan

Skor permainan memang dapat menentukan seberapa kemampuan bermain seseorang, namun perlu ditekankan bahwa jumlah kill tidak selalu menjadi hal utama dalam sebuah permainan. Dalam video game satu ini, kita diajarkan bahwa merebut area bom juga tidak kalah penting dibandingkan merebutkan tinggi skor kill. 

Dengan kata lain, memahami serta menyusun strategi berperang adalah hal utama yang wajib dilakukan sebelum terjun ke area medan perang. Tidak perlu beradu sesama tim hanya karena ingin mendapatkan kill lebih banyak, mengingat video game ini dimainkan secara berkelompok yang menandakan bahwa kekompakan teamwork akan diuji. 

Bagaimana jika kamu hanya ingin fokus pada skor kill saja ? Kemungkinan besar, kamu tidak akan pernah peduli ketika salah satu anggota tim terluka akibat tertembak. Sebab pemikiran menjadi lebih unggul dibandingkan anggota tim lain sudah tertanam di pikiran. Tentu saja pemikiran ini harus dibuang jauh jauh, karena kemenangan tidak bisa didapatkan tanpa teamwork. 

Ketika teamwork berjalan mulus, sudah dapat dipastikan bahwa piala kemenangan sudah ada di depan mata. Sebab kemenangan tim merupakan sebuah kemenangan bagi individu itu sendiri sehingga tidak perlu merasa lebih unggul. Cukup dengan nikmati permainan yang ada, dijamin kamu tidak akan melewatkan kesempatan untuk bekerjasama dengan baik bersama tim. 

Apabila kamu sudah menikmati permainan tanpa mempermasalahkan jumlah skor yang didapatkan, maka menang ataupun kalah sudah bukan menjadi tolak ukurnya. Sebab dari permainan inilah, kamu bisa memahami apa arti kerjasama tim dan pentingnya melakukan strategi tepat demi merebut piala kemenangan di match CS Go berikutnya. 

Selain dapat main CS Go online, ternyata kini kamu bisa main CS Go offline bersama dengan teman sesama gamer dengan cara mengunduh permainan nya terlebih dahulu. Sebelum download game CS Go, pastikan perangkat yang digunakan memiliki spesifikasi memadai agar tidak terjadi crack saat permainan berlangsung. Agar lebih seru, ajak teman satu kosan untuk bermain bersama.

Kalau kamu masih bingung cari kosan, kamu bisa gunakan Aplikasi RedDoorz untuk mencari kosan dengan mudah dan cepat, caranya buka Aplikasi RedDoorz, lalu pilih KoolKost, setelah itu masukkan kata kunci seperti nama kota, nama daerah, atau nama kampus yang kamu inginkan. Setelah itu tekan search maka akan keluar list kosan terdekat di daerah yang kamu inginkan. Info yang tampilkan lengkap dengan harga sewa kosan dan juga fasilitas apa saja yang diberikan, jadi kamu bisa bandingkan antara kosan yang satu dengan yang lain dan pilih yang sesuai dengan budget dan fasilitas yang kamu butuhkan. Selamat mencoba.

Cropped fav logo@2x
Press Enter To Begin Your Search
×