Loading...

tebing breksi

Wisata alam di Jogja beragam dan murah (source:Freepik.com)

Anak kost di Jogja tidak hanya disuguhkan dengan aneka kuliner yang enak dan menarik, tapi di Jogja juga ada banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi di sela-sela waktu senggang bersama teman kampus atau teman kosan.

Dengan biaya yang relatif murah, banyak destinasi wisata di jogja yang bersahabat dengan kantong para anak kost. Sudah gitu juga ada banyak pilihan wisata di jogja seperti wisata pantai, wisata alam, wisata kuliner, hingga tempat wisata yang menyajikan spot untuk foto yang instagramable.

Untuk wisata alam di Jogja, ada satu tempat wisata yang keren banget, dan nggak hanya satu tapi dalam satu tempat wisata tersebut ada beberapa objek wisata terdekat yang juga bisa dikunjungi, yaitu Tempat Wisata Tebing Breksi.

Sekilas Tentang Kawasan Wisata Tebing Breksi 

Tebing Breksi merupakan daerah yang dulunya adalah area penambangan bebatuan yang berasal dari aktivitas vulkanis Gunung merapi Purba Nglanggeran. Tetapi sejak tahun 2014 kegiatan penambangan di area Tebing Breksi ditutup oleh pemerintah dan dinyatakan sebagai salah satu tempat yang dilindungi pemerintah dari aktivitas penambangan, maka setelah itu kawasan Tebing Breksi dimanfaatkan untuk dijadikan objek wisata pada tahun 2015 oleh Sri Sultan Hamengku Buwono X.

Dikarenakan letaknya yang berdekatan dengan Candi Prambanan dan Candi Ratu Boko, lokasi wisata tebing Breksi ini menjadi pilihan destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi, ditambah dengan mengunjungi Tebing breksi tidaklah perlu waktu seharian jadi kamu bisa menikmati berbagai objek wisata lainnya yang ada di sekitaran Objek wisata Tebing Breksi.

Tebing Breksi yang berada di wilayah Kab. Sleman ini tidak mematok tarif masuk untuk per orangnya, kalau mau bayar bisa seikhlasnya, biasanya wisatawan bayar Rp2 ribu atau Rp5 ribu. Nah yang kena tarif hanyalah biaya parkir kendaraan, untuk motor Rp2 ribu dan Mobil Rp5 ribu, kalau rombongan bisa pakai minibus atau bus yang tarifnya masing-masing Rp15 ribu dan Rp25 ribu.

Selain biaya yang murah, di kawasan wisata Tebing Breksi juga punya fasilitas yang cukup lengkap, seperti toilet umum, mushola, tempat makan, dan area parkir yang sangat luas.

Yuk mulai cari spot foto yang ada di area objek wisata Tebing Breksi

Spot Foto di Tebing Breksi

Untuk mendapatkan spot foto yang bagus di tempat wisata ini tidaklah sulit, kamu bisa mulai dengan yang ada di sekitar area parkir, kamu bisa naik ke tebing batu yang sudah dibuatkan tangga dari pahatan batu “gunung” tersebut. Di situ juga ada ukiran Naga dan gambar artistik lainnya yang bisa kamu jadikan sebagai background untuk spot Foto Kamu. 

Selain itu kamu juga bisa ikut wahana Jeep, dengan menyewanya sekali jalan itu kena tarif Rp300 ribu per mobil dengan kapasitas mobil cukup untuk 4 orang, atau dengan kata lain, kamu hanya perlu rogoh kocek Rp75 ribu. Dengan naik Jeep ini kamu akan di ajak mengelilingi beberapa objek wisata yang ada di sekitaran Batu Breksi. 

tebing breksi

Bertualang dengan jeep di Batu Breksi dijamin seru (source:pexels.com)

Candi Banyunibo

Setelah melewati beberapa jalan yang cukup seru untuk dilewati mobil, turunan dan tanjakan terjal dengan kiri kanan hutan, kebun, sawah, dan rumah-rumah warga yang masih asri, bikin mata segar untuk memandang.

Untungnya jalanan disini sudah bagus, karena kawasan disini sudah menjadi tempat wisata, alhasil jalan menuju ke beberapa objek wisata sudah banyak yang di aspal, walaupun sesekali kita akan menemukan jalan yang masih bebatuan.

Sampai di Objek wisata pertama ada Candi Banyunibo, di kawasan candi ini untuk masuk ke dalamnya dikenakan tarif Rp5.000 per orang. Tapi kalau hanya sekedar foto kau tidak perlu membayar dan bisa langsung foto dari area luar Candi.

Kalau lagi beruntung di depan Candi Banyunibo ini ada hamparan bunga berwarna kuning lho! Tapi kalau musimnya sedang tidak pas, taman bunga kuning tersebut tidak ada.

Tebing Banyunibo

Setelah ke Candi banyunibo, kamu akan lanjut kembali menelusuri jalan yang berbatu, untungnya pakai mobil jeep jadi nggak masalah dengan track bebatuan yang ada di kawasan wisata ini.

Sampai akhirnya kamu akan sampai di Tebing Banyunibo atau Banyunibo Hills, disini kamu bisa berfoto dengan background tebing batu yang ada tulisan Tebing Banyunibo yang terbuat dari ukiran batu. Di sisi kiri dan kanan ada kolam ikan yang lumayan besar dengan banyak ikan mas di dalamnya.

Candi Ijo

Daerah Candi Banyunibo memang mengarah ke bawah dari objek Wisata Tebing breksi,setelah itu kamu akan menuju ke objek wisata yang ada di atas dari lokasi wisata Tebing breksi.makanya nggak heran kalau kamu akan melalui jalan saat kamu menuju lokasi wisata Tebing Breksi.

Sebelum sampai di objek wisata yang ada di puncak, kamu akan berhenti di salah satu objek wisata Candi Ijo, mengapa bernama Candi Ijo? Karena Candi ini memang berwarna hijau yang disebabkan dari lumut-lumut yang tumbuh di batu candi tersebut.

Kamu bisa berfoto dengan latar belakang Candi, dan ada pemandangan lainnya yakni kamu bisa melihat Jogja dari atas, indah sekali, ditambah dengan Bandara Adi Sucipto yang juga terlihat dari lokasi tersebut.

Selo Langit

Setelah berfoto-foto di daerah Candi Ijo, Lokasi selanjutnya yang akan dikunjungi adalah Selo Langit yang dimana disini kamu bisa foto di atas batu besar dengan latar belakang pegunungan dan bukit dengan hamparan berwarna hijau, seperti ada di atas langit.

Disini kamu bisa foto-foto gratis sepuas kamu, dan bisa minta tolong driver jeep untuk memfoto kamu di atas batu, mereka sudah terlatih dan terbiasa mengambil angle yang bagus dan tepat untuk berfoto di kawasan objek wisata tersebut.

Batu Papal

Setelah puas berfoto-foto di Selo Langit kamu akan melanjutkan perjalanan ke destinasi selanjutnya, untuk yang trip pendek, kamu akan lanjut ke objek wisata Batu Papal, hampir sama dengan Selo Langit disini kamu juga bisa berfoto dengan latar belakang hamparan hijau pepohonan.

Disini kamu juga bisa berfoto dengan latar belakang bentuk hati dan simbol tulisan Batu papal. Pokoknya nggak nyesel deh, kamu akan puas dengan pemandangan yang menyegarkan mata.

Tebing Breksi

Setelah selesai berfoto-foto kamu akan dibawa kembali ke kawasan wisata Tebing Breksi. Melewati jalan-jalan rahasia yang bikin kamu sadar itu jalan tembusan ke area Tebing Breksi, karena memang jalannya masih bebatuan dan tanah.

Kamu akan turun di area parkir dekat tebing pertama kali kamu foto tadi, disini kamu hanya cukup turun dan ucapkan terima kasih pada Driver jeep, lalu petualangan kamu selesai.

Tips Wisata ke Tebing Breksi 

tebing breksi
Pemandangan dari atas bukit memang mempesona (source:freepik.com)

Untuk wisata ke Tebing breksi ada beberapa hal yang mungkin jadi catatan, yang pertama kamu bisa datang ke tempat wisata ini saat pagi atau sore hari, saat pagi kamu bisa manfaatkan untuk menyaksikan matahari terbit, tetapi yang perlu jadi catatan kamu harus datang sebelum jam 6 sudah sampai area wisata ini.

Selain pagi kamu juga bisa datang sore hari, jadi kamu bisa menyaksikan pemandangan malam kota jogja dari atas dan yang kerennya lagi kamu bisa lihat kawasan bandara Adi Sucipto yang dengan lampu khas landasan Bandara serta proses pesawat landas dan mendarat di malam hari.

Mengapa kamu bisa ambil jam pagi atau sore? Karena pada dasarnya kawasan wisata Tebing Breksi adalah kawasan wisata yang terbuka, jadi pada siang hari dipastikan akan panas.

Kedua, Naik Jeep untuk berpetualang ke objek wisata sekitar Tebing Breksi, disini kamu akan merasa maksimal bisa berkunjung ke beberapa spot objek wisata lainnya yang ada di sekitaran Tebing Breksi, karena pada dasarnya tempat wisata yang ada di dekat pintu masuk hanya sedikit spot untuk berfoto-foto. Jadi kalau kamu ikutan petualangan menggunakan Jeep, dipastikan kamu akan merasa puas dan lebih maksimal.

Ketiga, Bawa jas hujan dan gunakan sandal saat musim hujan, beberapa spot seperti watu langit, selo langit dan batu papal itu areanya masih tanah, jadi saat hujan pasti becek bukan main. Karena itu kamu bisa gunakan sandal gunung saja dibandingkan menggunakan sepatu yang pastinya akan kotor penuh tanah.

Itu dia ulasan tentang Tempat Wisata Tebing Breksi, kamu bisa menjadikan Tebing Breksi sebagai objek wisata yang pertama atau terakhir dalam list wisata di sekitaran jogja kamu seharian. Misal kamu bisa ambil rute, Tebing Breksi sebagai objek wisata pertama, setelah itu kamu mengunjungi Candi Ratu Boko dan selanjutnya di sore hari kamu pergi ke Candi Prambanan untuk menyaksikan pertunjukan malam di Candi Prambanan.

Gimana seru bukan?

Objek wisata di Jogja memang banyak yang seru dan beragam. Ada wisata alam, wisata pantai, wisata kuliner, dan juga wisata yang instagramable. Untuk kamu yang kost di Jogja pasti senang sekali dengan banyaknya destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi disaat senggang. Karena selain main game dan nonton film streaming, saat senggang anak kost bisa pergi wisata bareng teman-teman kuliah atau kosannya. Kalau kamu baru mau ngekos di Jogja jangan khawatir karena kamu bisa dengan mudah mendapatkan kost di Jogja sekalipun dengan smartphone kamu.

Yup, kamu bisa gunakan Aplikasi RedDoorz untuk menemukan KoolKost di daerah Jogja yang punya fasilitas terbaik dengan harga terjangkau. Kamu cukup buka aplikasinya lalu pilih KoolKost dan gunakan fitur pencarian untuk mendapatkan list kosan sesuai dengan yang kamu inginkan.

Misal kamu bisa gunakan kata kunci Jogja, Yogyakarta, atau nama universitas tempat kamu kuliah. Jadi nggak perlu ribet kamu sudah bisa dapat kosan terbaik sesuai dengan budget dan kriteria yang kamu inginkan.
 
Fasilitas yang diberikan sudah ada kasur yang nyaman, lemari pakaian, meja dan kursi, kamar mandi dalam, Televisi yang sudah dilengkapi dengan TV cable, dan juga wifi gratis jadi kamu bisa nonton film streaming dengan tenang tanpa takut kuota habis. 

Tunggu apalagi yuk mulai cari kosan terbaik untuk kamu sekarang!

Press Enter To Begin Your Search
×